Laman

Sabtu, 21 Mei 2022

Lubabul Hadits Bab 3 : Keutamaan Kalimat Basmalah

 





BAB 3

KEUTAMAAN KALIMAT BASMALAH

 

١ـ قال صلى الله عليه وسلم : مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِـ

1-Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba mengucapkan Basmalah (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِBismillaahirrahmaanirrahiim , terkecuali melelehlah syetan seperti melelehnya timah diatas api”.

٢ـ وقال صلى الله عليه وسلم : مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰن الرَّحِيمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ ـ

2-Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba mengucapkan Basmalah (بِسْمِ الله الرَّحْمٰن الرَّحِيمِBismillaahirrahmaanirrahiim, terkecuali Allah SWT memerintahkan malaikat yang mulia dan pencatat amal agar menuliskan dalam timbangannya (catatan amalnya) 400 kebaikan”.

٣ـ وقالَ صلى الله عليه وسلم : مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوبِهِ ذَرَّةٌ ـ

3- Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa membaca Basmalah (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِBismillaahirrahmaanirrahiim , walaupun sekali, maka tak tersisa seluruh dosa – dosanya”. (Maksudnya seluruh dosa-dosa kecilnya diampuni red.)

 

٤ـ وقال صلى الله عليه وسلم : مَنْ كَتَبَ بِسْمِ الله فَجَوَّدَ تَعْظِيما لله غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ ـ

4- Hadits 04: Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa menulis basmalah dengan membaguskannya dan mengagungkan Allah, maka diampuni dosa yang sudah lalu dan yang akan datang”.

٥ـ وقال صلى الله عليه وسلم : إذَا كَتَبَ أحَدُكُمْ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ فَلْيَمُدَّ الرَّحْمٰنَ ـ

5-Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika salah satu dari kalian menulis Basmalah (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ)  Bismillaahirrahmaanirrahiim , maka panjangkanlah arrahmaani (الرَّحْمٰنَ)“.

٦ـ وقَالَ صلى الله عليه وسلم : إنَّ الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى زَيَّنَ السَّمَاءَ بِالكَوَاكِب وَزَيَّنَ المَلائِكَةَ بِجِبْرِيلَ وَزَيَّنَ الجَنَّةَ بِالحُورِ وَالقُصُورِ، وَزَيَّنَ الأنْبِيَاءَ بِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم، وَزَيَّنَ الأيّامَ بِيَوْمِ الجُمُعَةِ، وَزَيَّنَ اللَّيَالِي بِلَيْلَةِ القَدْرِ، وَزَيَّنَ الشُّهُورَ بِشَهْرِ رَمَضَانَ، وَزَيَّنَ المساجدَ بالكَعْبَةِ، وَزَيَّنَ الكُتُبَ بِالقُرْآنِ، وَزَيَّنَ القُرْآنَ بِبِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ ـ

6-Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT menghiasi langit dengan bintang-bintang dan menghiasi malaikat dengan malaikat jibril dan menghiasi surga dengan bidadari dan istana – istana dan menghiasi para Nabi dengan Nabi Muhammad SAW dan menghiasi hari – hari dengan hari jum`at dan menghiasi malam – malam dengan malam lailatul qadar dan menhiasi bulan – bulan dengan bulan Ramadhan dan menghiasi masjid – masjid dengan ka`bah dan menghiasi kitab – kitab dengan Al-Qur`an dan menghiasi Al-Qur`an dengan Basmalah (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِBismillaahirrahmaanirrahiim”. 

٧ـ وقال صلى الله عليه وسلم : مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ ـ

7-Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang mengucapkan Basmalah (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِBismillaahirrahmaanirrahiim  maka namanya dicatat sebagai orang baik dan dibebaskan dari sifat kufur dan nifak”.

٨ـ وقال صلى الله عليه وسلم : مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ غَفَرَ الله لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ـ

8-Nabi Muhammad SAW bersabda: Barang siapa mengucapakan Basmalah (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِBismillaahirrahmaanirrahiim  maka diampuni dosa-dosanya yang sudah lewat (maksudnya dosa kecil)”

٩ـ وقال صلى الله عليه وسلم : إذا قُمْتُمْ فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فإنَّ النَّاسَ إذا اغْتَابُوكُمْ يَمْنَعُهُمْ الملك عَنْ ذالِكَ ـ

9-Ketika seseorang berdiri mengucapkan basmalah dan shalawat dan salam kepada Nabi, keluarga, dan sahabatnya (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ) maka ketika ada orang –orang menggunjingnya maka para Malaikat akan mencegahnya.

١٠ـ وقال صلى الله عليه وسلم : إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذالكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ ـ

10-Apabila seseorang duduk dan mengucapkan basmalah, shalawat dan salam kepada Nabi, keluarga, dan sahabatnya (بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم) maka Allah SWT akan mengutus Malaikat yang menjaganya dari orang – orang yang menggunjingnya sehingga mereka tidak bisa melakukannya.

 

Tambahan

Keutamaan Kalimat Basmalah

 

٦٩٠٣ــ كَانَ لَا يَعْرِفُ فَصْلَ السُّوْرَةِ حَتَّى يَنْزِلُ عَلَيْهِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ (د) عن إبن عباس (صح)ـ

          9603- Beliau tadinya tidak tahu pemisah surat (Al-Qur`an) sehingga turun basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ). (HR. Abu Dawud dari Ibnu Abbas. SHAHIH)[1]

٦٦٣٢ــ كَانَ إِذَا جَاءَهُ جِبْرِيْلُ فَقَرَأَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ عَلِمَ أَنَّهُ سُوْرَةٌ (ك) عن إبن عباس (صح)ـ

          6632- Apabila Jibril datang kepada Nabi dan membaca basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ) maka Nabi Tahu kalau itu adalah surat (Al-Al`Qur`an). (HR. Haakim dari Ibnu Abbas. SHAHIH)[2]

٨٠٥ــ إِذَا كَانَ جُنْحُ الْلَيْلِ فَكُفُّوْا صِبْيَانَكُمْ، فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ تَنْتشِرُ حِيْنَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللّيْلِ فَخَلُّوْاهُمْ، وَأَغْلِقُوْا الْأَبْوَابَ، وَاذْكُرُوْا اسْمَ اللّهِ،  فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتحُ بَابًا مُغلِقًا، وَأَوْكِئُوْا قرَبَكُمْ وَاذْكُرُوْا اسْمَ اللّهِ، وَخَمِّرُوْا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوْا اسْمَ اللّهِ، وَلَوْ أَنْ تَعْرِضُوْا عَليْهِ شَيْئًا وَ أَطْفِئُوا مَصَابِيْحَكُمْ (حم ق د ن) عن جابر (صح)ـ

          805- Apabila telah datang kegelapan malam maka tahanlah anak kecil kalian karena sesungguhnya syetan sedang bertebaran saat itu. Kemudian jika sudah berlalu sesaat dari malam (tersebut) maka lepaskanlah mereka, kuncilah pintu dan sebutlah nama Allah, karena sesunguhnya syetan tidak akan membuka pintu yang ditutup (dengan menyebut nama Allah), Tutupilah bejana - bejana kalian dan sebutlah nama Allah, Tutupilah wadah - wadah kalian dan sebutlah nama Allah walaupun hanya dengan meletakkan / melintangkan sesuatu dan padamkanlah lampu-lampu kalian. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasaa-i dari Jabir. SHAHIH)[3]

٦٣٨٣ــ كُلْ بِاسْمِ اللهِ، ثِقَةً بِاللهِ، وَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ (ع حب ك) عن جابر (صح)ـ

          6383- Makanlah dengan menybut Asma Allah (بِاسْمِ اللهِ،), percaya kepada Allah, dan tawakal kepada Allah. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Hakim dari Jabir. SHAHIH)[4]

٨٧٣ــ إِذَا نَسِيَ أَحَدُكُمْ اِسْمَ اللهِ عَلَى طَعَامِهِ فَلْيَقُلْ إِذَاذَكَرَ: بِسْمِ اللهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ (ع) عن إمرأة (ح)ـ

          873- Apabila kalian lupa (menyebut) nama Allah atas makanannya maka sebaiknya ucapkan apabila kalian ingat: (بِسْمِ اللهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ) Dengan menyebut Nama Allah pada pemulaan dan pada akhirnya. (HR. Abu Ya`la dari seorang perempuan. HASAN)[5]

٥٠٤ــ إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ، فَلْيَنْفُضْهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ، فَإِنَّهُ لَا يَدْرِى مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ، ثُمَّ لِيَضْطَجِعْ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ، ثُمَّ لِيَقُلْ: بِاسْمِكَ رَبِّى وَضَعْتُ جَنْبِى، وَ بِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِى فَارْحَمْهَا، وَ إِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ (ق د) عن أبى هريرة (صح)ـ

          504- Apabila salah seorang dari kalian beranjak ke tempat tidur maka bersihkanlah terlebih dahulu dengan bagian dalam kain sarungnya karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang tinggal disana. Kemudian berbaringlah pada bagian tubuh sebelah kanan seranya berucap: "Dengan nama-MU Tuhanku aku merebahkan tubuhku dan dengan (nama)MU pula aku mengangkatnya. Apabila Engkau menahan jiwaku (mewafatkan aku) maka kasihanilah ia, apabila engkau melepaskannya (membiarkannya hidup)maka peliharalah ia dengan cara Engkau memelihara hamba - hamba-MU yang shaleh - shaleh".(HR Bukhari, Muslim dan Abu Dawud dari Abu Hurairah. SHAHIH)[6]

٧٤٠٤ــ لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِيَ أَهْلَهُ قَالَ: بِسْمِ ٱللهِ، أَللهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ ٱلشَّيْطَانَ مَارَزَقْتَنَا فَإِنَّهُ إِنْ قُضِيَ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ مِنْ ذلِكَ لَمْ يَضُرَّهُ الشَّيْطَانُ أَبَدًا (حم ق ٤) عن إبن عباس (صح)ـ

          7404- Seandainya salah seorang kalian ketika hendak menyetubuhi istrinya membaca doa: أَللهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ ٱلشَّيْطَانَ مَارَزَقْتَنَا,maka apabila dari persetubuhan tersebut dikaruniai anak maka anak tersebut tidak akan bisa diganggu syetan selamanya. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Ibnu Abbas. SHAHIH)[7]

٩٨٩٥ــ لَاصَلَاةَ لِمَنْ لَاوُضُوْءَ لَهُ، وَلَاوُضُوْءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللهِ عَلَيْهِ (حم د ه ك) عن أبى هريرة (ه) عن سعيد بن زيد (صح) ـ

9895- Tiada shalat bagi orang yang tidak punya wudhu, dan tiada wudhu bagi orang yang tidak menyebut Nama Allah atas (wudhunya). (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Haakim dari Abu Hurairah. Riwayat Ibnu Majah dari Sa`id bin Zaid. SHAHIH)[8]

٨٩٣ــ إِذَا وَضَعْتُمْ مَوْتَاكُمْ فِى قُبُوْرِهِمْ فَقُوْلُوْا: بِسْمِ اللهِ وَعَلَى سُنًّةِ رَسُوْلِ اللهِ (حم حب طب ك هق) عن إبن عمر (صح)ـ

          893- Apabila kalian meletakkan mayat-mayat kalian di dalam kubur maka bacalah (بِسْمِ اللهِ وَعَلَى سُنًّةِ رَسُوْلِ اللهِ). (HR.Ahmad, Ibnu Hibban, Thabrani dalam Al-Kabiir, Haakim, dan Baihaqi dari Ibnu Umar. SHAHIH).[9]         

٦٢٨٤ــ كُلُّ أَمْرٍ ذِى بَالٍ لَايُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ أَقطَعُ (عبد القادر الرهاوى فى الأَبعين) عن أبي هريرة (ض)ـ

          6284- Setiap perkara baik yang tidak diawali dengan basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ) maka terputus. (HR.Abdul Qadir ar-Rahawi dal Al-Arba`iin dari Abu Hurairah. DHAIF)[10]



[1] Jaami`ush Shaghiir 6903. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6903.

[2] Jaami`ush Shaghiir 6632. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6632.

[3] Jaami`ush Shaghiir 805. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 805.

[4] Jaami`ush Shaghiir 6383. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6383.

[5] Jaami`ush Shaghiir 873. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 873.

[6] Jaami`ush Shaghiir 504. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 504.

[7] Jaami`ush Shaghiir 7404. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 7404.

[8] Jaami`ush Shaghiir 9895. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 9895.

[9] Jaami`ush Shaghiir 893. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 893.

[10] Jaami`ush Shaghiir 6284. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 6284.

=

REFERENSI

Lubabul Hadits online

https://ketabonline.com/ar/books/67660

Tankihul Qaul online

https://ketabonline.com/ar/books/20789

Jaami`ush Shaghiir 226 Cintailah arab Quraisy

  

ــ أحِبُّوا قُرَيْشاً فإِنَّهُ مَنْ أحَبَّهُمْ أحَبَّهُ الله (طب) عَن سهل بن سعد (ض)ـ

226- Cintailah orang Quraisy karena sesungguhnya barangsiapa mencitai mereka maka Allah akan mencintainya. DHAIF)[1]



[1] Fathul Kabiir 355., Jam`ul Jawaami` 635., Jaami`ush Shaghiir 226.

=


FATHUL KABIIR

KENAPA KITA HARUS MENCINTAI BANGSA ARAB? TERLEBIH KAUM QURAISY DAN HABAIB. (Syarah Fathul Kabir Imam Suyuthi)

 

٣٥٣ــ أحِبُّوا العَرَبَ لِثَلاَثٍ لأنِّي عَرَبِيٌّ والقُرْآنُ عَرَبيٌّ وكلامُ أهْلِ الجَنَّةِ عَرَبِيٌّ (عق طب ك هَب) عَن ابْن عَبَّاس (صح)ـ

353- Cintailah orang arab karena tiga alasan: Karena aku orang arab, karena Al-Qur`an berbahasa arab dan karena bahasa surga adalah bahasa arab. (HR. Uqaili, Tabraani dalam Al-Kabir, Haakim dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Ibnu Abbas. SHAHIH) .[1]

Apabila cinta seseorang kepada bangsa arab karena Rasulullah saw juga orang arab, karena Al-Qur`an juga berbahasa arab dan karena bahasa penduduk surga juga berbahasa arab maka rasa cintanya tersebut bisa menjadi jalan (bukti) jika dia benar – benar mencintai Rasulullah saw, jika dia benar – benar mencintai Al-Qur`an dan jika dia benar – benar kandidat penduduk surga. Begitu juga apabila seeorang merendahkan atau membenci bangsa arab karena ketiga alasan tersebut maka dia bisa menjadi kafir.

Ketahuilah ada enam orang Nabi dari bangsa arab: Nuh, Hud, Ismail, Shaleh, Syuaib, Muhammad saw.

Tetapi jika membenci bangsa arab karena kekafirannya atau karena kemunafikannya maka hal tersebut menjadi wajib hukumnya. Maksudnya kita wajib benci terhadap prilaku kafir dan prilaku munafik orang arab. Dengan demikian maka jelaslah bagi kita bahwa terkadang kita wajib mencintai bangsa arab dan terkadang kita wajib membenci bangsa arab.[2]

 

٣٥٤ــ أحِبُّوا العَرَبَ وبَقاءَهُمْ فإنَّ بَقاءَهُمْ نورٌ فِي الإسْلامِ وإنَّ فَناءَهُمْ ظُلْمَةٌ فِي الإسْلامِ ( أَبُو الشَّيْخ فِي الثَّوَاب) عَن أبي هُرَيْرَةَ (ض)ـ

354- Cintailah orang arab dan kelestarian mereka karena sesungguhnya kelestarian mereka adalah cahaya di dalam islam dan kehancuran mereka adalah kegelapan di dalam islam. ( HR. Abu Syeh di dalam al-Tsawaab dari Abu Hurairah. DHAIF)[3]

٣٥٥ــ أحِبُّوا الفُقَراءَ وجالِسُوهُمْ وأحبَّ العَرَبَ منْ قلْبِكَ ولْيَرُدَّكَ عنِ النَّاسِ مَا تعْلَمُ مِنْ نَفْسِكَ (ك) عنْ أبي هُرَيْرَة (صح)ـ

355- Cintailah orang fakir dan duduklah bersama mereka. Cintailah orang arab dari dalam lubuk hatimu. Pengetahuanmu tentang (kekurangan ) dirimu cukuplah sebagai alasan untuk tidak meremehkan orang lain. (HR. Haakim dari Abu Hurairah, SHAHIH)[4]

