Selasa, 13 Februari 2018

Luka VS Madu



Luka VS Madu
Tahukah anda madu sangat ampuh untuk mengatasi ulkus. Ulkus adalah luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada bagian tubuh tertentu. Termasuk pada system pencernaan seperti mulut, lambung  hingga anus. Ulkus dalam bahasa sehari-hari biasa disebut borok atau luka.
Beberapa penyakit pencernaan misalnya adalah  Polip, Radang usus besar (ulcerative colitis, diverticulitis, crohn disease) dan kanker.
Polip, tumbuhnya daging (biasanya bertangkai) pada lapisan usus besar atau anus. Polip dapat menyebabkan pendarahan karena iritasi atau tekanan dan dapat menjadi kanker.
Ulcerative colitis adalah radang usus besar atau anus yang lama dan menyebabkan luka pada usus besar dan anus. Gejalana pendarahan dan nyeri perut.
Diverticulitis adalah peradangan atau infeksi pada kantung yang terbentuk pada dinding usus besar. Kantung infeksi yang buruk dapat memicu terjadinya luka, pendarahan, nyeri perut dan perforasi atau lubang pada usus besar.
Crohns disease adalah peradangan usus besar yang lama dan parah. Dapat mempengaruhi usus kecil dan seluruh usus besar. Menyebabkan peradangan, luka dan pendarahan di saluran pencernaan dan nyeri perut.
Kanker usus adalah tumbuhnya sel-sel abnormal pada usus besar. Kanker adalah penyakit tersembunyi tanpa gejala hingga pertumbuhannya cukup untuk menyebabkan tekanan, luka, pendarahan atau sumbatan pada usus besar.
Luka dan Diabetes
Keampuhan madu sebagai obat luka ternyata juga bisa digunakan untuk  luka-luka yang terjadi karena tindakan operasi (Rosita, 2007).
Salah seorang dokter yang melakukan hal tersebut dan menganjurkan kepada temannya adalah Dr. John Pisley, seorang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Liverpool, Inggris yang dianjurkan mantan dosennya Prof. Scott Russel, Dr. John kemudian berkirim surat untuk menceritakan pengalamannya menggunakan madu kepada Dr. Dzarif Al-Attar, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Damaskus, Suriah. Kisah ini kemudian dinukil oleh Prof. Dr. Said Hammad dalam bukunya 99 Resep Sehat dengan Madu (Hammad, 2009).
Tentu saja dibutuhkan keahlian khusus untuk membalurkan madu pada luka-luka bekas oprasi yang berada di dalam tubuh tidak seperti jika luka bekas operasi tersebut berada dipermukaan kulit.
Sudah sejak jaman dahulu kala madu digunakan untuk menyempuhkan berbagai macam luka, termasuk luka bakar. Tetapi luka bakar yang diajurkan pakai madu adalah luka bakar dengan derajat satu, yaitu luka bakar yang hanya mengenai lapisan tanduk dan tidak mengenai jaringan kulit yang ditandai dengan warna kemerah-merahan (Sakri, 2012) Jika luka bakarnya lebih dalam dari derajat pertama ini maka diperlukan penangan khusus.
Sebagai obat luka bakar madu bersifat menyerap air pada luka sehingga mencegah infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak dengan cepat (Rosita, 2008). Kandungan-kandungan antiseptik dan antiinflamasi bisa menjaga keadaan luka bakar selalu steril dan tidak mengalamai peradangan yang berlebihan dan membahayakan.
Sebuah penelitian terhadap 50 pasien luka bakar yang dipublikasiakan majalah Burns pada tahun 1996 menginformasikan kepada kita jika luka bakar yang diobati dengan madu jadi bersih dari bakteri apapun dan luka-luka tersebut sembuh total 100% setelah 15 hari (Saqa, 2010).
Salah satu resep yang dianjurkan adalah mencampur madu dengan vaselin dengan perbandingan yang sama, kemudian mengoleskannya pada luka bakar setiap pagi dan sore hingga kulit terbakarnya mengelupas. Insya Allah sembuh total bahkan nyaris tanpa ada bekas lukanya (Arif, 2010)
Pada tahap tertentu para penderita diabetes mudah terkena luka, bahayanya lagi, luka-luka tersebut susah kering dan sembuh. Bahkan pada banyak kasus, luka diabetes yang menyerang kaki menyebabkan kaki harus diamputasi.
Salah satu cara untuk mengobati luka diabetes dan mencegah amputasi akibat luka tersebut adalah dengan cara mengoleskan madu pada daerah yang luka tersebut. Madu terbukti ampuh mengalahkan bakteri streptococcus pemangsa daging dan Staphylococcus aureus (MRSA) yang juga menghancurkan daging.
Keampuhan madu untuk mengobati luka akibat diabetes misalnya diresepkan oleh Jennifer Eddy, seorang profesor dari University of Wisconsin Shool Medicine dan Public Health. Dia berhasil menyembuhkan luka diabetes yang terancam amputansi hanya dalam waktu sekitar 6 hingga 12 bulan, kemudian setelah dua tahun maka jadi sembuh total (Rosita, 2007).
Caranya: Bersihkan luka dari kulit dan daging yang mati, kompres dengan air hangat yang di campur dengan madu, setelah kering olesin dengan madu murni. Lakukan secara rutin dua kali sehari. Insya Allah luka segera kering dan sembuh. Amin
Sudah sejak jaman mesir kuno madu di gunakan sebagai obat luka gores yang sangat ampuh. Jika anda atau saudara anda ada yang mengalami luka tersebut maka andapun bisa mencobanya, caranya bersihkan luka dan daerah seputar luka, kemudian olesin madu dan tutup dengan perban selama 3-4 hari, setelah dibuka maka anda akan mendapatkan luka tersebut sembuh dan bahkan nyaris tanpa bekas (Arif, 2010).
Hal tersebut sebetulnya tidak aneh karena madu mengandung khasiat antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri-bakteri penyebab infeksi pada luka. Bukan hanya itu, madu juga menambah elastisitas kulit dan membantu terbentuknya jaringan baru dengan sangat cepat (Rosita, 2007).
Perjalanan madu sebagai obat luka gores sejak jaman dahulu kala hingga kini tentu saja telah melahirkan banyak sekali penelitian dan juga banyak sekali testimoni yang sembuh, salah satu hasil dari penelitian-penelitian tersebut adalah ditemukannya efek dari kadar keasaman dan efek osmosis madu yang berperan penting dalam penyembuhan luka, demikian dijelaskan Dr. Muhammad Saqa (2010) setelah mengutip dan menjelaskan berbagai penelitian madu sebagai obat luka dari Dr. Lusby dari Universitas Charles Sturt Australia, Dr. Kingsley dari rumah sakit Devon di Inggris, Prof. Moulin dari Waikato University di New Zeland.




