Bab Berobat Dengan Sedekah
- Hadits 04165 [ Berobat dengan sedekah ] HTSIS -HASAN al.
- Hadits 04166 [ Berobat dengan sedekah ] DHAIF
- Hadits 08036 [ Berobat dengan sedekah ] SHAHIH
- Hadits 08037 [ Berobat dengan sedekah ] SHAHIH
Bab Berobat Dengan Sedekah
٤١ـ١٦٥ـ اِثْنَتَانِ فِى النَّاسِ هُمَا بِهِمْ
كُفْرٌ: الطَّعْنُ فِى الْأَنْسَابِ، النِّيَاحَةُ عَلَى الْمَيِّتِ (حم م) عن أبى
هريرة (صح) [الجامع:١٦٥، مسلم:٦٧]ــ
[41](165)- Dua perkara dalam diri
manusia yang keduanya adalah kekufuran: mencela nasab (keturunan) dan meratapi
mayat. (HR. Ahmad dan Muslim dari Abi Hurairah. SHAHIH). [Al-Jami:165,
Muslim:67].
٤٢ـ٢٩٥٩ـ أَيُّمَا عَبْدٍ أَبَقَ مِنْ مَوَالِيْهِ
فَقَدْ كَفَرَ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَيْهِمْ (م) عن جابر (صح) [الجامع:٢٩٥٩، مسلم:٦٨]ـ
[42](2959)- Budak mana saja yang
berpaling (melarikan diri) dari tuannya maka dia benar-benar telah kafir (kufur
nikmat) hingga mereka kembali kepada tuan mereka. (HR. Muslim dari Jabir.
SHAHIH), [Al-Jami:2959, Muslim:68].
٤٣ـ٣٣٨ـ إِذَا أَبَقَ الْعَبْدُ لَمْ تُقْبَلْ
لَهُ صَلَاةٌ (م) عن جَرير (صح) [الجامع:٣٣٨، مسلم:٧٠]ـ
[43](338)- Apabila hamba sahaya
melarikan diri maka shalatnya tidak diterima. (HR. Muslim dari Jariir. SHAHIH).
[Al-Jami:338, Muslim:70].
٤٤ـ٢٤ـ آيَةُ الإِيْمَانِ حُبُّ الأَنْصَارِ وَآيَــةُ
النِّفَاقِ بُعْضُ الأَنْصَارِ (حم ق ن) عن أنس [الجامع ٢٤، بخاري ١٧، مسلم ٧٤]ـ
[44](24)-
Tanda
keimanan adalah cinta sahabat anshar dan tanda kemunafikan adalah benci sahabat
anshar. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasaa-i dari Anas, SHAHIH)
[Al-Jami:24, Bukhari:17, Muslim:74]
٤٥ـ٧٩١ـ إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ
فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُوْلُ يَاوَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ
بِالسُّجُوْدِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ
النَّارُ (حم م ه) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٧٩١، مسلم:٨١]ـ
[45](791)- Apabila anak adam
membaca (surat) as-sajdah kemudian bersujud, maka syetan menyeingkir,
menangis dan berkata: “anak adam diperintahkan bersujud dan dia bersujud maka
dia mendapatkan surga, tetapi aku diperintahkan bersujud dan akupun durhaka
maka aku mendapatkan neraka. (HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu
Hurairah. SHAHIH). [Al-Jami:791, Muslim:81]
٤٦ـ٣١٧٠ـ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ
وَالْكُفْرِ تَرْكُ ٱلصَّلَاةِ (م د ت ه) عن جابر (صح) [الجامع:٣١٧٠، مسلم:٨٢]ـ
[46](3170)- Antara
laki-laki dan antara syirik dan kufur adalah shalat. (HR. Muslim, Abu Dawud,
Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Jabir. SHAHIH). [Al-Jami:3170, Muslim:82)
٤٧ـ١٢٥٥ـ أَفْضَلُ الرِّقَابِ أَغْلَاهَا ثَمَنًا
وَ أَنْفَسُهَا عِنْدَ أَهْلِهِ (حم ق ن ه) عن أبي ذر (حم طب) عن أبي أمامة (صح) [الجامع:١٢٥٥،
بخاري:٢٥١٨، مسلم:٨٤]ـ
[47](1255)- Budak sahaya yang
paling utama adalah yang paling mahal harganya dan paling berharga di sisi
tuannya. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaai, Ibnu Majah dari Abi Dzar. Riwayat
Ahmad dan Thabrani dari Abi Umamah. SHAHIH). [Al-Jami:1255, Bukhari:2518,
Muslim:84]
