Laman

Sabtu, 27 Maret 2021

JAMI`USH SHAGHIIR 3703 Haram jual beli khamar Bukhari:2084, Muslim:158

 =

٩٠ـ٣٧٠٣ـ حُرِّمَتْ التِّجَارَةُ فِى الْخَمْرِ (خ د) عن عائشة (صح) ) [الجامع:٣٧٠٣، بخاري:٢٠٨٤، مسلم:١٥٨]ـ

                                [90](3703)- Diharamkan perdagangan pada khamar. (HR, Bukhari dan Abu Dawud dari Aisyah. SHAHIH). [Al-Jami:3703, Bukhari:2084, Muslim:158]

=

JAMI`USH SHAGHIIR 3447 Terbitnya matahadi dari arah barat, Dajjal, dan Binatang melata

 =

٨٩ـ٣٤٤٧ـ ثَلَاثٌ إِذَا خَرَجْنَ لَايَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيْمَانِهَاخَيْرًا: طُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَالدَّجَّالُ وَدَابَّةُ الْأَرْضِ (م ت) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٣٤٤٧، مسلم:١٥٨]ـ

                [89](3447)- Tiga (hal) apabila telah keluar maka tidak bermanfaat bagi diri seseorang imannya yang ia tidak beriman sebelumnya atau telah berbuat kebaikan dalam imannya: terbitnya matahari dari arah barat, dajjal , dan binatang melata di bumi. (HR. Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. SHAHIH) [Al-Jami:3447, Muslim:158]

=

Muhktashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits nomor 97

٩٠ـ٩٧ــ ثَلَاثٌ إِذَا خَرَجْنَ لَايَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيْمَانِهَاخَيْرًا: طُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَالدَّجَّالُ وَدَابَّةُ الْأَرْضِ (م ت) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٣٤٤٧، مسلم:١٥٨]ـ

          [90](97)- Tiga (hal) apabila telah keluar maka tidak bermanfaat bagi diri seseorang imannya yang ia tidak beriman sebelumnya atau telah berbuat kebaikan dalam imannya: terbitnya matahari dari arah barat, dajjal , dan binatang melata di bumi. (HR. Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. SHAHIH) [Al-Jami:3447, Muslim:158]

          Ada tiga tanda kiamat yang dijelaskan hadits ini, yaitu terbitnya matahari dari arah barat, dajjal, dan binatang melata di bumi. Jika ketiga tanda tersebut telah terjadi maka keimanan seseorang tidak akan berguna terkecuali keimanan-keimanan yang telah ada sebelumnya.[1]



[1] Al-Minhaaj penjelasan hadits 158., Fathul Kabiir hadits 5536.

=

https://play.google.com/books/reader?id=26-PDQAAQBAJ&hl=id&printsec=frontcover&pg=GBS.PT516

=


JAMI`USH SHAGHIIR 370 Hamba sahaya yang menunaikan hak Allah dan hak tuannya Bukhari:97, Muslim:154

 =

٨٦ـ٣٧٠ـ إذَا أدَّى العَبْدُ حَقَّ اللهِ وحقَّ مَوَالِيْهِ كَانَ لَهُ أَجْرَانِ (حم م) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٣٧٠، بخاري:٩٧، مسلم:١٥٤]ـ

                [86](370)- Apabila hamba sahaya telah menunaikan hak Allah dan hak tuan-tuannya maka baginya dua pahala. (HR, Ahmad dan Muslim dari Abi Hurairah. SHAHIH) [Al-Jami:370, Bukhari:97, Muslim:154]

=

JAMI`US SHAGHIIR 3548 Iman kepada Nabi, Budak, Menikahi budak Bukhari:3011, Muslim:154

 =

٨٥ـ٣٥٤٨ـ  ثلاثةٌ يُؤْتَوْنَ أجرَهمْ مرَّتيْنِ : رجلٌ من أهلِ الكِتابِ آمَنَ بِنبيِّهِ ، وأدْرَكَ النبيَّ فآمَنَ بهِ ؛ واتَّبَعَهُ وصدَّقَهُ ؛ فلهُ أجْرانِ ، وعبدٌ مَمْلوكٌ أدَّى حقَّ اللهِ وحقَّ سيِّدِهِ ؛ فلهُ أجْرانِ ، ورجلٌ كانتْ له أمَةٌ فغَذّاهَا فأحْسنَ غِذاءَها ؛ ثمَّ أدَّبَها فأحْسنَ تأدِيبَها ؛ وعلَّمَها فأحْسنَ تعلِيمَها ؛ ثمَّ أعْتقَها وتزوَّجَها ؛ فلهُ أجْرانِ (حم ق ت ن ه) عن أبي موسى (صح) [الجامع:٣٥٤٨، بخاري:٣٠١١، مسلم:١٥٤]ـ

                [85](3548)- Tiga orang diberikan pahala mereka dua kali: Orang dari ahli kitab yang beriman kepada Nabinya dan mendapati Nabi (Shallallahu `Alaihi Wasallam), kemudian beriman kepadanya, mengikutinya, dan membenarkannya, maka dia mendapatkan dua pahala. Dan Budak sahaya yang telah menunaikan hak Allah dan hak tuannya maka baginya dua pahala. Dan orang yang mempunyai budak perempuan kemudian memberinya makan dengan baik, mendidiknya dengan (adab) yang baik, mengajarnya (dengan pengajaran) yang baik, kemudian memerdekakannya dan menikahinya maka baginya dua pahala. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Abu Musa. SHAHIH) [Al-Jami:3548, Bukhari:3011, Muslim:154]

    Hadits ini menjelaskan keutamaan ahli kitab yang beriman kepada Nabi mereka kemudian iman juga kepada Nabi SAW, keutamaan hamba sahaya yang menunaikan kewajiban kepada Allah swt dan juga kepada majikan mereka, dan keutamaan seseorang yang memelihara budak perempuan kemudian memerdekakannya dan menikahinya. 

