Laman

Sabtu, 12 Januari 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03415 (Manisnya iman)

مختصر صحيح البخارى ومسلم للإمام السيوط ـ ١٨
=
١١ــ١٨ــ ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ حَلَاوَةَ الإِيْمَانِ: أَنْ يَكُوْنَ اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا، وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْأَ لايُحِبُّهُ إِلَّا لِلّهِ، وَ أَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُوْدَ فِى الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِى النَّارِ (حم ق ت ن ه) عن أنس [الجامع (٣٤١٥)، بخاري (١٦)، مسلم (٤٣)]ــ
=

[11](18) Ada tiga hal yang apabila ada dalam diri seseorang maka dia akan merasakan manisnya iman: Hendaknya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai daripada selain keduanya, hendaknya mencintai seseorang karena Allah semata, hendaknya benci kembali kepada kekufuran seperti kebencian dilemparkan ke dalam neraka [HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Anas] [Al-Jami: 3415, Bukhari: 16, Muslim: 43]

Yang dimaksud manisnya iman disini adalah kelezatan dalam menjalankan ketaatan dan berani menanggung beban berat ketika menjalankan agama, serta lebih mengutamakan agama daripada dunia.

Cinta disini adalah cinta yang berdasarkan akal sehat, bukan cinta berdasarkan nafsu belaka. Seperti orang yang minum obat, meskipun nafsu mengatkan obat tidak enak dan bahkan pahit, tetapi akal sehat menyuruhnya tetap meminumnya karena akan menyebabkan datangnya kesembuhan.

Akal sehat akan mengerti jika syariat tidaklah memerintahkan atau melarang sesuatu terkecuali untuk keselamatan dan kebahagiaan sehingga akal sehat akan selalu mengajak menjalankan syariat walaupun di awal-awal latihan akan terasa tidak enak dan pahit.

Mencintai karena Allah tidak akan bertambah karena kebaikan orang yang dicintai dan tidak pula berkurang karena keburukan orang yang dicintai.

Setiap orang beriman adalah orang yang telah diselamatkan dari kekufuran atau dikeluarkan dari kegelapan sehingga ia tahu akan bahaya kekufuran dan kegelapan tersebut, plus siksa neraka. Karena pengetahuannya tersebut dia benci sebenci-bencinya jika sampai terjerumus dalam siksa api neraka.

Jika seseorang telah bisa mencitai Allah dan Rasul-Nya mengalahkan segalanya, mencintai dan membenci sesama semata-mata hanya karena Allah dan Rasul-Nya, serta takut jika sampai tergelincir dalam kekufuran, maka dia akan dapat merasakan manisnya iman, yaitu kenikmatan dalam beribadah kepada Allah.[1]



[1] Ibid., jl.I., hlm 102-105.

=

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03415 (Manisnya iman)

ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ حَلَاوَةَ الإِيْمَانِ: أَنْ يَكُوْنَ اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا، وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْأَ لايُحِبُّهُ إِلَّا لِلّهِ، وَ أَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُوْدَ فِى الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِى النَّارِ

Artinya
Ada tiga hal yang apabila ada dalam diri seseorang maka dia akan merasakan manisnya iman: Hendaknya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai daripada selain keduanya, hendaknya mencintai seseorang karena Allah semata, hendaknya benci kembali kepada kekufuran seperti kebencian dilemparkan ke dalam neraka

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Jika seseorang ingin merasakan nikmatnya taat dan ringan dalam menggapai ridha Allah maka dia harus memiliki tiga hal: Yang paling dia cintai adalah Allah dan Rasul-Nya, mencintai seseorang hanya karena Allah semata, benci kembali kepada kekafiran seperti kebenciannya kepada neraka.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.237  hadits nomor 03415
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.380. hadits nomor.03415.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.639 . hadits nomor. 3044
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.176. hadits nomor 03415.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.133. hadits nomor 03400

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.237. hadits nomor 03415
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Jumat, 11 Januari 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03409 (Manfaat Talbinah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03409 (Manfaat Talbinah)

اَلتَّلْبِيْنَةُ مَجَمَّةٌ لِفُؤَادِ الْمَرِيْضِ تَذْهَبُ بِبَعْضِ الْحُزْنِ
Artinya
Talbinah  menenangkan hati orang yang sakit dan menghilngkan sebagian kesusahan

