Laman

Rabu, 04 Juli 2018

Kitab Al-Jami’us Shaghir Hadits nomor 916 (Empat perangai orang munafik) مُتَّفق عليه فى الجامع الصغير



أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقا خَالِصًا، وَ مَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا، إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ٬ وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلفَ٬ وَ إِذَا عَاهَدَ غَدَرَ٬ وَ إِذَا خَاصَمَ فَجَرَ

Artinya
Empat perangai yang apabila ada pada seseorang  maka dia adalah orang munafik murni (sangat mirip dengan orang munafik sejati). Barang siapa ada padanya salah satu perangai maka ada padanya salah satu perangai munafik hingga ia meninggalkannya. Apabila berkata dia bohong, apabila berjanji tidak menepati, apabila membuat kesepakan maka ia melanggarnya, dan apabila bersengketa dia curang.

[HR Ahmad, Bukhari[1], Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Ibnu Umar. SHAHIH[2]]

Penjelasan
Ada empat perangai, prilaku atau perbuatan orang munafik: berkata bohong, tidak menepati janti, melanggar kesepakatan dan curang. Apabila seseorang memiliki keempat prilaku tersebut maka dia benar - benar orang munafik murni. Apabila hanya memiliki salah satu dari keempat prilaku tadi maka dia benar - benar memiliki prilaku munafik hingga dia meninggalkannya.
Menurut bahasa munafik adalah batin tidak sesuai dengan lahir. Munafik dalam bidang keimanan disebut nifaqul kufri dan munafik dalam bidang amal disebut nifaqul amal. Munafik dalam konteks hadits ini adalah nifaqul amal. [3]





[1] Al-Bukhari., Op.Cit., Jilid I., hlm.17, hadits 34, Lihat juga shahih bukhari hadits 2459, 3178.
[2] Al-Albani.Op.Cit. Jilid I, hlm 429. Hadits. 890. (Menurut Al-Albani hadits ini shahih)
[3] Al-Munawi., op.cit., Jilid II, hlm. 44
=
=
Sumber

-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir min Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.70 hadits nomor 00916

-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.II. hlm.44. hadits nomor 00916

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  II. Hlm.253. hadits nomor 00910

- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. I, Hlm.429 hadits nomor 890.

- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.279. hadits nomor.00916

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Cairo: Darul Hadits. Jilid I, Halaman 17, Hadits 34.

-Al-Bukhari. Al-Imam Al-Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Ibn Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari Al-Ju`fiy.2004. Shahih Al-Bukhari. Terjemahan oleh Muhamad Iqbal, Lc. Jakarta: Pustaka As-Sunnah. Jilid I, Halaman 99, Hadits 34

- Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar. 2000. Fathul Bari Syarhu Shahih al-Bukhari. Riyadh: Darus Salam. , cet.I.  Jilid I, Halaman 140, Hadits 34

Ibnu Hajar Al-Asqalani. Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar Al-Asqalani. 2018. Fathul Bari Syarhu Shahih Al-Bukhari. Terjemahan oleh Abu Ihsan al-Atsari. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi`i, cet 3, Jilid I, halaman 399, Hadits 34.

-Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir min Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Terjemahan oleh Badrudin. Terjemah Al-Jami Ash-Shaghir Pembahasan Hadits Shahih Bukhari Muslim, Mangunreja: Googel Drive. 02-02-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar