Allah SWT berfirman: "Apabila hamba-Ku bermaksud berbuat kebaikan dan tidak jadi mengamalkannya maka Aku menuliskan untuknya satu kebaikan, apabila ia mengamalkannya maka Aku menuliskan untuknya sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat. Apabila (hamba-Ku) bermaksud menjalankan keburukan akan tetapi tidak jadi melakukannya maka Aku tidak mencatatnya, apabila ia menjalankannya maka Aku mencatatnya satu keburukan saja.
[HR Bukhari, Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. SHAHIH]
Penjelasan
Apabila seseorang bermaksud menlaksanakan suatu kebaikan kemudian tidak bisa menjalankan karena ada sesuatu halangan maka dia tetap mendapakan satu pahala kebaikan, yaitu kebaikan tujuan baik. Tetapi sebaliknya, maksud jelek ketika tidak jadi dilaksanakan maka tidak akan dicatat.
=
٧٦ـ٨٣ــ قَالَ اللهُ تَعَالَى: إِذَا هَمَّ عَبْدِى
بِحَسَنَةٍ وَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبْتُهَا لَهُ حَسَنَةً، فَإِنْ عَمِلَهَا كَتَبْتُهَا
لَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِ مِئَةِ ضِعْفٍ، وَإِذَا هَمَّ بِسَيِّئَةٍ وَلَمْ
يَعْمَلْهَا لَمْ أَكْتُبْهَا عَلَيْهِ، فَإِنْ عَمِلَهَا كَتَبْتُهَا عَلَيْهِ سَيِّئَةً
وَاحِدَةً (قت) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٦٠١٧، بخاري:٦٤٩١، مسلم:١٣١]ـ
[76](83)- Allah SWT
berfirman: "Apabila hamba-Ku bermaksud berbuat kebaikan dan tidak jadi
mengamalkannya maka Aku menuliskan untuknya satu kebaikan, apabila ia
mengamalkannya maka Aku menuliskan untuknya sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus
kali lipat. Apabila (hamba-Ku) bermaksud menjalankan keburukan akan tetapi
tidak jadi melakukannya maka Aku tidak mencatatnya, apabila ia menjalankannya
maka Aku mencatatnya satu keburukan saja. (HR Bukhari,
Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. SHAHIH) [Al-Jami:6017, Bukhari:6491,
Muslim:131]
Apabila seseorang
bermaksud menlaksanakan suatu kebaikan kemudian tidak bisa menjalankan karena
ada sesuatu halangan maka dia tetap mendapakan satu pahala kebaikan, yaitu
kebaikan tujuan baik. Tetapi sebaliknya, maksud jelek ketika tidak jadi
dilaksanakan maka tidak akan dicatat.[1]
Sumber:
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.414. hadits nomor 06017
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar