1.
Membaca Istighfar
٦٦٠٣ــ كَانَ إِذَا اِنْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ
اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ،
تَبَارَكْتَ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ (حم م ٤) عن ثوبان (صح)ـ
6603- Apabila beliau selesai
shalat, beliau istighfar tiga kali, kemudian membaca : (اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَاذَا
الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ) Ya Allah Engkaulah Keselamatan, dan
dari-Mu Keselamatan, Maha Berkahlah Engkau, hai Dzat Yang empunya keagungan dan
kemulian. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah
dari Tsauban. SHAHIH)
٨٤١٧ــ مَنْ إِسْتَغْفَرَ اللهَ دُبُرَ كُلِّ
صَلَاةٍ ثلاثَ مراتٍ، فقالَ : أستغفرُ اللهَ الذي لا إلهَ إلا هوَ الحيُّ القيومُ و
أتوبُ إليهِ، غُفِرَتْ ذُنُوبُه، و إنْ كانَ قدْ فرَّ مِنَ الزَّحْفِ (ع وابن السنى)
عن البراء (ض)ـ
8417- Barangsiapa memohon ampun kepada
Allah di belakang (setelah) setiap shalat sebanyak tiga kali (dengan)
mengucapkan: (أستغفرُ
اللهَ الذي لا إلهَ إلا هوَ الحيُّ القيومُ و أتوبُ إليهِ) “Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia
Yang Maha Hidup Yang Maha Berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya”,
maka diampunilah dosa – dosanya walau dia telah melarikan diri dari
pertempuran. (HR. Abu Ya`la dan Ibnus Sunni dari Barra. DHAIF)
Membaca tahlil…
٧٣٤ــ إِذَاصَلَّيْتُمْ صَلَاةَ الْفَرْدِ فَقُوْلُوْا
فِى عَقِبِ كُلِّ صَلَاةٍ عَشْرَ مَرَّاتٍ لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَه لا شريكَ له،
له المُلكُ، وله الحمدُ، وهو على كلِّ شيءٍ قديرٌ يُكْتَبُ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ كَأَنَّمَا
أَعْتَقَ رَقْبَةً (الرافعى فى تاريخه) عن البراء (ض)ـ
734- Apabila kalian sudah shalat
fardhu maka ucapkanlah oleh kalian setiap kali habis shalat sebanyak sepuluh
kali (لا إلهَ إلَّا
اللهُ وحدَه لا شريكَ له، له المُلكُ، وله الحمدُ، وهو على كلِّ شيءٍ قديرٌ) “Tiada
Tuhan selain Allah, sendirian tiada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nya kerajaan,
bagi-Nya segala pujian, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu”, akan dicatat
baginya pahala seolah-olah ia telah memerdekakan seorang budak sahaya. (HR.
