Artinya
Sesungguhnya kami adalah umat yang ummi, tidak pandai menulis dan tidak pandai berhitung
[HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasaa-i dari Ibnu Umar. SHAHIH]
Penjelasan
Bangsa arab di jaman Nabi adalah bangsa yang tidak pandai baca tulis dan perhitungan perbintangan terkecuali sebagian kecil dari mereka.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits
nomor 02521
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.144. hadits nomor.02521
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.317 . hadits nomor.2282.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.369. hadits nomor 02521
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.151. hadits nomor
02506
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02521
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesungguhnya api ini adalah musuh bagi kalian, maka dari itu apabila kalian hendak tidur matikanlah api tersebut.
[HR Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Musa. SHAHIH]
Penjelasan
Api adalah sesuatu yang membahayakan bagi kalian, oleh karena itu jika kalian mau tidur mata matikanlah api sehingga kalian terbebas dari bahaya api tersebut. Selain membahayakan, api juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits
nomor 02517
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.143. hadits nomor.02517
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.311 . hadits nomor.2269.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.367. hadits nomor 02517
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.148. hadits nomor
02502
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02517
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Sesungguhnya harta ini hijau manis, barang siapa yang mengambilnya dengan haknya maka diberkahi padanya, barang siapa yang mengambilnya dengan keserakahan jiwa maka tidak diberkahi padanya, dia bagaikan orang yang makan dan tidak pernah kenyang, tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah.
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Hakim bin Nizam. SHAHIH]
Penjelasan
Sesungguhnya harta ini bagaikan sesuatu yang hijau dan manis yang membuat manusia ingin melihat dan memakannya. Barang siapa yang mencari harta dengan cara yang benar maka dia akan diberkahi pada harta yang di dapatkannya. Barang siapa yang mencari harta dengan cara berlebih-lebihan maka tidak akan diberkahi pada apa yang diperolehnya. Orang tersebut bagaikan binatang yang makan dan tidak pernah merasa kenyang. Sesungguhnya orang yang memberi manfaat kepada orang lain lebih baik daripada orang yang meminta-minta.
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02514 - Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.142. hadits nomor.02514 - Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.303 . hadits nomor.2250.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.365. hadits nomor 02514
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.146. hadits nomor 02499
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02514
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesungguhnya Al-Qur`an ini diturunkan atas tujuh huruf, maka bacalah apa yang mudah darinya.
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi an Nasaa-i dari Umar. SHAHIH]
Penjelasan
Tujuh huruf ada banyak penafsiran, salah satunya adalah tujuh lughaat , tujuh wajah makna yang cocok dengan tujuh lafazh yang berbeda-beda atau penafsiran-penafsiran lainnya yang sudah dijelaskan oleh Al-Munawi sebelumnya. Ash-Shan`ani mengunggulkan al-mutasyabih . Ustadz Adi hidayat menjelaskan tujuh huruf maksudnya tujuh bentuk, tujuh ini banyak sekali tafsirannya dan salah satu tafsirannya adalah tujuh bacaan yang mutawatir sampai ke Nabi.
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02512 - Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.141. hadits nomor.02512 - Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.302 . hadits nomor.2249.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.364. hadits nomor 02512
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.145. hadits nomor 02497
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02512
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesunguhnya ada hamba Allah yang apabila bersumpah atas Allah maka dia akan menepatinya
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abdu Dawud, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]
Penjelasan
Ada orang - orang yang apabila berjanji kepada Allah SWT maka dia akan berusaha menepati janti tersebut sehingga Allah SWT ridha kepadanya.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.176. hadits
nomor 02494
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.136. hadits nomor.02494
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.291 . hadits nomor.2228.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.354. hadits nomor 02494
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.134. hadits nomor
02479
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.176. hadits nomor 02494
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesungguhnya sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, merebaknya kebodohan, tersebarnya zina, diminumnya khamar, perginya laki-laki, menetapnya perempuan sehingga lima puluh orang perempuan diurus oleh seorang laki-laki.
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-I dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]
Penjelasan
Sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dengan meninggalnya para ulama, kebodohan nampak jelas seperti negara dikuasai oleh orang-orang yang tidak mengenal Al-Qur`an dan Sunnah, perbuatan zina tersebar, khamar banyak diminum, jumlah laki-laki lebih sedikit dari kaum perempuan sehingga seorang laki-laki merawat lima puluh orang perempuan. Hal tersebut bisa terjadi karena lebih banyak lahir anak perempuan dari pada laki-laki, kaum laki-laki banyak berangkat ke medan perang atau karena sebab lainnya.
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits nomor 116
[6](116)- Sesungguhnya
sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, merebaknya kebodohan,
tersebarnya zina, diminumnya khamar, perginya laki-laki, menetapnya perempuan
sehingga lima puluh orang perempuan diurus oleh seorang laki-laki. (HR
Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-I dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH
[Al-Jami: 2474, Bukhari: 80, Muslim: 2671]
Sebagian dari
tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dengan meninggalnya para ulama,
kebodohan nampak jelas seperti negara dikuasai oleh orang-orang yang tidak
mengenal Al-Qur`an dan Sunnah, perbuatan zina tersebar, khamar banyak diminum,
jumlah laki-laki lebih sedikit dari kaum perempuan sehingga seorang laki-laki
merawat lima puluh orang perempuan. Hal tersebut bisa terjadi karena lebih
banyak lahir anak perempuan dari pada laki-laki, kaum laki-laki banyak
berangkat ke medan perang atau karena sebab lainnya.[1]
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.174. hadits
nomor 02474
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.131. hadits nomor.02474
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.283 . hadits nomor.2206.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.342. hadits nomor 02474
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.122. hadits nomor
02459
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.174. hadits nomor 02474
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesungguhnya aku mempunyai lima nama: Saya Muhammad, saya Ahmad, saya al-Hasyir yang menghimpun manusia diatas telapak kakiku, saya al-Mahi yang Allah menghapus kekufuran dengan aku, dan aku `Aqib.
[HR Malik, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Jubair bin Muth`im. SHAHIH]
Penjelasan
Nabi Muhammad SAW memiliki lima nama yang sudah masyhur di kalangan umat terdahulu, yaitu nama Muhammad, Ahmad, Hasyir, Mahi,`Aqib. Hasyir: menghimpun umat manusia diatas jejak-jejak kenabiannya (dalam syariat yang dibawanya) dan tiada Nabi lagi setelahnya. Mahi: menghapus kekafiran dari tanah arab atau dari daerah lainnya.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.171. hadits
nomor 02437
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.120. hadits nomor.02437
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.276 . hadits nomor.2189.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.319. hadits nomor 02437
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.97. hadits nomor
02421
=
HADITS 02437 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:04:00 sd. 00:34:59 HADITS 02438 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:35:00 sd 00:50:09 HADITS 02439 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:51:10 sd 01:03:00 HADITS 02440 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:03:01 sd.01:05:49 HADITS 02441 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:05:50 SD 01:34:02 HADITS 02442 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:24:24 sd SELESAI
=