٦ــ٦ــ كَفى بالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ (م) عن أبي هريرة [الجامع ٦٢٤٢، مسلم ٥] ــ
==
[6](6) Cukuplah seseorang (dianggap)
berbohong jika dia menceritakan segala sesuatu yang didengarnya. [HR. Muslim
dari Abu Hurairah] [Al-Jami (6242), Muslim (5)]
Berita yang kita dengan biasanya
mengandung unsur kebenaran dan kebohongan. Nah, jika kita ceritakn kembali
semua yang kita dengan maka kita berpotensi menceritakan atau menyebarkan unsur
kebenaran dan kebohongan tersebut. Selanjutnya kita akan menjadi salah seorang
pembohong, baik disengaja maupun tidak, baik kita sadari ataupun tidak.
Bedanya, jika kita sengaja berbohong maka kita akan berdosa dan jika kita tidak
sengaja berbohong maka semoga Allah SWT memaafkannya.
Untuk menghindari hal tersebut maka kita
perlu berpikir ulang untuk menceritakan kembalik berita yang kita dengar. Kita
harus memilih dan memilah mana yang seharusnya disimpan dan mana yangeharusnya
diceritakan.[1]
=
=
MUKHTASHAR SHAHIH MUSLIM IMAM
SUYUTHI 1-10
بسم الله الرحمن الرحيم
١ـ٨٩٩٣ـ مَنْ كَذَبَ عَلَيّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ
مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ (حم ق ت هـ) عن أنس (م) عن أبي هريرة (ت) عن علي (حم هـ)
عن جابر وأبي سعيد (ت هـ) عن ابن مسعود (حم ك) عن خالد بن عرفطة وزيد بن أرقم (حم)
عن سلمة بن الأكوع وعقبة بن عامر ومعاوية بن أبي سفيان (طب) عن السائب بن يزيد وسلمان
بن خالد الخزاعي وصهيب وطارق بن أشيم وطلحة بن عبيد اللَّه وابن عباس وابن عمر وعتبة
بن غزوان والعرس بن عميرة وعمار بن ياسر وعمران بن حصين وعمرو بن حريث وعمرو بن عبسة
وعمرو بن مرة الجهني والمغيرة بن شعبة ويعلى بن مرة وأبي عبيدة بن الجراح وأبي موسى
الأشعري (طس) عن البراء ومعاذ بن جبل ونبيط بن شريط وأبي ميمون (الدارقطني في الأفراد)
عن أبي رمثة وابن الزبير وأبي رافع وأم أيمن (خط) عن سلمان الفارسي وأبي أمامة (ابن
عساكر) عن رافع ابن خديج ويزيد بن أسد وعائشة (صح)ـ
[1](8993)- Barangsiapa berbohong atas (nama)-ku secara sengaja, maka hendaklah dia
menyiapkan tempat duduknya di neraka. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi,
Nasaa-I, dan Ibnu Majah dari Anas. Riwayat Ahmad, Bukhari, Abu Dawud, Nasaai,
dan Ibnu Majah dari Zubair.Riwayat Muslim dari Abu Hurairah. Riwayat Tirmidzi
dari Ali. Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dari Jabid dan dari Abu Sa`id. Riwayat
Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. Riwayat Ahmad dan Hakim dari Khalid
bin `Urffuthah dan dari Zaid bin Arqam. Riwayat Ahmad dari Salamah bin Akwa`,
dari `Uqbah bin `Amir dan dari Mu`awiyah bin Abi Sufyan. Riwayat Thabrani dari
Saib bin Yazid, dari Salman bin Khalid Al-Khuza`I, dari Shuhaib, dari Thariq
bin Asy-Syam, dari Thalhah bin `Ubaidillah, dari Ibnu Abbas, dari Ibnu Umar,
dari `Utbah bin Ghazwan, dari `Ars bin `Umairah, dari `Ammar bin Yasir, dari
Imran bin Hushain, dari `Amr bin Huraits, dari `Amr bin `Abaah, dari `Amr bin
Murrah Al-Juhani, dari Mughirah bin Syu`bah, dari Ya`laa bin Murrah, dari
`Ubaidah bin Al-Jarrah dan dari Abu Musa Al-`Asy`ari. Riwayat Thabrani dari
Barraa, dari Mu`adz bin Jabal, dari Nubaith bin Syarith dan dari Abu Maimun.
Riwayat Daraaquthni dalam Al-Afraad dari Abu Ramtsah, dari Ibnu Zubair, dari
Abu Raafi` dan dari Ummu Aiman. Riwayat Khathib dari Salman Al-Farisi dan dari
Abu Umamah. Riwayat Ibnu `Asaakir dari Raffi` bin Khadij, dari Yazid bin Asad
dan dari Aisyah. SHAHIH MUTAWATIR). [Al-Jami:8993, Bukhari:106,108. Muslim:2,
3.]
٢ـ٦٢٤٢ـ كَفى بالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ
بِكُلِّ مَا سَمِعَ (م) عن أبي هريرة [الجامع ٦٢٤٢، مسلم ٥] ــ
[2](6242)-
Cukuplah seseorang (dianggap) berbohong jika dia menceritakan segala sesuatu
yang didengarnya. [HR. Muslim dari Abu Hurairah] [Al-Jami (6242), Muslim (5)]
٣ـ٤٧٨٠ـ سَيَكوْنُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ نَاسٌ
مِنْ أُمَّتِي يُحَدِّثُوْنَكُمْ بِمَا لَمْ تَسْمَعُوْا بِهِ أَنْتُمْ وَلَا آبَاؤُكُمْ
فَإِيَّاكُمْ وَإيَّاهُمْ (م) عن أبي هريرة [الجامع (٤٧٨٠)، مسلم (٦)] ـ
[3](4780)- Akan ada di akhir zaman orang-orang dari umatku yang menceritakan kepada
kalian tentang apa-apa yang tidak pernah kalian dengar dan tidak pula oleh
orang tua kalian. Maka waspadalah kepada mereka. [HR. Muslim dari Abu Hurirah]
[ Al-Jami (4780), Muslim (6)].
٤ـ٣٠٥٩ـ الْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَاإِلهَ
إِلَّا ٱللهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَتُقِيْمَ الصَّلَاةَ، وَتُؤْتِي
ٱلزَّكَاةَ، وَتصُوْم رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ
الْبَيْتِ إِنِ اسْتَطَعْتَ إليْهِ سَبِيْلَا (م ٣) عن عمر [الجامع (٣٠٥٩)، مسلم
(٨)] ـ
[4](3059)- Islam adalah kamu bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan bahwa
sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah, dan kamu mendirikan shalat, dan
kamu mengeluarkan zakat, dan kamu puasa di bulan ramadhan, dan kamu berhaji ke
baitullah jika kamu mampu melaksanakannya. [HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan
Nasaa-I dari Umar] [Al-Jami: 3059, Muslim 8]
٥ـ٣٠٩٢ـ الإيْمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ
وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ
(م ٣) عن عمر [الجامع (٣٠٩٢)، مسلم (٨) ] ـ
[5](3092)- Iman
adalah kamu beriman kepada Allah , malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,
utusan-utusan-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik dan
yang buruk. [HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasaa-I dari Umar] [Al-Jami:
3092, Muslim: 8]
٦ـ٣٠٤٢ـ أَلْإِحْسَانُ أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ
تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ (م ٣) عن عمر (حم ق ه) عن أبي
هريرة [الجامع (٣٠٤٢)، البخاري (٥٠)، مسلم (٩)]ـ
[6](3042)- Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau
melihat-Nya, maka apabila engkau tidak melihat-Nya maka sesunguhnya Ia
melihatmu. [HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Umar. Riwayat
Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.] [Al-Jami: 3042,
Bukhari: 50, Muslim: 9]
٧ـ٣١٦٢ـ
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَاإِلهَ إِلَّا ٱللهُ، وَأَنَّ
مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ، وَإِيْتَاءِ ٱلزَّكَاةِ، وَحِجِّ
الْبَيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ (حم ق ت ن) عن ابن عمر [الجامع (٣١٦٢)، بخاري (٨)، مسلم
(١٦)] ــ
[7](3162)- Islam didirikan atas lima rukun: Kesaksian bahwa sesungguhnya tiada
Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat,
menunaikan zakat, haji ke bait (Allah) dan puasa ramadhan. (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari
Ibnu Umar. SHAHIH) [Al-Jami 3162, Bukhari:8, Muslim:16]
٨ـ٢٣٣٧ـ إِنَّ فِيْكَ لَخَصْلَتَيْنِ يُحِبُّهُمَا
اللهُ تَعَالَي الْحِلْمَ وَالْأَنَاةَ (م ت) عن إبن عباس (صح) [الجامع (٢٣٣٧)، مسلم
(١٨)]ـ
[8](2337)- Sesungguhnya di dalam dirimu (Asyajj Abdul Qais) benar – benar ada dua
perangai yang Allah ta`aalaa mencintainya: al-hilm (sifat tenang, tidak tergesa-gesa atau
kesabaran) dan al-anaah (akal atau kecerdasan). (HR. Muslim dan
Trimidzi dari Ibnu Abbas. SHAHIH). [Al-Jami: 2337, Muslim:18].
٩ـ١٦٣٠ـ أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى
يَشْهَدُوْا أَنْ لَاإِلهَ إِلَّا اللّهُ، وَأَنِّى رَسُوْلُ اللّهِ.فَإِذَا قَالُواهَا
عَصَمُوْا مِنِّى دِمَاءَهُمْ وَ أَمْوَالَهُمْ إِلَّا بِحَقِّهَا وَ حِسَابُهُمْ عَلَى
اللّهِ (ق ٤) عن ٱبي هريرة وهو متواتر (صح) [الجامع:١٦٣٠، بخاري:٢٥، مسلم:٢٢]ـ
[9](1630)- Aku telah diperintahkan memerangi manusia hingga mereka
bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya aku utusan Allah.
Apabila mereka telah mengucapkannya maka terpeliharalah darah dan harta mereka
dariku terkecuali dengan haknya, dan perhitungannya tergantung pada Allah. (HR. Bukhari,
Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-I, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.SHAHIH. MUTAWATIR).
[Al-Jami:1630, Bukhari:25, Muslim:22]
١٠ـ٨٧٧٢ـ مَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلهَ إلا الله
وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ النَّارِ (حم م ت) عن عبادة
(صح).[الجامع(٨٧٧٢)، مسلم(٢٩)]ـ
[10](8772)- Barangsiapa bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada
tuhan (yang berhak disembah) terkecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah
utusan Allah maka Allah akan mengharamkan neraka baginya. (HR. Ahmad,
Muslim, dan Tirmidzi dari Ubadah. SHAHIH). [Al-Jami: 8772, Muslim:29].
=