Senin, 12 Februari 2018

Madu Sebagai Sumber Energi, Stamina dan Vitalitas,

Madu Sebagai Sumber Energi, Stamina, Vitalitas 
Sudah sejak 10000 tahun yang lalu madu digunakan sebagai sumber energi alamiah yang bisa menambah stamina, vitalitas, dan awet muda. Tentu saja termasuk stamina, vitalitas, dan daya tahan tubuh saat berhubungan seksual. Sehingga hubungan seksual menjadi bertenaga, bergairah, bagai kuda liar.
Madu sebagai sumber energi sudah digunakan sejak jaman Romawi dan Yunani, para atletnya biasa mengkonsumsi madu sebelum dan sesudah bertanding untuk menambah energi dan stamina. Madu juga menambah tenaga pada saat kehamilan dan persalinan, serta menguatkan janin. Glukosa  / gula alami dan mineral dalam madu juga berfungsi sebagai tonikum yang memberikan sumber tenaga bagi  jantung. Oleh karena itu sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah berkaitan dengan jantung.
Energi madu yang membuat stamina dan vitalitas joss berasal dari kandungan glukosa / gula dalam madu yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Satu sendok madu memasok sekitar 64 kalori. Kalori 1 kg madu setara dengan 50 butir telur ayam.
Senyawa gula alami dalam madu terdiri dari fruktosa / fructose (gula buah), glukosa(gula anggur), sukrosa/ sucrose (gula makan), maltose, senyawa gula tinggi (sugars high).
Penelitian Dr. Milton membuktikan setengah sendok madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam tiga sore saat stamina menurun.
Hasil riset sebuah jurnal kesehatan membuktikan jika kadar glicemic index yang rendah pada madu bisa memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga lebih menyehatkan pencernaan dan menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga. Selain itu ada laporan dari Laboratorium Nutrisi di Universitas Memphis yang menyatakan jika madu seefektif glukosa pengganti karbohidrat selama pemanasan

Hipertensi VS Madu



Hipertensi VS Madu
Prof. Dr. Said Hammad dalam salah satu bukunya mengutip hasil penelitian Al-Khayyath seorang peneliti dari pusat riset nasional mesir yang menegaskan jika madu memiliki kemampuan luar biasa dalam mencegah tekanan dioksida. Hal tersebut karena madu mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat efektif menstabilkan tekanan darah dan menambah prosentase homeglobin dalam darah.
Chrysin, pinobaksin, vitamin C, dan pinocembrin sebagai antioksidan memasok energi dan mempunyai peranan dalam hal mengatasi hipertensi.
Sebagai informasi tambahan mari kita lihat apa sesungguhnya hipertensi itu sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan kita.


Kitab Al-Jami ash-Shaghir Hadits Nomor 00025 (Tanda orang munafik)


Hadits Nomor 25 (Tanda orang munafik)

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Artinya
Tanda - tanda orang munafik itu ada tiga: apabila berkata ia dusta, apabila berjanji ia menyalahi janji, apabila dipercaya ia berkhianat.
[HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dari Anas, SHAHIH]

Penjelasan
Orang munafik adalah orang yang menyembunyikan kekafirannya dan menampakan keimanannnya. Dengan kata lain orang kafir berpenampilan iman.

=======

=

 

٣ـ٢٥ـ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ (ق ت ن) عن أبي هريرة (صح) [الجامع (٢٥)، بخاري (٣٣)، مسلم (٥٩)]ـ

[3](25)- Tanda - tanda orang munafik itu ada tiga: apabila berkata ia dusta,  apabila berjanji ia menyalahi janji, apabila dipercaya ia berkhianat. [HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dari Anas, SHAHIH] [Al-Jami: 25, Bukhari: 33, Muslim:59]

Munafik menurut bahasa berarti batin yang menyalahi zhahir. Jika terjadi pada masalah iman termasuk nifak kufr (munafik dalam i`tiqad). Jika tidak maka termasuk nifaq `amali, di dalamnya termasuk nifak perbuatan dan menahan perbuatan. Kemunafikan memiliki tingkatan yang berbeda-beda.

Jika seseorang berjanji tetapi dalam hatinya berniat mengingkari janji tersebut maka dia munafik. Jika seseorang berjanji dan hatinya berniat menepati janji tersebut maka dia bukan munafik.[1]



[1] Ibid., jld. I., hlm. 121 – 123. Penjelasan hadits 33 – 34.

=

SHAHIH JAMI`US SHAGHIR 11-20

٢٢ــ١١ــ آيَةُ مَا بَيْنَنا وَبَيْنَ المُنافِقِينَ أنَّهُمْ لاَ يَتَضَلَّعُونَ مِنْ زَمْزَمَ (4 هـ ك) عَن ابْن عَبَّاس (صح)ـ[1]

[22](11)- Tanda perbedaan antara kita dan orang munafik adalah mereka tidak mau memperbanyak minum air zam – zam. (HR. Bukhari dalam kitab At-Tarikh, Ibnu Majah dan Hakim dari Ibnu Abbas. SHAHIH)

٢٤ـ١٢ــ آيَةُ الإيمانِ حُبُّ الأَنْصَارِ وآيَةُ النِّفاقِ بُغْضُ الأنْصارِ (حم ق ن) عَن أنس (صح)ـ[2]

[24](12)- Tanda keimanan adalah cinta sahabat anshar dan tanda kemunafikan adalah benci sahabat anshar. [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasaa-i dari  Anas] [Al-Jami: 24, Bukhari 17, Muslim: 74]

٢٥ـ١٣ـ آيَةُ المُنافِقِ ثَلاَثٌ إذَا حَدَّثَ كَذَبَ وإذَا وعَدَ أخْلَفَ وإذَا ائْتُمِنَ خانَ (ق ت ن) عَن أبي هُرَيْرَة (صح)ـ[3]

                [25](13)- Tanda - tanda orang munafik itu ada tiga: apabila berkata ia dusta, apabila berjanji ia menyalahi janji, apabila dipercaya ia berkhianat. (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dari Anas, SHAHIH)

٢٨ـ١٤ـ  إئتِ المَعْروفَ،وَاجْتَنِبِ المُنْكَرَ وانْظُرْ مَا يُعْجِبُ أُذُنَكَ أنْ يَقُولَ لَكَ القَوْمُ إذَا قُمْتَ مِنْ عِنْدِهِمْ فَأْتِهِ وانْظُرُ الَّذِي تَكْرَهُ أنْ يَقُولَ لَكَ القَوْمَ إذَا قُمْتَ مِنْ عِنْدِهِمْ فاجْتَنِبْهُ (خد) وَابْن سَعْدٍ والبَغَوي فِي مُعْجَمه والباوَرْدي فِي المَعْرِفَةِ (هَب) عَن حَرْمَلَةَ بن عبد الله بن أوسٍ وَمَا لَهُ غَيره (ح)ـ[4]

                [28](14)- Kerjakanlah kebaikan dan tinggalkanlah kemungkaran. Lihatlah (pikirkanlah) perkataan kaum (yang diucapkan ketika kamu tidak bersama mereka) yang membuatmu senang maka kerjakanlah. Lihatlah perkataan kaum (yang diucapkan ketika kamu tidak bersama mereka) yang membuat kamu tidak senang maka jauhilah. (HR Bukhari dalam Al-Adab, Ibnu Sa`d. Baghawi dalam Mu`jamnya. Baarudi dalam Al-Ma`rifah dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Harmalah bin Aus, dan ia tidak mempunyai selain hadits ini. HASAN)

٢٩ـ١٥ـ ائْتِ حَرْثَكَ أنَّى شِئْتَ وأطْعِمْها إِذا طَعِمْتَ واكْسُها إِذا اكْتَسَيْتَ ولاَ تُقَبِّحِ الوَجْهَ ولاَ تَضْرِبْ (د) عَن بَهْزِ بن حَكِيمٍ عَنْ أبِيهِ عَنْ جَدِّهِ (ح)ـ[5]

                [29](15) Garaplah ladangmu bagaimana kamu mau (setubuhilah istrimu sesukamu), berilah dia makan apabila kamu makan, berilah dia pakaian apabila kamu berpakaian, janganlah mencela wajahnya dan janganlah memukulnya. (HR Abu Dawud dari Bahz bin Hakim dari bapaknya dari kakeknya. HASAN)

٣١ـ١٦ـ اِئْتُوا الدّعوةَ اِذَا دُعِيْتُم (م) عن ابن عمر (صح)ـ[6]

                [31](16)- Datanglah ke undangan jika kalian diundang. (HR Muslim dari Ibnu Umar, SHAHIH)

٣٢ـ١٧ـ إِئتَدِمُوْا بِالزَّيْتِ وَادَّهِنُوْا بـِهِ فَاِنَّهُ يَخْرُجُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ (هـ ك هب) عن ابن عمر(صح)ـ[7]

                [32](17)- Berlauklah dengan minyak zaitun dan berminyaklah dengannya karena sesungguhnya minyak zaitun keluar dari pohon yang diberkahi. (HR. Ibnu Majah, Hakim dan Baihaqi dari Ibnu Umar, SHAHIH)

٣٤ـ١٨ـ اِئْتَدِمُوْا مِنْ هَذِهِ ٱلشَّجَرَةِ ـ يَعْنِى الزّيْتَ ـ وَمَنْ عُرِضَ عَلَيْهِ طِيْبٌ فَلْيُصِبْ مِنْهُ (طس) عن ابن عباس (ح)ـ[8]

                [34](18)- Berlauklah kalian dari pohon ini - maksudnya pohon zaitun - Barang siapa yang ditawari minyak wangi maka hendaklah menerimanya. (HR Thabrani dari Ibnu Abbas.HASAN)

٣٦ـ١٩ـ إِئْتَذَنُوْا لِلنِّسَاءِ أَنْ يُصَلِّيْنَ بِللَّيْلِ في الْمَسْجِدِ (ت والطيالسي) عن ابن عمر (صح)ـ[9]

                [36](19)- Izinkanlah kaum perempuan untuk shalat malam di masjid. (HR. Thayaalisi dari Ibnu Umar, SHAHIH)

٣٧ـ٢٠ـ  ائْذَنُوْا لِلنِّسَاءِ بِاللَيْلِ اِلى الْمَسَاجِدِ (حم م د ت) عن ابن عمر (صح)ـ[10]

                [37](20)- Izinkanlah kaum perempuan pergi ke masjid di malam hari. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi dari Ibnu Umar, SHAHIH)



[1] Jam`ul Jawaami`: 51., Jami`us Shaghir: 22., Fathul Kabiir: 38., Kunuuzul Haqaaiq: .

[2] Jam`ul Jawaami`: 47., Jami`us Shaghir: 24., Fathul Kabiir: 33., Kunuuzul Haqaaiq: .

[3] Jam`ul Jawaami`: 48., Jami`us Shaghir: 25., Fathul Kabiir: 36., Kunuuzul Haqaaiq: .

[4] Jam`ul Jawaami`: 54., Jami`us Shaghir: 28., Fathul Kabiir: 39., Kunuuzul Haqaaiq: .

[5] Jam`ul Jawaami`: 55., Jami`us Shaghir: 29., Fathul Kabiir: 40., Kunuuzul Haqaaiq: .

[6] Jam`ul Jawaami`: 60., Jami`us Shaghir: 31., Fathul Kabiir: 45., Kunuuzul Haqaaiq: .

[7] Jam`ul Jawaami`: 65., Jami`us Shaghir: 32., Fathul Kabiir: 41., Kunuuzul Haqaaiq: .

[8] Jam`ul Jawaami`: 66., Jami`us Shaghir: 34., Fathul Kabiir: 42., Kunuuzul Haqaaiq: .

[9] Jam`ul Jawaami`: 72., Jami`us Shaghir: 36., Fathul Kabiir: 47., Kunuuzul Haqaaiq: 12.

[10] Jam`ul Jawaami`: 71., Jami`us Shaghir: 37., Fathul Kabiir: 48., Kunuuzul Haqaaiq: .

