Laman

Jumat, 17 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10003 (Ka`bah akan dihancurkan oleh orang Habsyah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10003 (Ka`bah akan dihancurkan oleh orang Habsyah)

يُخَرِّبُ الْكَعْبَةَ ذُوْ السُّوَيْقَتَيْنِ مِنَ الْحَبَشَةِ

Artinya
Yang akan menghancurkan ka`bah adalah orang berbetis kecil dari habasyah (Eithiopia)

[HR. Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Ketika kiamat sudah dekat maka ka`bah akan dihancurkan oleh orang-orang yang memiliki betis kecil yang berasal dari Habsyah / Eithiopia.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.641 hadits nomor 10003
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.592. hadits nomor.10003
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.807. hadits nomor 8064.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.697. hadits nomor 10003

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.197. hadits nomor 8064
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.641. hadits nomor 10003
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Terjemah AL-JAMI ASH-SHAGHIR Pembahasan Hadits Sunan Nasa`i

Terjemah 
AL-JAMI ASH-SHAGHIR 
Pembahasan Hadits Sunan Nasa`i

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10009 (Setiap doa pasti dikabulkan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10009 (Setiap doa pasti dikabulkan)
١٠٠٠٩ــ يُسْتَجَابُ لِأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ يَقُوْلُ: دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِى (ف د ت ه) عن أبي هريرة (صح)ـ


Artinya
(Doa) salah seorang dari kalian akan diijabah (dikabulkan) selama kalian tidak tergesa-gesa, (misalnya dengan) berkata : Aku telah berdoa tetapi tidak dikabulkan.

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Setiap doa pasti dikabulkan selama tidak tergesa-gesa minta dikabulkannya, salah satu contoh bentuk ketergesa-gesaan dalam minta dikabulkan adalah dengan perkataannya, aku telah berdoa tetapi Allah SWT tidak kunjung mengabulkannya. Bisa juga kata-kata tersebut tidak terucap hanya dalam batin saja atau tercermin dari prilaku. Karena perkataan tersebut menandakan tidak percaya lagi kepada Allah SWT akan mengabulkan doanya atau dia merasa lebih tahu dari Allah SWT yang telah menentukan mengakhirkan terkabulnya doa baginya adalah lebih baik.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.642 hadits nomor 10009
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.594. hadits nomor.10009
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.816. hadits nomor 8085.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.700. hadits nomor 10009
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.199. hadits nomor 9991
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.642. hadits nomor 10009
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kamis, 16 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10010 (Permudahlah dan jangan persulit)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10010 (Permudahlah dan jangan persulit)

يَسِّرُوْا وَلَا تُعَسِّرُوْا، وَبشِّرُوْا وَلَا تُنَفِّرُوا

Artinya
Permudahlah dan janganlah mempersulit, gembirakanlah dan jangan membuat (mereka) lari.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Sampaikanlah sesuatu yang bisa mempermudah mereka sehingga mereka mudah menerima pelajaran dan mudah pula mengamalkannya, dan janganlah membuat mereka menjauh dari dakwah karena pelajaran - pelajaran sulit yang kita sampaikan. Sampaikanlah kabar gembira mengenai rahmat Allah SWT, pemberian-Nya, ampunan-Nya, pertolongan-Nya, surga-Nya dan semua yang membuat manusia gembira, dan janganlah kalian sampaikan sesuatu dengan cara-cara yang membuat mereka lari dan menjauh dari dakwah.
==

 

١٠٠١٠ــ يَسِّرُوْا وَلَا تُعَسِّرُوْا، وَبشِّرُوْا وَلَا تُنَفِّرُوا (حم ق ن) عن أنس (صح) [الجامع:١٠٠١٠ ٬ بخاري:٦٩ ، مسلم:١٧٣٤]ـ

          10010- Permudahlah dan janganlah mempersulit, gembirakanlah dan jangan membuat (mereka) lari. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Anas. SHAHIH) [Al-Jami:10010, Bukhari:69, Muslim:1734]

Sampaikanlah sesuatu yang bisa mempermudah mereka sehingga mereka mudah menerima pelajaran dan mudah pula mengamalkannya, dan janganlah membuat mereka menjauh dari dakwah karena pelajaran - pelajaran sulit yang kita sampaikan. Sampaikanlah kabar gembira mengenai rahmat Allah SWT, pemberian-Nya, ampunan-Nya, pertolongan-Nya, surga-Nya dan semua yang membuat manusia gembira, dan janganlah kalian sampaikan sesuatu dengan cara-cara yang membuat mereka lari dan menjauh dari dakwah.[1]

Dengan hadits ini maka permudahlah urusan – urusan dalam majelis dzikir dan gembirakanlah mereka agar betah dan selalu datang ke majelis – majelis dzikir.



[1] Jami`ush Shaghiir 10010., Faihul Qadhiir penjelasan hadits 10010.

=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.642 hadits nomor 10010
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.594. hadits nomor.10010
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.816. hadits nomor 8086.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.700. hadits nomor 10010

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.200. hadits nomor 9992
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.642. hadits nomor 10010
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10025 (Keserakahan dan angan - angan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10025 (Keserakahan dan angan - angan)

يَهْرُمُ ابْنُ آدَمَ وَيَبْقَى مَعَهُ اثْنَتَانِ: الْحِرْصُ وَالْأَمَلُ

Artinya
Manusia menjadi tua tetapi ada dua hal yang tetap (tidak menua) bersamanya: keserakahan dan angan-angan

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Anas.. SHAHIH]

Penjelasan
Manusia akan menjadi tua tetapi ada dua hal yang tidak berubah, yaitu keserakahan kepada dunia dan keinginan untuk panjang umur. Dengan kata lain umur boleh tua tetapi urusan harta dan keingian panjang umur tetap muda.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.642 hadits nomor 10025
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.598. hadits nomor.10025
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.854. hadits nomor 8173.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.707. hadits nomor 10025
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.205. hadits nomor 10007

 ==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.642. hadits nomor 10025
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10002 (Yang diharamkan sebab sepersusuan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 10002 (Yang diharamkan sebab sepersusuan)

يَحْرُمُ مِنَ الرَّضَاعَةِ مَا يَحْرُمُ مِنَ النَّسَبِ 

Artinya
Sepersusuan itu mengharamkan apa - apa yang haram sebab nasab

HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Aisyah Riwayat Ahmad, Muslim, Nasaa-I, dan Ibnu Majah dari Ibnu Abbas. SHAHIH

Penjelasan
Sesuatu yang diharamkan sebab nasab sudah jelas. Sesuatu yang diharamkan sebab sepersusuan sama dengan sesuatu yang diharamkan sebab nasab.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.641. hadits nomor 10002
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09985 (Jangan terperosok lubang dua kali)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09985 (Jangan terperosok lubang dua kali)

لَا يُلْدَغُ الْمُؤْمِنُ مِنْ حُجْرٍ مَرَّتَيْنِ

Artinya
Orang mu`min tidak akan tersengat (kala) dalam satu lubang dua kali

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Ini merupakan salah satu kalimat ringkas bermakna luas, salah satu maknanya adalah orang mukmin yang cerdas tidak akan terperosok dalam kesalahan yang sama sebanyak dua kali.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.640 hadits nomor 09985
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.587. hadits nomor.09985
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.648. hadits nomor 7779.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.689. hadits nomor 09985

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.190. hadits nomor 09967
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.640. hadits nomor 09985
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 15 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09979 (Suci dari hadats)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09979 (Suci dari hadats)

لَا يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

Artinya
Allah SWT tidak akan menerima shalat salah seorang dari kalian apabila telah berhadats sehingga berwudhu (lagi)

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Salah satu syarat sahnya shalat adalah suci dari hadats dan najis. Maka ketika seseorang berhadats dia harus wudhu (bersuci) kembali agar shalatnya sah. Ketika shalatnya sah maka kemungkinan besar akan diterima oleh Allah SWT.
=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.640 hadits nomor 09979
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.585. hadits nomor.09979
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.635. hadits nomor 7745.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.685. hadits nomor 09979
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.187. hadits nomor 09961

 =
=
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.640. hadits nomor 09979
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09970 (Mensegerakan berbuka puasa)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09970 (Mensegerakan berbuka puasa)

لَايَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوْا الْفِطْرَ

Artinya
Manusia selalu dalam kebaikan selama mereka mensegerakan berbuka (puasa)

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi dari Sahl bin Sa`d. SHAHIH]

Penjelasan
Orang - orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka tetap menjalankan sunnah mensegerakan berbuka puasa. Karena mensegerakan berbuka puasa setelah yakin matahari terbenam adalah sunnah para Rasul dan ketika umat islam melakukan hal tersebut maka mereka berprilaku seperti prilakunya para Rasul. Karena dalam mensegerakan berbuka merupakan salah satu cara membedakan diri dengan ahli kitab karena mereka biasa mengakhirkan berbuka puasa.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.640 hadits nomor 09970
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.583. hadits nomor.09970
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.616. hadits nomor 7694.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.681. hadits nomor 09970

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.183. hadits nomor 09952
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.640. hadits nomor 09970
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09969 (Orang Quraisy lebih berhak menjadi khilafah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09969 (Orang Quraisy lebih berhak menjadi khilafah)

