Laman

Sabtu, 11 Desember 2021

Shalat Dua Rakaat Ketika Masuk atau Keluar Rumah

 =

    1. Hadits 00576 [ Shalat dua rakaat ketika keluar atau masuk rumah ] HASAN
    2. Hadits 00587 [ Shalat dua rakaat ketika keluar atau masuk rumah ] DHAIF
    3. Hadits 05071 [ Shalat dua rakaat ketika keluar atau masuk rumah ] DHAIF
    4. Hadits 1393 [ Perbanyak shalat di rumah ] DHAIF

    =

     

    ٥٧٦ــ إِذَا خَرَجْتَ مِنْ مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ تَمْنَعَانِكَ مَخْرَجَ السُّوْءِ وَإِذَا دَخَلْتَ إِلَى مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ تَمْنَعَانِكَ مَدْخَلَ السُّوْءِ (البزار هب) عن أبي هريرة (ح)ـ

              576- Apabila kamu keluar dari rumahmu maka shalatlah dua rakaat maka keduanya akan menghalangimu ke jalan keluar yang jelek dan apabila kamu masuk rumahmu maka shalatlah dua rakaat maka keduanya akan menghalangimu ke tempat masuk yang jelek. (HR. Bazzar dan Baihaqi dalam Syabul Iman dari Abu Hurairah. HASAN)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 576. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 576.

    Jaami`ush Shaghiir 576 Shalat dua rakaat ketika masuk atau keluar rumah

      

    ٥٧٦ــ إِذَا خَرَجْتَ مِنْ مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ تَمْنَعَانِكَ مَخْرَجَ السُّوْءِ وَإِذَا دَخَلْتَ إِلَى مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ تَمْنَعَانِكَ مَدْخَلَ السُّوْءِ (البزار هب) عن أبي هريرة (ح)ـ

              576- Apabila kamu keluar dari rumahmu maka shalatlah dua rakaat maka keduanya akan menghalangimu ke jalan keluar yang jelek dan apabila kamu masuk rumahmu maka shalatlah dua rakaat maka keduanya akan menghalangimu ke tempat masuk yang jelek. (HR. Bazzar dan Baihaqi dalam Syabul Iman dari Abu Hurairah. HASAN)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 576. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 576.

    Jaami`ush Shaghiir 594 Mengucapkan salam ketika masuk atau keluar rumah

      

    ٥٩٤ــ إِذَا دَخَلْتُمْ بَيْتًا فَسَلِّمُوْا عَلَى أَهْلِهِ فَإِذَاخَرَجْتُمْ فأَوِّعُوْا أَهْلَهُ بِسَلَامٍ (هب) عن قتادة مرسَلًا (ح)ـ

              594- Apabila kalian masuk rumah maka ucapkanlah salam kepada para penghuninya dan apabila kalian keluar (rumah) maka berpamitanlah kepada para penghuninya dengan salam. (HR. Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Qatadah dengan mursal. HASAN)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 594. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 594.

    Jami`ush Shaghiir 6655 Doa keluar rumah

      

    ٦٦٥٥ــ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ بِاسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللهِ، اللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَو أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ أَوْ أَبْغِى أَوْ يُبْغَى عَلَيَّ (طب) عن بريدة (ض)ـ

              6655- Apabila beliau keluar dari rumahnya berkata (بِاسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللهِ، اللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَو أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ أَوْ أَبْغِى أَوْ يُبْغَى عَلَيَّ) dengan menyebut Nama Allah aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan terkecuali dengan pertolongan Allah, Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari aku sesat atau disesatkan, aku tergelincir atau digelincirkan, zhalim atau terzhalimi, bodoh atau terbodohi, atau aku berbuat lalim atau diperlakukan lalim. (HR. Thabrani dari Buraidah. DHAIF)[1]

              Sunan Tirmidzi Hadits Nomor 3426

    مَنْ قَالَ ـ يَعْنِى إِذَ خَرجَ مِن بَيْتِه ـ بِاسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللهِ ـ يُقَالُ لَهُ كُفِيْتَ وَوُقِيْتَ وتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ (الترمذى) عن أنس بن مالك (صحيح)ـ