Imam muslim menggunakan hadits ini dan hadits sebelumnya untuk menjelaskan kepada kita bahwa iman kepada para Nabi dan Rasul serta risalah yang mereka bawa adalah wajib dan merupakan bagian dari cabang keimanan. 

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits 94

٨٧ـ٩٧ــ ثلاثةٌ يُؤْتَوْنَ أجرَهمْ مرَّتيْنِ : رجلٌ من أهلِ الكِتابِ آمَنَ بِنبيِّهِ ، وأدْرَكَ النبيَّ فآمَنَ بهِ ؛ واتَّبَعَهُ وصدَّقَهُ ؛ فلهُ أجْرانِ ، وعبدٌ مَمْلوكٌ أدَّى حقَّ اللهِ وحقَّ سيِّدِهِ ؛ فلهُ أجْرانِ ، ورجلٌ كانتْ له أمَةٌ فغَذّاهَا فأحْسنَ غِذاءَها ؛ ثمَّ أدَّبَها فأحْسنَ تأدِيبَها ؛ وعلَّمَها فأحْسنَ تعلِيمَها ؛ ثمَّ أعْتقَها وتزوَّجَها ؛ فلهُ أجْرانِ (حم ق ت ن ه) عن أبي موسى (صح) [الجامع:٣٥٤٨، بخاري:٣٠١١، مسلم:١٥٤]ـ

          [87](97)- Tiga orang diberikan pahala mereka dua kali: Orang dari ahli kitab yang beriman kepada Nabinya dan mendapati Nabi (Shallallahu `Alaihi Wasallam), kemudian beriman kepadanya, mengikutinya, dan membenarkannya, maka dia mendapatkan dua pahala. Dan Budak sahaya yang telah menunaikan hak Allah dan hak tuannya maka baginya dua pahala. Dan orang yang mempunyai budak perempuan kemudian memberinya makan dengan baik, mendidiknya dengan (adab) yang baik, mengajarnya (dengan pengajaran) yang baik, kemudian memerdekakannya dan menikahinya maka baginya dua pahala. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Abu Musa. SHAHIH) [Al-Jami:3548, Bukhari:3011, Muslim:154]

Hadits ini menjelaskan keutamaan ahli kitab yang beriman kepada Nabi mereka kemudian iman juga kepada Nabi SAW, keutamaan hamba sahaya yang menunaikan kewajiban kepada Allah swt dan juga kepada majikan mereka, dan keutamaan seseorang yang memelihara budak perempuan kemudian memerdekakannya dan menikahinya. 

Imam muslim menggunakan hadits ini dan hadits sebelumnya untuk menjelaskan kepada kita bahwa iman kepada para Nabi dan Rasul serta risalah yang mereka bawa adalah wajib dan merupakan bagian dari cabang keimanan.[1]


[1] Al-Minhaaj penjelasan hadits 154. Fathul Kabiir hadits 5671.

=

Imam Bukhari menuliskan hadits ini dalam kitab ilmu Bab Seorang Laki-Laki Yang Mengajarkan Ilmu Kepada Hamba Sahayanya dan Keluarganya sehingga kita paham bahwa setiap orang punya kewajiban untuk mengajarkan perkara-perkara yang diwajibkan dan sunnah – sunnah Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam. Proses, tempat dan waktu pengajaran tersebut bisa kita sebut sebagai bagian dari majelis ilmu dan majelis dzikir.[1]



[1] Fathul Bari penjelasan hadits 97.

=

JAMI`USH SHAGHIIR 9849 Tanda kiamat tiba [Al-Jami:9849, Muslim:148]

 =

٨٢ـ٩٨٤٩ـ لَاتَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى لَايُقَالُ فِى الْأَرْضِ: الله الله (حم م ت) عن أنس (صح) [الجامع:٩٨٤٩، مسلم:١٤٨]

                [82](9849)- Tidak akan terjai hari kiamat hingga tidak lagi diucapkan diatas bumi : Allah Allah. (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi dari Anas. SHAHIH). [Al-Jami:9849, Muslim:148]

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits 91

٨٤ـ٩١ـ لَاتَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى لَايُقَالُ فِى الْأَرْضِ: الله الله (حم م ت) عن أنس (صح) [الجامع:٩٨٤٩، مسلم:١٤٨]ـ

          [84](91)- Tidak akan terjadi hari kiamat hingga tidak lagi diucapkan diatas bumi : Allah Allah. (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi dari Anas. SHAHIH). [Al-Jami:9849, Muslim:148]

          Salah satu tanda kiamat adalah ketika dimuka bumi ini tidak lagi diucapkan lafazh “Allah Allah”.[1]



[1] Faidhul Qadiir penjelasan hadits 9849. Fathul Kabiir hadits 13630.

=

Jumat, 26 Maret 2021

JAMI`USH SHAGHIIR 1951 Agama islam yang asing

 =

٨٠ـ١٩٥١ـ إِنَّ الْإِنْسَانَ بَدَأَ غَرِيْبًا وَسَيَعُوْدُ غَرِيْبًا كَمَابَدَأَ فَطُوْبَى لِلْغُرَبَاءِ (م ه) عن أبي هريرة (ت ه) عن إبن مسعود (ه) عن أنس (طب) عن سلمان وسهل بن سعد وابن عباس (صح) [الجامع:١٩٥١، مسلم:١٤٥]ـ

                [80](1951)- Sesungguhnya islam bermula asing dan akan kembali asing sebagaimana dia mulai, maka bahagialah bagi orang-orang yang asing. (HR. Muslim dan Ibnu Majah dari Abi Hurairah. Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. Riwayat Ibnu Majah dari Anas. Riwayat Thabrani dari Salman dan Sahl bin Sa`d dan Ibnu Abbas. SHAHIH) [Al-Jami:1951, Muslim:145]

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits 89

٨٢ـ٨٩ــ إِنَّ الْإِسْلَامَ بَدَأَ غَرِيْبًا وَسَيَعُوْدُ غَرِيْبًا كَمَابَدَأَ فَطُوْبَى لِلْغُرَبَاءِ (م ه) عن أبي هريرة (ت ه) عن إبن مسعود (ه) عن أنس (طب) عن سلمان وسهل بن سعد وابن عباس (صح) [الجامع:١٩٥١، مسلم:١٤٥]ـ

          [82](89)- Sesungguhnya islam bermula asing dan akan kembali asing sebagaimana dia mulai, maka bahagialah bagi orang-orang yang asing. (HR. Muslim dan Ibnu Majah dari Abi Hurairah. Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. Riwayat Ibnu Majah dari Anas. Riwayat Thabrani dari Salman dan Sahl bin Sa`d dan Ibnu Abbas. SHAHIH) [Al-Jami:1951, Muslim:145]

          Agama islam pada awalnya sedikit pengikutnya kemudian bertambah banyak pengikutnya dan setelah itu akan berkurang kembali hingga pada akhirnya sedikit seperti ketika baru mulai datang. [1]



[1] Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1951. Fathul Kabiir hadits 2991.

=

JAMI`USH SHAGHIIR 613 Undangan makan [Al-Jami:613, Bukhari:5179, Muslim:142]

 =

٧٧ـ٦١٣ـ إِذَا دُعِيْتُمْ إِلَى كُرَاعٍ فَأَجِيْبُوْا (م) عن إبن عمر (صح) [الجامع:٦١٣، بخاري:٥١٧٩، مسلم:١٤٢]ـ

                [77](613)- Apabila kamu diundang makan kaki kambing maka penuhilah. (HR. Muslim dari Ibnu Umar. SHAHIH) [Al-Jami:613, Bukhari:5179, Muslim:142]

=

JAMI`USH SHAGHIIR 8502 Mengambil tanah secara zhalim

 =

٧٦ـ٨٥٠٢ـ مَنْ إِقْتَطَعَ أَرْضًا ظَالِمًا لَقِيَ اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ غَضْبَانُ (حم م) عن وائل (صح) [الجامع:٨٥٠٢، مسلم:١٣٩]ـ

                [76](8502)- Barangsiapa mengambil sepotong tanah secra zhalim maka dia akan bertemu Allah dalam keadaan Ia marah kepadanya. (HR. Ahmad dan Muslim. SHAHIH) [Al-Jami:8502, Muslim:139].

=

Kamis, 25 Maret 2021

JAMI`USH SHAGHIIR 4855 - Bukti, saksi dan sumpah

 =

٧٤ـ٤٨٥٥ـ شَاهِدَاكَ أَوْ يَمِيْنُهُ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:٤٨٥٥، مسلم:١٣٨]ـ

                [74](4855)- (Bukti Adalah) kedua saksimu atau sumpah dia. (HR. Muslim dari Ibnu Mas`ud. SHAHIH). [Al-Jami:4855, Muslim:138].

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits 84

٧٧ـ٨٤ـ شَاهِدَاكَ أَوْ يَمِيْنُهُ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:٤٨٥٥، مسلم:١٣٨]ـ

          [77](84)-  (Bukti Adalah) kedua saksimu atau sumpah dia. (HR. Muslim dari Ibnu Mas`ud. SHAHIH). [Al-Jami:4855, Muslim:138].

          Hadits ini memberikan banyak pelajaran kepada kita diantaranya adalah pihak tergugat harus melakukan sumpah jika ia tidak mengakui apa yang dikatakan oleh penggugagt. Setelah itu hakim memutuskan perkara si penggugat tanpa harus memintanya untuk bersumpah.[1]



[1] Al-Minhaaj penjelasan hadits 138. Fathul Kabiir hadits 7073.

=

JAMI`USH SHAGHIIR 1597 Keutamaan islam, hijrah dan haji

 =

٦٩ـ١٥٩٧ـ أَمَا عَلِمْتَ أَنَّ الْإِسْلَامَ يَهْدِمُ مَاكَانَ قَبْلَهُ، وَأَنَّ الْهِجْرَةَ تَهْدِمُ مَاكَانَ قَبْلَهَا، وَأَنَّ الْحَجَّ يَهْدِمُ مَاكَانَ قَبْلَهُ؟ (م) عن عمرو بن العاص (صح) [الجامع:١٥٩٧، مسلم:١٢١]ـ

                [69](1597)- Tidak tahukah kalian sesungguhnya islam merobohkan (dosa) yang sebelumnya, dan sesungguhnya hijrah merobohkan (kesalahan) yang sebelumnya, dan sesungguhnya haji merobohkan (kekeliruan) sebelumnya. (HR. Muslim dari Umar bin `Ash. SHAHIH) [Al-Jami:1597, Muslim:121].

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim 

Imam Suyuthi hadits 79

٧٢ـ٧٩ـ أَمَا عَلِمْتَ أَنَّ الْإِسْلَامَ يَهْدِمُ مَاكَانَ قَبْلَهُ، وَأَنَّ الْهِجْرَةَ تَهْدِمُ مَاكَانَ قَبْلَهَا، وَأَنَّ الْحَجَّ يَهْدِمُ مَاكَانَ قَبْلَهُ؟ (م) عن عمرو بن العاص (صح) [الجامع:١٥٩٧، مسلم:١٢١]ـ

          [72](79)- Tidak tahukah kalian sesungguhnya islam merobohkan (dosa) yang sebelumnya, dan sesungguhnya hijrah merobohkan (kesalahan) yang sebelumnya, dan sesungguhnya haji merobohkan (kekeliruan) sebelumnya. (HR. Muslim dari Umar bin `Ash. SHAHIH) [Al-Jami:1597, Muslim:121].

          Hadits ini menunjukan keagungan islam, hijrah, dan haji yang bisa menggugurkan perbuatan – perbuatan maksiat yang sudah dikerjakan. Imam Nawawi juga menganjurkan agar mengingatkan kepada orang yang sudah diambang kematian supaya mengingat ayat-ayat raja (harapan) dan ampunan agar meninggal dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah swt. [1]



[1] Al-Minhaaj penjelasan hadits 121., Fathul Kabiir hadits 2654.

=

JAMI`USH SHAGHIIR 3117 - Cepatlah beramal shalih

 =

٦٧ـ٣١١٧ـ بَادِرُوْا بِالْأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا  وَيُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيْعُ أَحَدُهُمْ دِيْنَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا قَلِيْلٍ (حم م ت) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٣١١٧، مسلم:١١٨]ـ 

                [67](3117)- Cepat-cepatlah beramal (mendahului  datangnya) fitnah-fitnah seperti potongan-potongan malam yang gelap, pagi-pagi orang menjadi mukmin dan sore-sore menjadi kafir, sore-sore orang menjadi mukmin dan pagi-pagi menjadi kafir, salah seorang dari kalian akan menjual agamanya ditukar dengan dunia yang sangat sedikit. (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi dari Abi Hurairah. SHAHIH). [AL-Jami:3117, Muslim:118].

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim

Imam Suyuthi hadits 77

٧٠ـ٧٧ـ بَادِرُوْا بِالْأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا  وَيُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيْعُ أَحَدُهُمْ دِيْنَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا قَلِيْلٍ (حم م ت) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٣١١٧، مسلم:١١٨]ـ

          [70](77)- Cepat-cepatlah beramal (mendahului  datangnya) fitnah-fitnah seperti potongan-potongan malam yang gelap, pagi-pagi orang menjadi mukmin dan sore-sore menjadi kafir, sore-sore orang menjadi mukmin dan pagi-pagi menjadi kafir, salah seorang dari kalian akan menjual agamanya ditukar dengan dunia yang sangat sedikit. (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi dari Abi Hurairah. SHAHIH). [AL-Jami:3117, Muslim:118].

          Hadits ini merupakan anjuran agar segera beramal shaleh sebelum datang suatu masa dimana tidak bisa beramal shaleh lagi karena banyaknya fitnah – fitnah yang muncul.[1]



[1] Al-Minhaaj penjelasan hadits nomor 118., Fathul Kabiir hadits 5126.


Rabu, 24 Maret 2021

Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Bab huruf ba` [ ب ] dan Ta dan Tsa [Hadits nomor 3111-4164]

 ===

Bab Huruf Hamzah [ ء ]  
Bab Huruf  ba  [ب ]
  1. Hadits 03111
  2. Hadits 03112
  3. Hadits 03113
  4. Hadits 03114
  5. Hadits 03115
  6. Hadits 03116
  7. Hadits 03117 [Bersegeralah beramal shalih] SHAHIH
  8. Hadits 03118
  9. Hadits 03119
  10. Hadits 03120
  11. Hadits 03121
  12. Hadits 03122
  13. Hadits 03123
  14. Hadits 03124
  15. Hadits 03125 [ Kalimat iman dan ridha ] DHAIF
  16. Hadits 03146
  17. Hadits 03148
  18. Hadits 03149 [ Mukjizat Nabi Muhammad SAW ]
  19. Hadits 03159 [ Menyampaikan syariat Nabi ] 
  20. Hadits 03162 [Rukun islam ada lima]
  21. Hadits 03168 [ Antara adzan dan iqamat ada shalat ] SHAHIH BUKHARI MUSLIM
  22. Hadits 03170 [Pembeda antara yang kafir dan tidak adalah shalat ] SHAHIH
  23. Hadits 03189 [ Melupakan ayat Al-Qur`an ]
  24. Hadits 03201
  25. Hadits 03209 [ Meludah di Masjid ]
  26. Hadits 03223 [ Khiyar jual - beli ]
Bab Huruf Ta [ ت ]
  1. Hadits 03241 [ Manusia terbaik di zaman islam ]
  2. Hadits 03248 Bukhari 2015 - Al-Jami 3248 - Muslim 1165
  3. Hadits 03247 [ Malam 21,2,25,27,29 Ramadhan ]
  4. Hadits 03271 [Penyakit yang tidak bisa diobati: TUA] SHAHIH
  5. Hadits 03273
  6. Hadits 03291 [ Keberkahan makan sahur ]
  7. Hadits 03299 [ Sunnah memakai nama Muhammad ]
  8. Hadits 03303
  9. Hadits 03310
  10. Hadits 03332 [ Berlindung dari cobaan, kemalangan, takdir buruk, dan musuh ] SHAHIH
  11. Hadits 03333 [ (53) tetangga yang jahat ] SHAHIH
  12. Hadits 03334 [ (54) istri yang jahat, (55) pemimpin yang jahat ] DHAIF
  13. Hadits 03342 [ Penaklukan Yaman, Syam, Irak ]
  14. Hadits 03372 [ Wanita dinikahi karena empat hal]
  15. Hadits 03396
  16. Hadits 03403 [ TasbihHamdalah, Tahlil  ] SHAHIH
  17. Hadits 03408 [ Takbir shalat hari raya ] SHAHIH
  18. Hadits 03409 [ Talbinah ]
Bab Huruf Tsa [ ث ]
  1. Hadits 03415 [ Manisnya Iman ]
  2. Hadits 03446
  3. Hadits 03447 [ Matahari terbit dari barat, Dajjal, dan binatang melata ] SHAHIH
  4. Hadits 03448 [ Bekam, Madu, Kay ] HASAN
  5. Hadits 03449
  6. Hadits 03453 [ Doa orang puasa, orang teraniaya, musafir ] HASAN
  7. Hadits 03454 [ Doa orang teraniaya, musafir, doa orang tua untuk anaknya ] HASAN
  8. Hadits 03455 [ Doa orang tua untuk anaknya, musafir, doa orang teraniaya ] HASAN
  9. Hadits 03456 [ Doa orang tua untuk anaknya, orang puasa, musafir ] SHAHIH
  10. Hadits 03496 [ Doa orang tua, musafir, orang teraniaya ] HASAN
  11. Hadits 03507 [ Doa agar masuk surga tanpa hisab ] HASAN
  12. Hadits 03520 [ Doa imam adil, orang puasa, orang teraniaya ] HASAN
  13. Hadits 03531 [ Doa orang banyak dzikir, orang teraniaya. imam adil ] HASAN
  14. Hadits 03538 [ Muslim, Mannaan, sumpah bohong 
    ]SHAHIH
  15. Hadits 03539 [ Tiga orang yang tidak akan dilihat dan diajak bicara oleh Allah SWT ]
  16. Hadits 03540 [ Tiga orang yang tidak dilihat Allah ]
  17. Hadits 03541 [Orang tua berzina, Raja berdusta, Fakir yang sombong
    ] SHAHIH
  18. Hadits 03547
  19. Hadits 03548 [ Iman kepada Nabi, Buak, Menikahi budak] SHAHIH
  20. Hadits 03549
  21. Hadits 03565 [ Doa di waktu adzan dan waktu pertempuran ] SHAHIH
  22. Hadits 03566 [ Doa di waktu adzan dan waktu hujan ] HASAN
  23. Hadits 03568 [ Wasiat sepertiga saja ]
  24. Hadits 03569 [ Wasiat dan arisan ]
Bab Huruf Jim [ج ] [Hadits 3573 sd 3656 ]
  1. Hadits 03581 [ Memperbaharui iman ] SHAHIH
  2. Hadits 03586
  3. Hadits 03587 [ Seratus rahmat ]
  4. Hadits 03607
  5. Hadits 03638
Bab Huruf ha  [ ح ] [Hadits 3657 sd 3872]
  1. Hadits 03676
  2. Hadits 03701
  3. Hadits 03702
  4. Hadits 03703 [ Haram jual beli khamar ] SHAHIH
  5. Hadits 03704
  6. Hadits 03732
  7. Hadits 03735 [ Hak dan kewajiban sesama muslim ]
  8. Hadits 03736
  9. Hadits 03747 [ Mandi jumat ]
  10. Hadits 03764 [ Telaga Nabi ]
  11. Hadits 03765 [ Telaga Nabi ]
  12. Hadits 03770 [ Hidup dan Wafat Nabi saw Baik Untuk Umat]
  13. Hadits 03771 [ Istighar Nabi saw untuk umatnya ]
  14. Hadits 03780 Habbatussauda
  15. Hadits 03812 [ Perang adalah tipu daya ]
  16. Hadits 03830 [ Sumpah dalam jual beli ]
  17. Hadits 03832 [ Al-Fatihah adalah As-Sab`ul Matsaanii dan Al-Qur`an  Al-`Azhiim. ] SHAHIH
  18. Hadits 03833 [ Al-Fatihah adalah Ummul Qur`an, Ummul Kitab, dan As-Sab`ul Matsaanii ] SHAHIH
  19. Hadits 03835 [ Al-Hamdu pokoknya syukur] HASAN
  20. Hadits 03836 [ Pujian atas nikmat menjaga dari hilangnya nikmat tersebut ] HASAN
  21. Hadits 03838 Demam  SHAHIH
  22. Hadits 03839 Demam SHAHIH
  23. Hadits 03856 [ Halal haram dan hati manusia ]
  24. Hadits 03859 [ Malu sebagian dari iman] SHAHIH
  25. Hadits 03863 [ Malu semuanya adalah kebaikan ] SHAHIH
  26. Hadits 03864 [ Malu tidak mendatangkan terkecuali kebaikan ] SHAHIH
Bab Huruf Kha [خ] [Hadits 3873 sd 4164]
  1. Hadits 03878 [ Potonglah kumis dan biarkanlah jenggot ]
  2. Hadits 03890 [ Istiqamah dalam ibadah ] SHAHIH
  3. Hadits 03895 [ Pengawal, Penggiring, Penyelamat, Baqiyatus shalihat ] SHAHIH
  4. Hadits 03899 [
  5. Hadits 03900 [ Nafkah anak istri ]
  6. Hadits 03916 [ Tasbih, tahmid, takbir setelah shalat dan sebelum tidur ] SHAHIH
  7. Hadits 03921
  8. Hadits 03928
  9. Hadits 03929
  10. Hadits 03943
  11. Hadits 03949
  12. Hadits 03953
  13. Hadits 03954 [ Lima binatang boleh dibunuh ]
  14. Hadits 03955 [ Lima binatang boleh dibunuh orang ihram ]
  15. Hadits 03956 [ Hamdalah setelah bersin ] SHAHIH
  16. Hadits 03984 [ Orang terpilih akhlaknya ]
  17. Hadits 03987
  18. Hadits 04002 [ Masjid adalah tempat terbaik ] SHAHIH
  19. Hadits 04009 [ Dzikir terbaik dalam sepi] SHAHIH
  20. Hadits 04021
  21. Hadits 04025 [ Meninggal dalam keadaan dzikir ] SHAHIH
  22. Hadits 04028 [ Empat kalimat terbaik ] SHAHIH
  23. Hadits 04031
  24. Hadits 04033 [ Generasi terbaik ]
  25. Hadits 04055 [ Umat terbaik adalah yang beristighfar ] HASAN
  26. Hadits 04060 [ Kurma Barni ] HASAN
  27. Hadits 04063 [ Teman terbaik mengingatkan dzikir] SHAHIH
  28. Hadits 04700 [ Doa keselamatan dunia akherat ] SHAHIH
  29. Hadits 04089
  30. Hadits 04090
  31. Hadits 04106 [
  32. Hadits 04111
  33. Hadits 04120 [ Pahala penjaga harta seedekah ]
  34. Hadits 04124 [ Penasuhan anak ] SHAHIH
  35. Hadits 04156 [ Kebaikan di ubun-ubun kuda ] SHAHIH
  36. Hadits 04157 
  37. Hadits 04162 [ Tiga pemilik kuda ] SHAHIH
  38. Hadits 04164 [ Bidadari surga ] SHAHIH

JAMI`USH SHAGHIIR 3541: Orang tua berzina, Raja berdusta, Fakir yang sombong

 =

٦٢ـ٣٥٤١ـ ثَلَاثَةٌ لَايُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ  وَلَايُزَكِّيْهِمْ وَلَا يَنْظُرُ اِلَيْهِمْ ولَهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ: شَيْخٌ زَانٍ، وَمَلِكٌ كَذَّابٌ، وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ (م ن) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٣٥٤١، مسلم:١٠٧]ـ

                [62](3541)- Tiga golongan yang Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat, tidak akan membersihkan mereka, tidak akan melihat mereka, dan mereka akan kena azab yang menyakitkan: Orang yang berzina, raja pendusta, dan orang fakir yang sombong. (HR. Muslim dan Nasaai dari Abi Hurairah. SHAHIH) [Al-Jami:3541, Muslim:107].

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim

Imam Suyuthi hadits nomor 72

٦٥ـ٧٢ــ  ثَلَاثَةٌ لَايُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ  وَلَايُزَكِّيْهِمْ وَلَا يَنْظُرُ اِلَيْهِمْ ولَهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ: شَيْخٌ زَانٍ، وَمَلِكٌ كَذَّابٌ، وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ (م ن) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٣٥٤١، مسلم:١٠٧]ـ

          [65](72)- Tiga golongan yang Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat, tidak akan membersihkan mereka, tidak akan melihat mereka, dan mereka akan kena azab yang menyakitkan: Orang tua yang berzina, raja pendusta, dan orang fakir yang sombong. (HR. Muslim dan Nasaai dari Abi Hurairah. SHAHIH) [Al-Jami:3541, Muslim:107].