٣٥٦ــ أحِبُّوا الله لما يَغْذُوكُمْ بِهِ مِنْ نعَمِهِ وأحِبُّونِي لحبِّ الله وأحِبُّوا أهلَ بَيْتِي لِحُبِّي (ت ك) عَنِ ابْنِ عبَّاسٍ (صح)ـ

356- Cintailah Allah karena nikmat makanan dan minuman yang diberikan kepada kalian, cintailah aku karena cinta kepada Allah, cintailah ahli bait (keluargaku) karena cinta kepadaku. ([HR Tirmidzi dan Haakim dari Ibnu Abbas. SHAHIH)[5]

Kita wajib mencintai Allah swt karena Dia-lah yang telah memberi aneka macam nikmat yang berkaitan dengan panca indra seperti nikmat penglihatan, pendengran, penciuman, nikmat bicara, dan nikmat mudahnya memenuhi semua kebutuhan jasmaniah kita. Dan Dia pula yang telah memberikan nikmat – nikmat maknawiyah / batiniah seperti hidayah, taufik, makrifah, cahaya hati, nikmat iman, nikmat islam, nikmat takwa, dan nikmat lainnya.

Cintailah Nabi karena Allah swt mencintainya dan cintailah ahlul bait (kelurga Nabi) karena Nabi mencintainya, cintailah habaib dan syarifah karena Ahlul bait mencintainya, begitu seterusnya.

إِذَا أحَبَّ اللَّهُ العَبْدَ نَادَى جِبْرِيلَ: إنَّ اللَّهَ يُحِبُّ فُلَانًا فأحْبِبْهُ، فيُحِبُّهُ جِبْرِيلُ، فيُنَادِي جِبْرِيلُ في أهْلِ السَّمَاءِ: إنَّ اللَّهَ يُحِبُّ فُلَانًا فأحِبُّوهُ، فيُحِبُّهُ أهْلُ السَّمَاءِ، ثُمَّ يُوضَعُ له القَبُولُ في الأرْضِ (البخاري ـ 6040) عن أبى هريرة (صح)ـ

            Apabila Allah swt mencintai seorang hamba maka Dia memanggil Malaikat Jibril dan berfirman: “Sesungguhnya Allah mencintai si fulan maka kamu cintailah ia”, maka Malaikat Jibrilpun mencintainya, kemudian Malaikat Jibril menyeru ahli langit (Malaikat): “Sesungguhnya Allah mencintai si fulan maka kalian cintailah ia”, kemudian ahli langit pun mencintainya. Setelah itu kemudian diperuntukan untuknya penerimaan (dengan baik) oleh penduduk bumi. (HR. Bukhari dari Abu Hurairah. SHAHIH)[6]

٣٥٧ــ أحِبُّوا المَعْرُوفَ وأهْلَهُ فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّ البَرَكَةَ والعافِيَةَ مَعَهُما (أَبُو الشَّيْخ) عَن أبي سَعيدٍ ()ـ

357- Cintailah kebaikan dan ahli kebaikan karena demi Dzat yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya sesungguhnya keberkahan dan keselamatan ada bersama keduanya. HR. Abu Syeh dari Abu Sa`iid. Tertulis tanpa status hadits SHAHIH/HASAN/DHAIF)[7]

٣٥٩ــ أحِبُّوا قُرَيْشاً فإِنَّهُ مَنْ أحَبَّهُمْ أحَبَّهُ الله (طب) عَن سهل بن سعد (ض)ـ

359- Cintailah orang Quraisy karena sesungguhnya barangsiapa mencitai mereka maka Allah akan mencintainya. DHAIF)[8]

=

 

 



[1] Fathul Kabiir 353., Jam`ul Jawaami` 634., Jaami`ush Shaghiir 225.

[2] Faidhul Qadiir penjelasan hadits nomor 225.

[3] Fathul Kabiir 354., Jam`ul Jawaami` 637., Jaami`ush Shaghiir.

[4] Fathul Kabiir 355., Jam`ul Jawaami` 636., Jaami`ush Shaghiir 227.

[5] Fathul Kabiir 356., Jam`ul Jawaami` 633., Jaami`ush Shaghiir 224.

[6] Faidhul Qadiir penjelasan hadits nomor 224.

[7] Fathul Kabiir 357., Jam`ul Jawaami` 639., Jaami`ush Shaghiir .