لَايَزَالُ هَذَا الْأَمْرُ فِى قُرَيْشٍ مَابَقِيَ مِنَ النَّاسِ ٱثْنَانِ

Artinya
Urusan perkara ini (khilafah) akan selalu pada orang Qurais selama masih ada dua manusia

[HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Orang - orang Qurais lebih berhak menjadi khalifah dibandingkan dengan orang lainnya.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.639 hadits nomor 09969
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.583. hadits nomor.09969
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.618. hadits nomor 7702.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.681. hadits nomor 09969

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.183. hadits nomor 09951
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.639. hadits nomor 09969
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Selasa, 14 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09967 (Orang islam dan kafir tidak saling mewarisi)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09967 (Orang islam dan kafir tidak saling mewarisi)

لَا يَرِثُ الْكَافِرُ الْمُسْلِمَ وَلَا الْمُسْلِمُ الْكَافِرَ

Artinya
Orang kafir tidak mewariskan kepada orang islam dan orang islam tidak mewariskan kepada orang kafir

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Usamah. SHAHIH]

Penjelasan
Orang islam dan orang kafir tidak saling mewarisi karena putusnya hubungan perwalian anatara keduanya.
==
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.639. hadits nomor 09967
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09951 (Hukuman cambuk)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09951 (Hukuman cambuk)

لَا يُدْلَدُ فَوْقَ عَشْرَةِ أَسْوَاطٍ إِلَّا فِى حَدٍّ مِنْ حُدُوْدِ اللهِ تَعَالى 

Artinya
Tidak boleh dijilid (dicambuk) lebih dari sepuluh kali selain dalam  hukuman had yang Allah SWT tetapkan

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Abu Bardah bin Nayyar. SHAHIH

Penjelasan
Tidak boleh memukul denan cambuk, tangan, sandal, atau yang lainnya lebih dari sepuluh pukulan terkecuali dalam rangka menegakan hukum - ukum hudud., Menurut pendapat Imam Syafi`i boleh lebih sesuai dengan tingkat kejahatannya.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.639 hadits nomor 09951
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.578. hadits nomor.09951
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.. hadits nomor .
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.673. hadits nomor 09951

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.176. hadits nomor 09933
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.639. hadits nomor 09951
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Senin, 13 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09940 (Saling mencintai sesama muslim)


مختصر صحيح البخارى ومسلم للإمام السيوطى ــ ١٦
=
٩ــ ١٦ــ لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ (حم ق ت ن ه) عن أنس [الجامع (٩٩٤٠)، بخاري (١٣)، مسلم (٤٥)] ــ
=

[9](16) Tidak sempurnai iman salah seorang dari kalian sehingga ia menyukai (kebaikan) untuk saudaranya (sesama mukmin) sebagaimana ia menyukainya untuk dirinya sendiri [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Anas.] [Al-Jami: 9940, Bukhari 13, Muslim: 45]

Tidaklah sempurna iman orang yang mengaku beriman sehingga dia bisa merasa senang jika orang lain memperoleh kesenangan seperti ia merasa senang jika dirinya memperoleh kesenangan.

Kesenangan yang dimaksud adalah kesenangan pada perkara – perkara yang mubah dan sunnah, bukan pada perkara-perkara yang dilarang oleh agama.

Hadits ini menegaskan kepada kita bahwa sesama muslim saling bersaudara, harus bersatu dan saling merendahkan diri (tawadhu). Tidak boleh saling hasad, iri, dengki dan khianat. [1]



[1] Imam Ibnu Hajar., Op.Cit., Jld. I., hl. 98 – 100.

=

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09940 (Saling mencintai sesama muslim)

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَايُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Artinya
Tidak (sempurna) iman salah seorang kalian hingga mencintai untuk saudaranya seperti ia mencintai untuk dirinya sendiri

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Keimanan seseorang belumlah sempurna sehingga dia bisa mencintai sesama muslim seperti dia mencintai dirinya sendiri. Dia senang kebaikan maka dia juga senang melihat orang lain mendapatkan kebaikan dan berusaha memberikan kebaikan kepada orang lain. Dia tiak suka keburukan maka dia juga tidak suka melihat oran lain mendapatkan keburukan dan berusaha membantu oran lain bebas dari keburukan. Dengan demikian akan tercipta umat islam yan saling mencintai dan saling menolong sesamanya.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.638 hadits nomor 09940
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.666. hadits nomor.09940
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.576. hadits nomor 7583.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.666. hadits nomor 09940

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.171. hadits nomor 09922
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.638. hadits nomor 09940
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09939 (Mencintai Nabi lebih dari segalanya)