              Artinya: Baransiapa berkata (maksudnya berdoa ketika keluar dari rumahnya) (بِاسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللهِ) dengan menyebut Nama Allah aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan terkecuali dengan pertolongan Allah. Maka disampaikan kepadanya, ‘kamu dicukupi dan kamu dilindungi .’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. (HR. Tirmidzi (3426) dari Anas bin Malik. SHAHIH)

              Sunan Ibnu Majah Hadits Nomor 3887

    إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ وَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ (ابن ماجه) عن جابر بن عبد الله (صحيح)ـ

              Artinya: Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam. (HR. Ibnu Majah (3887) dari Jabir bin Abdillah. SHAHIH)



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6655. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6655.

    Jaami`ush Shaghiir 6653 Doa keluar rumah

      

    ٦٦٥٣ــ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ بِاسْمِ اللهِ رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَزِلَّ أَوْ أَضِلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ (حم ت ه ك) عن أم سلمة، زَاد ابن عساكر أَوْ أَنْ أَبْغِى أَوْ يُبْغَى عَلَيَّ (صح)ـ

              6653- Apabila beliau keluar dari rumahnya berkata (بِاسْمِ اللهِ رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَزِلَّ أَوْ أَضِلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ) dengan menyebut Nama Allah, Ya Tuhanku aku berlindung kepada-Mu dari aku tergelincir, sesat, zhalim atau terzhalimi, bodoh atau terbodohi. (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakiim dari Ummu Salamah. Ibnu Asakir menambahkan (أَوْ أَنْ أَبْغِى أَوْ يُبْغَى عَلَيَّ) atau aku berbuat lalim atau diperlakukan lalim. (SHAHIH).[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6653. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6653., Tirmidzi 5539.

    Jaami`ush Shaghiir 6652 Doa keluar rumah

      

    ٦٦٥٢ــ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ بِاسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ أَنْ نَزِلَّ أَوْ نَضِلَّ أَوْ نَظْلِمَ أَوْ نُظْلَمَ أَوْ نَجْهَلَ أَوْ نُجْهَلَ عَلَيْنَا (ت وابن السنى) عن أم سلمة (صح)ـ

              6652- Apabila beliau keluar dari rumahnya berkata (بِاسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ أَنْ نَزِلَّ أَوْ نَضِلَّ أَوْ نَظْلِمَ أَوْ نُظْلَمَ أَوْ نَجْهَلَ أَوْ نُجْهَلَ عَلَيْنَا) dengan menyebut Nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kami tergelincir, sesat, menganiaya atau teranianiaya, berbuat bodoh atau dibodohi. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Sunni dari Ummu Salamah. SHAHIH)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6652. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6652., Tirmidzi 3427.

    Jaami`ush Shaghiir 6651 Doa keluar rumah

     1.      

    ٦٦٥١ــ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ بِاسْمِ اللهِ التُّكْلَانُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللهِ  (ه ك وابن السنى) عن أبى هريرة (صح)ـ

              6651- Apabia beliau keluar dari rumahnya berliau membaca (بِاسْمِ اللهِ التُّكْلَانُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللهِ) dengan menyebut Nama Allah, bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan terkecuali dengan pertolongan Allah. (HR. Ibnu Majah Hakiim, dan Ibnu Sunni dari Abu Hurairah. SHAHIH)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6651. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6651.

    Jumat, 10 Desember 2021

    Shalat Tahiyatal Masjid (Jaami`ush Shaghiir 587. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 587., Bukhari 1163., Muslim 714.)

      

    ٥٨٧ــ إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُم الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسْ حتى يركعَ ركعتينِ ، وإذا دخل أحدُكم بيتَه فلا يَجْلِسْ حتى يركعَ ركعتينِ ، فإنَّ اللهَ جاعِلٌ له من رَكْعَتَيْهِ في بيتِه خيرًا (هق عد هب) عن أبى هريرة (ض)ـ

              587- Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid maka janganlah duduk sehingga rukuk (shalat) dua rakaat dan apabila salah seorang dari kalian masuk rumahnya maka janganlah duduk sehingga rukuk (shalat) dua rakaat karena sesungguhnya Allah menjadikan baginya dari shalat dua rkaat tersebut kebaikan di dalam rumahnya. (HR. Baihaqi, Ibnu Adi, dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman ari Abu Hurairah. DHAIF)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 587. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 587., Bukhari 1163., Muslim 714.

    Jaami`ush Shaghiir 6672 Doa masuk masjid

      

    ٦٦٧٢ــ  كَانَ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ قَال بِاسْمِ اللهِ  اللهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِ  مُحَمَّدٍ (ابن السنى) عن أنس (ح)ـ

              6672- Apabila beliau masuk masjid beliau berdoa (بِاسْمِ اللهِ اللهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِ  مُحَمَّدٍ) dengan menyebut Nama Allah Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad dan istri – istri Muhammad (saw). (HR. Ibnu Sunni dari Anas. HASAN)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6672. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6672.

    Jaami`ush Shaghiir 6671 Doa masuk dan keluar masjid

      

    ٦٦٧١ــ  كَانَ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ وَقَال رَبِّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَإِذَا خَرَجَ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ وَقَال رَبِّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ فَضْلِكَ (ت) عن فاطمة الزهراء (صح)ـ

              6671- Apabila beliau masuk masjid maka (membaca) shalawat dan salam kepada Muhammad  dan berdoa (رَبِّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ) Ya Allah ampunilah dosa – dosaku dan bukakanlah pintu – pintu rahmat-Mu dan apabila keluar beliau (membaca) shalawat dan salam kepada Muhammad  dan berdoa (رَبِّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ فَضْلِكَ) Ya Allah ampunilah dosa – dosaku dan bukakanlah pintu – pintu keutamaan-Mu. (HR. Tirmidzi dari Fathimah Az-Zahraa. SHAHIH)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6671. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6671., Tirmidzi 314.

    Jaami`ush Shaghiir 6670 Doa masuk dan keluar masjid

      

    ٦٦٧٠ــ  كَانَ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ يَقُوْلُ بِاسْمِ اللهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اللهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَإِذَا خَرَجَ قَال بِاسْمِ اللهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اللهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ فَضْلِكَ (حم ه طب) عن فاطمة الزهراء (ح)ـ

              Apabila beliau masuk masjid membaca (بِاسْمِ اللهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اللهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ) dengan menyebut Nama Allah dan bershalawat kepada Rasulullah Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu – pintu rahmat-Mu, dan apabila keluar beliau membaca (بِاسْمِ اللهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اللهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِى أَبْوَابَ فَضْلِكَ) dengan menyebut Nama Allah dan bershalawat kepada Rasulullah Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu – pintu keutamaan-Mu. (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Thbarani dari athimah Az-Zahraa. HASAN)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6670. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6670., 771.

    Tafsir Surat At-Talaq Ayat 12

     Surat At-Talaq Ayat 12

     ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ سَبْعَ سَمَٰوَٰتٍ وَمِنَ ٱلْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ ٱلْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ ٱللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَىْءٍ عِلْمًۢا Arab-Latin: Allāhullażī khalaqa sab'a samāwātiw wa minal-arḍi miṡlahunn, yatanazzalul-amru bainahunna lita'lamū annallāha 'alā kulli syai`ing qadīruw wa annallāha qad aḥāṭa bikulli syai`in 'ilmā Terjemah Arti: Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.


    Referensi: https://tafsirweb.com/10992-surat-at-talaq-ayat-12.html

    Kamis, 09 Desember 2021

    Jaami`ush Shaghiir 6669 Doa masuk masjid

      

    ٦٦٦٩ــ كَانَ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ قَال أَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيْمِ، وَقَالَ إِذَا قَالَ ذٰلِكَ حُفِظَ مِنِّى سَائِرَ الْيَوْمِ (د) عن ابن عمر (ح)ـ

              6669- Apabila beliau masuk masjid beliau mengucapkan (أَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيْمِ) aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dan dengan wajah-Nya (Zat-Nya) Yang Mulia dan dengan kekusaan-Nya Yang Qadim dari syetan yang terkutuk, dan (Syetan) berkata “Apabila ia telah mengucapkan (doa) tersebut maka dijaga dariku pada hari selebihnya. (HR.Abu Dawud dari Ibnu Umar. HASAN)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6669. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6669., Abu Dawud 466.