[HR Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Aisyah. SHAHIH]

Penjelasan
Talbinah adalah sop atau kuah atau bubur encer yang warna dan keencerannya mirip susu yang dibuat dari bekatul jewawut atau jewawutnya itu sendiri . Nama lain jewawut adalah Jelai (Indonesia), Sy`ir (Arab), Barley (Inggris) Hordeum Vulgare L (Nama ilmiah)

Talbinah adalah makanan yang sekaligus obat, obat yang mencegah dan sekaligus mengobati berbagai penyakit. Bahkan pada kondisi-kondisi kritis dimana seseorang sudah tidak mau makan lagi maka talbinah menjadi salah satu pilihan utama. Dengan ijin Allah dia akan segera sembuh kembali dan jika sudah sampai ajalnya maka dengan ijin Allah pula dia akan masuk surga.


Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.236  hadits nomor 03409
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.378. hadits nomor.03409.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.627 . hadits nomor. 3018
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.171. hadits nomor 03409.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.126. hadits nomor 03394
======

KHASIAT TALBINAH

  1. Menenangkan hati yng sakit
  2. Menghilangkan sebagian kesusahan
  3. tunggu update ya...
=======
Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Talbinah berkhasiat menenangkan hati orang yang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihan"  
(HR: Bukhari - Muslim)

Dalam sebuah hadist Aisyah menceritakan:
"Dahulu apabila salah seorang keluarga Rasulullah SAW sakit, maka periuk (berisi talbinah) terus berada di tungku sampai salah satu ujungnya berakhir. Maksudnya orang itu sembuh atau meninggal dunia." 
(Ibnu Majah no:3446 dan Ahmad, VI:242)

Dalam sebuah hadits Aisyah menceritakan:
"Dahulu apabila dilaporkan kepada Rasulullah SAW bahwa si fulan sakit dan tidak mau makan, mak abeliau bersabda, "Buatlah talbinah, lalu suapkan kepadanya." Beliau juga bersabda:"Demi Dzat yang jiwaku berada ditangan-NYA, sesungguhnya talbinah itu membersihkan perut salah seorang dari kalian sebagaimana salah seorang dari kalian mencuci kotoran dari wajahnya"
(Ahmad, VI:79)


Hadits Dalam Versi bahasa arab bisa baca di link berikut :
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=133088
http://ar.islamway.net/fatwa/31298


Apa itu Talbinah?
Talbinah adalah sop atau kuah atau bubur encer yang warna dan keencerannya mirip susu yang dibuat dari bekatul jewawut atau jewawutnya itu sendiri . Nama lain jewawut adalah Jelai (Indonesia), Sy`ir (Arab), Barley (Inggris) Hordeum Vulgare L (Nama ilmiah).

Talbinah adalah makanan yang sekaligus obat, obat yang mencegah dan sekaligus mengobati berbagai penyakit. Bahkan pada kondisi-kondisi kritis dimana seseeorang sudah tidak mau makan lagi maka talbinah menjadi salah satu pilihan utama. Dengan ijin Allah dia akan segera sembuh kembali dan jika sudah sampai ajalnya maka dengan ijin Allah pula dia akan masuk surga.

Loh kok bisa, untuk memudahkan pemahaman bolehlah dikatakan begini : ketika seseorang meninggal dunia kemudian di dalam perutnya da talbinah yang bukan sembarang talbinah tetapi talbinah yang merupakan perwujudan iman seseorang maka  talbinah tersebut akan membawanya masuk surga. Amin Amin Amin

Berbanding terbalik dengan orang-orang yang meningal dan di dalam perutnya terdapat obat-obatan kimiawi yang bukan obat-obatan biasa tetapi merupakan perwujudan dari ketidakpercayaannya akan pengoabatan nabawi maka obat-obatan tersebut akan membawanya ke dalam api neraka. Semoga kita diajauhkan dari siksa api neraka. Amin
DAFTAR ISI
  1. Hadits Talbinah
  2. Hadits Sya`ir / Barley / Jawawut / Jelai 
  3. Apa Itu Talbinah
  4. Kandungan Talbinah
  5. Khasiat Talbinah
  6. Talbinah dan Protein 
  7. Talbinah dan Karbohidrat
  8. Talbinah dan Fiber / serat
  9. Talbinah dan Kalsium
  10. Talbinah dan Zat Besi 
  11. Talbinah dan Magnesium 
  12. Talbinah dan Fosfor 
  13. Talbinah dan Potasium 
  14. Talbinah dan Zinc
  15. Talbinah dan Tembaga 
  16. Talbinah dan Mangan
  17. Talbinah dan Selenium 
  18. Talbinah dan Vitamin A
  19. Talbinah dan Thiamine (Vitamin B1)
  20. Talbinah dan Riboflavin (Vitamin B2)
  21. Talbinah dan Niasin (Vitamin B3)
  22. Talbinah dan Vitamin B6
  23. Talbinah dan Asam Folat (Vitamin B9)
  24. Talbinah dan Vitamin E 
  25. Talbinah dan Melatonin 
  26. Talbinah dan Asam Amino
  27. Talbinah dan L-Lisin
  28. Talbinah dan L-Arginine 
  29. Talbinah dan Prolin 
  30. Manfaat Talbinah Bagi Dunia Medis 
  31. Talbinah VS Kemandulan Pria
  32. Talbinah Menambah Ukuran MR.P 
  33. Talbinah dan Kolesterol
  34. Talbinah VS Trigliserida 
  35. Talbinah Megatasi Hipertensi / Tekanan Darah 
  36. Talbinah Untuk Kesehatan Jantung
  37. Talbinah VS Diabetes 
  38. Talbinah VS Kanker 

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03396 (Menguap dari syetan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03396 (Menguap dari syetan)

التَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَآسْتَطَاعَ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ: هَا، ضَحِكَ الشّيْطَانُ
Artinya
Menguap itu dari syetan. Maka apabila salah seorang kalian menguap hendaklah menahan semampunya. Karena apabila berkata "haa" maka syetan mentertawainya.

[HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Menguap merupakan salah satu perbuatan yang ditimbulkan oleh Iblis. Iblis terus membisiki manusia agar banyak makan dan minum sehingga badan kita menjadi kekenyangan, malas, ingin tidur dan malas untuk beribadah. Akibat hal tersebut akan banyak menguap, ketika kita mau menguap maka kita harus menahan semampu kita karena kalau sampai kita mengucapkan "haa" maka syetan akan mentertawai kita.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.235  hadits nomor 03396
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.375. hadits nomor.03396.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.625 . hadits nomor. 3013
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.163. hadits nomor 03396.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.116. hadits nomor 03381


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.235. hadits nomor 03396
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

KALENDER SUNNAH

A. AHAD
B. SENIN
C. SELASA
D. RABU
E. KAMIS
F. HARI JUMUAH
  1. Hadits 04095 [ Hari terbaik ]
  2. Hadits 04096 [ Hari terbaik ]
  3. Hadits 04744 [ Pemimpin hari ]
  4. Hadits 07722 [ Malam jum`at 24 jam ]

G. SABTU

1. Bulan Muharram

MUHARRAM, artinya: yang diharamkan atau yang menjadi pantangan. Penamaan Muharram, sebab pada bulan itu dilarang menumpahkan darah atau berperang. Larangan tesebut berlaku sampai masa awal Islam.

2. Bulan Shafar

SHAFAR, artinya: kosong. Penamaan Shafar, karena pada bulan itu semua orang laki-laki Arab dahulu pergi meninggalkan rumah untuk merantau, berniaga dan berperang, sehingga pemukiman mereka kosong dari orang laki-laki.

3. Bulan Rabi’ul Awal

RABI’ULAWAL, artinya: berasal dari kata rabi’ (menetap) dan awal (pertama). Maksudnya masa kembalinya kaum laki-laki yang telah meninqgalkan rumah atau merantau. Jadi awal menetapnya kaum laki-laki di rumah.
Pada bulan ini banyak peristiwa bersejarah bagi umat Islam, antara lain: Nabi Muhammad saw lahir, diangkat menjadi Rasul, melakukan hijrah, dan wafat pada bulan ini juga.

4. Bulan Rabi’ul Akhir

RABIU’ULAKHIR, artinya: masa menetapnya kaum laki-laki untuk terakhir atau penghabisan.

5. Bulan Jumadil Awal

JUMADILAWAL nama bulan kelima. Berasal dari kata jumadi (kering) dan awal (pertama). Penamaan Jumadil Awal, karena bulan ini merupakan awal musim kemarau, di mana mulai terjadi kekeringan.

6. Bulan Jumadil Akhir

JUMADILAKHIR, artinya: musim kemarau yang penghabisan.

7. Bulan Rajab

RAJAB, artinya: mulia. Penamaan Rajab, karena bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini, antara lain dengan melarang berperang.

  1. Hadits 09914 [ Tidak ada fara` dan `atirah ] SHAHIH

8. Bulan Sya’ban

SYA’BAN, artinya: berkelompok. Penamaan Sya’ban karena orang-orang Arab pada bulan ini lazimnya berkelompok mencari nafkah. Peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi pada bulan ini adalah perpindahan kiblat dari Baitul Muqaddas ke Ka’bah (Baitullah).

9. Bulan Ramadhan

  1. Hadits 04749 [Pemimpin bulan] HASAN
  2. Hadits 07723 [ Lailatul Qadar ]
  3. Hadits 07724 [ Lailatul Qadar ]
  4. Hadits 07725 [ Lailatul Qadar ]
  5. Hadits 07726 [ Lailatul Qadar ]
  6. Hadits 07727 [ Lailatul Qadar ]
  7. Hadits 07728 [ Lailatul Qadar ]

RAMADHAN, artinya: sangat panas. Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang tersebut dalam Al-Quran, Satu bulan yang memiliki keutamaan, kesucian, dan aneka keistimewaan.
Hal itu dikarenakan peristiwa-peristiwa peting seperti: Allah menurunkan ayat-ayat Al-Quran pertama kali, ada malam Lailatul Qadar, yakni malam yang sangat tinggi nilainya, karena para malaikat turun untuk memberkati orang-orang beriman yang sedang beribadah, bulan ini ditetapkan sebagai waktu ibadah puasa wajib, pada bulan ini kaurn muslimin dapat rnenaklukan kaum musyrik dalarn perang Badar Kubra dan pada bulan ini juga Nabi Muhammad saw berhasil mengambil alih kota Mekah dan mengakhiri penyembahan berhala yang dilakukan oleh kaum musyrik.

10. Bulan Syawwal

SYAWWAL, artinya: kebahagiaan. Maksudnya kembalinya manusia ke dalam fitrah (kesucian) karena usai menunaikan ibadah puasa dan membayar zakat serta saling bermaaf-maafan. Itulah yang mernbahagiakan.

11. Bulan Dzulqa’dah

DZULQAIDAH, berasal dari kata dzul (pemilik) dan qa’dah (duduk). Penamaan Dzulqaidah, karena bulan itu merupakan waktu istirahat bagi kaum laki-laki Arab dahulu. Mereka menikmatmnya dengan duduk-duduk di rumah.

12. Bulan Dzulhijjah

DZULHIJJAH artinya: yang menunaikan haji. Penamaan Dzulhijjah, sebab pada bulan ini umat Islam sejak Nabi Adam as. menunaikan ibadah haji.
(sa/kaskus/bdm.am.ac/imerzone)
sumber
dicopy dari
https://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/arti-nama-nama-bulan-hijriyah.htm#.XDnB-FUzbIU

Rabu, 09 Januari 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03372 (Nikahi wanita karena empat hal)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03372 (Nikahi wanita karena empat hal)

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ: لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنَهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ ٱلدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ 

Artinya
Nikahilah wanita karena empat hal: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya, maka pilihlah yang punya agama maka kamu akan beruntung.

[HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasaa-i, Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Wanita dinikahi karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan agamanya. Jika harus memilih maka prioritaskan yang agamanya paling kuat.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.234  hadits nomor 03372
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.368. hadits nomor.03372.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.621 . hadits nomor. 3003
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.129. hadits nomor 03342.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.100. hadits nomor 03357

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.234. hadits nomor 03372
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03342 (Berita akan ditaklukannya negeri Yaman, Syam dan Irak)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03342 (Berita akan ditaklukannya negeri Yaman, Syam dan Irak)

تُفْتحُ الْيَمَنُ فَيَأْتِى قَوْمٌ يَبُسُّوْنَ فَيَتَحَمَّلُوْنَ بِأَهْلِيْهِمْ وَمَنْ أَطَاعَهُمْ وَالْمَدِيْنَةُ خَيْرٌ لَهُمْ لَوْ كَانُوْا يعْلَمُوْنَ. وَ تُفْتحُ الشَّامُ فَيَأْتِى قَوْمٌ يَبُسُّوْنَ فَيَتَحَمَّلُوْنَ بِأَهْلِيْهِمْ وَمَنْ أَطَاعَهُمْ وَالْمَدِيْنَةُ خَيْرٌ لَهُمْ لَوْ كَانُوْا يعْلَمُوْنَ. وَ تُفْتحُ العِرَاقُ فَيَأْتِى قَوْمٌ يَبُسُّوْنَ فَيَتَحَمَّلُوْنَ بِأَهْلِيْهِمْ وَمَنْ أَطَاعَهُمْ وَالْمَدِيْنَةُ خَيْرٌ لَهُمْ لَوْ كَانُوْا يعْلَمُوْنَ.
Artinya
Yaman akan ditaklukan, kemudian akan datang kaum yang menggiring binatang mereka, Kemudian mereka mengendarai binatang mereka bersama keluarga dan pengikut mereka meninggalkan kota Madinah menuju Yaman, padahal kota Madinah lebih baik bagi mereka seandainya mereka mengetahuinya. Syam akan ditaklukan, kemudian akan datang kaum yang menggiring binatang mereka, Kemudian mereka mengendarai binatang mereka bersama keluarga dan pengikut mereka meninggalkan kota Madinah menuju Syam, padahal kota Madinah lebih baik bagi mereka seandainya mereka mengetahuinya. Irak akan ditaklukan, kemudian akan datang kaum yang menggiring binatang mereka, Kemudian mereka mengendarai binatang mereka bersama keluarga dan pengikut mereka meninggalkan kota Madinah menuju Irak, padahal kota Madinah lebih baik bagi mereka seandainya mereka mengetahuinya.

[HR Malik, Bukhari, Muslim dari Sufyan bin Abi Zuhair. SHAHIH]

Penjelasan
Nabi SAW mengabrkan kepada para sahabat bahwa negeri Yaman, Syam dan Irak akan ditaklukan. Ketika itu terjadi akan ada sekelompok orang yang pindah dari Madinah ke negeri yang ditaklukan tersebut. Padahal menetap di Madinah lebih baik bagi mereka daripada pindah ke Yaman, Syam atau Irak. Karena Madinah kota suci, Nabi tinggal di Madinah dan keutamaan - keutamaan lainnya yang tidak dimiliki oleh kota - kota lainnya.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.229  hadits nomor 03342
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.360. hadits nomor.03342.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.609 . hadits nomor.2972
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.129. hadits nomor 03342.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.77. hadits nomor 03327

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.232. hadits nomor 03342
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Selasa, 08 Januari 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03299 (Sunnah memakai nama Muhammad)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03299 (Sunnah memakai nama Muhammad)

تَسَمُّوْا بِاسْمِى وَ لَاتَكَنُّوْا بِكُنْيَتِى

Artinya
Bernamalah dengan namaku dan jangan berkun-yah dengan kunyahku.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Anas. Riwayat Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Jabir.

Penjelasan
Sunnah memberi nama anak dengan nama Muhammad dan tidak boleh memberi nama atau memanggil orang dengan sebutan Abul Qaasim (Kun-yah Nabi)

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.229  hadits nomor 03299
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.349. hadits nomor.03299.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.599 . hadits nomor.2949
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.103. hadits nomor 03299.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.42. hadits nomor 03284

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.229. hadits nomor 03299
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Senin, 07 Januari 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03291 (Makan sahur)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03291 (Makan sahur)

تَسَحَّرُوْا فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةً

Artinya
Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya dalam makan sahur ada berkah

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i, Ibnu Majah dari Anas. Riwayat Nasaa-i dari Abu Hurairah dan Ibnu Mas`ud. Riwayat Ahmad dari Abu Sa`id. SHAHIH.]

Penjelasan
Makan sahur hukumnya sunat. Banyak keberkahan makan sahur seperti mendapatkan pahala sunnah, pahala takwa, menambah kekuatan menjalankan ibadah puasa dan lainnya.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.228. hadits nomor 03291
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.348. hadits nomor.03291.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.597 . hadits nomor.2943
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.99. hadits nomor 03291.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.38. hadits nomor 03276

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.228. hadits nomor 03291
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Huruf Ta [ ت ] dan Tsa [ ث ] Hadits Shahih Al-Jami Ash-Shaghir

Huruf Ta [ ت ] 
  1. Hadits 03241 [ Manusia terbaik zaman islam ]
  2. Hadits 03247 [ Malam 21,23,25,27,29 Ramadhan ]
  3. Hadits 03271 [Penyakit yang tidak bisa diobati: TUA] SHAHIH
  4. Hadits 03291 [ Keberkahan makan sahur ]
  5. Hadits 03299 [ Sunnah memakai nama Muhammad ]
  6. Hadits 03332 [ Berlindung dari cobaan, kemalangan, takdir buruk, dan musuh ] SHAHIH
  7. Hadits 03333 [ (53) tetangga yang jahat ] SHAHIH
  8. Hadits 03334 [ (54) istri yang jahat, (55) pemimpin yang jahat ] DHAIF
  9. Hadits 03342 [ Penaklukan Yaman, Syam, Irak ]
  10. Hadits 03372 [ Wanita dinikahi karena empat hal ]
  11. Hadits 03396
  12. Hadits 03403 [ TasbihHamdalah, Tahlil  ] SHAHIH
  13. Hadits 03408 [ Takbir shalat hari raya ] SHAHIH
  14. Hadits 03409 [ Talbinah ]
Huruf Tsa [ ث ] 
  1. Hadits 03415 [ Manisnya iman ]
  2. Hadits 03453 [ Doa orang puasa, orang teraniaya, musafir ] HASAN
  3. Hadits 03454 [ Doa orang teraniaya, musafir, doa orang tua untuk anaknya ] HASAN
  4. Hadits 03455 [ Doa orang tua untuk anaknya, musafir, doa orang teraniaya ] HASAN
  5. Hadits 03456 [ Doa orang tua untuk anaknya, orang puasa, musafir ] SHAHIH
  6. Hadits 03496 [ Doa orang tua, musafir, orang teraniaya ] HASAN
  7. Hadits 03507 [ Doa agar masuk surga tanpa hisab ] HASAN
  8. Hadits 03520 [ Doa imam adil, orang puasa, orang teraniaya ] HASAN
  9. Hadits 03531 [ Doa orang banyak dzikir, orang teraniaya. imam adil ] HASAN
  10. Hadits 03539 [ Tiga orang yang tidak akan diajak bicara dan  dilihat oleh Allah SWT]
  11. Hadits 03540 [ Tiga orang yang tidak dilihat Allah ]
  12. Hadits 03565 [ Doa di waktu adzan dan waktu pertempuran ] SHAHIH
  13. Hadits 03566 [ Doa di waktu adzan dan waktu hujan ] HASAN
  14. Hadits 03568 [ Wasiat sepertiga saja ]
  15. Hadits 03569 [ Wasiat dan warisan ]
Bab Huruf Jim [ج ]
  1. Hadits 03581 [ Memperbaharui iman ] SHAHIH
  2. Hadits 03587 [ Seratus rahmat ]
  3. Hadits 03607
  4. Hadits 03638
Bab Huruf ha  [ ح ]
  1. Hadits 03735 [ Hak dan kewajiban sesama muslim ]
  2. Hadits 03747 [ Mandi jumat ]
  3. Hadits 03764 [ Telaga Nabi ]
  4. Hadits 03765 [ Telaga Nabi ]
  5. Hadits 03768 [ Bershalawat dimana saja ] [HASAN/SHAHIH]
  6. Hadits 03812 [ Perang adalah tipu daya ]
  7. Hadits 03830 [ Hadits dalam jual beli ]
  8. Hadits 03833 [ Al-Fatihah adalah Ummul Qur`an, Ummul Kitab, dan As-Sab`ul Matsaanii ] SHAHIH
  9. Hadits 03835 [ Al-Hamdu pokoknya syukur] HASAN
  10. Hadits 03836 [ Pujian atas nikmat menjaga dari hilangnya nikmat tersebut ] HASAN
  11. Hadits 03856 [ Halal haram dan hati manusia ]
Bab Khuruf Kha
  1. Hadits 03878 [ Potong kumis Biarkan jenggot ]