          Tiga tipe orang model ini sangat dibenci karena sangat keterlaluan, bagaimana tidak, orang tua yang seharusnya sudah bisa mengendalikan hawa nafsunya malahan memperturutkannya dengan cara berzina. Berbohong biasanya dilakukan untuk mendapatkan sesuatu atau menghindar dari sesuatu, nah sedangkan raja tidak lagi perlu melakukan hal tersebut karena punya kekuasaan, tetapi dia tetap melakukannya maka itu sangat keterlaluan.  Sombong biasanya timbul karena harta atau kedudukan, sedangkan orang miskin tidak punya sama sekali alasan untuk sombong, tetapi meskipun demikian dia tetap sombong, bukannya ini sangat keterlaluan.[1]



[1] Faidhul Qadiir penjelasan hadits 3541.

=

JAMI`USH SHAGHIIR 3538: Muslim, Mannaan, sumpah bohong

 =

٦١ـ٣٥٣٨ـ ثَلَاثَةٌ لَايُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَ لَا يَنْظُرُ اِلَيْهِمْ وَلَايُزَكِّيْهِمْ ولَهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ الْمُسْبِلُ إِزَارَهُ وَالْمَنَّانُ الَّذِي لَايُعْطِي شَيْئًا إِلَّا مَنَّهُ وَالْمُتْقِنُ سِلْعَتَهُ بِالْحَلِفِ الْكَاذِبِ (حم م ٤) عن أبي ذر (صح) [الجامع:٣٥٣٨، مسلم:١٠٦]ـ

                [61](3538)- Tiga golongan yang Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat, tidak akan melihat mereka, tidak akan membersihkan mereka dan mereka akan kena azab yang menyakitkan:  Musbil (orang yang menurunkan bagian bawah sarungnya karena congkak), Mannaan (orang yang tidak memberikan sesuatu kepada orang lain terkecuali dia mengungkit-ungkitnya, menguranginya, atau berkhianat), Orang yang melariskan dagangannya dengan cara bersumpah dusta. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaai dan Ibnu Majah dari Abu Dzar. SHAHIH). [Al-Jami:3538, Muslim:106].

=

Selasa, 23 Maret 2021

JAMI`USH SHAGHIIR 2709 - Nabi berlepas diri dari orang yang mencukur, berteriak-teriak, dan merobek-robek -Bukhari:1296, Muslim:104

 =

٦٠ـ٢٧٠٩ـ أَنَا بَرِئٌ مِمَّنْ حَلَقَ، وَسَلَقَ، وَخَرَقَ (م ن ه) عن أبي موسى (صح) [الجامع:٢٧٠٩، بخاري:١٢٩٦، مسلم:١٠٤]ـ

                [60](2709)- Aku berlepas diri dari orang yang mencukur (rambutnya ketika terkena musibah), berteriak-teriak (atau memukul-mukul wajahnya ketika terkena musibah), dan merobek-robek  (pakaiannya ketika terkena musibah). (HR. Muslim, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Abi Musa. SHAHIH) [Al-Jami:2709, Bukhari:1296, Muslim:104]

=

JAMI`USH SHAGHIIR 6075 Jaminan masuk surga - Bukhari:1237, Muslim:94

 =

٥٦ـ٦٠٧٥ـ قَالَ لِى جِبْرِيلُ: مَنْ مَاتَ مِنْ أُمَّتِكَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ الجَنَّةَ قُلْتُ وإِنْ زَنَى وَإِنْ سَرَقَ قَالَ وإنْ زَنى وإنْ سَرَقَ (خ) عن أبي ذر (صح) [الجامع:٦٠٧٥، بخاري:١٢٣٧، مسلم:٩٤]ـ

                [56](6075]- Malaikat  Jibril berkata kepadaku: “Barangsiapa umatmu yang meninggal dunia tanpa menyekutukan Allah dengan sesuatu maka masuk surga. Aku bertanya, “Walaupun dia telah berzina dan mencuri?” Jibril menjawab: “Walaupun dia telah berzina dan mencuri”. (HR. Bukhari – Muslim dari Abu Dzaar, SHAHIH) [Al-Jami:6075, Bukhari:1237, Muslim:94]

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim

Imam Suyuthi hadits nomor 67

٦٠ـ٦٧ــ قَالَ لِى جِبْرِيلُ: مَنْ مَاتَ مِنْ أُمَّتِكَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ الجَنَّةَ قُلْتُ وإِنْ زَنَى وَإِنْ سَرَقَ قَالَ وإنْ زَنى وإنْ سَرَقَ (خ) عن أبي ذر (صح) [الجامع:٦٠٧٥، بخاري:١٢٣٧، مسلم:٩٤]ـ

          [60](67)- Malaikat  Jibril berkata kepadaku: “Barangsiapa umatmu yang meninggal dunia tanpa menyekutukan Allah dengan sesuatu maka masuk surga. Aku bertanya, “Walaupun dia telah berzina dan mencuri?” Jibril menjawab: “Walaupun dia telah berzina dan mencuri”. (HR. Bukhari – Muslim dari Abu Dzaar, SHAHIH) [Al-Jami:6075, Bukhari:1237, Muslim:94]

          Orang yang meninggal dalam keadaan belum bertaubat dari dosa besar yang dia lakaukan maka nasibnya terserah kehendak Allah swt, jika Dia berkehendak memaafkannya dan langsung memasukannya ke dalam surga tanpa menyiksanya terlebih dahulu, jika Dia berkehendak maka Dia akan menyiksanya terlebih dahulu kemudian baru memasukannya ke dalam surga.[1]



[1] Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6075.