٤٨ـ١٩٦ـ أَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللّهِ الصَّلَاةُ
لِوَقْتِهَا ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ ثُمَّ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللّهِ (حم
ق د ن) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٩٦، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ
[48](196)- Amal yang paling dicintai Allah adalah shalat pada waktunya, berbuat
baik kepada kedua orang tua, kemudian jihad di jalan Allah. (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasaai dari
Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:196, Bukhari:527, Muslim:85]
٤٩ـ١٢٣٣ـ أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ الصَّلَاةُ لِوَقْتِهَا
وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٢٣٣، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ
[49](1233)- Amal yang paling utama
adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR Muslim dari Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:1233,
Bukhari:527, Muslim:85]
٥٠ـ١٣٧٤ـ أَكْبَرُ الْكَبَائِرِ اَلْإِشْرَاكُ
بِٱللهِ، وَقَتْلُ النَّفْسِ، وَعُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ، وَشَهَادَةُ ٱلزُّوْرِ (خ)
عن أنس (صح) [الجامع:١٣٧٤، بخاري:٥٩٧٧، مسلم:٨٨]ـ
[50](1374)- Dosa besar yang paling besar adalah Syirik (menyekutukan
Allah SWT), membunuh jiwa, mendurhakai orang tua, dan kesaksian palsu.
(HR. Bukhari dari Anas. SHAHIH). [Al-Jami:1374, Bukhari:5977, Muslim:88]
بسم الله الرحمن الرحيم
حرف الهمزة
١ـ١ـ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا
لِكُلِّ ٱمْرِئٍ مَانَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى ٱللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى ٱللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ
إِلَى الدُّنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ إمْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَاهَاجَرَ
إِلَيْهِ. (ق ٤) عن عمر بن الخطاب (حل قط) فى غرائب مالك عن أبى سعيد، ابن عساكر فى
أماليه عن أنس، الرشيد العطار فى جزء من تخريجه عن أبى هريرة. [الجامع (١)، البخاري
(١)، مسلم (١٩٠٧) ]ـ[1]
[1](1)- Sesungguhnya
amal - amal itu hanya (dinilai) menurut niatnya. Dan sesungguhnya bagi setiap
orang hanyalah apa yang diniatkannya. Barang siapa yang hijrahnya karena Allah
dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang
hijrahnya untuk dunia yang ingin diraihnya atau kepada perempuan yang akan
dinikahinya maka hijranya kepada apa yang dia hijrah karenanya. (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan
Ibnu Majah dari Umar bin Khattab. Riwayat Abu Nu`aim dan Daaraquthni di
Gharaa-ibu Malik dari Abu Sa`id. Riwayat Ibnu `Asaakir dalam Amaalinya dari
Anas. Riwayat Al-`Atthar dalam satu juz dari takhrijnya dari Abu Hurairah.)
[Al-Jami: (1), Bukhari (1,54,2529,3898,5070,6689,6953), Muslim (1907)].
٢ـ٢ـ آتِي بَابَ الجَنَّةِ فَأَسْتَفْتِحُ فَيَقُولُ
الخَازِنُ مَنْ أنْتَ فَأَقُولُ مُحمَّدٌ فَيَقُولُ بِكَ أُمِرْتُ أنْ لاَ أَفْتَحَ
لأَحَدٍ قَبْلَك (حم م) عَن أنَسٍ (صح)ـ[2]
[2](2)- "Saya
mendatangi pintu surga, lalu saya meminta dibukakan. Lalu seorang penjaga
(Malaikat) bertanya, "Siapa kamu?" Maka aku menjawab, 'Muhammad'.
Lalu ia berkata, "Khusus untukmu, aku diperintahkan untuk tidak membukakan
pintu untuk siapapun, sebelum kamu masuk." (HR. Ahmad, Muslim dari
Anas. SAHIH) [Muslim: 197]
٥ـ٣ـ آخِرُ مَنْ يُحْشَرُ رَاعِيَانِ مِنْ مُزَيْنَةَ، يُرِيدَانِ الْمَدِينَةَ، يَنْعِقَانِ بِغَنَمِهِمَا،
فَيَجِدَانِهَا وُحُوْشًا، حَتَّى إِذَا بَلَغَا ثَنِيَّةَ الْوَدَاعِ خَرَّا عَلَى
وُجُوهِهِمَا (ك)عن أبي هريرة (صح)ـ[3]
[5](3)- Orang terakhir yang akan meninggal dunia adalah dua orang penggembala
dari Muzainah, mereka menuju ke kota Madinah, mereka meneriaki kambingnya, maka
mereka mendapati kota madinah (kosong) banyak binatang buas, sehingga apabila
mereka sampai daerah tsaniyatul wadaa mereka tersungkur (mati). (HR
Haakim dari Abu Hurairah. SHAHIH).
٦ـ٤ـ آخِرُ مَا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلَامِ
النُّبُوّةِ الْأُوْلى، إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ (كر) عن أبي مسعود
البدري (صح)ـ[4]
[6](4)- Yang
terakhir bisa dijumpai manusia dari kalam kenabian pertama (sejak Adam AS hingga
saat ini) adalah "Jika kamu tidak merasa malu maka berbuatlah
sesukamu".(HR Ibnu `Asakir dalam Tarikhnya dari Abu Mas`ud Al-Badri.
SHAHIH).
٧ـ٥ـ آخِرُ مَا تَكَلَّمَ بِهِ إِبْرَاهِيمُ حِينَ أُلْقِيَ فِي النَّارِ حَسْبِيَ اللَّهُ وَنِعْمَ
الْوَكِيلُ (خط) عن أبي هريرة، وقال: غريب، والمحفوظ من إبن عباس موقوف، رواه الحاكم
[صح]ـ[5]
[7](5)- Perkataan terakhir yang diucapkan Ibrahim ketika dilemparkan ke dalam
api adalah: HasbiyAllahu wa ni’mal wakiil, "Cukuplah Allah bagiku sebagai
sebaik-baik yang diserahi." (HR. Khatib dari Abu Hurairah dan dia
mengatakanna gharib. Yang mahfuzh dari Ibnu Abbas adalah mauquf. Riwayat Hakim.
SHAHIH)
١٣ـ٦ـ آكِلُ الرِّبَا و مُوَكِّلُهُ و كَاتِبُهُ
و شَاهِدَاهُ، إذَا عَلِمُوْا ذَلِكَ، و الوَاشِمَةُ و المَوْشُوْمَةُ لِلْحُسْنِ وَ
لَاوِي الصَّدَقَةِ و المُرْتَدُ أَعْرَابِيًّا بَعْدَ الهِجْرَةِ مَلْعُوْنُوْنَ عَلَى
لِسَانِ مُحَمَّدٍ يَوْمَ القِيَامَةِ (ن) عن إبن مسعود (صح)ـ[6]
[13](6)- Orang yang makan riba, orang yang memberi makan riba, orang yang
mencatat riba, dan kedua saksi riba, jika mereka mengetahuinya, orang yang
membuat tato, orang yang ditato untuk hiasan, orang yang tidak mau membayar
zakat, orang arab badui yang murtad setelah hijrah ke Madinah adalah orang yang
dilaknati menurut ucapan Muhammad di hari kiamat. (HR. Nasa`i, dari Ibnu
Mas`ud, SHAHIH)
١٤ـ٧ـ آكُلُ كَمَايَأْكُلُ الْعَبْدُ، وَأَجْلِسُ
كَمَايَجْلِسُ العَبْدُ ـ إبن سعد (ع حب) عن عائشة (صح)ـ[7]
[14](7)- Aku makan seperti makannya budak dan aku duduk seperti duduknya budak.
(HR Ibnu Sa`id, Abu Ya`la dan Ibnu Hibban dari Aisyah. SHAHIH)
١٦ـ٨ـ آلُ القُرْآنِ آلُ الله (خطّ) فِي رُوَاة
مَالك عَن أنس (حسن لغيره)ـ[8]
[16](8)- Keluarga Al-Qur`an adalah keluarga Allah. (HR. Khathib dalam
perawi-perawi Malik dari Anas. HASAN LI GHAIRIHI)
١٧ـ٩ـ آمِرُوا النِّسَاءَ فِي بَناتِهِنَّ (دهق)
عَن ابْن عمر (ح)ـ[9]
[17](9)- Bermusyawarahlah dengan
perempuan dalam urusan (pernikahan) anak-anak perempuan mereka. [HR Abu
Dawud dan Baihaqi dari Ibnu Umar. HASAN]
١٨ـ١٠ـ آمِرُوا النِّسَاءَ فِي أنْفُسِهِنَّ فإِنَّ
الثَّيِّبَ تُعْرِبُ عَنْ نَفْسِهَا وإذْنُ البِكْرِ صَمْتُها (طب هق) عَن الْعرس بن
عميرَة (صح)ـ[10]
[18](10)- Bermusyawarahlah dengan perempuan dalam urusan (pernikahan) diri mereka,
karena sesungguhnya janda mengetahui prihal dirinya. Sedangkan tanda setuju
seorang gadis adalah diamnya. (HR. Thabrani dalam Al-Kabir dan Baihaqi dari
Ursy bin Amiirah.SHAHIH)
[1] Jam`ul Jawaami`: ., Jami`us Shaghir: 1., Fathul Kabiir: .,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[2] Jam`ul Jawaami`: 1., Jami`us Shaghir: 2., Fathul Kabiir: 1.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[3] Jam`ul Jawaami`: 15., Jami`us Shaghir: 5., Fathul Kabiir: 8.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[4] Jam`ul Jawaami`: 8., Jami`us Shaghir: 6., Fathul Kabiir: 6.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[5] Jam`ul Jawaami`: 9., Jami`us Shaghir: 7., Fathul Kabiir: 7.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[6] Jam`ul Jawaami`: 25., Jami`us Shaghir: 13., Fathul Kabiir: 15.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[7] Jam`ul Jawaami`: 29., Jami`us Shaghir: 14., Fathul Kabiir: 17.,
Kunuuzul Haqaaiq: 6.
[8] Jam`ul Jawaami`: 30., Jami`us Shaghir: 16., Fathul Kabiir: 20.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[9] Jam`ul Jawaami`: 38., Jami`us Shaghir: 17., Fathul Kabiir: 27.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[10] Jam`ul Jawaami`: 39., Jami`us Shaghir: 18., Fathul Kabiir: 26.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
٣٨ـ٢١ـ أَبَى أَنْ يَجْعَلَ اللّهُ لِقَاتِلِ
الْمُؤْمِنِ تَوْبَةً (طب) والضياء في المختارة عن أنس (صح)ـ[1]
[38](21)- Allah enggan menerima taubat orang yang
membunuh orang mukmin. (HR. Thabrani dan Dhiyaa dalam Al-Mukhtaarah dari Anas,
SHAHIH)
٤٠ـ٢٢ـ اَبَى اللهُ أَنْ يَقْبَلَ عَمَلَ صَاحِبِ
بِدْعَةٍحَتَّى يَدَعَ بِدْعَتَهُ (هـ) وابن أبي عاصم في السنة عن ابن عباس (ح)ـ[2]
[40](22)- Allah menolak menerima amal ahli bid`ah sehingga dia meningalkan
bid`ahnya tersebut. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Abi `Ashim dalam Assunnah dari Ibnu
Abbas. HASAN)
٤٦ـ٢٣ـ اِبْدَأْ بِنَفْسِكَ، فَتَصَدَّقْ عَليْهَا،
فَاِنْ فَضُلَ شَيْءٌ فَلِأَهْلِكَ، فإِنْ فَضُلَ شَيْئٌ عَنْ أَهْلِكَ فَلِذِىْ قَرَابَتِكَ،
فَإِنْ فَضُلَ عَنْ ذِىْ قَرابَتِكَ شيْئٌ فَهَكَذَ وَ هَكَذَا (ن) عن جابر (صح)ـ[3]
[46](23)- Mulailah dengan diri sendiri, maka bersedekahlah untuknya. Jika masih
berlebih sesuatu maka untuk keluargamu, jika masih berlebih sesuatu maka untuk
sanak kerabatmu, jika masih berlebih sesuatu maka bersedekahlah untuk yang lain
dan yang lainnya lagi. (HR. Nasaa-i dari Jabir, SHAHIH)
٤٧ـ٢٤ـ إِبْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ (طب) عن حكيم
بن حزام (صح)ـ[4]
[47](24)- Mulailah dari orang-orang yang menjadi tanggunganmu (HR. Thabrani dalam
Al-Kabir dari Hakim bin Hizam.SHAHIH)
٤٨ـ٢٥ـ اِبْدَأُوْا بِمَا بَدَأَ اللَّهُ بِهِ
(قط) عن جابر (صح)ـ[5]
[48](25)- Mulailah kalian dengan sesuatu yang Allah telah memulainya. (HR.
Daruquthni dari Jabir. SHAHIH)
٤٩ـ٢٦ـ
أَبْرِدُوْا بِالظُّهْرِ ، فَإِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ
(خ هـ) عن أبي سعيد (حم ك) عن صفوان بن مخرمة (ن) عن أبي موسى (طب) عن ابن مسعود (عد)
عن جابر (هـ) عن المغيرة بن شعبة (صح)ـ[6]
[49](26)- (Tunggulah sampai udara
agak) Dingin (dalam melaksanakan) shalat dzuhur. Karena sesunguhnya panas yang
sangat itu dari hembusan neraka Jahanam. (HR. Bukhari dan Ibnu Majah dari Abu
Sa`id. HR. Ahmad dan Haakim dari Shafwan bin Makhramah. HR. Nasaa-i dari Abu
Musa. HR. Thabraani dalam Al-Kabir dari Ibnu Mas`ud HR. Ibnu Adi dari Jaabir.
HR. Ibnu Maajah dari Mughirah bin Syu`bah. SHAHIH)
٥١ـ٢٧ـ أَبْشِرُوْا وَ بَشِّرُوْا مَنْ وَرَاءَكُمْ،
أَنَّهُ مَنْ شَهِدَ أنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهَ صَادِقًا بِهَا دَخَلَ الْجنَّةِ
(حم طب) عن أبي موسى (صح)ــ[7]
[51](27)- Bergembiralah kalian dan berilah kabar gembira orang - orang dibelakang
kalian, sesungguhnya barang siapa yang bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada
tuhah selain Allah dengan kesaksian yang benar maka ia masuk surga. (HR. Ahmad
dan Tabrani dalam Al-Kabri dari Abu Musa, SHAHIH)
٥٣ـ٢٨ـ أَبْغَضُ الْحَلالِ إِلَى أللَّهِ الطَّلَاقُ
(د ه ك) عن إبن عمر (صح)ـ[8]
[53](28)- Perkara halal yang
paling dimurkai Allah adalah Talak. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Hakim
dari Ibnu Umar, SHAHIH)
٥٥ـ٢٩ـ أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلَى اللّهِ أَلْلأَلَدُّ
الْخَصِمُ (ق حم ت ن) عن عائشة (صح)ـ[9]
[55](29)- Laki - laki yang paling dibenci Allah adalah orang yang bengis dan suka
bermusuhan. (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Aisyah,
SHAHIH)
٥٧ـ٣٠ـ أَبْغَضُ النَّاسِ إِلى آللَّهِ ثَلَاثَةٌ٬
مُلْحِدٌ فِى الْحَرَمِ٬ وَ مُبْتَغٍ فِى الْإِسْلَامِ سُنَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ٬ وَ
مُطَّلِبٌ دَمَ ٱمْرِئٍ بِغَيْرِ حَقٍّ لِيُهْرِيْقَ دَمَهُ (خ) عن إبن عباس (صح)ـ[10]
[57](30)- Tiga kelompok manusia yang dimurkai Allah adalah : Orang yang melanggar
kehormatan tanah haram, orang yang mengharapkan tradisi jahiliah dalam islam,
orang yang menuntut darah orang lain tanpa hak karena ingin mengalirkan
darahnya. (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas, SHAHIH)
[1] Jam`ul Jawaami`: 79., Jami`us Shaghir: 38., Fathul Kabiir: 49.,
Kunuuzul Haqaaiq: 13.
[2] Jam`ul Jawaami`: 82., Jami`us Shaghir: 40., Fathul Kabiir: 52.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[3] Jam`ul Jawaami`: 96., Jami`us Shaghir: 46., Fathul Kabiir: 63.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[4] Jam`ul Jawaami`: 97., Jami`us Shaghir: 47., Fathul Kabiir: 62.,
Kunuuzul Haqaaiq: 14.
[5] Jam`ul Jawaami`: 99., Jami`us Shaghir: 48., Fathul Kabiir: 64.,
Kunuuzul Haqaaiq: 15.
[6] Jam`ul Jawaami`: 105., Jami`us Shaghir: 49., Fathul Kabiir: 67.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[7] Jam`ul Jawaami`: 131., Jami`us Shaghir: 51., Fathul Kabiir: 73.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[8] Jam`ul Jawaami`:146 ., Jami`us Shaghir: 53., Fathul Kabiir: 82.,
Kunuuzul Haqaaiq: 23.
[9] Jam`ul Jawaami`: 149., Jami`us Shaghir: 55., Fathul Kabiir: 84.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[10] Jam`ul Jawaami`: 151., Jami`us Shaghir: 57., Fathul Kabiir: 86.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
=
١٠٣ـ٣٢٣ـ أَدْنَى أَهْلِ النّارِ عَذَابًا يَنْتَعِلُ
بِنَعْلَيْنِ مِنْ نَارٍ يَغْلِي دِمَاغُهُ مِنْ حَرَارَةِ نَعْلَيْنِ (م) عن أَبي
سعيد (صح) [الجامع:٣٢٣، بخاري: ٦٥٦١، مسلم: ٢١٣]ـ
[103](323)- Ahli neraka yang
paling ringan siksanya berterompah dengan dua terompah dari api yang otaknya
mendidih karena panasnya dua terompah tersebut. (HR. Muslim dari Abi Sa`id.
SHAHIH) [Al-Jami:323, Bukhari 6561, Muslim: 213]
=
٥٢ـ٩٨٨٥ــ لَا رُقْيَةَ إِلّا مِنْ عَيْنٍ (م ه) بريدة (حم د ت) عن عمران (صح) [الجامع:٩٨٨٥، بخاري: ٥٧٠٥، مسلم: ٢٢٠]ـ
[52](9885)- Tiada mantra selain
karena (penyakit) `ain atau sengatan kala. (HR. Muslim dan Ibnu Majah dari Buraidah. Riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi dari `Imran.
SHAHIH) [Al-Jami:9885, Bukhari 5705, Muslim: 220]
=