  2. Hadits 03890
  3. Hadits 03895 [ Pengawal, Penggiring, Penyelamat, Baqiyatus shalihat ] SHAHIH
  4. Hadits03899
  5. Hadits 03900 [ Nafkah anak istri ]
  6. Hadits 03916 [ Tasbih, tahmid, takbir setelah shalat dan sebelum tidur ] SHAHIH
  7. Hadits 03954 [ Lima binatang boleh dibunuh ]
  8. Hadits 03955 [ Lima binatang boleh dibunuh orang ihram ]
  9. Hadits 03956 [ Hamdalah setelah bersin ] SHAHIH
  10. Hadits 03984 [ Orang terpilih akhlaknya ]
  11. Hadits 04002 [ Masjid adalah tempat terbaik ] SHAHIH
  12. Hadits 04009 [ Dzikir terbaik dalam sepi] SHAHIH
  13. Hadits 04028 [ Empat kalimat terbaik ] SHAHIH
  14. Hadits 04033 [ Generasi terbaik ]
  15. Hadits 04025 [ Meninggal dalam keaaan dzikir ] SHAHIH
  16. Hadits 04055 [ Umat terbaik adalah yang beristighfar ] HASAN
  17. Hadits 04063 [ Teman terbaik mengingatkan dzikir] SHAHIH
  18. Hadits 04072 [ Shaf awal ]
  19. Hadits 04106 [
  20. Hadits 04120 [ Pahala penjaga harta sedekah ] SHAHIH 
  21. Hadits 04124 [ Penasuhan anak ]
  22. Hadits 04156 [ Kebaikan di ubun-ubun kuda ] SHAHIH
  23. Hadits 04157 [ Kebaikan di ubun-ubun kuda ] SHAHIH
  24. Hadits 04162 [ Tiga pemilik kuda ] SHAHIH
  25. Hadits 04164 [ Bidadari surga ] SHAHIH 
Bab Huruf Ra
  1. Hadits 04372 [ Munculnya kekufuran ]
  2. Hadits 04376 [ Nabi Isa as ]
  3. Hadits 04380 [ Isra Nabi bertemu dan Nabi Musa dan Isa as ]
  4. Hadits 04386 [ Amr bin Amir Al-Khuza`i ] 
  5. Hadits 04389 [ Mimpi orang beriman ] SHAHIH
  6. Hadits 04493 [ Mimpi baik dan buruk ] SHAHIH
  7. Hadits 04526 [ Sepersusuan ] SHAHIH
  8. Hadits 04548 [ Berangkat jihad fi sabilillah ] SHAHIH
Huruf LAINNYA
  1. Hadits 04700 [ Doa keselamatan dunia akherat ] SHAHIH
  2. Hadits 04989 [ Keringanan shalat Qashar ] SHAHIH
  3. Hadits 05074 [ Pahala shalat jamaah 27 derajat ] SHAHIH
  4. Hadits 05077 [ Keutamaan shalat jamaah di Masjid] SHAHIH
  5. Hadits 05085 [ Shalat malam ] SHAHIH
  6. Hadits 05104 [ Keutamaan shalat di Masjid Nabawi ] SHAHIH
  7. Hadits 05228 [ Nabi tidak makan Dhab ] SHAHIH
  8. Hadits 05255 [ Makan bersama ] SHAHIH 
  9. Hadits 05328
  10. Hadits 05329
  11. Hadits 05372
  12. Hadits 06573 [ Doa ketika sakit ] SHAHIH
  13. Hadits 07115 [ Air wudhu ] SHAHIH BUKHARI MUSLIM 

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03247 (Mencari malam lailatul qadar)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 03247 (Mencari malam lailatul qadar)

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya
Carilah lailatul qadar pada malam yang ganjil pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim dan Tirmidzi dari Aisyah. SHAHIH]

Penjelasan
Jika kalian mau mencari malam lailatul qadar maka carilah pada malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan ramadah, yaitu malam tanggal 21, 23, 25, 27, 29 dari bulan ramadhan.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.226. hadits nomor 03247
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.338. hadits nomor.03247.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.590 . hadits nomor.2922
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.IV. hlm.76. hadits nomor 03247.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid V. Hlm.13. hadits nomor 03232

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.226. hadits nomor 03247
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH