Laman

Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 00438 tentang Ketika orang masuk islam


إِذَا أَسْلَمَ الْعَبْدُ فَحَسُنَ إِسْلَامُهُ يُكَفِّرُ اللهُ عَنْهُ كُلَّ سَيِّئَةٍ كَانَ زَلَفَهَا وَكَانَ بَعْدَ ذَلِكَ الْقِصَاصُ الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِأَةِ ضِعْفٍ وَالسَّيِّئَةُ بِمِثْلِهَا إِلَّا أَنْ يَتَجَاوَزَ اللهُ عَنْهَا


Artinya
Apabila seorang hamba telah masuk islam dan bagus islamnya maka Allah SWT akan menghapus semua keburukan yang telah dilakukannya, setelah itu berlakulah hukum Qishash (pembalasan): (Maksudnya) setiap kebaikan dibalas sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat dan keburukan dibalas semisalnya terkecuali Allah SWT mengampuninya (maka tidak dihukum).

[HR. Bukhari[1] dan Nasaa-I dari Abu Sa`id. SHAHIH[2]]

Penjelasan
Semua kesalahan yang pernah dilakukan sebelum masuk islam maka akan dihapus dan diampuni oleh Allah SWT, terkecuali hak-hak dan kejahatan-kejahatan yang berhubungan dengan harta seperti kifarat zhihar, sumpah, dan pembunuhan maka tidak dihapuskan.

Ibnu Hajar berkata, semua kebaikan yang dialakukan sebelum masuk islam akan selalu dicatat dan ketika orang tersebut masuk islam maka kebaikan tersebut akan diterima Allah SWT, tetapi jika orang tersebut tidak masuk islam maka kebaikan tersebut tidak akan diterima Allah SWT. [3]





[1] Al-Bukhari., Op.Cit., Jilid I., hlm 19, Hadits 41, Lihat juga Shahih Bukhari hadits 42
[2] Al-Albani.Op.Cit. Jilid I, hlm 216. Hadits. 337. (Menurut Al-Albani hadits ini shahih)
[3] [3] Al-Munawi., Op.cit., Jilid 1, hlm. 462
===

===
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.39 hadits nomor 00438


-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.I. hlm.462. hadits nomor 00438

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  I. Hlm.562. hadits nomor 00437

- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. I, Hlm.216. hadits nomor 337.

- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.148. hadits nomor.00438

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid I, Halaman 19, Hadits 41.

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Terjemahan oleh Muhamad Iqbal, Lc. Jakarta: Pustaka As-Sunnah. Jilid III, Halaman 103, Hadits 41.

- Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid I, Halaman 98, Hadits 41.


-Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir min Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Terjemahan oleh Badrudin. Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Pembahasan Hadits Shahih Bukhari Muslim, Mangunreja: Googel Drive. 02-02-2020 https://drive.google.com/file/d/1KEkJaG3LDqyGuNez9QmgXcz47D-frDzu/view



Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 00400 (Adzab Allah SWT kepada suatu kaum)


إِذا أَرَاد اللهُ بِقَوْمٍ عَذَابًا أَصَابَ الْعَذَابُ مَنْ كَانَ فِيْهِمْ ثُمَّ بُعِثُوْا عَلَى أَعْمَالِهِمْ
Artinya
Apabila Allah SWT hendak mengadzab suatu kaum maka dia menimpakan adzab tersebut kepada semua orang yang berada pada kaum tersebut, kemudian mereka dibangkitkan sesuai dengan amal perbuatan mereka masing-masing

[HR. Bukhari[1] dan Muslim dari Ibnu Umar. SHAHIH[2]]


Penjelasan
Ketika Allah SWT hendak mendatangkan adzab kepada orang-orang yang berbuat dosa pada suatu kaum, maka adzab tersebut juga mengenai orang-orang yang tidak berbuat dosa. Kemudian pada hari kiamat mereka akan dibangkitkan kembali sesuai dengan amal perbuatan dan niat mereka masing-masing. Orang-orang yang berbuat dosa akan mendapatkan balasan siksa dan neraka, sedangkan orang-orang yang berbuat baik akan mendapatkan nikmat dan surga.[3]



[1] Al-Bukhari., Op.Cit., Jilid IV., hlm 358, Hadits 7108
[2] Al-Albani.Op.Cit. Jilid I, hlm 205. Hadits. 309. (Menurut Al-Albani hadits ini shahih)
[3] Al-Munawi., Op.cit., Jilid 1, hlm. 438
==
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.37 hadits nomor 00344


-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.I. hlm.438. hadits nomor 00400

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  I. Hlm.538. hadits nomor 00399

- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. I, Hlm.205. hadits nomor 309.

- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.138. hadits nomor.00400

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid IV, Halaman 358, Hadits 7108.

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Terjemahan oleh Muhamad Iqbal, Lc. Jakarta: Pustaka As-Sunnah. Jilid V, Halaman 873, Hadits 7108.

- Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid XIII, Halaman 60, Hadits 7108.


-Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir min Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Terjemahan oleh Badrudin. Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Pembahasan Hadits Shahih Bukhari Muslim, Mangunreja: Googel Drive. 02-02-2020 https://drive.google.com/file/d/1KEkJaG3LDqyGuNez9QmgXcz47D-frDzu/view

Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 00282 (Orang islam bagaikan pohon kurma)


Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 00282 (Orang islam bagaikan pohon kurma)

أَخْبِرُوْنِى بِشَجَرَةِ شِبْهِ ٱلرَّجُلِ الْمُسْلِمِ لَا يَتَحَاتُّ وَرَقُهَا، وَلَا،  وَلَا،  وَلَا، تُأْتِى أُكُلَهَا كُلَّ حِيْنٍ، هِيَ ٱلنَّخْلَةُ


Artinya
Beritahukanlah kepadaku tentang pohon yang menyerupai seorang laki-laki muslim, daunnya tidak berguguran, dan tidak... dan tidak... dan tidak..., yang memberikan makanannya (buahnya) setiap waktu?. yaitu pohon kurma.

[HR. Bukhari[1] dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Orang islam diumpamakan seperti pohon kurma yang akar pohonnya menancap kuat dan dahannya tinggi menjulang. Pohon kurma dahannya tidak mudah rontok, buahnnya selalu muncul setiap musim, manfaatnya tidak pernah putus, bayang - bayangnya selalu menaungi mereka yang berteduh. Begitu juga orang islam, keyakinannya kuat dan hidupnya selalu memberikan manfaat kepada orang lain, bahkan setelah dia meninggal. [2]


[1]Al-Bukhari., Op.Cit., Jilid III., hlm 245, Hadits 4698, Lihat juga Shahih Bukhari hadits 61, 62, 72, 131, 2209, 4698, 5444, 5448, 6122, 6144.
[2] Al-Munawi., op.cit., Jilid 1, hlm 342
==
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.29 hadits nomor 00282


-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.I. hlm.342. hadits nomor 00282

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  I. Hlm.442. hadits nomor 00281

- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. I, Hlm.172. hadits nomor 220.

- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.103. hadits nomor.00282

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid III, Halaman 245, Hadits 4698.

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Terjemahan oleh Muhamad Iqbal, Lc. Jakarta: Pustaka As-Sunnah. Jilid IV, Halaman 259, Hadits 4698.

- Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid VIII, Halaman 377, Hadits 4698.


-Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir min Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Terjemahan oleh Badrudin. Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Pembahasan Hadits Shahih Bukhari Muslim, Mangunreja: Googel Drive. 02-02-2020 https://drive.google.com/file/d/1KEkJaG3LDqyGuNez9QmgXcz47D-frDzu/view

Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 00238 Gunung Uhud


Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Hadits 00238 (Gunung Uhud)

أُحُدٌ جَبَلٌ يُحِبُّنَا وَ نُحِبُّهُ

Artinya
Uhud adalah gunung yang mencintai kita dan kita mencintainya

[HR. Bukhari[1] dari Sahl bin Sa`d. Riwayat Tirmidzi dari Anas. Riwayat Ahmad, Tabrani dalam Al-Kabir dan Dliyaa dari Suwaid bin Amir Al-Anshari, dan dia tidak mempunyai hadits selain itu. Riwayat Abul Qaasim bin Busyran dalam Amaalinya dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Dinamakan gunung Uhud karena letakknya yang mandiri dan terpisah dari gunung-gunung lainnya atau karena penduduk sekitarnya menolong tauhid. Gunung Uhud mencintai kita bisa dalam makna yang sebenarnya karena bagi Nabi SAW hal tersebut merupakan sesuatu yang mungkin sebagai salah satu keistimewaan Nabi SAW. Bisa juga bermakna majas, gunung Uhud mencintai kita artinya gunung Uhud banyak memberikan manfaat bagi penduduk sekitarnya dan penduduk sekitarnya juga banyak mengambil menfaat dari keberadaan gunung Uhud. [2]



[1]Al-Bukhari., Op.Cit., Jilid I., hlm 378, Hadits 1482, Lihat juga Shahih Bukhari hadits 1481, 1872, 3161, 3791, 4422,
[2] Al-Munawi., op.cit., Jilid 1, hlm 308
==
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.26 hadits nomor 00238

-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.I. hlm.308. hadits nomor 00238

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  I. Hlm.412. hadits nomor 00237

- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. I, Hlm.162. hadits nomor 191.

- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.92. hadits nomor.00238

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid I, Halaman 378, Hadits 1482.

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Terjemahan oleh Muhamad Iqbal, Lc. Jakarta: Pustaka As-Sunnah. Jilid I, Halaman 1019, Hadits 1482.

- Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2015. Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Cairo: Al-Maktabah As-Salafiah, cet.1. Jilid III, Halaman 344, Hadits 1482.


-Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir min Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Terjemahan oleh Badrudin. Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Pembahasan Hadits Shahih Bukhari Muslim, Mangunreja: Googel Drive. 02-02-2020 https://drive.google.com/file/d/1KEkJaG3LDqyGuNez9QmgXcz47D-frDzu/view