    Jaami`ush Shaghiir 582 Doa masuk dan keluar Masjid

      

    ٥٨٢ـ إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ اَلْمَسْجِدَ فَلْيُسَلِّمْ علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ ، وَ لْيَقُلْ : اللَّهمَّ افتَح لي أبوابَ رحمتِكَ ، وإذا خرجَ فَلْيُسَلِّمْ علَى النَّبيِّ وَ لِيَقُلْ : اللَّهمَّ أسألُكَ مِن فضلِكَ (د) عن أبى حميد أو أبو أسيد (ه) عن أبى حميد (صح)ـ

    582- Apabila salah satu di antara kalian itu masuk masjid, salamlah kepada Nabi SAW (bershalawat) dan berdoalah, (اللَّهمَّ افتَح لي أبوابَ رحمتِكَ) 'Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku`, dan apabila keluar, salamlah kepada Nabi SAW (bershalawat) dan berdoalah (اللَّهمَّ أسألُكَ مِن فضلِكَ) 'Ya Allah aku memohon fadilah kepada-Mu” (HR. Abu Dawud dari Abu Hamid atau Abu Humaid. Riwayat Ibnu Majah dari Abu Hamid. SHAHIH)

    Sebagian dari rahasia ketika masuk masjid minta rahmat dan ketika keluar minta fadhilah adalah karena ketika seseorang masuk masjid dia akan sibuk dengan sesuatu yang bisa mendekatkan diri kepada Allah, mendekatkan diri kepada pahala Allah, mendekatkan diri kepada Surga Allah, dan ibadah – ibadah lainnya sehingga sesuailah jika disebutkan minta rahmat dan apabila keluar masjid orang – orang akan bertebaran di muka bumi untuk mencari fadhilah Allah swt seperti rizki maka sesuailah jika disebutkan minta fadhiah seperti firman Allah swt surat Al-Jumuah ayat 10

    فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

              Artinya: Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS Al-Jumu`ah ayat 10)[1]



    [1] Jaami`ush Shaghiir 582. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 582.

    Minggu, 05 Desember 2021

    Pengantar penerjemah Kitab Dzikir dan Doa ( الْجَامِع الصَّغِيْر مِنْ أَحَادِيْثِ الْبَشِيْرِ النَّذِيْرِ )

     Al-Hafizh Jalaluddin Abdurrahman Ash-Shuyuthi

     

     

     

    الْجَامِع الصَّغِيْر

     مِنْ أَحَادِيْثِ الْبَشِيْرِ النَّذِيْرِ

     

     

    Kitab

    Dzikir dan Doa

     

     

     

    Penerjemah

    Badrudin bin Muhsin

     

     

     

    PENGANTAR PENERJEMAH

     

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

    Dengan menyebut nama Allah (الله) Yang Maha Pengasih (الرَّحْمٰن) lagi Maha Penyayang (الرَّحِيْم).[1]

    الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

    Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.[2]

    اللّهُمَّ صَلِّ وسَلِّم عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

    Ya Allah berilah shalawat dan salam atas (Nabi) Muhammad (saw) dan atas keluarga (Nabi) Muhammad (saw).[3]

    ٩٢٦٤ــ نَضَّرَ اللهُ امْرَأً سَمِعَ مِنَّا حَدِيْثًا، فَحَفِظَهُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ، فَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ، وَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ ليْسَ بِفَقِيْهٍ (ت والضياء) عن زيد بن ثابت (صح)ـ

              9264- Semoga Allah membaguskan dan membuat berseri-seri wajah seseorang yang mendengar hadits dariku, kemudian menghafalnya sehingga dia menyampaikannya kepada yang lain, karena banyak orang yang membawa pengertian menyampaikan kepada orang yang lebih mengerti darinya, dan banyak orang yang membawa pengertian bukanlah orang-orang yang mengerti. (HR Tirmidzi dan Dhiya dari Zaid bin Tsabit. SHAHIH).[4]