=

JAMI`USH SHAGHIIR 9011 Jaminan masuk surga - Bukhari:129, Muslim:93

 =

٥٤ـ٩٠١١ـ مَنْ لَقِيَ اللهَ لَايُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ (حم خ) عن أنس (صح) [الجامع:٩٠١١، بخاري:١٢٩، مسلم:٩٣]ـ

                [54](9011)- Barangsiapa bertemu Allah tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu maka masuk surga. (HR. Ahmad dan Bukhari dari Anas. SHAHIH). [Al-Jami:9011, Bukhari:129, Muslim:93]

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim

Imam Suyuthi haits 65

٥٨ـ٦٥ــ مَنْ لَقِيَ اللهَ لَايُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ (حم خ) عن أنس (صح) [الجامع:٩٠١١، بخاري:١٢٩، مسلم:٩٣]ـ

          [58](65)- Barangsiapa bertemu Allah tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu maka masuk surga. (HR. Ahmad dan Bukhari dari Anas. SHAHIH). [Al-Jami:9011, Bukhari:129, Muslim:93]

          Barangsiapa meninggal dalam keadaan mukmin (beriman) maka akan masuk surga (baik secara langsung maupun tidak) dan barangsiapa meninggal dalam keadaan musyrik maka dia akan masuk neraka dan kekal di dalamnya.[1]



[1] Faidhul Qadiir penjelasan hadits 9011.

=

JAMI`USH SHAGHIR 1727 Nabi tidak menerima sedekah

 =

٥٢ـ١٧٢٧ـ إِنَّ اللهَ حَرَّمَ عَلَيَّ الصَّدَقَةَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِي (ابن سعد) عن الحسن بن علي (صح) 

           Sesungguhnya Allah mengharamkan sedekah untukku dan juga untuk ahli baitku (HR. Ibnu Sa`di dari Hasan bin Ali. SHAHIH) 

=

Senin, 22 Maret 2021

JAMI`USH SHAGHIIR 1233 - Shalat tepat waktu dan berbakti kepada orang tua - Bukhari:527, Muslim:85

 =

٤٩ـ١٢٣٣ـ أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ الصَّلَاةُ لِوَقْتِهَا وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٢٣٣، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ

                [49](1233)- Amal yang paling utama adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR Muslim dari Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:1233, Bukhari:527, Muslim:85]

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim

Imam Suyuthi hadits nomor 61

٥٤ـ٦١ــ أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ الصَّلَاةُ لِوَقْتِهَا وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٢٣٣، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ

          [45](61)- Amal yang paling utama adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR Muslim dari Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:1233, Bukhari:527, Muslim:85]

          Setelah iman maka amal paling utama dan paling banyak pahalanya adalah shalat di awal waktu kemudian berbuat baik kepada kedua orang tua. Salah satu bentuk berbuat baik kepada orang tua adalah silaturrahmi. [1]



[1] Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1233.

=

JAMI`USH SHAGHIIR 3170 - Shalat jadi pembeda antara yang kafir dan tidak - Muslim:82

 =

٤٦ـ٣١٧٠ـ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ ٱلصَّلَاةِ (م د ت ه) عن جابر (صح) [الجامع:٣١٧٠، مسلم:٨٢]ـ

                [46](3170)- Antara laki-laki dan antara syirik dan kufur adalah meninggalkan shalat. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Jabir. SHAHIH). [Al-Jami:3170, Muslim:82)

=

Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim

Imam Suyuthi haits 58

٥١ـ٥٨ــ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ ٱلصَّلَاةِ (م د ت ه) عن جابر (صح) [الجامع:٣١٧٠، مسلم:٨٢]ـ

          [51](58)- Antara laki-laki dan antara syirik dan kufur adalah tinggal shalat. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Jabir. SHAHIH). [Al-Jami:3170, Muslim:82)

          Orang yang meninggalkan shalat terbagai dalam beberapa bagian: (1) jika dia mengingkari kewajiban shalat maka dia dihukumi kafir menurut ijma` ulama, kecuali orang yang baru masuk islam yang belum tahu tentang kewajiban tersebut dan belum banyak bergaul dengan umat islam lainnya. (2) jika dia tidak mengingkari kewajiban shalat tersebut maka para ulama berbeda pendapat: ada yang berpendapat kafir, ada yang menghukumi tidak kafir tetapi fasik, ada yang berpendapat tidak kafir dan dipenjarakan hingga dia bertaubat. [1]



[1] Al-Minhaaj penjelasan hadits 82.

=