Laman
- Beranda
- جمع الجوامع
- الجامع الصغير
- الفتح الكبير
- كنوز الحقائق
- صحيح الجامع الكبير
- صحيح الجامع الصغير
- صحيح الفتح الكبير
- صحيح كنوز الحقائق
- صحيح الإمام السيوطي
- صحيح البخاري
- صحح مسلم
- لُبَابُ الحَدِيْثِ
- Muttafaq `Alaihi [ق ]
- Shahih Bukhari
- Shahih Muslim
- Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi
- Dzikir dan Do`a
- Pengobatan Islam
- Al-Arba`iin wa Al-Arba`iin
- Adzkar Nawawi
- YouTube
- Tafsir Munir Imam Nawawi
- MANHAJ ILMU GUS BAHA
- HIKAM
Kamis, 01 April 2021
Rumah Tasikmalaya: Al-Jami Ash-Shaghir (Terjemah Syarah Hasyiah Takhrij)
JAMI`USH SHAGHIIR 2688 Nabi paling banyak umatnya Muslim:196
=
٩٨ـ٢٦٨٨ـ أَنَا أَكْثَرُ الْأَنْبِيَاءِ تَبَعًا
يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ (م) عن أنس (صح) [الجامع:٢٦٨٨، مسلم: ١٩٦]ـ
[98](2688)- Aku adalah Nabi paling
banyak pengikutnya pada hari kiamat dan aku adalah orang pertama yang mengetuk
pintu surga. (HR. Muslim dari Anas. SHAHIH) [Al-Jami:2688, Muslim:196]
=
Rabu, 31 Maret 2021
JAMI`US SHAGHIR 1600 Penghuni neraka Muslim:183
=
٩٧ـ١٦٠٠ـ أما أهلُ النارِ الذين هم أهلُها ؛ فإنهم
لا يموتون فيها ولا يَحيَوْن ، ولكن ناسٌ أصابتْهم النَّارُ بذنوبهم ، فأماتتْهم إماتةً
، حتى إذا كانوا فحْمًا أُذِنَ بالشفاعةِ فجِيءَ بهم ضبائرُ ضبائرُ فبُثُّوا على أنهارِ
الجنَّةِ ، ثم قيل : يا أهلَ الجنَّةِ أَفيضوا عليهم ، فيَنْبُتون نباتَ الحبَّةِ تكون
في حِميلِ السَّيلِ (حم م ه) عن أبي سعيد (صح) [الجامع:١٦٠٠، مسلم: ١٨٣]ـ
[97](1600)- Adapun ahli neraka
yang memang mereka ahlinya, sesungguhnya mereka tidak mati dan tidak hidup di
dalamnya, tetapi mereka adalah orang-orang yang dikenai neraka sebab dosa-dosa
mereka, kemudian mereka dimatikan dengan sekali kematian sehingga apabila
mereka telah menjadi abu maka diizinkan memperoleh syafaat, kemudian mereka
didatangkan bergerombol-gerombol, kemudian mereka ditebarkan diatas
sungai-sungai surga. Setelah itu kemudian dikatakan: “Wahai ahli surga,
siramilah mereka”, kemudian mereka tumbuh sebagai tumbuhan wewangian yang
berada dalam bawaan banjir. (HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah. SHAHIH) [Al-Jami:1600, Muslim:183]
Kaum ahlussunnah wal jamaah berpendapat jika syafaat itu ada, dan diberikan kepada orang - orang beriman yang diridhai Allah swt. Salah satu bentuk syafaat adalah dikeluarkannya orang - orang mukmin yang bedosa dari dalam api neraka.
=
JAMI`USH SHAGHIIR 1831 Amal malam dan amal siang - Muslim:179
=
٩٥ـ١٨٣١ـ إِنَّ للهَ تَعَالَى لَا يَنَامُ ولا
ينبَغِي لهُ أن ينَامَ ، يخْفِضُ القِسْطَ ويَرْفَعُهُ ، ويُرفَعُ إليهِ عمَلُ الليلِ
قَبْلَ عملِ النهارِ ، وعملُ النهارِ قبلَ عملِ الليلِ ، حِجَابُهُ النورُ ، لو كَشَفَهُ
لأحْرَقَتْ سُبُحَاتُ وجْهِهِ ما انتَهَى إليهِ بَصَرُهُ من خلقِهِ (م ه) عن أبي موسى
(صح) [الجامع:١٨٣١، مسلم: ١٧٩]ـ
[95](1831)- Sesungguhnya Allah ta`alaa tidak tidur
dan tidak seyogyanya Ia tidur. Ia merendahkan pembagian dan mengangkatnya,
dilaporkan kepada-Nya amal malam hari sebelum amal siang hari, dan amal siang
hari sebelum amal malam hari, dinding-Nya adalah cahaya. Kalau Ia membukanya
tentu keagungan wajah-Nya akan membakar semua mahluk yang penglihatannya sampai
kepada-Nya. (HR. Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Musa. SHAHIH) [Al-Jami:1831, Muslim:179]
Hadits ini menjelaskan beberapa hal kepada kita:
1. Allah swt tidak tidur dan mustahil Dia tidur
2. Allah swt membagikan rizki hamba-hamba-Nya dengan adil, kadang melapangkannya dan kadang menyempitkannya.
3. Malaikat penjaga membawa amalam malam hari sebelum amalan siang hari dan amalan siang hari dibawa sebelum amalan malam hari.
4. Mahluk Allah swt tidak bisa melihat keagungan Dzat Allah swt karena mereka terhalang oleh cahaya atau api, yng jika penghalang tersebut tersingkap niscaya terbakarlah seluruh mahluk yang ada.
=
Selasa, 30 Maret 2021
Hadits 31-40 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi - Kitab Iman
Hadits 31-40 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi - Kitab Iman
٣١ـ١٩٦٨ـ إِنَّ الدِّيْنَ النَّصِيْحَةُ لِلّهِ
ولِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ و عَمَّاتِهِمْ (حم م د
ن) عن تميم الدَّاري (ت ن) عن أَبي هريرة (حم) عن إبن عباس (صح).[الجامع(١٩٦٨)، مسلم(٥٥)]ـ
[31](1968)- Sesungguhnya agama adalah nasehat, untuk Allah,
kitab-Nya, Utusan-Nya, pemimpin umat islam, dan umat islam keseluruhan. (HR.
Ahmad, Muslim, Abu Daud, dan Nasaai dari Tamim ad-Daary. Riayat Tirmidzi dan
Nasaai dari Abu Hurairah. Riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas. SHAHIH).
[Al-Jami:1968, Muslim:55].
٣٢ـ٩١٦ـ أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقا
خَالِصًا، وَ مَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ
النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا، إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ٬ وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلفَ٬ وَ إِذَا
عَاهَدَ غَدَرَ٬ وَ إِذَا خَاصَمَ فَجَرَ (حم ق ٣) عن إبن عمر (صح) [الجامع (٩١٦)،
بخاري (٣٤)، مسلم (٥٨)]ـ
[32](916)- Empat perangai yang apabila ada pada seseorang maka dia adalah
orang munafik murni (sangat mirip dengan orang munafik sejati). Barang siapa
ada padanya salah satu perangai maka ada padanya salah satu perangai munafik
hingga ia meninggalkannya. Apabila berkata dia bohong, apabila berjanji tidak
menepati, apabila membuat kesepakan maka ia melanggarnya, dan apabila
bersengketa dia curang. [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu
Dawud, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Ibnu Umar. SHAHIH] [Al-Jami:
916, Bukhari: 34, Muslim 58]
٣٣ـ٢٥ـ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ
كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ (ق ت ن) عن أبي هريرة
(صح) [الجامع (٢٥)، بخاري (٣٣)، مسلم (٥٩)]ـ
[33](25)- Tanda - tanda orang munafik itu ada tiga: apabila berkata ia
dusta, apabila berjanji ia menyalahi janji, apabila dipercaya ia
berkhianat. [HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dari Anas, SHAHIH]
[Al-Jami: 25, Bukhari: 33, Muslim:59]
٣٤ـ٧٧٦ـ إِذَا قَال الرَّجُلُ لِأَخِيْهِ: يَا
كَافِرُ فَقَدْ بَاءَ بِهَاأَحَدُهُمَا (خ) عن أبى هريرة (حم خ) عن إبن عمر (صح) [الجامع(٧٧٦)،
بخاري(٦١٠٣)، مسلم(٦٠)]ـ
[34](776)- Apabila seorang laki-laki berkata kepada saudaranya, "Hai
Kafir", maka salah seorang dari mereka kembali membawa (dosa) nya.
(HR. Bukhari dari Abu Hurairah, dan riwayat Ahmad dan Bukhari dari
Ibnu Umar. SHAHIH). [Al-Jami:776, Bukhari:6103, Muslim:60]
٣٥ـ٤٧٥ـ إِذَا أَكْفَرَ الرَّجُلُ أَخَاهُ فَقَدْ
بَاءَ بِهَا أَحَدُهُمَا (م) ابن عمر (صح). [الجَامِع(٤٧٥)، بخاري(٦١٠٤)، مسلم(٦٠)]ـ
[35](475)- Apabila seorang laki-laki mengkafirkan saudaranya maka ucapannya kembali
kepada salah satu dari keduaya. (HR. Muslim dari Ibnu Umar. SHAHIH).
[Al-Jami:475, Bukhari:6104, Muslim:60].
٣٦ـ٢٩٣٩ـ أَيَّمَا امْرِئٍ قَالَ لِأَخِيْهِ كَافِرٌ
فَقَدْ بَاءَ بِهَا أَحَدُهُمَا إِنْ كَانَ كَمَا قَالَ وَإِلَّا رَجِعَتْ إِلَيْهِ
(م ت) عن إبن عمر (صح). [الجَامِع(٢٩٣٩)، بخاري(٦١٠٤)، مسلم(٦٠)]ـ
[36](2939)- Siapa saja yang berkata kepada saudaranya “wahai
kafir”, maka telah kembali kata-kata tersebut kepada salah satu dari keduanya.
Jika ia memang seperti yang dikatakan, dan jika tidak maka kembali kepadanya.
(HR. Muslim dan Tirmidzi dari Ibnu Umar. SHAHIH). [Al-Jami:2393, Bukhari::6104,
Muslim:60].
٣٧ـ٧٦٧٢ـ لَيْسَ مِنْ رَجُلٍ ادَّعَى لِغَيْرِ
أَبِيْهِ وَهُوَ يَعْلَمُهُ إِلَّا كَفَرَ، وَمَنْ ادَّعَى مَا لَيْسَ لَهُ فَلَيْسَ
مِنَّا وَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ، وَمَنْ دَعَا رَجُلًا بِالْكُفْرِ
أَوْ قَالَ عَدُوُّ الله وَلَيْسَ كَذَلِكَ إِلَّا حَارَ عَلَيْهِ، وَلَا يَرْمِي رَجُلٌ
رَجُلًا بِالْفِسْقِ وَلَا يَرْمِيْهِ بِالْكُفْرِ إِلَّا ارْتَدَّتْ عَلَيْهِ إِنْ
لَمْ يَكُنْ صَاحِبُهُ كَذَلِكَ (حم ق) عن أبي ذر (صح). [الجامع(٧٦٧٢)، بخاري(٣٥٠٨)،
مسلم(٦١)]ـ
[37](7672)- Tidaklah seseorang mengaku-aku orang lain sebagai
ayahnya, padahal ia tahu kalau orang lain tersebut bukan ayahnya, maka ia
kafir. Barangsiapa yang mengaku-aku barang yang bukan miliknya maka dia bukan
dari golongan kita dan bersiaplah tempat duduknya di neraka. Barangsiapa
memanggil seseorang dengan kata kafir atau mengatakan wahai
musuh Allah padahal tidak demikian, maka kata-kata tersebut akan
kembali kepadanya. Tidaklah seseorang menuduh orang (lain) dengan kefasikan dan
tidak menuduhnya dengan kekufuran melainkan (tuduhan itu)
kembali menimpanya apabila temannya itu tidak demikian. (HR. Ahmad, Bukhari dan
Muslim dari Abu Dzar. SHAHIH). [Al-Jami:7672, Bukhari:3508, Muslim:61].
٣٨ـ٨٣٧٠ـ مَنْ إِدَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيْهِ
وَهُوَ يَعْلَمُ، فَالْجَنَّةُ عَلَيْهِ حَرَامٌ (حم ق د ه) عن سعيد بن أبي وقاص و
أبي بكر (صح). [الجامع(٨٣٧٠)، بخاري(٦٧٦٦)، مسلم(٦٣)]ـ
[38](8370)- Barangsiapa menasabkan dirinya kepada selain bapaknya,
padahal dia mengetahuinya, maka surga haram atasnya. (HR Ahmad, Bukhari,
Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah dari Sa`d dan Abu Bakrah. SHAHIH).
[Al-Jami:8370, Bukhari:6766, Muslim:63].
٣٩ـ٤٦٣٣ـ سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوْقٌ، وِقِتَالُهُ
كُفْرٌ(حم ق ت ن ه) عن إبن مسعود (ه) عن أبي هريرة وعن سعد (طب) عن عبد الله بن مغفل،
وعن عمرو بن النعمان بن مقرن (قط) في الأفراد عن جابر [الجامع (٤٦٣٣)، بخاري (٤٨)،
مسلم (٦٤)]ـ
[39](46)- Mencela orang islam adalah kefasikan dan memeranginya adalah kekufuran.
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud.
Riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah dan Sa`d. Riwayat Thabrani dari
Abdullah bin Mughaffal dan dari `Amr bin Nu`man bin Muqran. Riwayat Daraaquthni
dalam Al-Mufraad dari Jabir. SHAHIH]
٤٠ـ٩٧٦٧ـ لَاتَرْجِعُوْا بَعْدِى كُفَّارًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بعْضٍ (حم ق ن ه) عن
جرير(حم خ د ن) عن إبن عمر (خ ن) عن أبي بكرة (خ ت) عن إبن عباس (صح)ـ
[40](9767)- Janganlah kalian kembali kafir setelah
sepeninggalanku, maka kalian akan saling pukul memukul (saling bunuh membunuh).
(HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i, dan Ibnu
Majah dari Jarir. Riwayat Ahmad, Bukhari, Abu Dawud, Nasaa-i, dan Ibnu Majah
dari Ibnu Umar. Riwayat Bukhari dan Nasaa-i dari Abu Bakrah. Riwayat Bukhari
dan Tirmidzi dari Ibnu Abbas. SHAHIH).
Minggu, 28 Maret 2021
Hadits 11-20 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi - Kitab Iman
١١ـ١٧٥٦ـ
إِنَّ اللهَ تَعَالى قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لَا إِلهَ إِلَّا اللّهُ
يَبْتَغِى بذلك وَجْهَ اللهِ (ق) عن عتبان بن مالك (صح) [الجامع:١٧٥٦، بخاري:٦٤٢٣،
مسلم:٣٣]ـ
[11](1756)-
Sesungguhnya Allah SWT telah melarang neraka bagi orang
yang mengucapkan "tiada Tuhan selain Allah" karena
mengharap ridha Allah. (HR Bukhari dan Muslim dari Utban bin
Malik. SHAHIH). [Al-Jami:1756, Bukhari:6423, Muslim:33].
١٢ـ٤٣٠٩ـ ذَاقَ طَعْمَ الْإِيْمَانِ مَنْ رَضِيَ
بِاللهِ رَبًّا، وَبِالْإِسْلَامِ دِيْنًا، وَ بِمُحَمَّدٍ رَسُوْلًا (حم م ت ) عن
العباس بن عبد المطلب (صح).[الجامع(٤٣٠٩)، مسلم(٣٤)]ـ
[12](4309)-
Niscaya akan
merasakan rasanya iman bagi orang yang ridha terhadap Allah sebagai Rabb,
islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul-Nya. (HR. Ahmad, Muslim, dan
Tirmidzi dari Abbas bin Abdul Muthalib. SHAHIH). [Al-Jami:4309, Muslim:39].
١٣ـ٣٠٩٦ـ الإِيْمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُوْنَ شُعْبَةً، فَأفْضَلُهَا:
قَوْلُ لَاإلهَ إلَّا الله، وَأَدْنَاهَا: إِمَاطَةُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ (م
د ن ه) عن أبى هريرة [الجامع (٤٠٣١)، بخاري (٩)، مسلم (٣٥)]ـ
[13](3096)- Iman itu ada tujuh puluh
cabang lebih, yang paling utama adalah ucapan tiada tuhan selain Allah,
dan yang paling rendah adalah menyingkirkan halangan dari jalanan. [HR. Muslim,
Abu Daud, Nasaa-I, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah] [Al-Jami: 3096, Bukhari:
9, Muslim 35].
١٤ـ٣٨٥٩ـ الْحَيَاءُ مِنَ الْإِيْمَانِ (م ت) عن إبن عمر (صح) [الجامع
(٣٨٥٩)، بخاري (٢٤)، مسلم (٣٦)]ـ
[14](3859)- Malu itu sebagian dari
keimanan [HR. Muslim dan Tirmidzi dari Ibnu Umar. SHAHIH] [Al-Jami: 3859,
Bukhari: 24, Muslim: 36].
١٥ـ٣٨٦٣ـ الحَيَاءُ خَيْرٌ كُلُّهُ (م د) عن عمران
بن حصين (صح)ـ
[15](3863)- Malu itu kebaikan
seluruhnya (HR. Muslim dan Abu Dawud dari Imran bin Hushain. SHAHIH) [Al-Jami: 3863, Bukhari:6117, Muslim:37].
١٦ـ٣٨٦٤ـ الحَيَاءُ لَا يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ (ق) عن عمران بن حصين (صح)ـ
[16](3864)- Malu tidak mendatangkan
terkecuali kebaikan. (HR. Bukhari dan Muslim dari Imran bin Hushain. SHAHIH). [Al-Jami: 3864, Bukhari:6117, Muslim:37].
١٧ـ٦١٤٣ـ قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ فَاسْتقِمْ (حم م ت ن ه) عن سفيان بن
عبد الله الثقفي (صح).[الجامع(٦١٤٣)، مسلم(٣٨)]ـ
[17](6143)-
Katakanlah: “Aku telah beriman kepada Allah, kemudian ber-istiqamah-lah (dalam
keimanan tersebut)”. (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah dari
Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqafi. SHAHIH). [Al-Jami:6143, Muslim:38].
١٨ـ٤٠٣١ـ خَيْرُ المُسْلِميْنَ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ
مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ (م) عن إبن عمر [الجَامِع (٤٠٣١)، بخاري (٦٤٨٤)، مسلم
(٤٠)]ـ
[18](4031)- Orang islam terbaik adalah jika orang islam lainnya
selamat dari lisan dan tangannya [HR. Muslim] [Al-Jami: 4031, Bukhari: 6484,
Muslim: 40]
١٩ـ٩٢٠٩ـ المُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ
مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ، وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنْهُ (خ د
ن) عن إبن عمر [الجَامِع (٩٢٠٩)، بخاري (١٠)، مسلم (٤٠)]ـ
[19](9209)- Seorang muslim adalah jika kaum muslimin merasa aman
dari gangguan lisan dan tangannya. Seorang muhajir adalah
orang yang meninggalkan apa yang dilarang Allah. [HR. Bukhari, Abu Daud, dan
Nasaai dari Ibnu Umar] [Al-Jami: 9209, Bukhari: 10, Muslim: 40]
٢٠ـ٩٢٠٦ـ المُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ
مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ (م) عن جابر [الجامع (٩٢٠٦)، بخاري (١١)، مسلم ٤١)]ـ
[20](9206)- Orang islam (yang utama)
adalah jika orang islam lainnya selamat dari lisan dan tangannya [HR. Muslim
dari Jabir ] [Al-Jami: 9206, Bukhari: 11, Muslim: 41]