Artinya
Sesunguhnya ada hamba Allah yang apabila bersumpah atas Allah maka dia akan menepatinya
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abdu Dawud, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]
Penjelasan
Ada orang - orang yang apabila berjanji kepada Allah SWT maka dia akan berusaha menepati janti tersebut sehingga Allah SWT ridha kepadanya.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.176. hadits
nomor 02494
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.136. hadits nomor.02494
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.291 . hadits nomor.2228.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.354. hadits nomor 02494
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.134. hadits nomor
02479
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.176. hadits nomor 02494
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesungguhnya sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, merebaknya kebodohan, tersebarnya zina, diminumnya khamar, perginya laki-laki, menetapnya perempuan sehingga lima puluh orang perempuan diurus oleh seorang laki-laki.
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-I dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]
Penjelasan
Sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dengan meninggalnya para ulama, kebodohan nampak jelas seperti negara dikuasai oleh orang-orang yang tidak mengenal Al-Qur`an dan Sunnah, perbuatan zina tersebar, khamar banyak diminum, jumlah laki-laki lebih sedikit dari kaum perempuan sehingga seorang laki-laki merawat lima puluh orang perempuan. Hal tersebut bisa terjadi karena lebih banyak lahir anak perempuan dari pada laki-laki, kaum laki-laki banyak berangkat ke medan perang atau karena sebab lainnya.
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits nomor 116
[6](116)- Sesungguhnya
sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, merebaknya kebodohan,
tersebarnya zina, diminumnya khamar, perginya laki-laki, menetapnya perempuan
sehingga lima puluh orang perempuan diurus oleh seorang laki-laki. (HR
Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-I dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH
[Al-Jami: 2474, Bukhari: 80, Muslim: 2671]
Sebagian dari
tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dengan meninggalnya para ulama,
kebodohan nampak jelas seperti negara dikuasai oleh orang-orang yang tidak
mengenal Al-Qur`an dan Sunnah, perbuatan zina tersebar, khamar banyak diminum,
jumlah laki-laki lebih sedikit dari kaum perempuan sehingga seorang laki-laki
merawat lima puluh orang perempuan. Hal tersebut bisa terjadi karena lebih
banyak lahir anak perempuan dari pada laki-laki, kaum laki-laki banyak
berangkat ke medan perang atau karena sebab lainnya.[1]
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.174. hadits
nomor 02474
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.131. hadits nomor.02474
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.283 . hadits nomor.2206.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.342. hadits nomor 02474
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.122. hadits nomor
02459
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.174. hadits nomor 02474
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesungguhnya aku mempunyai lima nama: Saya Muhammad, saya Ahmad, saya al-Hasyir yang menghimpun manusia diatas telapak kakiku, saya al-Mahi yang Allah menghapus kekufuran dengan aku, dan aku `Aqib.
[HR Malik, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Jubair bin Muth`im. SHAHIH]
Penjelasan
Nabi Muhammad SAW memiliki lima nama yang sudah masyhur di kalangan umat terdahulu, yaitu nama Muhammad, Ahmad, Hasyir, Mahi,`Aqib. Hasyir: menghimpun umat manusia diatas jejak-jejak kenabiannya (dalam syariat yang dibawanya) dan tiada Nabi lagi setelahnya. Mahi: menghapus kekafiran dari tanah arab atau dari daerah lainnya.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.171. hadits
nomor 02437
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.120. hadits nomor.02437
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.276 . hadits nomor.2189.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.319. hadits nomor 02437
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.97. hadits nomor
02421
=
HADITS 02437 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:04:00 sd. 00:34:59 HADITS 02438 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:35:00 sd 00:50:09 HADITS 02439 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:51:10 sd 01:03:00 HADITS 02440 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:03:01 sd.01:05:49 HADITS 02441 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:05:50 SD 01:34:02 HADITS 02442 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:24:24 sd SELESAI
=
Artinya
Sesungguhnya setiap Nabi punya permintaan yang telah ia mintakan untuk umatnya, lalu dikabulkan untuknya, dan sesungguhnya aku menyimpan permintaanku untuk syafaat bagi umatku kelak di hari kiamat.
[HR Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Anas. SHAHIH]
Penjelasan
Setiap Nabi punya satu do`a yang yakin akan dikabulkan, merekapun telah menggunakan doa tersebut untuk umat mereka dan dikabulkan. Contohnya Nabi Nuh as doanya tersebut menenggelamkan umatnya dan Nabi Ibrahim as doanya tersebut memberkahi umatnya. Sedangkan Nabi Muhammad SAW menyimpan doanya tersebut untuk memberikan pertolongan (syafaat) kepada umatnya kelak di hari kiamat.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.171. hadits
nomor 02434
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.119. hadits nomor.02434
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.262 . hadits nomor.2157.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.318. hadits nomor 02434
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.96. hadits nomor
02418
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.171. hadits nomor 02434
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Sesungguhnya Allah SWT mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, Tiada seorangpun menghafalnya terkecuali masuk surga, Dia Tunggal dan mencintai yang ganjil.
[HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. SHAHIH]
Penjelasan
Barang siapa yang hafal sembilan puluh sembilan Nama Allah SWT maka dijamin masuk surga
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02354
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits
nomor 02354
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.93. hadits nomor.02354
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.266 . hadits nomor.2167.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.259. hadits nomor 02354
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.38. hadits nomor
02348
Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02353 (Jaminan surga bagi penghafal asmaul husna)
إِنَّ لِلّهِ تَعَالَى تِسْعَةً وَ تسْعِيْنَ إِسْمًا ـ مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا ـ مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ
Artinya
Sesungguhnya Allah SWTmempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa meresapinya (menghafalkan atau memahaminya) maka dia masuk surga.
[HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. riwayat Ibnu `Asaakir dari Umar. SHAHIH]
Penjelasan
Allah SWT memiliki sembilan puluh sembilan nama, barang siapa yang hafal, mengetahuinya, memahaminya atau mengamalkan hal-hal yang berkaitan dengan nama-nama tersebut maka akan masuk surga.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits
nomor 02353
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.93. hadits nomor.02353
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.265 . hadits nomor.2166.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.258. hadits nomor 02353
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.37. hadits nomor
02347
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02353
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
Artinya
Sesungguhnya berdusta atas namaku tidak sama dengan berdusta atas nama seseorang, oleh karena itu barang siapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka bersiap-siaplah menempati tempat duduknya di neraka.
[HR Bukhari dan Muslim dari Mughirah. riwayat Abu Ya`laa dari Sa`id bin Zaid. SHAHIH]
Pejelasan
Berdusta atas nama Nabi misalnya mengatakan bahwa sesuatu pernah diucapkan, diperbuat atau ditetapkan Nabi, padahal tidak pernah. Berbohong atas nama Nabi berbeda dengan berbohon atas nama orang lain karena berbohong atas nama Nabi bisa meruntuhkan tiang-tiang agama, merusak syariat dan membatalkan hukum islam. Berdusta atas nama Nabi merupakan salah satu dosa paling besar dan pelakunya bisa kafir. Sedangkan hukumannya adalah siksa Neraka.
Sumber
-Imam
Suyuthi. 2016. Al-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits
nomor 02345
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi
Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih
Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.91. hadits nomor.02345
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa
Ziyadah. Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji. Jakarta:
Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.257 . hadits nomor.2142.
-Al-Munawi.
Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo:
Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.254. hadits nomor 02345
-
Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’
ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.34. hadits nomor
02339
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02345
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH