٦٩٢٠ــ كَانَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ بَنِى
إِسْرَائِيْلَ وَالزُّمَرَ (حم ت ك) عن عائشة (صح)ـ
6920-
Beliau tidak tidur sampai membaca (surat) Bani Israil dan Az-Zumar. (HR. Ahmad,
Nasaai, dan Hakim dari Aisyah. SHAHIH)[1]
٦٩٢٠ــ كَانَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ بَنِى
إِسْرَائِيْلَ وَالزُّمَرَ (حم ت ك) عن عائشة (صح)ـ
6920-
Beliau tidak tidur sampai membaca (surat) Bani Israil dan Az-Zumar. (HR. Ahmad,
Nasaai, dan Hakim dari Aisyah. SHAHIH)[1]
٦٥٤١ــ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنَ اللَّيْلِ
قَرَأَ ـ قُلْ يَاأَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ ـ[الكافرون:١] حَتَّى خَتَمَهَا (طب) عن
عبادة بن أخضر (ح)ـ
6541-
Apabila beliau hendak tidur beliau membaca Qul yaa ayyuhal kaafiruun (surat Al-Kafirun)
sampai menamatkannya. (HR. Thabrani dari Ubadah bin Akhdhar. HASAN)
Keutamaannya
adalah terbebas dari syirik.[1]
٣٦٧ــ إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ مِنَ اللَّيْلِ
فَاقْرَأْ ـ قُلْ يَاأَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ ـ ثُمَّ نَمْ عَلَى خَاتِمَتِهَا فَإِنَّهَا
بَرَاءَةٌ مِنَ الشِّرْكِ (حم د ت ك هب) عن نوفل بن معاوية (ن) والبغوي وابن قانع والضياء
عن جبلة بن حارثة (صح)ـ
367-
Apabila kamu telah mengambil tempatmu berbaring di malam hari maka bacalah (قُلْ يَاأَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ) (surat Al-Kafirun) setelah itu kemudian tidurlah pada akhir
surat itu Karena ia sesungguhnya kebebasan dari syirik. (HR. Ahmad, Abu Dawud,
Tirmidzi, Hakim, dan Baihaqi dalam Syuabul Iman dari Naufal bin Muawiyah.
Riwayat Nasaai, Al-Baghawi, Ibnu Qaani`, dan Dhiyaa` dari Jabalah bin Hartsah.
SHAHIH)[1]
٧٧١٦ــ لِيَقُلْ أَحَدُكُمْ حِيْنَ يُرِيْدُ أَنْ
يَنَامَ آمَنْتُ بِاللّٰهِ وَكَفَرْتُ بِالطَّاغُوْتِ وَعْدُ اللهِ حَقٌّ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُوْنَ اللّٰهُمَّ
إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ طَوَارِقِ هَذَا اللَّيْلِ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ
(طب) عن أبى مالك الأشعرى (ض)ـ
7716-
Ketika salah seorang dari kalian hendak tidur maka hendaklah membaca (آمَنْتُ بِاللّٰهِ وَكَفَرْتُ بِالطَّاغُوْتِ وَعْدُ اللهِ حَقٌّ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُوْنَ اللّٰهُمَّ
إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ طَوَارِقِ هَذَا اللَّيْلِ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ) Aku beriman
kepada Allah dan mengufuri berhala – berhala dan janji Allah adalah benar dan
benarlah para Rasul. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari orang –
orang yang mengetuk pintu malam ini terkecuali orang yang mengetuk pintu dengan
kebaikan. (HR. Thabrani dari Abi Malik Al-Asy`ari. DHAIF)[1]
٦٦٠٨ــ كانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ
الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَكَفَانَا وَآوَانَا، فَكَمْ مِمَّنْ
لَا كَافِيَ لَهُ وَلَا مُؤْوِيَ لَهُ (حم م ٣) عن أنس (صح)ـ
6608-
Apabila beliau beranjak ke tempat tidur beliau membaca: (الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَكَفَانَا
وَآوَانَا) Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan
memberi kami minum dan yang telah mencukupi kami dan telah memberi tempat
tingal kami, maka berapa banyak orang yang tiada yang mencukupinya dan
tiada yang memberi tempat tinggalnya. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi,
dan Nasaai dari Anas. SHAHIH).[1]
٦٥٥٨ــ كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْقُدَ وَضَعَ
يَدَهُ الْيُمْنَى تَحْتَ خَدِّهِ ثُمَّ يَقُوْلُ اللّٰهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ
تَبْعَثُ عِبَادَكَ ثَلَاثَ مِرَاتٍ (د) عن حفصة (صح)ـ
6558-
Apabila beliau hendak tidur, beliau menaruh tangan kanan di bawah pipinya,
kemudian mengucapkan (اللّٰهُمَّ
قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ ثَلَاثَ مِرَاتٍ) Ya Allah, peliharalah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau
membangkitkan hamba hamba-Mu, tiga
kali. (HR. Abu Dawud dari Hashah. SHAHIH)[1]
٦٥٤٠ــ
كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنَ اللَّيْلِ قَالَ بِاسْمِ اللهِ وَضَعْتُ جَنْبِى اللّٰهُمَّ اغْفِرْ
لِى ذَنْبِى وَأَخْسِئْ شَيْطَانِى وَفُكَّ رِهَانِى وَثَقِّلْ مِيْزَانِى وَاجْعَلْنِى
فِى النَّدِى الْأَعْلَى (د ك) عن أبى الأزهر (صح)ـ
6540-
Apabila beliau hendak tidur di malam hari beliau mengucapkan: (بِاسْمِ اللهِ وَضَعْتُ جَنْبِى اللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِى ذَنْبِى
وَأَخْسِئْ شَيْطَانِى وَفُكَّ رِهَانِى وَثَقِّلْ مِيْزَانِى وَاجْعَلْنِى فِى النَّدِى
الْأَعْلَى) Dengan Nama Allah aku meletakan sisiku, Ya Allah ampunilah aku,
usirlah syetanku, lepaskanlah ikatanku, perberatlah timbanganku, dan jadikanlah
aku dalam kelompok yang paling tinggi. (HR. Abu Dawud dan Hakim dari Abi
Al-Azhar. SHAHIH)[1]