              Tujuan mengumpulkan, menuliskan dan menyampaikan hadits-hadits pilihan yang berkaitan dengan dzikir dan doa dari kitab Al-Jaami` Ash-Shaghiir min Ahaadiits Al-Basyiir An-Nadziir karya Imam Suyuthi adalah agar kita sama – sama masuk dalam kelompok orang – orang yang mendapatkan nadhrah dari Allah swt sesuai dengan yang disabdakan Nabi saw diatas. Amin.

              Selain itu saya berharap diri saya dan juga semua para pembaca selalu dalam ridha dan lindungan Allah swt dengan jalan banyak membaca dzikir dan doa yang diajarkan oleh Nabi SAW sehingga tanpa sedetikpun kita terlewat dari Ridha dan perlindungan Allah swt. Amin

    ٦٠٦٦ــ قَالَ اللهُ تَعَالَى: عَبْدِى، أَنَا عِنْدَ ظَنِّكَ بِى، وَأَنَا مَعَكَ إِذَا ذَكَرْتَنِى ( ك) عن أنس (صح)ـ

    6066- Allah swt berfirman: “Hamba-Ku, Aku adalah pada sangkaanmu kepada-Ku, dan Aku bersamamu apabila kamu mengingat-Ku”. (HR. Haakim dari Anas. SHAHIH)

              Taufik, pertolongan, dan ilmu Allah swt selalu meliputi prasangka dan keyakinan hamba-hamba-Nya. Allah swt mendengar dan melihat apa yang diucapkan hamba-hamba-Nya sehingga selalu mengabulkannya.[5]

              Akhirnya semoga kumpulan dzikir dan doa ini selalu memberikan manfaat dan berkah bagi kita semua. Amin

     

    Salam hormat dari penerjemah

    Badrudin bin Muhsin



    [1] Jaami`ush Shaghiir 6284. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6284.

    [2] Jaami`ush Shaghiir 6283. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6283.

    [3] Jaami`ush Shaghiir 6285. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6285.

    [4] Jaami`us Shaghiir: 9264., Faidhul Qadiir: 6264., Tirmidzi 2656., Abu Dawud: 3660., Ibnu Majah: 230.

    [5] Jaami`ush Shaghiir 6066., Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6066.

    Jaami`ush Shaghiir 1453 Berlindung dari Ilmu yang tidak bermanfaat

      

    ١٤٥٣ــ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَعَمَلٍ لاَ يُرفَعُ وَدُعَاءٍ لاَ يُسْمَعُ  (حم حب ك) عن أنس (صح)ـ

    1453- “Ya Allah … aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari amal yang tidak diangkat, dan dari doa yang tidak di dengar. (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Hakim dari Anas. SHAHIH)

    Ilmu yang tidak bermanfaat adalah ilmu yang tidak diizinkan untuk dipelajari oleh syariat, ilmu yang tidak disertai amal atau ilmu yang tidak menimbulkan akhlak batinah yang terpuji.

    Ilmu didahulukan karena amal yang tanpa ilmu akan sesat.

    Amal tidak diangkat dan diterima oleh Allah swt misalnya karena tidak ikhlash atau karena bercampur dengan riya.

    Kita perlu mohon perlindungan kepada Allah swt dari ilmu yang tidak bermanfaat karena ilmu apabila tidak bermanfaat akan menyebabkan kerugian bagi pemiliknya. Amal apabila tidak diterima maka akan ditolak dan menyebabkan pelakunya dimurkai. Doa apabila tidak diterima maka menunjukan ada Sesuatu yang tidak beres dalam hati orang yang berdoa.[1]



    [1] Jami`us Shaghir: 1453., Faidhul Qadir: 1453.

    Jaami`ush Shaghiir 1532 Doa minta ilmu, santun, takwa, afiah

      

    ١٥٣٢ــ اللّٰهُمَّ أَغْنِنِى بِالْعِلْمِ وَزَيِّنِى بِالْحِلْمِ وَأَكْرِمْنِى بِالتَّقْوَى وَجَمِّلْنِى بِالْعَافِيَةِ (ابن النجار) عن إبن عمر (ح)ـ

    1532- Ya Allah perkayalah aku dengan ilmu, hiasilah aku dengan kesantunan, dan muliakanlah aku dengan takwa, dan percantiklah aku dengan keselamatan. (HR. Ibnu Najar dari Ibnu Umar. HASAN)

    Ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu akhrat, karena kekayaan sejati adalah ilmu akherat. Ilmu dan amal merupakan dua hal yang karena keduanya kita bisa melihat dan mendengar setiap kitab para mushannif, pengajaran para guru, nasehat para pemberi nasehat, buah pikiran para pemikir, dan bahkan karena keduanyalah diturunkan kitab – kitab, diutus para Rasul, dan bahkan karena keduanya pula diciptakan langit dan bumi seisinya.

    Al-Qur`an Surat Ath-Thalaq ayat 12

    ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ سَبْعَ سَمَٰوَٰتٍ وَمِنَ ٱلْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ ٱلْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ ٱللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَىْءٍ عِلْمًۢا

    Artinya: Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya ilmu Allah benar-benar meliputi segala sesuatu. (QS Ath-Thalaq ayat 12)

    Cukuplah ayat dan hadits diatas menjadi dalil kemuliaan ilmu, apalagi ilmu ma`rifatullah.

    Barangsiapa yang diberi ilmu maka dia benar – benar orang kaya sejati walaupun dia fakir harta dan barangsiapa tidak diberi ilmu, apalagi ilmu ma`riatullah dan ilmu tauhid, maka dia benar – benar orang fakir walaupun dia banyak harta.[1]



    [1] Jami`us Shaghir: 1532., Faidhul Qadir: 1532.

    Jaami`ush Shaghiir 1506 Doa minta tambahan ilmu dan amal yang bermanfaat

      

    ١٥٠٦ــ اللّٰهُمَّ انْفَعْنِى بِمَاعَلَّمْتَنِى وَعَلِّمْنِى مَايَنْفَعُنِى وَزِدْنِى عِلْمًا اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ (ت ه) عن أبي هريرة (ح)ـ

    1506- Ya Allah berilah aku manfaat dengan apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah kepadaku apa – apa yang memberikan mafaat kepadaku dan tambahilah aku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala keadaan dan aku berlindung kepada Allah dari keadaan ahli neraka. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, HASAN)[1]



    [1] Jami`us Shaghir: 1506., Faidhul Qadir: 1506. Sunan Tirmidzi 3599.

    Jaami`ush Shaghiir 4702 Doa minta ilmu bermanfaat dan minta dilindungi dari ilmu yang tidak bermanfaat

     1.      

    ٤٧٠٢ــ سَلُوْا اللهَ عِلْمًا نَافِعًا وَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعْ (ه هب) عن جابر (صح)ـ

              4702- Mintalah kepada Allah ilmu yang bermanfaat dan mintalah perlindungan kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat. (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi dari Jabir. SHAHIH)

              Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu syariat yang diamalkan dan ilmu yang tidak bermanfaat adalah ilmu – ilmu yang membahayakan perkara agama dan dunia seperti ilmu sihir.[1]

              Ibnu Majah Hadits Nomor 925

    كانَ يقولُ إذا صلَّى الصُّبحَ حينَ يسلِّمُ اللَّهمَّ إنِّي أسألُكَ عِلمًا نافعًا ورزقًا طيِّبًا وعملًا متقبَّلًا

              Artinya: Beliau apabila selesai shalat shubuh setelah salam membaca (اللَّهمَّ إنِّي أسألُكَ عِلمًا نافعًا ورزقًا طيِّبًا وعملًا متقبَّلًا)“Ya Allah … aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thayyib, dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah (925). SHAHIH).



    [1] Jaami`ush Shaghiir 4702., Faidhul Qadiir penjelasan hadits 4702. Ibnu Majah hadits 3843.