[8] Fathul Kabiir 355., Jam`ul Jawaami` 635., Jaami`ush Shaghiir 226.

=

Kenapa kita harus mencintai orang arab, arab Quraiys, dan Para Habib?

  

KENAPA KITA HARUS MENCINTAI BANGSA ARAB? TERLEBIH KAUM QURAISY DAN HABAIB. (Syarah Fathul Kabir Imam Suyuthi)

 

٣٥٣ــ أحِبُّوا العَرَبَ لِثَلاَثٍ لأنِّي عَرَبِيٌّ والقُرْآنُ عَرَبيٌّ وكلامُ أهْلِ الجَنَّةِ عَرَبِيٌّ (عق طب ك هَب) عَن ابْن عَبَّاس (صح)ـ

353- Cintailah orang arab karena tiga alasan: Karena aku orang arab, karena Al-Qur`an berbahasa arab dan karena bahasa surga adalah bahasa arab. (HR. Uqaili, Tabraani dalam Al-Kabir, Haakim dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Ibnu Abbas. SHAHIH) .[1]

Apabila cinta seseorang kepada bangsa arab karena Rasulullah saw juga orang arab, karena Al-Qur`an juga berbahasa arab dan karena bahasa penduduk surga juga berbahasa arab maka rasa cintanya tersebut bisa menjadi jalan (bukti) jika dia benar – benar mencintai Rasulullah saw, jika dia benar – benar mencintai Al-Qur`an dan jika dia benar – benar kandidat penduduk surga. Begitu juga apabila seeorang merendahkan atau membenci bangsa arab karena ketiga alasan tersebut maka dia bisa menjadi kafir.

Ketahuilah ada enam orang Nabi dari bangsa arab: Nuh, Hud, Ismail, Shaleh, Syuaib, Muhammad saw.

Tetapi jika membenci bangsa arab karena kekafirannya atau karena kemunafikannya maka hal tersebut menjadi wajib hukumnya. Maksudnya kita wajib benci terhadap prilaku kafir dan prilaku munafik orang arab. Dengan demikian maka jelaslah bagi kita bahwa terkadang kita wajib mencintai bangsa arab dan terkadang kita wajib membenci bangsa arab.[2]

 

٣٥٤ــ أحِبُّوا العَرَبَ وبَقاءَهُمْ فإنَّ بَقاءَهُمْ نورٌ فِي الإسْلامِ وإنَّ فَناءَهُمْ ظُلْمَةٌ فِي الإسْلامِ ( أَبُو الشَّيْخ فِي الثَّوَاب) عَن أبي هُرَيْرَةَ (ض)ـ

354- Cintailah orang arab dan kelestarian mereka karena sesungguhnya kelestarian mereka adalah cahaya di dalam islam dan kehancuran mereka adalah kegelapan di dalam islam. ( HR. Abu Syeh di dalam al-Tsawaab dari Abu Hurairah. DHAIF)[3]

٣٥٥ــ أحِبُّوا الفُقَراءَ وجالِسُوهُمْ وأحبَّ العَرَبَ منْ قلْبِكَ ولْيَرُدَّكَ عنِ النَّاسِ مَا تعْلَمُ مِنْ نَفْسِكَ (ك) عنْ أبي هُرَيْرَة (صح)ـ

355- Cintailah orang fakir dan duduklah bersama mereka. Cintailah orang arab dari dalam lubuk hatimu. Pengetahuanmu tentang (kekurangan ) dirimu cukuplah sebagai alasan untuk tidak meremehkan orang lain. (HR. Haakim dari Abu Hurairah, SHAHIH)[4]

٣٥٦ــ أحِبُّوا الله لما يَغْذُوكُمْ بِهِ مِنْ نعَمِهِ وأحِبُّونِي لحبِّ الله وأحِبُّوا أهلَ بَيْتِي لِحُبِّي (ت ك) عَنِ ابْنِ عبَّاسٍ (صح)ـ

356- Cintailah Allah karena nikmat makanan dan minuman yang diberikan kepada kalian, cintailah aku karena cinta kepada Allah, cintailah ahli bait (keluargaku) karena cinta kepadaku. ([HR Tirmidzi dan Haakim dari Ibnu Abbas. SHAHIH)[5]

Kita wajib mencintai Allah swt karena Dia-lah yang telah memberi aneka macam nikmat yang berkaitan dengan panca indra seperti nikmat penglihatan, pendengran, penciuman, nikmat bicara, dan nikmat mudahnya memenuhi semua kebutuhan jasmaniah kita. Dan Dia pula yang telah memberikan nikmat – nikmat maknawiyah / batiniah seperti hidayah, taufik, makrifah, cahaya hati, nikmat iman, nikmat islam, nikmat takwa, dan nikmat lainnya.

Cintailah Nabi karena Allah swt mencintainya dan cintailah ahlul bait (kelurga Nabi) karena Nabi mencintainya, cintailah habaib dan syarifah karena Ahlul bait mencintainya, begitu seterusnya.

إِذَا أحَبَّ اللَّهُ العَبْدَ نَادَى جِبْرِيلَ: إنَّ اللَّهَ يُحِبُّ فُلَانًا فأحْبِبْهُ، فيُحِبُّهُ جِبْرِيلُ، فيُنَادِي جِبْرِيلُ في أهْلِ السَّمَاءِ: إنَّ اللَّهَ يُحِبُّ فُلَانًا فأحِبُّوهُ، فيُحِبُّهُ أهْلُ السَّمَاءِ، ثُمَّ يُوضَعُ له القَبُولُ في الأرْضِ (البخاري ـ 6040) عن أبى هريرة (صح)ـ

            Apabila Allah swt mencintai seorang hamba maka Dia memanggil Malaikat Jibril dan berfirman: “Sesungguhnya Allah mencintai si fulan maka kamu cintailah ia”, maka Malaikat Jibrilpun mencintainya, kemudian Malaikat Jibril menyeru ahli langit (Malaikat): “Sesungguhnya Allah mencintai si fulan maka kalian cintailah ia”, kemudian ahli langit pun mencintainya. Setelah itu kemudian diperuntukan untuknya penerimaan (dengan baik) oleh penduduk bumi. (HR. Bukhari dari Abu Hurairah. SHAHIH)[6]

٣٥٧ــ أحِبُّوا المَعْرُوفَ وأهْلَهُ فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّ البَرَكَةَ والعافِيَةَ مَعَهُما (أَبُو الشَّيْخ) عَن أبي سَعيدٍ ()ـ

357- Cintailah kebaikan dan ahli kebaikan karena demi Dzat yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya sesungguhnya keberkahan dan keselamatan ada bersama keduanya. HR. Abu Syeh dari Abu Sa`iid. Tertulis tanpa status hadits SHAHIH/HASAN/DHAIF)[7]

٣٥٩ــ أحِبُّوا قُرَيْشاً فإِنَّهُ مَنْ أحَبَّهُمْ أحَبَّهُ الله (طب) عَن سهل بن سعد (ض)ـ

359- Cintailah orang Quraisy karena sesungguhnya barangsiapa mencitai mereka maka Allah akan mencintainya. DHAIF)[8]

=

 



[1] Fathul Kabiir 353., Jam`ul Jawaami` 634., Jaami`ush Shaghiir 225.

[2] Faidhul Qadiir penjelasan hadits nomor 225.

[3] Fathul Kabiir 354., Jam`ul Jawaami` 637., Jaami`ush Shaghiir.

[4] Fathul Kabiir 355., Jam`ul Jawaami` 636., Jaami`ush Shaghiir 227.

[5] Fathul Kabiir 356., Jam`ul Jawaami` 633., Jaami`ush Shaghiir 224.

[6] Faidhul Qadiir penjelasan hadits nomor 224.

[7] Fathul Kabiir 357., Jam`ul Jawaami` 639., Jaami`ush Shaghiir .

[8] Fathul Kabiir 355., Jam`ul Jawaami` 635., Jaami`ush Shaghiir 226.

Fathul Kabiir 359 Citailah orang Quraisy

  

٣٥٩ــ أحِبُّوا قُرَيْشاً فإِنَّهُ مَنْ أحَبَّهُمْ أحَبَّهُ الله (طب) عَن سهل بن سعد (ض)ـ

359- Cintailah orang Quraisy karena sesungguhnya barangsiapa mencitai mereka maka Allah akan mencintainya. DHAIF)[1]



[1] Fathul Kabiir 355., Jam`ul Jawaami` 635., Jaami`ush Shaghiir 226.