Ar-Raai`I dalam Tarikhnya dari Al-Barra`. DHAIF)
أنَّ رَسولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ
كانَ يقولُ في دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ إذَا سَلَّمَ: لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وحْدَهُ
لا شَرِيكَ له، له المُلْكُ، وله الحَمْدُ، وهو علَى كُلِّ شيءٍقَدِيرٌ، اللَّهُمَّ
لا مَانِعَ لِما أعْطَيْتَ، ولَا مُعْطِيَ لِما مَنَعْتَ، ولَا يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ
مِنْكَ الجَدُّ (بخارى : ٦٣٣٠) (صح)ـ
Artinya: Sesungguhnya Rasulullah
saw apabila beliau telah salam dari shalatnya membaca (لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وحْدَهُ لا شَرِيكَ له، له المُلْكُ،
وله الحَمْدُ، وهو علَى كُلِّ شيءٍقَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لا مَانِعَ لِما أعْطَيْتَ،
ولَا مُعْطِيَ لِما مَنَعْتَ، ولَا يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ) (HR. Bukhari (6330). SHAHIH)
Membaca Allahumma Antas Salam…
٦٧٢٢ــ كَانَ إِذَا سَلَّمَ لَمْ يَقْعُدْ إِلَّا
بِمِقْدَارِ مَايَقُوْلُ اللَّهمَّ أنتَ السَّلامُ ، ومنْكَ السَّلامُ ، تبارَكتَ يَاذا
الجَلالِ والإِكرامِ (م ٤) عن عائشة (صح)ـ
6722-
Apabila beliau telah salam tidaklah duduk terkecuali sekedar cukup untuk
membaca (اللَّهمَّ أنتَ
السَّلامُ ، ومنْكَ السَّلامُ ، تبارَكتَ يَاذا الجَلالِ والإِكرامِ) Ya Allah Engkaulah Keselamatan, dan dari-Mu
Keselamatan, Maha Berkahlah Engkau, hai Dzat Yang empunya keagungan dan
kemulian. (HR. Muslim, Abu Dawud,
Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Aisyah. SHAHIH)
Membaca ayat kursi
٨٩٢٦ــ من قرأَ آيةَ الكرسيِّ دُبُرَ كلِّ صلاةٍ
مَكتوبَةٍ، لَم يمنعْهُ من دُخولِ الجنَّةِ إلَّا أن يموتَ (النسائى، وابن حبان) عن
أبى أمامة (صح)ـ
8926- Barangsiapa
membaca ayat kursi setiap selesai shalat fardhu, maka tidak ada yang
mencegahnya masuk surga selain kematian. (HR. Nasaai dan Ibnu Hibban dari Abi
Umamah. SHAHIH).
Salah satu
maksudnya adalah tidak ada syarat lagi yang harus dipenuhi untuk bisa masuk
surga selain kematian.
Membaca Al-Mu`awwidzaat
١٣٣٤ــ إِقْرَإِ الْمُعَوِّذَاتِ فِى دُبُرِ كُلِّ
صَلَاةٍ (د حب) عن عقبة بن عامر (ح)ـ
1334- Bacalah Al-Mu`awwidzaat di
belakang setiap shalat. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hibban dari `Uqbah bin `Amr.
HASAN)
Mkasudnya setelah selesai shalat fadhu disunnahkan membaca surat al-Ikhlash,
al-Falaq, dan an-Naas.
Sunan Abu Dawud hadits 1522
اللَّهمَّ أعنِّي على ذِكْرِكَ، وشُكْرِكَ، وحُسنِ
عبادتِكَ
Artinya: “Ya Allah tolonglah aku
untuk mengingt-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan baik dalam beribadah kepada-Mu”.
(HR. Abu Dawud (1522) dari Mu`adz bin Jabal. SHAHIH)
Membaca tasbih, tahmid, dan takbir
٤٦٤١ــ سَبِّحِى اللهَ عَشْرًا وَاحْمِدِى اللهَ
عشْرًا وَكَبِّرِى اللهَ عَشْرًا ثُمَّ سَلِى اللهَ مَاشِئْتَ، فَإِنَّهُ يَقُوْلُ
قَدْ فَعَلْتُ قَدْ فَعَلْتُ (حم ت ن حب ك) عن أنس (صح)ـ
4641- Tasbihkanlah Allah sepuluh kali, Pujilah Allah
sepuluh kali, Takbirkanlah Allah sepuluh kali, kemudian setelah itu mintalah
apa saja sesukamu, maka Allah akan berfirman: sungguh Aku telah perbuat sungguh
Aku telah perbuat. (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasaai, Ibnu Hibban, dan Hakim dari
Anas. SHAHIH)
Jika sebelum berdoa kita membaca tasbih sepuluh kali (سُبْحَانَ اللّٰهِ), tahmid sepuluh kali (الْحَمْدُ لِلّٰهِ),takbir sepuluh kali (اللّٰهُ أَكْبَر), kemudian baru minta hajat kita mengenai
kebaikan dunia maupun akherat, maka Allah akan mengabulkan doa kita.
Imam Ghazali menjelaskan bahwa terkabulkannya doa seperti yang dijanjikan
bukanlah semata – mata karena ucapan lisan kita semata tetapi haruslah disertai
dengan pemahan dan keyakinan hati kita juga. Subhaanallah (سُبْحَانَ اللّٰهِ) adalah kalimat yang menunjukan kepada
mensucikan Allah swt, Al-Hamdu Lillah (الْحَمْدُ لِلّٰهِ) adalah kalimat yang menunjukan kepada
mengetahui dan mengakui nikmat – nikmat dari Allah swt, dan Allahu
Akbar (اللّٰهُ أَكْبَر) adalah kalimat yang
menunjukan keagungan Allah swt.
Hadits ini menunjukan bolehnya menghitung dan membatasi dzikir pada bilangan
tertentu dan menolak alasan orang yang tidak suka melakukannya.
Membaca dzikir terebut diatas secara terpisah – terpisah, (yaitu dengan cara
membaca tasbih sepuluh kali, kemudian tahmid sepuluh kali, dan takbir sepuluh
kali), lebih utama daripada membaa nya dengan cara disambung, (yaitu
membaca subhaanallahi wal hamdu lillaahi wAllahu akbar sepuluh
kali).
٨١٨٨ــ
مُعَقِّبَاتٌ لاَ يَخِيبُ قَائِلُهُنَّ ثَلاثٌ وثَلاثونَ تَسْبِيحَةً، وثَلاثٌ
وثَلاثونَ تَحْمِيدَةً، وَأَرْبَعٌ وثَلاثونَ تَكبِيرةً فِى دُبُرِ كُلِّ صلاةٍ مكتُوبةٍ
(حم م ت ن) عن كعب بن عجرة (صح)ـ
8188- Kalimat – kalimat pengiring
shalat yang tidak merugikan orang yang mengucapkannya adalah tiga puluh tiga
tasbih, tiga puluh tiga tahmid, tiga puluh empat takbir di belakang setiap kali
shalat maktubah. (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi, dan Nasaai dari Ka`b bin `Ujrah.
SHAHIH)
١٦٤٢ــ أُمِرْنَابِالتَّثْبِيْحِ فِى أَدْبَار
الصَّلَوَاتِ ثَلاثًا وَثَلَاثِيْنَ تَسْبِيحَةً، وَثَلاثًا وَثَلَاثِيْنَ تَحْمِيدَةً،
وَأَرْبَعًا وَثَلَاثِيْنَ تَكبِيرةً (طب)
عن أبى الدرداء (صح)ـ
1642- Kita diperintahkan membaca
tasbih setelah shalat (lima waktu) sebanyak tiga puluh tiga tasbih, tiga puluh
tiga tahmid, dan tiga puluh empat takbir. (HR. Thabrani dalam Al-Kabir dari Abu
Dardaa. SHAHIH)
٦٣٧٣ــ كَلِمَاتٌ مَنْ ذَكَرَهُنَّ مِائَةَ مَرَّةٍ
دُبُرَ كلِّ صلاةٍ : اللهُ أكبرُ سبحانَ اللهِ ، والحمدُ للهِ ، ولا إله إلا اللهُ
وَحْدَهُ لا شريكَ له ، ولا حولَ ولا قوةَ إلا باللهِ العليِّ العظيمِ ، لو كانت خَطَايَاهُ
مِثْلَ زَبَدِ البحرِ لَمَحَتْهُنَّ (حم) عن أبى ذر (ح)ـ
6373- Kalimat – kalimat yang
barangsiapa menyebutnya seratus kali di belakang setiap shalat (اللهُ أكبرُ سبحانَ اللهِ ، والحمدُ للهِ ، ولا إله إلا اللهُ
وَحْدَهُ لا شريكَ له ، ولا حولَ ولا قوةَ إلا باللهِ العليِّ العظيمِ) seandainya
kesalahannya sebanyak buih di lautan maka (kalimat tersebut) akan bisa
menghapusnya. (HR. Ahmad dari Abu Darda. HASAN).
٨٧٣٨ــ مَنْ سَبَّحَ فِى دُبُرِ صَلَاةِ الْغَدَاةِ
مِائَةَ تَسْبِيْحَةٍ وَهَلَّلَ مِائَةَ تَهْلِيْلَةٍ غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوْبُهُ وَلَوْ
كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ (ن) عن أبى هريرة (صح)ـ
8738-
Barangsiapa membaca tasbih (سُبْحَانَ
اللّٰهِ) dibelakang shalat pagi (setelah shalat shubuh) seratus
tasbihan dan membaa tahlil (لَا
إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ) seratus tahlilan maka dosanya diampuni
walaupun banyaknya seperti buih lautan. (HR. Nasaai dari Abu Hurairah. SHAHIH)
Ada yang menjelaskan bahwa yang dimaksud hadits ini adalah barang siapa setelah
shalat subuh membca tasbih 33x (سُبْحَانَ
اللّٰهِ). Tahmid 33x (الْحَمْدُ
لِلّٰهِ), takbir 33x (اللّٰهُ
أَكْبَر), dan tahlil 1x (لَا
إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ), maka dosa – dosanya akan dihapuskan
walaupun sebanyak buih di lautan.
٣٩١٦ــ
خَصْلَتَانِ لا يُحَافِظُ عَلَيْهِمَا عبدٌ مسلِمٌ إلَّا دخل الجنَّةَ، أَلَا وَهُمَا
يَسِيْرٌ ، وَمَنْ يَعْمَلُ بِهِمَا قليلٌ : يُسَبِّحُ اللهَ في دبُرِ كلِّ صلاةٍ عشرًا
، و يَحْمَدُهُ عشرًا ، و يُكَبِّرُهُ عَشْرًا ، وذلِكَ خَمْسُوْنَ ومائَةٌ بِاللِّسَانِ
، وألفٌ وخمسُمِائَةٍ في الْمِيْزَانِ . ويُكَبِّرُ أَرْبَعًا وثَلاَثِيْنَ إذا أخذَ
مضْجِعَهُ ، ويَحْمَدُهُ ثلاثًا وثلاثينَ ، ويُسَبِّحُ ثلاثًا وثلاثينَ ، فَتِلْكَ
مائَةٌ باللسانِ ، وألفٌ في الميزانِ فَأَيُّكُمْ يَعْمَلُ فِى الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ
اَلْفَيْنِ وَخَمْسَمِائَةِ سَيِّئَةٍ؟ (حم خد ٤) عن إبن عمر (صح)ـ
3916- Dua perbuatan yang tidak seorang
hamba muslimpun menjaganya terkecuali ia masuk surga (Apabila seorang muslim
menjaga dua perbuatan ini maka masuk surga. Pen.), Ingat… keduanya mudah
tetapi yang mengerjakannya sedikit: Membaca tasbih (سُبْحَانَ اللّٰهِ). setiap kali selesai shalat
sepuluh kali, membaca tahmid (الْحَمْدُ لِلّٰهِ) sepuluh kali, dan membaca takbir (اللّٰهُ أَكْبَر)
sepuluh kali, maka itu seratus
lima puluh (kali) dengan lisan dan seribu lima ratus (kali) dalam timbangan
(kelak). Membaca takbir (اللّٰهُ أَكْبَر) tiga puluh empat (kali) apabila hendak
tidur, membaca tahmid (الْحَمْدُ لِلّٰهِ)
tiga puluh tiga (kali), Membaca tasbih (سُبْحَانَ اللّٰهِ) tiga puluh tiga kali, maka itu seratus (kali) dengan
lisan dan seribu (kali) dalam timbangan
(kelak). “Maka siapakah di antara kamu yang melakukan kejahatan dalam sehari
semalam dua ribu lima ratus (kali)?” (HR. Ahmad, Bukhari dalam Al-Adab, Abu
Dawud, Tirmidzi, Nasaa-I dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH)
٦٣٧٣ــ كَلِمَاتٌ مَنْ ذَكَرَهُنَّ مِائَةُ مَرَّةٍ
دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ الله أكبَرُ، سبحانَ الله، والحمدُ لله، ولا إلهَ إلَّا اللهُ
وحده لا شريك له، ولا حَولَ ولا قُوَّةَ إلَّا بالله العليِّ العظيمِ لو كانت خطاياه
مِثلَ زَبَدِ البَحرِ لمحَتْهنَّ (حم) عن أبى ذر (ح)ـ
6373-Kalimat – kalimat yang barangsiapa
menyebutnya seratus kali di setiap selesai shalat (أكبَرُ، سبحانَ الله، والحمدُ لله، ولا إلهَ إلَّا اللهُ وحده
لا شريك له، ولا حَولَ ولا قُوَّةَ إلَّا بالله العليِّ العظيمِ) seandainya
dosanya bagaikan buih lautan maka kalimat tersebut akan menghapusnya. (HR.
Ahmad dari Abu Dzar. HASAN)
Minta diselamatkan dari neraka
٧٢٨ــ إِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ قَبْلَ
أَنْ تَكَلَّمَ أَحَدًا مِنَ النَّاسِ اللّٰهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ ، سبعَ مَرَّاتٍ
، فإنك إن مُتَّ من يومِك ذلك كتب اللهُ لك جِوَارًا من النارِ ، و إذا صَلَّيْتَ المغربِ
فقُلْ قبلَ أن تُكَلِّمَ أحدًا من الناسِ ، اللّٰهُمَّ أَجِرْنِي من النارِ ، سبعَ
مَرَّاتٍ ، فإنك إن مِتَّ من ليلتِكَ كتب اللهُ لك جِوَارًا من النار (حم د ن حب) عن
الحرث التيمى (صح)ـ
872- Apabila kamu sudah shalat shubuh
sebelum kamu berbicara kepada orang lain maka ucapkanlah (اللّٰهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ) Wahai Allah selamatkanlah aku dari neraka sebanyak
tujuh kali, maka sesungguhnya kalau kamu mati pada harimu itu maka Allah
mencatatmu selamat dari neraka. Apabila kamu sudah shalat maghrib sebelum kamu
berbicara kepada orang lain maka ucapkanlah (اللّٰهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ) Wahai Allah selamatkanlah aku dari neraka sebanyak
tujuh kali, maka sesungguhnya kalau kamu mati pada malammu itu maka Allah
mencatatmu selamat dari neraka. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasaa-I, dan Ibnu Hibban
dari Hars Taimi. SHAHIH)
٥٥٨٧ــ عَلَيْكُنَّ بِالتَّسْبِيْحِ وَالتَّهْلِيْلِ وَالتَّقْدِيْسِ
وَاعْقُدْنَ بِالْأَنَامِلِ فَإِنَّهُنَّ مَسْؤُوْلَاتٌ مُسْتَنْطَقَاتٌ وَلَا تَغْفُلْنَ
فَتُنْسَيْنَ الرَّحْمَةَ (ت ك) عن يسيرة (ح)ـ
5587- Kalian
harus baca tasbih (سُبْحَانَ اللّٰهِ),
tahlil (لَا إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ),
taqdis (سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ
الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ), dan menghitungnya dengan ujung jari
karena sesungguhnya ia akan ditanyai dan disuruh bicara. Dan janganlah kalian
lalai maka kalian akan dilupakan dari rahmat. (HR. Tirmidzi dan Haakim dari
Yasiirah. HASAN).
Hadits ini menunjukan disunnahkannya menghitung bacaan tasbih atau dzikir
dengan ujung jari.
Ada
diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa beliau punya tambang dengan seribu
pintalan dan belum tidur sebelum bertasbih dengan seribu pintalan tali tersebut.