=

SUMBER
- Imam Suyuthi. tth. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Indonesia: Dar Ihya.  Jilid.I. hlm.4. hadits nomor 25.
- Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits.. hlm.14. hadits nomor 25.
- Imam Suyuthi. 1995. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.37. hadits nomor.25.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah. Jilid I. Terjemahan oleh Imam Rosadi, et.al.. Jakarta: Pustaka Azzam. Hlm. 83. hadits nomor.16.
Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 1972. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Beirut:  Darul Ma'rifah, cet.2.  Jilid.I. hlm.63.  hadits nomor 25
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid I. Hlm.219. hadits nomor 25

Minggu, 11 Februari 2018

Kitab Al-Jami ash-Shaghir Hadits Nomor 00024 (Tanda iman dan munafik)


مختصر صحيح البخارى ومسلم للإمام السيوطى ــ ١٩
=
١٢ــ١٩ــ آيَةُ الإِيْمَانِ حُبُّ الأَنْصَارِ وَآيَــةُ النِّفَاقِ بُعْضُ الأَنْصَارِ (حم ق ن) عن أنس [الجامع ٢٤، بخاري ١٧، مسلم ٧٤] ــ

=

[12](19) Tanda keimanan adalah cinta sahabat anshar dan tanda kemunafikan adalah benci sahabat anshar. [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasaa-i dari  Anas] [Al-Jami: 24, Bukhari 17, Muslim: 74]

Yang dimaksud kaum anshar adalah suku Aus dan suku Khazraj, sebelumnya mereka dikenal dengan sebutan Bani Qailah, yeng merupakan induk dari kedua kabilah tersebut.

Suku Aus dan suku Khazraj diberi keistimewaan dengan sebutan anshar karena dari sekian banyak kabilah-kabilah arab mereka berdualah yang benar-benar bisa memberikan pertolongan maksimal kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat muhajirin.

Karena sikapnya tersebut suku Aus dan suku Khazraj banyak dimusuhi dan dibenci oleh suku – suku arab dan non arab. Sebaliknya mereka mendapatkan simpati dan kecintaan dari Nabi dan kaum muhajirin. Sehingga Nabi menegaskan jika cinta kepada kaum anshar bisa menjadi salah satu tanda keimanan seseorang dan membenci kaum anshar juga bisa menjai salah satu tanda kemunafikan seseorang. 

=

Hadits Nomor 24 (Tanda iman dan munafik)

آيَةُ الإِيْمَانِ حُبُّ الأَنْصَارِ وَآيَــةُ النِّفَاقِ بُعْضُ الأَنْصَارِ

Artinya:
Tanda keimanan adalah cinta sahabat anshar dan tanda kemunafikan adalah benci sahabat anshar. 

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasaa-i dari  Anas, SHAHIH]

Penjelasan
Salah satu tanda kesempurnaan iman seseorang adalah mencintai saudara seiman, seperti mencintai sahabat anshor. Tidaklah mencintai sahabat anshor terkecuali orang - orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya. Ketika cinta bisa menjadi tanda iman maka sebaliknya kebencian kepada mereka bisa menjadi salah satu tanda yang nyata akan kemunafikan. 

=======

=

SHAHIH JAMI`US SHAGHIR 11-20

٢٢ــ١١ــ آيَةُ مَا بَيْنَنا وَبَيْنَ المُنافِقِينَ أنَّهُمْ لاَ يَتَضَلَّعُونَ مِنْ زَمْزَمَ (4 هـ ك) عَن ابْن عَبَّاس (صح)ـ[1]

[22](11)- Tanda perbedaan antara kita dan orang munafik adalah mereka tidak mau memperbanyak minum air zam – zam. (HR. Bukhari dalam kitab At-Tarikh, Ibnu Majah dan Hakim dari Ibnu Abbas. SHAHIH)

٢٤ـ١٢ــ آيَةُ الإيمانِ حُبُّ الأَنْصَارِ وآيَةُ النِّفاقِ بُغْضُ الأنْصارِ (حم ق ن) عَن أنس (صح)ـ[2]

[24](12)- Tanda keimanan adalah cinta sahabat anshar dan tanda kemunafikan adalah benci sahabat anshar. [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasaa-i dari  Anas] [Al-Jami: 24, Bukhari 17, Muslim: 74]

٢٥ـ١٣ـ آيَةُ المُنافِقِ ثَلاَثٌ إذَا حَدَّثَ كَذَبَ وإذَا وعَدَ أخْلَفَ وإذَا ائْتُمِنَ خانَ (ق ت ن) عَن أبي هُرَيْرَة (صح)ـ[3]

                [25](13)- Tanda - tanda orang munafik itu ada tiga: apabila berkata ia dusta, apabila berjanji ia menyalahi janji, apabila dipercaya ia berkhianat. (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dari Anas, SHAHIH)

٢٨ـ١٤ـ  إئتِ المَعْروفَ،وَاجْتَنِبِ المُنْكَرَ وانْظُرْ مَا يُعْجِبُ أُذُنَكَ أنْ يَقُولَ لَكَ القَوْمُ إذَا قُمْتَ مِنْ عِنْدِهِمْ فَأْتِهِ وانْظُرُ الَّذِي تَكْرَهُ أنْ يَقُولَ لَكَ القَوْمَ إذَا قُمْتَ مِنْ عِنْدِهِمْ فاجْتَنِبْهُ (خد) وَابْن سَعْدٍ والبَغَوي فِي مُعْجَمه والباوَرْدي فِي المَعْرِفَةِ (هَب) عَن حَرْمَلَةَ بن عبد الله بن أوسٍ وَمَا لَهُ غَيره (ح)ـ[4]

                [28](14)- Kerjakanlah kebaikan dan tinggalkanlah kemungkaran. Lihatlah (pikirkanlah) perkataan kaum (yang diucapkan ketika kamu tidak bersama mereka) yang membuatmu senang maka kerjakanlah. Lihatlah perkataan kaum (yang diucapkan ketika kamu tidak bersama mereka) yang membuat kamu tidak senang maka jauhilah. (HR Bukhari dalam Al-Adab, Ibnu Sa`d. Baghawi dalam Mu`jamnya. Baarudi dalam Al-Ma`rifah dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Harmalah bin Aus, dan ia tidak mempunyai selain hadits ini. HASAN)

٢٩ـ١٥ـ ائْتِ حَرْثَكَ أنَّى شِئْتَ وأطْعِمْها إِذا طَعِمْتَ واكْسُها إِذا اكْتَسَيْتَ ولاَ تُقَبِّحِ الوَجْهَ ولاَ تَضْرِبْ (د) عَن بَهْزِ بن حَكِيمٍ عَنْ أبِيهِ عَنْ جَدِّهِ (ح)ـ[5]

                [29](15) Garaplah ladangmu bagaimana kamu mau (setubuhilah istrimu sesukamu), berilah dia makan apabila kamu makan, berilah dia pakaian apabila kamu berpakaian, janganlah mencela wajahnya dan janganlah memukulnya. (HR Abu Dawud dari Bahz bin Hakim dari bapaknya dari kakeknya. HASAN)

٣١ـ١٦ـ اِئْتُوا الدّعوةَ اِذَا دُعِيْتُم (م) عن ابن عمر (صح)ـ[6]

                [31](16)- Datanglah ke undangan jika kalian diundang. (HR Muslim dari Ibnu Umar, SHAHIH)

٣٢ـ١٧ـ إِئتَدِمُوْا بِالزَّيْتِ وَادَّهِنُوْا بـِهِ فَاِنَّهُ يَخْرُجُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ (هـ ك هب) عن ابن عمر(صح)ـ[7]

                [32](17)- Berlauklah dengan minyak zaitun dan berminyaklah dengannya karena sesungguhnya minyak zaitun keluar dari pohon yang diberkahi. (HR. Ibnu Majah, Hakim dan Baihaqi dari Ibnu Umar, SHAHIH)

٣٤ـ١٨ـ اِئْتَدِمُوْا مِنْ هَذِهِ ٱلشَّجَرَةِ ـ يَعْنِى الزّيْتَ ـ وَمَنْ عُرِضَ عَلَيْهِ طِيْبٌ فَلْيُصِبْ مِنْهُ (طس) عن ابن عباس (ح)ـ[8]

                [34](18)- Berlauklah kalian dari pohon ini - maksudnya pohon zaitun - Barang siapa yang ditawari minyak wangi maka hendaklah menerimanya. (HR Thabrani dari Ibnu Abbas.HASAN)

٣٦ـ١٩ـ إِئْتَذَنُوْا لِلنِّسَاءِ أَنْ يُصَلِّيْنَ بِللَّيْلِ في الْمَسْجِدِ (ت والطيالسي) عن ابن عمر (صح)ـ[9]

                [36](19)- Izinkanlah kaum perempuan untuk shalat malam di masjid. (HR. Thayaalisi dari Ibnu Umar, SHAHIH)

٣٧ـ٢٠ـ  ائْذَنُوْا لِلنِّسَاءِ بِاللَيْلِ اِلى الْمَسَاجِدِ (حم م د ت) عن ابن عمر (صح)ـ[10]

                [37](20)- Izinkanlah kaum perempuan pergi ke masjid di malam hari. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi dari Ibnu Umar, SHAHIH)



[1] Jam`ul Jawaami`: 51., Jami`us Shaghir: 22., Fathul Kabiir: 38., Kunuuzul Haqaaiq: .

[2] Jam`ul Jawaami`: 47., Jami`us Shaghir: 24., Fathul Kabiir: 33., Kunuuzul Haqaaiq: .

[3] Jam`ul Jawaami`: 48., Jami`us Shaghir: 25., Fathul Kabiir: 36., Kunuuzul Haqaaiq: .

[4] Jam`ul Jawaami`: 54., Jami`us Shaghir: 28., Fathul Kabiir: 39., Kunuuzul Haqaaiq: .

[5] Jam`ul Jawaami`: 55., Jami`us Shaghir: 29., Fathul Kabiir: 40., Kunuuzul Haqaaiq: .

[6] Jam`ul Jawaami`: 60., Jami`us Shaghir: 31., Fathul Kabiir: 45., Kunuuzul Haqaaiq: .

[7] Jam`ul Jawaami`: 65., Jami`us Shaghir: 32., Fathul Kabiir: 41., Kunuuzul Haqaaiq: .

[8] Jam`ul Jawaami`: 66., Jami`us Shaghir: 34., Fathul Kabiir: 42., Kunuuzul Haqaaiq: .

[9] Jam`ul Jawaami`: 72., Jami`us Shaghir: 36., Fathul Kabiir: 47., Kunuuzul Haqaaiq: 12.

[10] Jam`ul Jawaami`: 71., Jami`us Shaghir: 37., Fathul Kabiir: 48., Kunuuzul Haqaaiq: .

=
SUMBER
- Imam Suyuthi. tth. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Indonesia: Dar Ihya.  Jilid.I. hlm.4. hadits nomor 24.
- Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits.. hlm.14. hadits nomor 24.
- Imam Suyuthi. 1995. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.37. hadits nomor.24.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah. Jilid I. Terjemahan oleh Imam Rosadi, et.al.. Jakarta: Pustaka Azzam. Hlm. 83. hadits nomor.15.
- Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 1972. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Beirut:  Darul Ma'rifah, cet.2.  Jilid.I. hlm.62.  hadits nomor 24

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid I. Hlm.218. hadits nomor 24



Kitab: Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir  [الجامع الصغير في أحاديث البشير النذير ]
Penulis : Al-Hafidz Al-Imam Jalaluddin Abdur Rahman bin Abu Bakar As-SuyuthiAs [arab: جلال الدين السيوطي‎ ]
Penerbit: Maktabah Darul Ihya' Al-Kutub Al-'Arabiyyah
Negara : Indonesia
Bab : Huruf hamzah [  أ ]
Nomor Hadits : 23
Halaman : 4
Letak : Baris ke-27
========




Buku terjemah : Terjemahan Al-Jami`us Shaghier
Penerjemah : H. Nadjih Ahjad
Penerbit : PT Bina Ilmu
Kota : Semarang - Indonesia
Tahun : 1995
Bab :  Huruf hamzah [  أ ]
Nomor Hadits : 24
Halaman : 37
Letak : Kanan bawah
=========
 Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah. Jilid I. Terjemahan oleh Imam Rosadi, et.al.. Jakarta: Pustaka Azzam. hlm.83. hadits nomor.15.



Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 1972. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shoghir. Beirut:  Darul Ma'rifah, cet.2.  Jilid.I. hlm.62.  hadits nomor 24.

Lain  lain
https://muslim.or.id/21421-mencintai-kaum-anshar-tanda-iman.html

Cari Blog Ini

LABEL

40 HADITS PENGOBATAN HERBAL (57) ADAB (39) ADZKAR NAWAWI (16) AHLAK MULIA (20) AHLAK TERCELA (9) AHLUSSUNNAH (1) Air (5) Air Zam - Zam (5) Al - Arba`ah (2) AL-ARBANGIN WA AL-ARBANGIN (2) AL-BAQARAH (1) AL-FATIHAH (1) AL-IJTIMA (3) Al-Jami Ash-Shaghir (452) Al-Jami Ash-Shaghir Vidio (8) Al-QUR`AN (17) Alkohol (2) ALPUKAT (3) Alzheimer (34) AMAL SHALEH (4) Amandel (8) analgesik (3) Analgetik (8) Anemia (2) anggur (3) ANJING (2) Anoreksia (2) ANTIAGING (9) Antialergi (10) Antiangiogenesis (4) ANTIBAKTERI (12) ANTIDEPRESI (2) ANTIDIABETES (27) Antiemetik (Antimuntah) (1) Antifatigue (1) ANTIFUNGAL (ANTIJAMUR) (8) ANTIHIPERLIPIDEMI (5) Antihistamin (1) Antiinfeksi (3) ANTIINFLAMASI (11) ANTIKANKER (26) Antikarsinogenik (4) ANTIKEJANG (1) Antileishmania (1) ANTIMIKROBA (8) Antimutagenik (3) ANTIOKSIDAN (15) Antiparasit (1) Antipasmodik (1) Antipiretik (4) Antipyretic (1) ANTISEMBELIT (KONSTIPASI) (2) Antitrombotik (3) ANTITUMOR (5) ANTIVIRUS (5) Arthritis (15) Asam Lambung (3) ASAM URAT (9) ASI (2) Asma (7) ASMAUL HUSNA (5) Astrigen (1) Aterosklerosis (5) AZAB (1) Bab Huruf Hamzah [ ء ] (1) BAB JIN IBLIS SYETAN (2) BAB KEUTAMAAN AMAL SHALEH (2) BAB PERBUATAN TERCELA (6) BANGSA ARAB (2) BANI ISRAIL (1) Barley (1) Batu Ginjal (2) Batuk (4) Bawang Putih (5) Bedsores (1) BEKAM (3) BENAR (1) Benjolan Tubuh (4) BERBURU (1) BERBURU SURGA (40) BID`AH (3) BIDADARI (1) BINAHONG (5) BISUL (1) BOHONG (4) Bronkhitis (1) Bronkiolitis (1) Bronkitis (3) BULAN RAJAB (1) BULUGHUL MARAM بُلُوْغُ الْمَرَامِ مِنْ أَدِلَّةِ الْأَحْكَامِ (1) BUNGA LIAR CIWULAN (2) BUNGA MELATI (2) Bunga Rosela (1) CABANG IMAN (2) CABE (1) CARA MEMASARKAN TANAMAN HERBAL (1) Celak (1) cemas (1) Chamomile (4) CINTA (1) CIPLUKAN (6) COBAAN (3) Cuka (1) DAJJAL (2) DAKWAH (3) Daun Dewa (3) daun kelor (4) Delima (2) DEMAM BERDARAH (DBD) (1) DHA`IF (3) DHUAFA (1) DIARE (8) Dislipidemia (1) DOSA (3) DUNIA YANG DIBERKAHI (1) DZIKIR dan DO`A (619) Epilepsi (1) FADHOILUL A`MAL (4) FAKIR MISKIN DHU`AFA (2) FATHUL KABIIR (192) Febrifuge (1) FITNAH (1) Flu (1) GAMAT (1) Gandum (3) Garam (5) Gastritis (2) GERHANA (2) GIGI DAN MULUT (5) GINJAL (10) GINSENG (1) Gonore (1) GOUT (1) GUNUNG UHUD (2) GUS BAHA (5) Habbatussauda (34) HADIAH (1) Hadits Abu Dawud (4) Hadits Ahmad (15) HADITS BAIHAQI (2) HADITS BERCOCOK TANAM (14) HADITS BUKHARI (99) Hadits Hakim (8) Hadits Ibnu Hibban (2) Hadits Ibnu Majah (3) HADITS MUSLIM (22) Hadits Nasaa-i (1) HADITS SHAHIH (62) HADITS SIRSAK (1) HADITS THABRANI (4) HaditsTirmidzi (1) HAJI DAN UMROH (11) HAMBA SAHAYA (7) HARI JUM`AT (3) HARI KIAMAT (21) HARI RAYA (1) HATI / LIVER / HEPATITIS (18) Hemangioendoteliom (2) Hepatokarsinoma (2) Hepatoprotektor (5) herpes simplek (1) HIPERTENSI (9) Hipolipidemik (3) Hipotensi (1) HIV/AIDS (2) HUDUD (2) HUKUM ISLAM (2) Hulbah (2) IBRAHIM (1) IHSAN (2) Ijtima` al-Muhadditsin (1) ILMU (9) Iman (38) IMAN KEPADA ALLAH SWT (13) IMAN KEPADA NABI DAN RUSUL (16) Inai (1) INDUSTRI PANGAN POHON SIRSAK (14) INDUSTRI PENGOBATAN POHON SIRSAK (31) Infertilitas (4) INSOMNIA (5) ISRA MI`RAJ (2) ISTIGHFAR (20) JAHE (62) JALUR ALANG-ALANG SUNGAI CIWULAN TASIKMALAYA (5) JALUR MANGGIS SUNGAI CIWULAN (3) JALUR SIRSAK CIWULAN (9) JAM`UL JAWAAMI` (41) JAMI (1) JAMI`US SHAGHIR [ الجامع الصغير في أحاديث البشير النذير جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر السيوطى ] (4) Jamur (2) JANDA (1) JANTUNG (15) JATI BELANDA (1) JENAZAH (2) Jerawat (4) Jeruk Nipis (1) JIHAD (16) JINAYAT / KRIMINAL (2) JUAL - BELI (15) KABAR GEMBIRA BAGI ORANG SAKIT (3) KACANG GUDE (Cajanus cajan) (1) KAFIR (7) KALENDER SUNNAH (1) Kamar Mandi (2) Kanker / Tumor Otak (3) Kanker Darah (Leukemia) (3) kanker hati (2) Kanker Kelenjar Getah Bening (1) kanker kulit (1) kanker limfoma (1) Kanker Nasoaring (2) kanker pancreas (2) kanker paru-paru (7) kanker payudara (9) kanker prostat (7) kanker serviks (8) kanker usus (6) KARA BENGUK (Mucuna pruriens) (9) KAYU GAHARU (2) Kayu Manis (1) KEBUN BINATANG (13) Kecanduan Narkoba (1) KEJADIAN ALAM (2) Keju (Jubnah) (3) Kekebalan Tubuh (1) Kelor (Moringa oleifera) (2) KELUARGA NABI (10) KENCUR (1) KENIKMATAN DUNIA (3) KEPEMIMPINAN (5) Keputihan (3) KERJA (1) KERSEN (4) KESEHATAN LAKI - LAKI (2) KESEHATAN PENCERNAAN (3) KESEMUTAN (1) Kesuburan (1) KEUTAMAAN BERORGANISASI (1) KHAMAR (4) KHASIAT MANGGIS (53) KHASIAT SIRSAK (31) KHASIAT TEH PUTIH (6) KHAWARIJ (1) KHIANAT (2) KHULAFAURRASYIDIN (1) KIAMAT (1) Kista (2) KITAB ADAB (7) KITAB ADZAN (2) KITAB AL-MUHSHAR (2) KITAB ALLAH (1) KITAB AQIQAH (2) KITAB AWAL MULA PENCIPTAAN (2) KITAB BARANG TEMUAN (2) KITAB BERBAGAI HUKUM (2) KITAB BERPEGANG TEGUH KEPADA AL-QUR`AN DAN SUNNAH (2) KITAB BUDAK (2) KITAB CITA-CITA (2) KITAB DIYAT (3) KITAB DOA (6) KITAB FARA`ID (3) KITAB FITNAH (3) KITAB GADAI (2) KITAB HADITS AHAD (1) KITAB HAID (3) KITAB HAJI (2) KITAB HAWALAH (1) KITAB HAWALAT (2) KITAB HIBAH (4) KITAB HUKUM HAD (3) KITAB HUTANG PIUTANG (2) KITAB I`TIKAF (3) KITAB IJARAH (2) KITAB ILMU (11) KITAB IMAN (39) KITAB ISTITABAH (3) KITAB JENAZAH (3) KITAB JIHAD DAN BERBAGAI KISAH (4) KITAB JIZYAH DAN GENCATAN SENJATA (2) KITAB JUAL BELI (3) KITAB JUM`AT (3) KITAB KAFALAH (1) KITAB KAFARAT HAJI (2) KITAB KAFARAT SUMPAH (1) KITAB KEPEMIMPINAN (2) KITAB KESAKSIAN (2) KITAB KETERPAKSAAN (2) KITAB KEUTAMAAN AL-QUR`AN (4) KITAB KEUTAMAAN KAUM ANSHAR (1) KITAB KEUTAMAAN LAILATUL QADAR (2) KITAB KEUTAMAAN MADINAH (2) KITAB KEUTAMAAN PARA SHABAT (3) KITAB KEUTAMAAN SHALAT DI MASJID MAKKAH DAN MADINAH (2) KITAB KEZHALIMAN (2) KITAB KHUMUS / SEPERLIMA (3) KITAB KISAH PARA NABI (3) KITAB LI`AN (1) KITAB MAGHAZI / PEPERANGAN (2) KITAB MAKANAN (3) KITAB MAKATIB (1) KITAB MANAQIB / KEUTAMAAN (2) KITAB MANDI (3) KITAB MASJID DAN TEMPAT SHALAT (8) KITAB MEMERDEKAKAN BUDAK (3) KITAB MIMPI (1) KITAB MINTA IZIN (2) KITAB MINUMAN (3) KITAB MUSAQAH (3) KITAB MUZARA`AH (2) KITAB NADZAR (1) KITAB NAFKAH (2) KITAB NIKAH (3) KITAB PAKAIAN (2) KITAB PENGADILAN (1) KITAB PENGOBATAN (4) KITAB PENYUSUAN (1) KITAB PERBUATAN DALAM SHALAT (3) KITAB PERDAMAIAN (2) KITAB PERMULAAN TURUNNYA WAHYU (4) KITAB PERSENGKETAAN (2) KITAB PUASA (7) KITAB PUTUSAN PENGADILAN (1) KITAB QADAR (3) KITAB QURBAN (3) KITAB SALAM (3) KITAB SEMBELIHAN DAN BINATANG BURUAN (3) KITAB SHALAT (3) KITAB SHALAT IED (3) KITAB SHALAT ISTISQA (3) KITAB SHALAT KUSUF (3) KITAB SHALAT QASHAR (3) KITAB SHALAT TAHAJJUD (2) KITAB SHALAT TARAWIH (2) KITAB SHALAT WITIR (2) KITAB SUJUD SAHWI (3) KITAB SUMPAH DAN NADZAR (3) KITAB SYAIR (1) KITAB SYARAT (2) KITAB SYIRKAH KERJASAMA (2) KITAB SYU`AH (1) KITAB SYUF`AH (1) KITAB TABIR MIMPI (4) KITAB TAFSIR (3) KITAB TAUHID (2) KITAB TAYAMUM (3) KITAB TENTANG PAKAIAN (2) KITAB TENTANG SAKIT (2) KITAB THAHARAH (1) KITAB THALAK (3) KITAB TIPU DAYA (2) KITAB UMRAH (2) KITAB WAKALAH (3) KITAB WAKTU SHALAT (2) KITAB WASIAT (3) KITAB WUDHU (2) KITAB ZAKAT (3) KITAB ZUHUD (2) KOLESTEROL (27) KORUPSI (1) KULIT HITAM (1) KUMIS KUCING (1) KUMPULAN HADITS (3) KUNUZUL HAQAAIQ (11) KUNYIT (7) KURBAN (2) Kurkumin (1) KURMA (37) Labu (20) LAGU (1) Laksatif / Pencahar (2) LARANGAN SYARIAT (3) Lc. (1) lemah (1) Lemon (1) Lempuyang (1) Lidah Buaya (3) Limpa (1) Lubab Al-Hadits Wa Ziyadatuhu (78) Luka Luar (5) MA. (1) MADINAH (8) MADU PROPOLIS (78) Malaikat (7) MALAIKAT JIBRIL (3) malaria (5) MALU (1) mandi (1) MANHAJ ILMU GUS BAHA (1) MANUSIA (1) MARKETPLACE (1) Masjid (18) MATA (6) MATAHARI DAN REMBULAN (1) MATI (15) MAULID NABI (1) MEDICAL HADITS (50) melarat (1) Melon (1) MEMBACA HADITS SHAHIH Kitab Jami’us Shaghir الجامع الصغير (171) Membaca Kitab Riyadhus Shalihin رِيَاضُ الصَّالِحِيْنَ مِنْ كَلَامِ سَيِّدِالْمُرْسَلِيْنَ (2) MENAMBAH NAFSU MAKAN (1) MENANAM POHON SURGA DI JALUR SIRSAK SUNGAI CIWULAN (5) Mengecilkan Rahim (1) MENGENAL POHON SIRSAK (5) Mentimun (3) MENYEBARKAN HADITS (2) MERINTIS JALUR MANGGIS SUNGAI CIWULAN TASIKMALAYA (4) MERINTIS JALUR MENGKUDU SUNGAI CIWULAN TASIKMALAYA (10) MIMPI (5) MIMPI JALUR SIRSAK SUNGAI CIWULAN (5) Minyak Samin (1) Minyak Wangi (3) Minyak Zaitun (17) Miom (3) MOJANG SIRSAK TASIKMALAYA (1) MU`TAZILAH (1) MUAMALAT (10) Mukhtashar Shahih Bukhari (15) MUKHTASHAR SHAHIH MUSLIM (9) MUKJIZAT (5) MUKMIN (10) Munafik (13) MUQADDIMAH IMAM MUSLIM (1) MURTAD (1) MUSA (2) Musafir (5) MUTTAFAQ `ALAIHI (13) Muttafaq `Alaihi dalam Jami’us Shaghir (284) NABI ISA (2) NABI MUHAMMAD SAW (20) NASAB (3) NASHAIHUL IBAD (1) NASRANI (1) NERAKA (14) Nervin (1) NGOMPOL (1) Niat (2) NIKAH (35) OBAT CACING (2) OBAT KUAT HERBAL (14) obesitas (5) ORANG ISLAM (2) ORANG TUA (2) ORANG YANG DILAKNAT (6) Osteoarthritis (1) Osteoporosis (4) PADANG MAHSYAR (1) PAKAIAN (10) Pankreas (3) Parkinson (1) paru - paru (5) PATUNG (5) PELACUR (1) PELUANG USAHA (2) PENAMPILAN (1) PENGOBATAN ISLAM (34) PENUAAN DINI (2) PENYAKIT PEREMPUAN (3) PERADILAN (5) PERAMAL (1) PERANG (14) PEREMPUAN (10) PERPUSTAKAAN RUMAH TASIK (7) PERTANIAN SIRSAK (7) PERTOLONGAN (2) Perut Kembung (3) Pilek (1) PILPRES 2019 (1) POLIP (1) POLITIK ISLAM (6) PUASA (19) Putri Malu ( Mimosa pudica ) (3) Radang Tenggorokan (5) Radang Usus (6) RAFIDHAH (1) RAMADHAN (3) REMATIK (1) RHINITIS (1) RIDHA ALLAH (11) RIZKI (3) RUKUN ISLAM (3) RUMAH (1) SABAR (4) SAHABAT NABI (11) sakit (2) Sakit Dada (1) SAKIT KAKI (2) SAKIT KEPALA (4) SAKIT PERUT (8) SALAM (1) SALURAN KEMIH (4) Sambiloto (3) Sariawan (3) Sedatif (1) SEDEKAH (14) sedih (1) SEHAT SELALU KAYA RAYA MASUK SURGA (495) SEJARAH ISLAM (7) Semangka (1) Senna (1) SHAHIH AL-JAAMI` AL-KABIIR (30) SHAHIH BUKHARI (2) SHAHIH JAMI`USH SHAGHIIR (7) SHAHIH MUSLIM (2) SHAHIH SUYUTHI (1) SHALAT (63) SHALAWAT NABI (26) SIFAT TERCELA (1) SIFAT TERPUJI (1) SIHIR (1) SILATURAHMI (3) Sinusitis (5) SIRIH MERAH (11) SIRSAK GUNUNG (3) Sitotoksik (1) Siwak (9) SORBAN (2) STROKE (7) SUMPAH (1) SUNGAI CIWULAN (5) SUNNAH MAKAN DAN MINUM (18) SURGA (2) susah (2) susu kambing (2) Susu Sapi (3) SYARAH HIKAM IBNU ATHAILLAH (24) Syeh Ali Jaber (1) SYETAN (4) TABAYUN (1) Tafsir Munir (1) TAFSIR MUNIR IMAM NAWAWI (17) TAHMID (1) TAKDIR (8) TAKOKAK / solanum torvum / Turkey Berry (27) TAKWA (3) Talak (1) Talbinah (3) TANAMAN HERBAL TASIKMALAYA (13) TASBIH (2) Taubat (4) TAUHID (3) TBC (7) TEH HIJAU (8) Teh Hitam (2) Teh Oolong (2) TEMU KUNCI (1) TEMU MANGGA (62) TEMULAWAK (19) TEMUPUTIH (49) TERMUPUTIH (1) THAHARAH (7) TIDUR (2) TIROID (5) TOKO PERABOT (3) TOMAT (1) TRIGLISERIDA (14) UJIAN (1) Ustadz Adi Hidayat (2) Ustadz H. Abdul Somad (6) Utrujjah (1) Vertigo (4) VITAMIN A (2) WAHABI (4) WAHYU (1) WALI ALLAH SWT (1) WARISAN (3) WASIR (Ambien) (3) Wudhu (22) YAHUDI (3) YAKJUJ MAKJUJ (1) YAMAN (1) YATIM PIATU (2) YOUTUBE KUMPULAN 40 HADITS (5) YOUTUBE PENGOBATAN HERBAL (5) YOUTUBE TERJEMAH AL-JAMI ASH-SHAGHIR (144) ZAKAT (6) ZALIM (1) ZHALIM (4) ZIARAH (1) ZINA (4) صحيح البخاري (3) مختصر صحيح البخارى ومسلم للإمام السيوطى MUKHTASHAR SHAHIH BUKHARI DAN MUSLIM IMAM SUYUTHI Alfabetik (5) مختصر صحيح البخارى ومسلم للإمام السيوطى MUKHTASHAR SHAHIH BUKHARI DAN MUSLIM IMAM SUYUTHI (17)