=
٥٢ـ١٧٢٧ـ إِنَّ اللهَ حَرَّمَ عَلَيَّ الصَّدَقَةَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِي (ابن سعد) عن الحسن بن علي (صح)
Sesungguhnya Allah
mengharamkan sedekah untukku dan juga untuk ahli baitku (HR. Ibnu Sa`di dari
Hasan bin Ali. SHAHIH)
=
=
٥٢ـ١٧٢٧ـ إِنَّ اللهَ حَرَّمَ عَلَيَّ الصَّدَقَةَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِي (ابن سعد) عن الحسن بن علي (صح)
Sesungguhnya Allah
mengharamkan sedekah untukku dan juga untuk ahli baitku (HR. Ibnu Sa`di dari
Hasan bin Ali. SHAHIH)
=
=
٤٩ـ١٢٣٣ـ أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ الصَّلَاةُ لِوَقْتِهَا
وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٢٣٣، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ
[49](1233)- Amal yang paling utama
adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR Muslim dari Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:1233,
Bukhari:527, Muslim:85]
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim
Imam Suyuthi hadits nomor 61
٥٤ـ٦١ــ أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ الصَّلَاةُ لِوَقْتِهَا
وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٢٣٣، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ
[45](61)- Amal yang paling
utama adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR Muslim dari Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:1233, Bukhari:527, Muslim:85]
Setelah iman maka amal paling utama dan paling banyak
pahalanya adalah shalat di awal waktu kemudian berbuat baik kepada kedua orang
tua. Salah satu bentuk berbuat baik kepada orang tua adalah silaturrahmi.
[1]
=
=
٤٦ـ٣١٧٠ـ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ
وَالْكُفْرِ تَرْكُ ٱلصَّلَاةِ (م د ت ه) عن جابر (صح) [الجامع:٣١٧٠، مسلم:٨٢]ـ
[46](3170)- Antara laki-laki dan antara syirik dan kufur adalah meninggalkan shalat. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Jabir. SHAHIH). [Al-Jami:3170, Muslim:82)
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim
Imam Suyuthi haits 58
٥١ـ٥٨ــ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ
وَالْكُفْرِ تَرْكُ ٱلصَّلَاةِ (م د ت ه) عن جابر (صح) [الجامع:٣١٧٠، مسلم:٨٢]ـ
[51](58)- Antara laki-laki
dan antara syirik dan kufur adalah tinggal shalat. (HR. Muslim, Abu Dawud,
Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Jabir. SHAHIH). [Al-Jami:3170, Muslim:82)
Orang yang meninggalkan shalat terbagai dalam beberapa
bagian: (1) jika dia mengingkari kewajiban shalat maka dia dihukumi kafir
menurut ijma` ulama, kecuali orang yang baru masuk islam yang belum tahu
tentang kewajiban tersebut dan belum banyak bergaul dengan umat islam lainnya.
(2) jika dia tidak mengingkari kewajiban shalat tersebut maka para ulama
berbeda pendapat: ada yang berpendapat kafir, ada yang menghukumi tidak kafir
tetapi fasik, ada yang berpendapat tidak kafir dan dipenjarakan hingga dia
bertaubat. [1]
=
=
٤٥ـ٧٩١ـ إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ
فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُوْلُ يَاوَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ
بِالسُّجُوْدِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ
النَّارُ (حم م ه) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٧٩١، مسلم:٨١]ـ
[45](791)- Apabila anak adam membaca
(surat) as-sajdah kemudian bersujud, maka syetan menyeingkir, menangis
dan berkata: “anak adam diperintahkan berusud dan dia bersujud maka dia
mendapatkan surga, tetapi aku diperintahkan bersujud dan akupun durhaka maka
aku mendapatkan neraka. (HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.
SHAHIH). [Al-Jami:791, Muslim:81]
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim
Imam Suyuthi hadits 57.
٥٠ـ٥٧ــ إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ
فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُوْلُ يَاوَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ
بِالسُّجُوْدِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ
النَّارُ (حم م ه) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٧٩١، مسلم:٨١]ـ
[50](57)- Apabila anak adam
membaca (surat) as-sajdah kemudian bersujud, maka syetan menyeingkir,
menangis dan berkata: “anak adam diperintahkan berusud dan dia bersujud maka
dia mendapatkan surga, tetapi aku diperintahkan bersujud dan akupun durhaka
maka aku mendapatkan neraka. (HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu
Hurairah. SHAHIH). [Al-Jami:791, Muslim:81]
Hadits ini menjelaskan jika Iblis adalah kafir. Selain itu
hadits ini juga menjelaskan keutamaan surat as-sajdah dan bersujud pada
ayat sajdah. Hukum sujud pada ayat sajdah ini menurut kelompok ulama syafiiyyah
adalah sunnah sedangkan menurut kelompok ulama hanafiyah adalah wajib. [1]
=
=
٤٣ـ٣٣٨ـ إِذَا أَبَقَ الْعَبْدُ لَمْ تُقْبَلْ
لَهُ صَلَاةٌ (م) عن جَرير (صح) [الجامع:٣٣٨، مسلم:٧٠]ـ
[43](338)-
Apabila hamba sahaya melarikan diri maka shalatnya tidak diterima. (HR. Muslim
dari Jariir. SHAHIH). [Al-Jami:338, Muslim:70].
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim
Imam Suyuthi hadits 56.
٤٩ـ٥٦ــ إِذَا أَبَقَ الْعَبْدُ لَمْ تُقْبَلْ
لَهُ صَلَاةٌ (م) عن جَرير (صح) [الجامع:٣٣٨، مسلم:٧٠]ـ
[49](56)- Apabila hamba
sahaya melarikan diri maka shalatnya tidak diterima. (HR. Muslim dari Jariir.
SHAHIH). [Al-Jami:338, Muslim:70].
Meskipun demikian sebagian ulama berpendapat shalatnya
tetap sah.[1]
=
=
٤٢ـ٢٩٥٩ـ أَيُّمَا عَبْدٍ أَبَقَ مِنْ مَوَالِيْهِ
فَقَدْ كَفَرَ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَيْهِمْ (م) عن جابر (صح) [الجامع:٢٩٥٩، مسلم:٦٨]ـ
[42](2959)- Budak mana saja yang
berpaling (melarikan diri) dari tuannya maka dia benar-benar telah kafir (kufur
nikmat) hingga mereka kembali kepada tuan mereka. (HR. Muslim dari Jabir.
SHAHIH), [Al-Jami:2959, Muslim:68].
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim
Imam Suyuthi Hadits nomor 55
٤٨ـ٥٥ــ أَيُّمَا عَبْدٍ أَبَقَ مِنْ مَوَالِيْهِ
فَقَدْ كَفَرَ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَيْهِمْ (م) عن جابر (صح) [الجامع:٢٩٥٩، مسلم:٦٨]ـ
[48](55)- Budak mana saja
yang berpaling (melarikan diri) dari tuannya maka dia benar-benar telah kafir
(kufur nikmat) hingga mereka kembali kepada tuan mereka. (HR. Muslim dari
Jabir. SHAHIH), [Al-Jami:2959, Muslim:68].
Budak yang melarikan diri maka dia akan memiliki salah satu
dari status berikut: (1) telah kufur terhadapat nikmat perwalian (tuannya), (2)
melakukan perbuatan yang biasa dilakukan oleh orang kafir, (3) benar-benar
menjadi kafir jika dia menganggap benar perbuatannya tersebut. [1]
=
=
١٦ـ٣٨٦٤ـ الحَيَاءُ لَا يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ (ق) عن عمران بن حصين (صح)ـ
[16](3864)- Malu tidak mendatangkan
terkecuali kebaikan. (HR. Bukhari dan Muslim dari Imran bin Hushain. SHAHIH). [Al-Jami: 3864, Bukhari:6117, Muslim:37].
=