مختصر صحيح البخارى ومسلم للإمام السيوطى ــ ١٧
=
١٠ــ١٧ــ لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُوْنَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَالِدِهِ وَوَلَدِهِ والنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ (حم ق ن ه) عن أنس [الجامع (٩٩٣٩)، بخاري (١٥)، مسلم (٤٤)] ــ

[10](17) Tidak sempurna iman salah seorang kalian sehingga aku paling ia cintai daripada oran tuanya, anaknya, dan seluruh manusia. [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaai, Ibnu Majah dari Anas] [Al-Jami: 9939, Bukhari: 15, Muslim: 44]

Seseorang tidak akan mendekati derajat iman yang lebih sempurna sehinga dia lebih mencintai Nabi shallallahu alaihi wa sallam daripada orang tuanya, anaknya, seluruh manusia dan bahkan dirinya sendiri.

Salah satu bentuk cinta kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam  adalah menegakkan sunnah Nabi, membela syariat Nabi, dan amar ma`ruf nahi munkar.

Ketahuilah, dalam diri manusia ada nafsu amarah dan nafsu muthmainnah. Ketika nasfu amarah lebih dominan maka ia akan mengikis cinta kepada Nabi dan memupuk cinta kepada yang lainnya, karena nafsu amarah akan selalu condong kepada kejahatan. Ketika nafsu muthmainnah lebih dominan maka ia akan lebih mencintai Nabi daripada yang lain karena nafsu muthamainnah selalu condong kepada kebaikan. [1]



[1] Ibid.

=


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09939 (Mencintai Nabi lebih dari segalanya)

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُوْنَ أَحَبُّ إِلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوالِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ

Artinya
Tidak (sempurna) iman salah seorang kalian hingga aku lebih dicintainya daripada anaknya, orang tuanya, dan manusia semuanya.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Iman seseorang tidak akan sempurna sehingga cintanya kepada Nabi SAW mengalahkan cinta yang lainnya. Salah satu cara mencintai Nabi SAW adalah dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.637 hadits nomor 09939
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.574. hadits nomor.09939
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.575. hadits nomor 7582.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.666. hadits nomor 09939
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.171. hadits nomor 09921
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.638. hadits nomor 09939
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Minggu, 12 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09914 (Tidak ada fara` dan `atiirah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09914 (Tidak ada fara` dan `atiirah)

لَا فَرَعَ  وَلَا عَتِيْرَةَ

Artinya
Tidak ada fara` dan tidak ada `atiirah

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Fara` adalah anak pertama unta yang dikorbankan untuk berhala. `Atiirah adalah binatang yang disembelih di awal bulan rajab untuk mengagungkannya. Menurut madhab syafi`i `atirah tidak wajib, jika penyembelihannya tidak mengandung unsur syirik maka hukumnya mubah, bahkan sunat, bahkan kalau memungkinkan dilakukan setiap bulan.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.637 hadits nomor 09914
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.568. hadits nomor.09914
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.562. hadits nomor 7544.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.655. hadits nomor 09914
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.161. hadits nomor 09895

 ==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.637. hadits nomor 09914
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09907 (Tidak ada `adwaa, shafar, dan haamah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09907 (Tidak ada `adwaa, shafar, dan haamah)

لَا عَدْوَى وَلَا صَفَرَ وَلَا هَامَةَ

Artinya
Tidak ada `adwaa (penularan penyakit), tidak ada shafar (kesialan di bulan shafar), tidak ada haamah (reingkarnasi)

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud dari Abu Hurairah. Riwayat Ahmad dan Muslim dari Saaib bin Yazid. SHAHIH]

Penjelasan
`Adwaa adalah keyakinan bahwa suatu penyakit bisa menular dengan sendirinya, padahal hanya Allah SWT semata yang menentukan apakah suatu penyakit itu menular atau tidak. Shafar adalah anggapan orang jahiliah bahwa di bulan shafar banyak terjadi kesialan sehingga mereka biasa mengajukan atau memundurkan sesuatu agar terhindar dari kesialan bulan shafar, padahal semua takdir baik dan buruk yang terjadi hanya dengan kehendak Allah SWT semata. Haamah adalah keyakinan orang arab tentang keluarnya binatang atau mahluk dari tengkorak atau darah orang yang meninggal dunia, mahluk tersebut terus menerus memanggil - manggil untuk menuntut balas. Ada juga yang mengartikan kesialan burung haamah atau keyakinan reingkarnasi.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.637 hadits nomor 09907
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.566. hadits nomor.09907
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.556. hadits nomor 7527.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.652. hadits nomor 09907

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  XI. Hlm.158. hadits nomor 09888
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.637. hadits nomor 09907
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH