Laman

Sabtu, 24 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02437 (Lima nama Nabi Muhammad SAW)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02437 (Lima nama Nabi Muhammad SAW)

إِنَّ لِى خَمْسَةَ أَسْمَاءٍ: أَنَا مُحَمَّدٌ، وَأَنَا أَحْمَدُ، وَأَنا الْحَاشِرُ الَّذِى يَحْشُرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمِى، وَأَنَا الْمَاحِى الذِى يَمْحُوْ اللهُ بِيَ الْكُفْرَ، وَأَنَا الْعَاقِبُ

Artinya
Sesungguhnya aku mempunyai lima nama: Saya Muhammad, saya Ahmad, saya al-Hasyir yang menghimpun manusia diatas telapak kakiku, saya al-Mahi yang Allah menghapus kekufuran dengan aku, dan aku `Aqib.

[HR Malik, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Jubair bin Muth`im. SHAHIH]

Penjelasan
Nabi Muhammad SAW memiliki lima nama yang sudah masyhur di kalangan umat terdahulu, yaitu nama Muhammad, Ahmad, Hasyir, Mahi,`Aqib. Hasyir: menghimpun umat manusia diatas jejak-jejak kenabiannya (dalam syariat yang dibawanya) dan tiada Nabi lagi setelahnya. Mahi: menghapus kekafiran dari tanah arab atau dari daerah lainnya.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.171. hadits nomor 02437
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.120. hadits nomor.02437
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.276 . hadits nomor.2189.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.319. hadits nomor 02437
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.97. hadits nomor 02421
=
HADITS 02437 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:04:00 sd. 00:34:59
HADITS 02438 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:35:00 sd 00:50:09
HADITS 02439 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 00:51:10 sd 01:03:00
HADITS 02440 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:03:01 sd.01:05:49
HADITS 02441 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:05:50 SD 01:34:02
HADITS 02442 BISA ANDA TONTON MULAI MENIT 01:24:24 sd SELESAI
=

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02434 (Syafaat Nabi Muhammad SAW)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02434 (Syafaat Nabi Muhammad SAW)

إِنَّ لِكُلِّ نَبِيٍّ دَعْوَةً قَدْ دَعَا بِهَا فِى أُمَّتِهِ فَاسْتُجِيْبَ لَهُ وَإِنِّى اخْتَبأْتُ دَعْوَتِى شَفَاعَةً لِأُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya
Sesungguhnya setiap Nabi punya permintaan yang telah ia mintakan untuk umatnya, lalu dikabulkan untuknya, dan sesungguhnya aku menyimpan permintaanku untuk syafaat bagi umatku kelak di hari kiamat.

[HR Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Setiap Nabi punya satu do`a yang yakin akan dikabulkan, merekapun telah menggunakan doa tersebut untuk umat mereka dan dikabulkan. Contohnya Nabi Nuh as doanya tersebut menenggelamkan umatnya dan Nabi Ibrahim as doanya tersebut memberkahi umatnya. Sedangkan Nabi Muhammad SAW menyimpan doanya tersebut untuk memberikan pertolongan (syafaat) kepada umatnya kelak di hari kiamat.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.171. hadits nomor 02434
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.119. hadits nomor.02434
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.262 . hadits nomor.2157.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.318. hadits nomor 02434

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.96. hadits nomor 02418

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.171. hadits nomor 02434
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02354 (Jaminan surga bagi penghafal asmaul husna)



Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02354 (Jaminan surga bagi penghafal asmaul husna)


إِنَّ لِلّهِ تَعَالَى تِسْعَةً وَ تسْعِيْنَ إِسْمًا ـ مِائَةً غَيْرَ وَاحِدٍ ـ لَا يَحْفَظُهَا أَحَدٌ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ، وَهُوَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ 

Artinya
Sesungguhnya Allah SWT mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, Tiada seorangpun menghafalnya terkecuali masuk surga, Dia Tunggal dan mencintai yang ganjil.

[HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Barang siapa yang hafal sembilan puluh sembilan Nama Allah SWT maka dijamin masuk surga

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02354
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH


Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02354
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.93. hadits nomor.02354
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.266 . hadits nomor.2167.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.259. hadits nomor 02354
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.38. hadits nomor 02348

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02353 (Jaminan surga bagi penghafal asmaul husna)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02353 (Jaminan surga bagi penghafal asmaul husna)

إِنَّ لِلّهِ تَعَالَى تِسْعَةً وَ تسْعِيْنَ إِسْمًا ـ مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا ـ مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ 

Artinya
Sesungguhnya Allah SWTmempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa meresapinya (menghafalkan atau memahaminya) maka dia masuk surga.

[HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. riwayat Ibnu `Asaakir dari Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Allah SWT memiliki sembilan puluh sembilan nama, barang siapa yang hafal, mengetahuinya, memahaminya atau mengamalkan hal-hal yang berkaitan dengan nama-nama tersebut maka akan masuk surga.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02353
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.93. hadits nomor.02353
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.265 . hadits nomor.2166.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.258. hadits nomor 02353
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.37. hadits nomor 02347


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02353
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kamis, 22 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02345 (Berdusta atas nama Nabi)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02345 (Berdusta atas nama Nabi)

إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ ليْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ، فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النّارِ

Artinya
Sesungguhnya berdusta atas namaku  tidak sama dengan berdusta atas nama seseorang, oleh karena itu barang siapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka bersiap-siaplah menempati tempat duduknya di neraka.

[HR Bukhari dan Muslim dari Mughirah. riwayat Abu Ya`laa dari Sa`id bin Zaid. SHAHIH]

Pejelasan
Berdusta atas nama Nabi misalnya mengatakan bahwa sesuatu pernah diucapkan, diperbuat atau ditetapkan Nabi, padahal tidak pernah. Berbohong atas nama Nabi berbeda dengan berbohon atas nama orang lain karena berbohong atas nama Nabi bisa meruntuhkan tiang-tiang agama, merusak syariat dan membatalkan hukum islam. Berdusta atas nama Nabi merupakan salah satu dosa paling besar dan pelakunya bisa kafir. Sedangkan hukumannya adalah siksa Neraka.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02345
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.91. hadits nomor.02345
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.257 . hadits nomor.2142.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.254. hadits nomor 02345
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.34. hadits nomor 02339


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.165. hadits nomor 02345
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02339 (Telaga Nabi Muhammad SAW)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02339 (Telaga Nabi Muhammad SAW)

إِنَّ فِى قَدْرِ حَوْضِي كَمَابَيْنَ أَيْلَةَ وَصَنْعَاءَ مِنَ الْيَمَنِ، وَإِنَّ فِيْهِ مِنَ الْأَبَارِيْقِ كَعَدَدِ نُجُوْمِ السَّمَاءِ

Artinya
Sesungguhnya luas telagaku bagaikan luas antara Ailah dan Shan`a` di Yaman dan sesungguhnya padanya ada kendi-kendi yang banyaknya bagaikan bilangan bintang - bintang di langit.

[HR Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Luas telagaku bagaikan luas daerah antara Ailah dan Shan`a` di Yaman dengan kendi-kendi yang sangat banyak tidak terhitung

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.164. hadits nomor 02339
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.89. hadits nomor.02339
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.255 . hadits nomor.2138.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.251. hadits nomor 02339
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.30. hadits nomor 02333

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.164. hadits nomor 02339
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 21 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02330 (Sibuk alam shalat)



Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02330 (Sibuk alam shalat)


إِنَّ فِى الصَّلَاةِ  شُغْلًا

Artinya
Sesungguhnya di dalam shalat ada kesibukan

[HR Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. SHAHIH]

Penjelasan
Ketika shalat seseorang hendaklah sibuk munajat dengan Allah SWT sehingga karena kesibukannya tersebut dia tidak sempat lagi menjalankan yang bisa membatalkan shalat dan mengurangi kekhusuan shalat.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.164. hadits nomor 02330
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH


Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.164. hadits nomor 02330
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.88. hadits nomor.02330
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.252 . hadits nomor.2129.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.246. hadits nomor 02330
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.27. hadits nomor 02324

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02318 (Pohon surga)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02318 (Pohon surga)

إنَّ فِى الْجَنَّةِ لَشَجَرَةً يَسِيْرُ الرَّاكِبُ الْجَوَادُ الْمُضَمَّرُ السَّرِيْعُ فِى ظِلِّهَا مِأَةَ عَامٍ مَا يَقْطَعُهَا[1]

Artinya
sesungguhnya di surga ada sebuah pohon yang apabila dilewati seorang penunggang kuda yang mahir yang melaju kencang menelusuri bayangannya selama seratus tahun maka tidak akan bisa sampai pada ujungnya.

[HR Ahmad, Muslim[2], Bukhari[3] dan Tirmidzi dari Anas. riwayat Bukhari dan Muslim dari Sahl bin Sa`d. riwayat Ahmad, Bukhari, Muslim dan Tirmidzi dari Abu Sa`id. riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH[4]]

Penjelasan
Ada yang menyebutnya pohon Tuuba atau pohon khuldi. Saking besarnya pohon tersebut sehingga apabila ada bayangannya maka bayangannya tersebut tidak akan habis ditempuh selama seratus tahun oleh penunggang kuda yang mahir dan melaju dengan sangat cepat.[5]

[1] Imam Suyuthi. Op.Cit., hlm.163. hadits. 2318.
[2] Shahih Muslim 2828.
[3] Al-Bukhari.,Op.Cit.,Jilid IV., hlm.228. hadits 6553. Lihat juga Shahih Bukhari 6552, 3251, 3252, 3253.
[4] Al-Albani., Op.Cit., Jilid II., hlm 251.  (menurut AlBani hadits ini shahih)
[5] Al-Munawi., Op.Cit., Jilid III., hlm 239
=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.163. hadits nomor 02318


-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.239. hadits nomor 02318

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.20. hadits nomor 02312

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid IV, Halaman 228, Hadits 6553.

- Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid 11, Halaman 506, Hadits 6553.
===
  1. Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2318
  2. Faidul Qadir  Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2318
  3. Al-Ijtima Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2318
  4. Shahih Bukhari Hadits 6553
  5. Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Hadits 6553
  6. Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi Hadits
  7. Syarah Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi Hadits
  8. Shahih Muslim Hadits 2828
===

BAB PUASA Kitab Al-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir [ الجامع الصغير في أحاديث البشير النذير ]

A. KEUTAMAAN PUASA
  1. Hadits 02312 [ Pintu Rayyan khusus bagi yang puasa ]
  2. Hadits 06012 [ Keutamaan puasa ] SHAHIH

B. SYARAT, DAN RUKUN


    1. Hadits 09970 [ Menseggerakan berbuka puasa ] SHAHIH

    C. PUASA WAJIB



    D. PUASA SUNAT
    1. Hadits 08780 [ Puasa fi sabillah ] SHAHIH

    E. PUASA YANG DILARANG
    1. Hadits 02903 [ Puasa wishal ]
    2. Hadits 09447 [  Larangan puasa wishal ] SHAHIH (cetakan Dar Al-Hadits)
    3. Hadits 09485 [ Larangan puasa hari raya ] SHAHIH  (cet Dar Al-Hadits)
    4. Hadits 09488 [ Larangan puasa hari jum`at] SHAHIH

    F. YANG DILARANG KETIKA BERPUASA
    1. Hadits 07125 [ Menium istri ketika berpuasa ] SHAHIH


    G.YANG MEMBATALKAN PUASA
    1. Hadits 07020 [ Puasa dalam keadaan junub ] SHAHIH

    H. MAKAN SAHUR
    1. Hadits 03291 [ Keberkahan makan sahur ]

    I. QADHA PUASA

    1. Hadits 09038 [ Qadha puasa ] SHAHIH


    J. MALAM LAILATUL QADAR
    1. Hadits 03247 [ Malam 21, 23, 25, 27, 29 Ramadhan]
    2. Hadits 03248
    3. Hadits 03249
    4. Hadits 03250 
    5. Hadits 06682 [ Sepuluh hari terakhir bulan ramadhan ] SHAHIH
    6. Hadits 08901 [ Menghidupkan bulan ramadhan ] SHAHIH
    =
    Judul kitab: Lubabul Hadits Wa Ziyadatuhu
    Penulis : Imam Suyuthi
    Ditambahkan hadits dari kitab Al-Jami Ash-Shaghir oleh: Badrudin
    Bab: Keutamaan puasa
    1. Puasa itu bagi-KU dan AKU-lah yang akan membalasnya. Demikian makna hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Daruquthni dari Abu Umamah ra dengan sanad hasan.
    2. Orang puasa punya dua kebahagiaan yang akan membahagiakannya, bahagia ketika berbuka dan kebaagiaan ketika berjumpa dengan Allah SWT.
    3. Sungguh baunya orang berpuasa lebih harum daripada harumnya misik (kasturi).
    4. "Tetapilah rampasan yang dingin" . Para sahabat bertanya:"Apakah rampasan yang dingin itu wahai Rasulullah?" . Nabi menjawab:"Berpuasa pada musim penghujan itulah rampasan yang dingin".
    5. Barang siapa berpuasa sehari bulan Ramadhan maka diampuni dosanya yang sudah terlewat dan yang akan datang, jika bulan Ramadahan berakhir maka tidak akan ditulis dosanya hingga tahun berikutnya, ketika dia wafat sebelum Ramadhan berikutnya maka ia datang di hari kiamat tanpa dosa. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Khathib dari Ibnu Abbas ra.
    6. Seandainya Allah SWT mengijinkan langit dan bumi berbicara niscaya keduanya akan berkata: "Kabar gembira bagi orang yang puasa Ramadhan adalah surga".
    7. Puasa itu perisai dari neraka seperti perisai kalian saat perang. Demikian makna hadits yang diriwatanykan oleh Ibnu Majah dari Utsman bin Abu Ats ra.
    8. Para Malaikat memohonkan rahmat bagi orang yang sedang berbuka puasa hingga selesai.
    9. Setiap sesuatu ada zakatnya dan zakatnya badan adalah puasa. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abu Hurairah dan Thabrani dan Sahl bin Sa`d.
    10. Tidurnya orang berpuasa itu ibadah, diamnya tasbih, amalnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan dan dosanya diampuni. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Baihai dari Abdullah bin Abu Aufa ra.

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02312 (Pintu surga untuk orang puasa - Rayyan)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02312 (Pintu surga untuk orang puasa - Rayyan)

    إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ، يُقالُ: أَيْنَ الصَّائِمُوْنَ؟ فَيَقُوْمُوْنَ فَيَدْخُلُوْنَ مِنْهُ، فَإِذَا دَخَلُوْا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ[1]
    Artinya
    Sesunguhnya di surga ada satu pintu yang dimamakan Rayyan, pada hari kiamat pintu tersebut khusus diperuntukan bagi orang-orang yang berpuasa, selain mereka tidak boleh masuk. Dikatakan: "Dimanakah orang-orang yang suka berpuasa?" Merekapun berdiri terus masuk surga lewat pintu rayyan tersebut. Setelah semuanya masuk maka pintu tersebut dikunci dan tidak akan ada seorangpun yang akan masuk lewat pintu tersebut.

