Laman

Sabtu, 04 September 2021

Jaami`ush Shaghiir 3832 Alhamdulillahi Rabbill `Aalamiin adalah As-Sab`ul Matsaanii

  

٣٨٣٢ــ  الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِى الَّذِى أُوْتِيْتُهُ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ (خ د) عن أبي سعيد بن المعلى (صح)ـ

          3832- Alhamdulillahi Rabbill `Aalamiin adalah As-Sab`ul Matsaanii yang diberikannya kepadaku dan Al-Qur`an  Al-`Azhiim. (HR, Bukhari dan Abu Dawud dari Abu Sa`id Al-Ma`li. SHAHIH)

          Dinamakan As-Sab`ul Matsaanii  karena surat ini diulang – ulang dalam setiap raka`at shalat, karena sering diulangi, atau karen sebab-sebb lainnya.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 3832. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 3832.

Jaami`ush Shaghiir 3833 Ummul Qur`an

  

٣٨٣٣ــ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ أُمُّ الْقُرْآنِ وَ أُمُّ الْكِتَابِ وَ السَّبْعُ الْمَثَانِى (د ت) عن أبي هريرة (صح)ـ

          3833- Alhamdulillahi Rabbill `Aalamiin adalah Ummul Qur`an, Ummul Kitab, dan As-Sab`ul Matsaanii (HR, Abu Dawud dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. SHAHIH)

          Alhamdulillahi Rabbill `Aalamiin maksudnya adalah surat yang ada ayat Alhamdulillahi Rabbill `Aalamiin yaitu surat al-Fatihah. Dinamakan Ummul Qur`an karena al-Fatihah mengandung semua ilmu-ilmu Al-Qur`an.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 3833. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 3833.

Jaami`ush Shaghiir 4794 As-Sab`ul Matsaanii adalah Faatihatul Kitaab

 1.      

٤٧٩٤ــ السَّبْعُ الْمَثَانِى فَاتِحَةُ الْكِتَابِ (ك) عن أبي (صح)ـ

          4794- As-Sab`ul Matsaanii adalah Faatihatul Kitaab (HR. Hakim dari Ubay. SHAHIH)

          Hadits tersebut merupakan tafsir dari ayat Al-Qur`an surat al-Hijr ayat 87 (وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي) Dinamakan As-Sab`ul Matsaanii karena surat tersebut terdiri dari tujuh ayat dengan memperhitungkan basmalah sebagai salah satu ayat dari al-Faatihah.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 4794. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 4794.

Jumat, 03 September 2021

Jaami`ush Shaghiir 6132 “Qul Huwallahu Ahad” sepertiga Al-Qur`an

  

٦١٣٢ــ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ تَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ (مالك حم خ د ن) عن أبى سعيد، (خ) عن قتادة بن النعمان، (م) عن أبى الدرداء، (ت ه) عن أبي هريرة، (ن) عن أبى أيوب، (حم ه) عن أبى مسعود الأنصارى، (طب) عن إبن مسعود وعن معاذ، (حم) عن أم كلثوم بنت عقبة، (البزار) عن جابر، (أبو عبيد) عن إبن عباس (صح)ـ

          6132- (قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ) (surat al-Ikhlash) menyamai sepertiga Al-Qur`an. (HR. Malik, Ahmad, Bukhari, Abu Dawud, dan Nasaai dari Abu Sa`iid. Riwayat Bukhari dari Qatadah bin Nu`man. Riwayat Muslim dari Abu Dardaa. Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. Riwayat Nasaai dari Abu Ayyub. Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dari Ibnu Ayyub Al-Anshari. Riwayat Thabrani dari Ibnu Mas`ud dan dari Mu`adz. Riwayat Ahmad dari Ummu Kultsum binti `Uqbah. Riwayat Bazzar dari Jabir. Riwayat Abu `Ubaid ari Ibnu Abbas. SHAHIH)

          Maksud sepertiga Al-Qur`an adalah karena Al-Qur`an yang berjumlah enam ribu ayat lebih mengandung tiga hal, yaitu kisah-kisah, hukum-hukum, dan sifat-sifat Allah swt. Sedankan “Qul Huwallahu Ahad” mengandung sifat – sifat Allah swt sehingga mewakili yang pertiga tersebut.

          Atau bisa juga maksudnya adalah pahala membaca surat “Qul Huwallahu Ahad” dilipatgandakan sehingga sama seperti pahala membaca sepertiga Al-Qur`an yang pahalanya tidak dilipatgandakan. [1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 6132. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6132.

Kamis, 02 September 2021

Jaami`ush Shaghiir 6615 Doa ketika gelisah di malam hari

  

٦٦١٥ــ كَانَ إِذَا تَضَوَّرَ مِنَ اللَّيْلِ قَالَ لَاإِلٰهَ إِلَّا الله الوَاحِدُ القَهَّارُ، رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَابَيْنَهُمَا العَزِيْزُ الغَفَّارُ (ن ك) عن عائشة (صح)ـ

          6615- Apabila beliau gelisah di malam hari beliau mengucapkan: Tiada Tuhan selain Allah, Maha Tunggal, Maha Pemenang, Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya, Maha Perkasa, Maha Pengampun (لَاإِلٰهَ إِلَّا الله الوَاحِدُ القَهَّارُ، رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَابَيْنَهُمَا العَزِيْزُ الغَفَّارُ). (HR. Nasaai dan Hakim dari Aisyah. SHAHIH)[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 6615. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6615.

Rabu, 01 September 2021

Jaami`ush Shaghiir 1806 Allah Maha Pencipta, Maha Menyempitkan, Maha Melapangkan, Maha Menetapkan Harga

  

١٨٠٦ــ إِنَّ اللهَ تَعَالَى هُوَ الْخَالِقُ الْقَابِضُ البَاسِطُ الرزاق المُسَعِّرُ وَإِنِّى لَأَرْجُوأَنْ أَلْقِيَ اللهَ وَلَايَطْلُبُنِى أَحَدٌ بِمَظْلَمَةٍ  ظَلَمْتُهَا إِيَّاهُ فِى دَمٍ وَلَا مَالٍ (حم د ت ه حب هق) عن أنس (صح)ـ

          1806- Sesungguhnya Allah swt adalah Maha Pencipta (الْخَالِقُ), Maha Menyempitkan (الْقَابِضُ), Maha Melapangkan (البَاسِطُ), Maha Pemberi Rizqi (الرزاق), Maha Menetapkan Harga (المُسَعِّرُ), dan sesungguhnya aku berharap akan menemui Allah swt dengan tidak seorangpun menuntutku sebab aniaya yang telah aku lakukan kepadnya dalam (hal) darah maupun harta benda. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Baihaqi dari Anas. SHAHIH)[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 1806. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1806.

Jaami`ush Shaghiir 6809 Doa ketika cemas, sedih, dan minta pertolongan dan perlindungan kepada Allah swt

  

٦٨٠٩ــ كَانَ إِذَا نَزَلَ بِهِ هَمٌّ أَوْ غَمٌّ قَال يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ (ك) عن إبن مسعود (صح)ـ

          6809- Apabila kecemasan atau kesedihan menimpa pada beliau, beliau mengucapkan: “Wahai Yang Maha Hidup, Wahai Yang Maha Berdiri Sendiri, hanya dengan rahmat-Mu aku memohon perlinungan (يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ) ”. (HR. Hakim dari Ibnu Mas`ud. SHAHIH)[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 6809. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6809.

Jaami`ush Shaghiir 1749 Allah Maha Pemaaf (عَفُوٌّ)

  


١٧٤٩ــ إِنَّ اللهَ تَعَالَى عَفُوٌّ يُحِبُّ الْعَفْوَ (ك) عن إبن مسعود (عد) عن عبد الله بن جعفر(صح)ـ

          1749-Sesungguhnya Allah swt Maha Pengampun mencintai ampunan. (HR. Haakim dari Ibnu Masud dan Riwayat Ibnu `Adi dari Abullah bin Ja`far. SHAHIH)

          Dan Allah swt mencintai orang – orang yang suka memberi ampunan dan membenci orang – orang yang bersifat sebaliknya, oleh karena itu Allah swt membenci orng yang hatinya keras, bakhil, pemarah, dlln.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 1749. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1749.

Selasa, 31 Agustus 2021

Jaami`ush Shaghiir 1743 Allah swt Maha Lemah Lembut

  

١٧٤٣ــ إِنَّ اللهَ تَعَالَى رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِى عَلَيْهِ مَالَايُعْطِى عَلَى الْعُنْفِ (خد د) عن عبد الله بن مغفل (ه حب) عن أبى هريرة (حم هب) عن على (طب) عن أبى أمامة (البزار) عن أنس (ح)ــ

          1743- Sesungguhnya Allah swt Maha Lemah Lembut (رَفِيْقٌ) dan mencintai kelemah-lembutan, dan memberinya apa yang tidak diberikan-Nya kepada kekerasan. (HR. Bukhari dalam Al-Adab dan Abu Dawud dari Abdullah bin Mughaffal. Riwayat Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dari Abu Hurairah. Riwayat Ahmad dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Ali. Riwayat Thabrani dari Abi Umamah. Riwayat Al-Bazzar dari Anas. HASAN)

          Menurut Imam Nawawi menyebut Allah swt Ar-Rafiiq boleh saja seperti bolehnya menamakan Allah dengan nama-nama yang lain berdasarkan khabar ahad. Sedangkan menurut ulama yang lain tidak boleh memutlakan nama Ar-Rafiiq kepada Allah swt karena tidak adanya khabar yang mutawatir, sedankan nama – nama Allah harus ditetapkan berdasarkan khabar yang mutawatir. [1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 1743. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1743.

Senin, 30 Agustus 2021

Jaami`ush Shaghiir 1808 Allah mencintai yang ganjil

  

١٨٠٨ـ إِنَّ اللهَ تَعَالَى وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ فَأَوِّرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ (ت) عن على (ه) عن إبن مسعود (صح)ــ

          1808- Sesungguhnya Allah swt Maha Gasal dan mencintai yang gasal, maka (bershalat) gasallah kalian wahai para ahli (pengikut) Al-Qur`an. (HR. Tirmidzi dari Ali dan Riwayat Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. SHAHIH).

          Yang dimaksud ahli al-Qur`an disini adalah orang mukmin yang percaya kepada al-Qur`an.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 1808. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1808.

Jaami`ush Shaghiir 1807 Allah Yang Maha Gasal ( إِنَّ اللهَ تَعَالَى وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ)

  

١٨٠٧ـ إِنَّ اللهَ تَعَالَى وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ (ابن نصر) عن أبى هريرة وعن ابن عمر (صح)ــ

          1807- Sesungguhnya Allah swt Maha Gasal dan mencintai yang gasal. (HR. Ibnu Nashr dari Abu Hurairah dan dari Ibnu Umar. SHAHIH)

          Sesungguhnya Allah swt itu Maha Esa, baik Dzat, Sifat, maupun perbuatan-Nya. Dia tidak serupa dengan sesuatupun dan Tidak ada yang bisa menyerupai-Nya.

          Allah swt mencintai shalat witir, shalat yang ganjil, dan sesuatu yang ganjil.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 1807. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1807.

Jaami`ush Shaghiir 1802 Yang Maha Berbuat Baik

  

١٨٠٢ــ إنَّ اللهَ تَعَالَى مُحْسِنٌ فَأَحْسِنُوْا (عد) عن سمرة (صح)ـ

          1802- Sesungguhnya Allah swt adalah Yang Berbuat Baik (المُحْسِن) maka berbuat baiklah kalian. (HR. Ibnu `Adi dari Samurah. SHAHIH)[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 1802. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1802.

Minggu, 29 Agustus 2021

Jaami`ush Shaghiir 1771 Al-Kariim

  


١٧٧١ــ إِنَّ اللهَ تَعَالَى كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ وَيُحِبُّ مَعَالِى الْأَخْلَاقِ وَيَكْرَهُ سَفْسَافَهَا (طب حل ك هب) عن سهل بن سعد (صح)ـ

          1771- Sesungguhnya Allah swt itu Maha Pemurah (كَرِيْمٌ) mencintai kemurahan dan mencintai ahlak yang tinggi dan membenci ahlak yang rendah. (HR. Thabrani dalam Al-Kabir, Abu Nu`aim, Haakim, dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Sahl bin Sa`d. SHAHIH)[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 1771. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 1771.

Jaami`ush Shaghiir 6603 Dzikir setelah shalat (اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ )

  

٦٦٠٣ــ كَانَ إِذَا اِنْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ (حم م ٤) عن ثوبان (صح)ـ

          6603- Apabila beliau selesai shalat, beliau istighfar tiga kali, kemuian membaca : (اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ) Ya Allah Engkaulah Keselamatan, dan dari-Mu Keselamatan, Maha Berkahlah Engkau, hai Dzat Yang empunya keagungan dan kemulian. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Tsauban. SHAHIH).[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 6603. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6603.

Jaami`ush Shaghiir 4846 As-Salaam - Tebarkanlah salam

  

٤٨٤٦ــ السَّلَامُ اِسْمٌ مِنْ أَسْمَاءِ اللهِ تَعَالَى وَضَعَهُ اللهُ فِى الْأَرْضِ فَأَفْشُوْهُ بَيْنَكُمْ فَإِنَّ الرَّجُلَ المُسْلِمَ إِذَا مَرَّ بِقَوْمٍ فَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ فَرَدُّوْا عَلَيْهِ كَانَ لَهُ عَلَيْهِمْ فَضْلُ دَرَجَةٍ بِتَذْكِيْرِهِ إِيَّاهُمْ السَّلَامَ فَإِنْ لَمْ يَرُدُّوا عَلَيْهِ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنْهُمْ وَأَطْيَبُ (البزار هب) عن إبن مسعود (صح)ـ

          4846- As-Salaam (السَّلَام) adalah nama dari nama – nama Allah swt yang telah Allah letakan di bumi, maka dari itu ucapkanlah (tebarkanlah) salam diantara kalian. Karena apabila seorang muslim lewat pada suatu kaum kemudian mengucapkan salam kemudian mereka menjawabnya maka ia mempunyai satu keutamaan derajat diatas mereka karena ia mengingatkan salam. Tetapi apabila mereka tidak menjawabnya maka akan menjawab yang lebih baik dan lebih bagus dari mereka (yaitu para Malaikat yang mulia). (HR. Al-Bajjaari dari Ibnu Masud. SHAHIH)[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 4846. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 4846.

Jaami`ush Shaghiir 2011 As-Salaam (السَّلَام) adalah satu dari nama – nama Allah swt

  

٢٠١١ــ إِنَّ السَّلَامَ اسْمٌ مِنْ أَسْمَاءِ اللهِ تَعَالَى وُضِعَ فِى الْأَرْضِ فَأَفْشُوْا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ (خد) عن أنس (ح)ـ

          2011- Sesungguhnya As-Salaam (السَّلَام) adalah satu dari nama – nama Allah swt yang diletakan di bumi maka sebarkanlah salam diantara kalian semua. (HR. Bukhari dalam Al-Adab dari Anas. HASAN)

          Mengucapkan dan menyebarkan salam hukumnya sunat muakad. Dengan salam kita memaklumatkan perdamaian, persaudaraan, dan mengalahkan syetan.

          Menurut sebagian ulama arti as-salaamu`alaikum adalah semoga keselamatan bersama kalian semua.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 2011. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 2011.