Surat Ali Imran 190 -191
اِنَّ
فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ
لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan
bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi
orang yang berakal, (Ali Imran: 190)
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi
(dan segala sesuatu yang sangat menakjubkan yang ada pada keduanya) dan dalam
pergantian malam dan siang (yang datang dan pergi, yang bertambah dan berkurang)
benar – benar ada tanda-tanda (yang menunjukan kekuasaan Allah swt) bagi
orang-orang yang memiliki akal. (Tafsir Jalalain)
الَّذِيْنَ
يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ
فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ
فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah
sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan
tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah
Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari
azab neraka. (Ali Imran: 191)
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil
berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring (maksudnya dalam segala keadaan).
Dzikrullah disini juga bermakna shalat atau ibadah lainnya. Mereka juga
memikirkan penciptaan langit dan bumi agar menjadi dalil adanya Allah swt.
(yaitu) orang – orang yang berkata “Ya Tuhan kami,
tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia (tetapi Engkau ciptakan
dengan sempurna untuk menunjukan kesempurnaan kekuasaan-Mu); Mahasuci Engkau
(dari main – main belaka), lindungilah kami dari azab neraka.
(Tafsir Jalalain)
Asbabun nuzul
قَالَ الطَّبَرَانِيُّ: حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ
بْنُ إِسْحَاقَ التُسْتَرِيُّ، حَدَّثَنَا يَحْيَى الْحِمَّانِيُّ، حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ
الْقُمِّيُّ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ أَبِي الْمُغِيرَةِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: أَتَتْ قُرَيْشٌ الْيَهُودَ، فَقَالُوا: بِمَ جَاءَكُمْ مُوسَى؟
قَالُوا: عَصَاهُ وَيَدُهُ بَيْضَاءُ لِلنَّاظِرِينَ، وَأَتَوُا النَّصَارَى فَقَالُوا:
كَيْفَ كَانَ عِيسَى؟ قَالُوا: كَانَ يُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ، وَيُحْيِي
الْمَوْتَى، فَأَتَوُا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا:
ادع الله أن يَجْعَلُ لَنَا الصَّفَا ذَهَبًا، فَدَعَا
رَبَّهُ، فَنَزَلَتْ هذه الآية إِنَّ فِي خَلْقِ السَّماواتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلافِ
اللَّيْلِ وَالنَّهارِ لَآياتٍ لِأُولِي الْأَلْبابِ فَلْيَتَفَكَّرُوا فِيهَا ـ
Artinya: Ath-Thabarani berkata, Telah
menceritakan kepadaku Al-Husain bin Ishaaq At-Tustary, telah menceritakan kepadaku
Yahya Al-Himmaaniy, telah menceritakan kepadaku Ya`quub Al-Qummiyyu dari Ja`far
bin Abil Mughiirah, dari Sa`iid bin Jubair, dari Ibnu Abbas berkata: “orang-orang Quraisy mendatangi
orang-orang Yahudi dan bertanya kepada mereka, apa tanda-tanda yang dibawa Musa
kepada kalian?” orang-orang Yahudi itu menjawab “Tongkat dan tangan yang putih
bagi orang-orang yang melihatnya.” Lalu orang-orang Quraisy itu mendatangi
orang-orang Nasrani, lalu bertanya kepada mereka, “apa tanda-tanda yang
diperlihatkan Isa?.” Mereka menjawab, “Dia dulu menyembuhkan orang yang buta,
orang yang sakit kusta dan menghidupkan orang mati.” Lalu mereka mendatangi
Nabi SAW. lalu berkata kepada beliau, “Berdoalah kepada Tuhanmu untuk mengubah
bukit shafa menjadi emas untuk kami.” Lalu beliau berdoa, maka turunlah firman
Allah (Q.S Ali Imran 190) (اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ
وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ) ini. (Tafsir Ibnu Katsir)
Malam
Ketika Turunnya Ayat
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ،
عَنْ عَطَاءٍ، قَالَ: دَخَلْتُ أَنَا وَعُبَيْدُ بْنُ عُمَيْرٍ، عَلَى عَائِشَةَ
فَقَالَتْ لِعُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ: قَدْ آنَ لَكَ أَنْ تَزُورَنَا، فقَالَ: أَقُولُ
يَا أُمَّهْ كَمَا قَالَ الأَوَّلُ: زُرْ غِبًّا تَزْدَدْ حُبًّا، قَالَ: فَقَالَتْ:
دَعُونَا مِنْ رَطَانَتِكُمْ هَذِهِ، قَالَ ابْنُ عُمَيْرٍ: أَخْبِرِينَا بِأَعْجَبِ
شَيْءٍ رَأَيْتِهِ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ:
فَسَكَتَتْ ثُمَّ قَالَتْ: لَمَّا كَانَ لَيْلَةٌ مِنَ اللَّيَالِي، قَالَ: يَا
عَائِشَةُ ذَرِينِي أَتَعَبَّدُ اللَّيْلَةَ لِرَبِّي قُلْتُ: وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّ
قُرْبَكَ، وَأُحِبُّ مَا سَرَّكَ، قَالَتْ: فَقَامَ فَتَطَهَّرَ، ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي،
قَالَتْ: فَلَمْ يَزَلْ يَبْكِي حَتَّى بَلَّ حِجْرَهُ، قَالَتْ: ثُمَّ بَكَى فَلَمْ
يَزَلْ يَبْكِي حَتَّى بَلَّ لِحْيَتَهُ، قَالَتْ: ثُمَّ بَكَى فَلَمْ يَزَلْ يَبْكِي
حَتَّى بَلَّ الأَرْضَ، فَجَاءَ بِلاَلٌ يُؤْذِنُهُ بِالصَّلاَةِ، فَلَمَّا رَآهُ يَبْكِي،
قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، لِمَ تَبْكِي وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ
وَمَا تَأَخَّرَ؟ قَالَ: أَفَلاَ أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا، لَقَدْ نَزَلَتْ عَلَيَّ
اللَّيْلَةَ آيَةٌ، وَيْلٌ لِمَنْ قَرَأَهَا وَلَمْ يَتَفَكَّرْ فِيهَا {إِنَّ فِي
خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ} الآيَةَ كُلَّهَا. ـ
Abdul
Malik bin Abu Sulaiman menceritakan kepada kami, dari Atha’, ia berkata, “Aku
dan Ubaid bin Umair datang kepada Aisyah, kemudian Aisyah berkata kepada Ubaid
bin Umair, “Sungguh kamu telah bersikap baik dengan datang mengunjungi
kami.” Lalu Ubaid berkata, “Aku akan katakan wahai ibu sebagaimana orang
dulu pemah katakan: “Jarang berkunjunglah, maka cinta akan bertambah.” Atha'
berkata, Aisyah lalu berkata, "Tinggalkan kami dari bahasa asing kalian
itu.” Ibnu Umair berkata, “Berilah kami Khabar tentang perkara yang paling
menakjubkan yang pernah engkau lihat dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa
sallam.” Atha' berkata, “Aisyah terdiam, tidak lama kemudian berkata,
‘Pada suatu malam, beliau bersabda, ‘Wahai Aisyah, izinkanlah aku agar
malam ini aku dapat beribadah kepada Tuhanku.” Aku (Aisyah) lalu
berkata, Sesungguhnya aku lebih senang berada di dekatmu, dan aku sangat senang
dapat membahagiakanmu," Ia (Aisyah) lalu berkata, “Kemudian beliau bangun
dan bersuci, setelah itu melaksanakan ' shalat." Aisyah berkata,
“Malam itu, beliau terus menerus menangis hingga pahanya basah, kemudian
beliau terus menerus menangis hingga jenggotnya basah, kemudian beliau terus
menerus menangis hingga tanah menjadi basah. Hingga kemudian Bilal datang mengumandangkan
adzan. Ketika Bilal melihat beliau menangis, ia bertanya, “Wahai
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, mengapa engkau menangis seperti itu
padahal engkau adalah orang yang dosanya telah diampuni oleh Allah SWT baik
dosa yang telah lalu maupun dosa yang akan datang?" Beliau
menjawab, “(Jika aku meninggalkan tahajjud) aku Tidaklah menjadi hamba yang
bersyukur. Sungguh telah turun satu ayat pada malam ini, yang
menjadi celaka bagi orang yang membacanya namun tidak berfikir tentangnya.
(Ayat Itu adalah), "Sesungguhnya dalam penclptaan langit dan
bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi
orang-orang yang berakal.“ (Qs. Aali ‘Imran [3]:190). (Hadits
Shahih Ibnu Hibban Nomor 620) (Tafsir
Mafatihul Ghaib)
أنَّهُ
رَقَدَ عِنْدَ رَسولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ، فَاسْتَيْقَظَ فَتَسَوَّكَ
وَتَوَضَّأَ وَهو يقولُ: {إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ
اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ} [آل عمران: 190]، فَقَرَأَ
هَؤُلَاءِ الآيَاتِ حتَّى خَتَمَ السُّورَةَ، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ، فأطَالَ
فِيهِما القِيَامَ وَالرُّكُوعَ وَالسُّجُودَ، ثُمَّ انْصَرَفَ فَنَامَ حتَّى نَفَخَ،
ثُمَّ فَعَلَ ذلكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ سِتَّ رَكَعَاتٍ، كُلَّ ذلكَ يَسْتَاكُ وَيَتَوَضَّأُ
وَيَقْرَأُ هَؤُلَاءِ الآيَاتِ، ثُمَّ أَوْتَرَ بثَلَاثٍ، فأذَّنَ المُؤَذِّنُ فَخَرَجَ
إلى الصَّلَاةِ وَهو يقولُ: اللَّهُمَّ اجْعَلْ في قَلْبِي نُورًا، وفي لِسَانِي نُورًا،
وَاجْعَلْ في سَمْعِي نُورًا، وَاجْعَلْ في بَصَرِي نُورًا، وَاجْعَلْ مِن خَلْفِي
نُورًا، وَمِنْ أَمَامِي نُورًا، وَاجْعَلْ مِن فَوْقِي نُورًا، وَمِنْ تَحْتي نُورًا،
اللَّهُمَّ أَعْطِنِي نُورًا. (م ـ ٧٦٣) عن ابن عباس (صح)ـ
Artinya:
Bahwa beliau pernah tidur di tempat Rasulullah shallallahu 'alaihi
wa sallam, beliau bangun, bersiwak, lalu berwudhu` seraya bersabda, “Sesungguhnya
di dalam penciptaan langit-langit dan bumi dan di dalam pergantian malam dan
siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang memiliki akal.” (QS. Ali
'Imran: 190) Beliau membaca ayat-ayat itu sampai menyelesaikan surat
itu. Kemudian beliau berdiri shalat dua raka'at, beliau memperpanjang
berdiri, ruku', dan sujud. Kemudian beliau selesai lalu tidur sampai
mendengkur. Beliau melakukan hal itu tiga kali, enam raka'at. Setiap
kali melakukannya, beliau bersiwak, berwudhu`, dan membaca ayat-ayat tadi. Kemudian
beliau shalat witir tiga raka'at. Ketika mu`adzdzin adzan, beliau keluar
untuk shalat. Beliau berdoa, “Ya Allah, jadikan cahaya di hatiku, cahaya
di lisanku, jadikan cahaya di pendengaranku, jadikan cahaya di penglihatanku,
jadikan cahaya di belakangku, cahaya di depanku, jadikan cahaya di atasku,
cahaya di bawahku. Ya Allah, berikan aku cahaya.” (HR. Muslim (nomor 763.191)
dari Ibnu Abbas. SHAHIH) (Tafsir Baghawi)
Faidah
وفي
الآثار عن جعفر الصادق: من حزبه أمر فقال: ربنا خمس مرات أنجاه الله مما يخاف وأعطاه
ما أراد واستدلّ بهذه الآية فَٱسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ ـ
Artinya: dalam atsar dari Ja`far
Shadiq : Barangsiapa yang ditimpa suatu kesulitan lalu mengucapkan Rabbana
sebanyak lima kalim maka Allah akan menyelamatkan dari apa yang ditakutinya dan
memberi apa yang diinginkannya. Beliau berdalil dengan ayat (فَٱسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ) Maka
Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (Ali Imran ayat 195). (Tafsir Munir)
Faidah
وَعَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَتَسَوَّكُ ثُمَّ
يَنْظُرُ إِلَى السَّمَاءِ وَيَقُولُ: إن في خلق السموات وَالْأَرْضِ ـ
Artinya:
Dari Ali Radhiyallahu `anhu: Sesungguhnya Nabi saw apabila beliau bangun malam
bersiwak (gosok gigi) setelah itu melihat kea rah langit dan membaca ayat (إن في خلق السموات
وَالْأَرْضِ) Sesungguhnya dalam penciptaan langit
dan bumi. (Tafsir Mafatihul Ghaib)
=