    [HR Ahmad, Bukhari[2] dan Muslim[3] dari Sahl bin Sa`d. SHAHIH[4] ]

    Penjelasan
    Orang-orang yang suka berpuasa di dunia kelak akan masuk surga melalui pintu khusus yang dinamakan rayyan. Mereka akan dipanggil oleh Malaikat, Dimanakah orang-orang yang suka berpuasa, mendengar panggilan tersebut merekapun berdiri dan terus masuk ke surga. Setelah semuanya masuk pintu rayyan kemudian ditutup kembali dan takkan ada orang lain yang memasuk.[5]


    [1] Imam Suyuthi. Op.Cit., hlm.163. hadits. 2312.
    [2] Al-Bukhari.,Op.Cit.,Jilid II., hlm.36. hadits 1896. Lihat juga Shahih Bukhari 3257.
    [3] Shahih Muslim 1152
    [4] Al-Albani., Op.Cit., Jilid II., hlm 249. Hadits 2121 (menurut Al-AlBani hadits ini shahih)
    [5] Al-Munawi., Op.Cit., Jilid III., hlm 235
    =
    Sumber
    -Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.163. hadits nomor 02312

    - Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.83. hadits nomor.02312


    - Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.249 . hadits nomor.2121.


    -Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.235. hadits nomor 02312

    - Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.17. hadits nomor 02306

    -Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid II, Halaman 36, Hadits 1896.

    - Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid 4, Halaman 142, Hadits 1896.
    ===
    1. Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2312
    2. Faidul Qadir  Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2312
    3. Al-Ijtima Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2312
    4. Shahih Bukhari Hadits 1896
    5. Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Hadits 1896
    6. Mukhtashar Shahih Bukhari Imam Suyuthi Hadits
    7. Syarah Mukhtashar Shahih Bukhari Imam Suyuthi Hadits
    8. Shahih Muslim Hadits 1152
    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

    Selasa, 20 November 2018

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02284 (Manusia paling buruk)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02284 (Manusia paling buruk)

    إِنَّ شَرَّ النَّاسِ مَنْزِلَةً عِنْدَ اللهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ تَرَكَهُ النَّاسُ إِتِّقَاءَ فُحْشِهِ[1]

    Artinya
    Sesungguhnya orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah orang yang ditinggalkan oleh orang (lain) karena takut keburukannya.

    [HR Bukhari[2], Muslim[3], Abu Dawud dan Tirmidzi dari Aisyah. SHAHIH[4]]

    Penjelasan
    Manusia yang paling buruk kedudukannya disisi Allah pada hari kiamat adalah manusia yang dijauhi orang lain karena mereka takut akan keburukan manusia tersebut. Misalnya manusia tersebut suka berkata atau berprilaku kotor dan jahat. Bahasa kitanya, menjauhlah darinya karena dia orang jahat.[5]

    [1] Imam Suyuthi. Op.Cit., hlm.161. hadits. 2284.
    [2] Al-Bukhari.,Op.Cit.,Jilid IV., hlm.114. hadits 6054. Lihat juga Shahih Bukhari 6032, 6131.
    [3] Shahih Muslim 2591
    [4] Al-Albani., Op.Cit., Jilid II., hlm 238. Hadits. 2095.(menurut Al-AlBani hadits ini shahih)
    [5] Al-Munawi., Op.Cit., Jilid III., hlm 221
    =
    Sumber
    -Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.161. hadits nomor 02284

    - Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.76. hadits nomor.02283


    - Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.238 . hadits nomor.2095.


    -Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.221. hadits nomor 02284


    - Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid III. Hlm.619. hadits nomor 02276


    -Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid IV, Halaman 114, Hadits 6054.

    - Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid 10, Halaman 578, Hadits 6054.
    ===
    1. Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2284
    2. Faidul Qadir  Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2284
    3. Al-Ijtima Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2284
    4. Shahih Bukhari Hadits 6054
    5. Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Hadits 6054
    6. Mukhtashar Shahih Bukhari Imam Suyuthi Hadits
    7. Syarah Mukhtashar Shahih Bukhari Imam Suyuthi Hadits
    8. Shahih Muslim Hadits 2591

    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02257 (Hari-hari menjelang kiamat)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02257 (Hari-hari menjelang kiamat)

    إِنَّ بَيْنَ يَدَى السَّاعَةِ لَأَيَّامًا يَنْزِلُ فِيْهَا الْجَهْلُ، وَيُرْفَعُ فِيْهَا الْعِلْمُ، وَيَكْثُرُ فِيْهَا الْهَرْجُ، وَالْهَرْجُ: الْقَتْلُ[1]
    Artinya
    Sesungguhnya menjelang hari kiamat ada hari-hari dimana pada hari-hari tersebut turun kebodohan, diangkat ilmu, banyak huru-hara. Huru-hara adalah pembunuhan.

    [HR Ahmad, Bukhari[2] dan Muslim[3] dari Ibnu Mas`ud dan Abu Musa. SHAHIH[4]]

    Penjelasan
    Menjelang hari kiamat terjadi, ada hari-hari dimana untuk mengembangkan ilmu agama begitu sulit sehingga kebodohon begitu nampak dan menyebar. Sebaliknya banyak alim ulama yang meninggal dan tidak ada ulama selefel mereka yang bisa menggantikannya sehingga ilmu yang dikuasainya ikut terkubur bersama jasadnya.[5]


    [1] Imam Suyuthi. Op.Cit., hlm.159. hadits. 2257.
    [2] Al-Bukhari.,Op.Cit.,Jilid IV., hlm.92. hadits 7064. Lihat juga Shahih Bukhari hadits 7062, 7063, 7065, 7066.
    [3] Shahih Muslim 2672.
    [4] Al-Albani., Op.Cit., Jilid II., hlm 212 hadits 2051..  (menurut Al-AlBani hadits ini shahih)
    [5] Al-Munawi., Op.Cit., Jilid III., hlm 206
    =
    Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits 117 

    ٧ـ١١٧ــ إِنَّ بَيْنَ يَدَى السَّاعَةِ لَأَيَّامًا يَنْزِلُ فِيْهَا الْجَهْلُ، وَيُرْفَعُ فِيْهَا الْعِلْمُ، وَيَكْثُرُ فِيْهَا الْهَرْجُ، وَالْهَرْجُ: الْقَتْلُ (حم ق) عن إبن مسعود وأبي موسى (صح) [الجامع:٢٢٥٧، بخاري:٧٠٦٤، مسلم:٢٦٧٢]ـ

              [7](117)- Sesungguhnya menjelang hari kiamat ada hari-hari dimana pada hari-hari tersebut turun kebodohan, diangkat ilmu, banyak huru-hara. Huru-hara adalah pembunuhan. (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas`ud dan Abu Musa. SHAHIH) [Al-Jami:2257, Bukhari:7064, Muslim:2672]

    Menjelang hari kiamat terjadi, ada hari-hari dimana untuk mengembangkan ilmu agama begitu sulit sehingga kebodohon begitu nampak dan menyebar. Sebaliknya banyak alim ulama yang meninggal dan tidak ada ulama selefel mereka yang bisa menggantikannya sehingga ilmu yang dikuasainya ikut terkubur bersama jasadnya.[1]



    [1] Jami`ush Shaghiir 2257., Faidhul Qadiir penjelasan hadits 2257.

    =
    Sumber
    -Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.159. hadits nomor 02257

    - Imam Suyuthi. 1995. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.69. hadits nomor.02257


    - Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.212 . hadits nomor.2051.


    -Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.206. hadits nomor 02257

    - Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid III. Hlm.607. hadits nomor 02251

    -Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid IV, Halaman 92, Hadits 7064.

    - Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid 13, Halaman 18, Hadits 7064.
    ===
    1. Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2257
    2. Faidul Qadir  Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2257
    3. Al-Ijtima Syarah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 2257
    4. Shahih Bukhari Hadits 7064
    5. Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Hadits 7064
    6. Mukhtashar Shahih Bukhari Imam Suyuthi Hadits
    7. Syarah Mukhtashar Shahih Bukhari Imam Suyuthi Hadits
    8. Shahih Muslim Hadits 2672
    ===
    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH