Laman

Sabtu, 29 September 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00070 (Abu Bakar manusia terbaik selain Nabi)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00070 (Abu Bakar manusia terbaik selain Nabi)

أَبُوبَكْرٍ خَيْرُ النّاسِ إِلَّا أَنْ يَكُوْنَ نَبِيٌّ 

Artinya
Abu Bakar sebaik - baik manusia, selain yang Nabi

[HR Thabrani dalam Al-Kabir dan Ibnu Adi dari Salamah bin Akwa`]

Penjelasan
Setelah Nabi Muhammad SAW wafat maka Abu Bakar menjadi orang terbaik, selain para Nabi dan Rasul (misalnya Nabi Isa as dan Nabi Khidhir as)

Sumber
- Imam Suyuthi. tth. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Indonesia: Dar Ihya.  Jilid.I. hlm.5. hadits nomor 00070.
- Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.17. hadits nomor 00070.
- Imam Suyuthi. 1995. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.49. hadits nomor.00069.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Imran Rosadi. et.al.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.4., Jilid. I., Hlm. . hadits nomor. .
- Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 1972. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Beirut:  Darul Ma'rifah, cet.2.  Jilid.I. hlm.90.  hadits nomor 00070.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid I. Hlm.261. hadits nomor 00070.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.17. hadits nomor 00070.

Jumat, 28 September 2018

KOLESTEROL VS JATI BELANDA


 HERBAL PENURUN KOLESTEROL ORDER SMS 085227044550

Kolesterol VS Jati belanda
Daun jati belanda (dalam tiga bentuk ekstrak air, ekstrak etanol, dan fraksi aktif steroid)  terbukti ampuh menurunkan kadar lipid darah (TPC, trigliserida, LDL, dan HDL). Kadar TPC, LDL, dan trigliserida
Ekstrak jati belanda mengandung tannin yang dapat menghambat enzim lipase pankreas. Enzim ini penting dalam proses absorpsi makanan dan proses pencernaan.
Cara membuat ramuan misalnya adalah, Ambil beberapa lembar daun jati belanda kering. Seduh dengan air panas secukupnya, seperti membuat teh. Saring sebelum diminum. Agar tidak hambar, tambahkan satu sendok madu atau gula batu.

sumber

Diabetes VS Kelor


Diabetes VS Kelor

Daun kelor terbukti secara ilmiah bisa menurunkan kadar gula dalam darah.  Hal terseebut misalnya karena kandungan methanol yang terkandung dalam daun kelor. 

Untuk mengobati diabetes anda cukup mengambil segenggam daun kelor kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga menjadi satu gelas. Minum sehari dua kali. Demikian dijelaskan dalam buku  Herbal Praktis Berkhasiat terbitan PT Trubus Swadaya hlm.33.


Hepatitis VS Sirih Merah


Hepatitis VS Sirih Merah
Sirih merah merupakan salah satu herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan hati dengan cara merebus 6 lembar daun sirih tua berukuran besar dengan 4 gelas air (800 ml) hingga tersisa sekitar 1,5 gelas (300 ml). Sebelum direbus daun sirih tua bisa dicuci bersih pada air yang mengalir ecara berulang-ulang. Minumlah air rebusan sirih merah tiga kali sehari dan sekali minum setengah gelas. Akan lebih baik jika setiap minum ditambahkan tiga sendok teh madu murni. (Sadewo.2005. 86)
Sumber
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka



Ginjal VS Sirih Merah


Ginjal VS Sirih Merah
Sirih merah merupakan salah satu herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan ginjal denan cara merebus 8 lembar daun sirih muda dengan 4 gelas air (800 ml) hingga tersisa sekitar 1,5 gelas (300 ml). Sebelum direbus daun sirih muda bisa dicuci bersih dan diiris kecil – kecil terlebih dahulu. Sebelum diminum biarkan air rebusan daun sirih merah mengendap dan dingin.  Minumlah air rebusan sirih merah tiga kali sehari dan sekali minum setengah gelas. (Sadewo.2005. 83)
Sumber
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka



Kanker Rahim VS Sirih Merah


Kanker Rahim VS Sirih Merah
Sirih merah merupakan salah satu herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi kanker rahim, caranya denga merebus 7 lembar daun sirih merah ditambah batang sirih merah sekitar 15 cm dengan 4 gelas air (800 ml) hingga menjadi 2 gelas (400 ml). Minum setengah gelas selagi hangat setiap pagi dan sore. Anda juga bisa menambahkan dua sendok madu dan jeruk nipis agar rasanya makin enak. (Sadewo.2005.78)
Sumber:
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka



Asam Urat VS Sirih Merah


Asam Urat VS Sirih Merah
Sirih merah merupakan salah satu herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi asam urat, caranya denga merebus 7 lembar daun sirih merah ditambah batang sirih merah sekitar 15 cm dengan 4 gelas air (800 ml) hingga menjadi 2 gelas (400 ml). Minum setengah gelas selagi hangat setiap pagi dan sore. Anda juga bisa menambahkan dua sendok madu dan jeruk nipis agar rasanya makin enak. (Sadewo.2005.78)
Sumber:
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka



TBC VS Sirih Merah


TBC VS Sirih Merah
Sirih merah merupakan salah satu herbal yang berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi TBC. Cara memanfaatkannya anda cukup merebus sekitar dua lembar daun sirih merah dengan dua gelas air (400 ml) hingga jadi satu gelas. Minum selagi hangat. Lakukan sehari tiga kali. (Sadewo.2005.77.)
Sumber
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka




Prostat VS Sirih merah


Prostat VS Sirih merah
Sirih merah merupakan salah satu herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi radang prostat. Caranya sekitar 6 lembar daun sirih merah yang masih muda direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas. Setelah dingin lalu diminum. Bisa ditambahkan dua sendok makan madu agar rasanya lebih nikmat. Lakukan sehari dua kali atau sesuai petunjuk ahli. (Sadewo.2005.75)
Sumber:
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka


Jantung koroner VS SIRIH MERAH



Jantung Koroner VS Sirih Merah
Sirih merah merupakan salah satu herbal yang berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi jantung koroner. Cara memanfaatkannya anda cukup merebus sekitar dua lembar daun sirih merah dengan dua gelas air (400 ml) hingga jadi satu gelas. Minum selagi hangat sebelum makan pada waktu pagi dan sore hari. (Sadewo.2005.74.)
Sumber
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka

Diabetes / Kencing manis / Gula darah VS SIRIH MERAH


ORDER SMS 085227044550
Diabetes VS Sirih Merah
Sirih merah banyak mengandung kandungan berkhasiat seperti  alkaloid, tannin, saponin, flavonoid, polifenal, kavikol, kavibetol dan ponlen.
Kandungan berkhasiat tersebutlah yang kemudian menyebabkan sirih merah banyak digunakan untuk proses penyembuhan berbagai penyakit. Sebagian dari manfaat sirih merah adalah untuk mencegah dan mengobati diabetes. Keampuhannya tersebut sudah terbukti secara empiris dan beberapa penelitian juga sudah membuktikannya. Salah satunya adalah penelitain yang sudah dilakukan oleh dosen dari Fakultas MIPA IPB, Mega Safithri,SSi, MSi yang berhasil membuktikan jika sirih merah mampu menurunkan kadar glukosa darah.
Salah satu kandungan sirih merah yang dipercaya bisa menurunkan kadar gula dalam darah adalah flavonoid. Dalam menurunkan gula darah, flavonoid memiliki mekanisme aksi, antara lain menghambat aktivitas enzim a-glukosidase, menghambat oksidasi asam lemak, dan menangkap radikal bebas.(Agung.2013)
Sirih merah juga relative aman jika dikonsumsi jangka panjang karena tidak bersiat toksik, tidak merusak organ ginjal dan hati
Bambang Sudewo pakar pengobatan dan penulis buku Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah menyarankan kepada kita cara membuat ramuan sirih merah untuk mengatasi diabetes seperti berikut. Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih, iris kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air (600 ml) sehingga menjadi 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali dan sekali minum setengah gelas. (Sadewo.2005,73)
Sumber
Agung, 28 November 2013, “Sirih Merah Untuk Obat Diabetes Inovasi Tim UGM“, 08 September 2017, https://www.ugm.ac.id/id/berita/8448-sirih.merah.untuk.obat.diabetes.inovasi.tim.ugm
Sadewo, Bambang, 2005, Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah, Jakarta: Agromedia Pustaka













Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00069 (Kedudukan Abu Bakar dan Umar)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00069 (Kedudukan Abu Bakar dan Umar)

أَبُو بَكْرٍ وَ عُمَرُ مِنِّى بِمَنْزِلَةِ السَّمْعِ وَ الْبَصَرِ مِنَ الرّأْسِ

Artinya
(Kemuliaan) Abu Bakar dan Umar terhadapku bagaikan kedudukan pendengaran dan penglihatan terhadap kepala.

[HR Abu Ya`la dari Muthalib bin Abdillah bin Hunthub dari bapaknya dari kakeknya, Ibnu Abdil Bar berkata: Dia tidak punya hadits  selain hadits ini. Dan riwayat Abu Nu`aim dari Ibnu Abbas dan Riwayat Khathib dari Jabir.]

Penjelasan
Kedudukan Abu Bakar dan Umar dalam islam begitu penting dan mulia bagaikan kedudukan pendengaran dan penglihatan bagi kita. Kedudukan tersebut diperoleh Abu Bakar dan Umar karena keduanya merupakan orang yang paling bersemangat dalam menerima dan mengamalkan kebenaran. Orang yang sungguh - sungguh dalam memikirkan dan mengambil i`tibar dari ayat - ayat Allah SWT.

Sumber
- Imam Suyuthi. tth. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Indonesia: Dar Ihya.  Jilid.I. hlm.5. hadits nomor 00069.
- Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits.. hlm.16. hadits nomor 00069.
- Imam Suyuthi. 1995. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.48. hadits nomor.00069.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Imran Rosadi. et.al.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.4., Jilid. I., Hlm. . hadits nomor. .
- Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 1972. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Beirut:  Darul Ma'rifah, cet.2.  Jilid.I. hlm.89.  hadits nomor 00069.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid I. Hlm.259. hadits nomor 00069.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.16. hadits nomor 00069.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 26 September 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00067 (Hak Air zam - zam untuk Ibnu Sabil)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00067 (Hak Ibnu Sabil)

ابْنُ السَّبِيْلِ أَوَّلُ شَارِبٍ . يَعْنِى مِنْ زَمْزَمَ .

Artinya
Orang yang dalam perjalanan adalah orang yang (berhak) pertama kali minum (dari air sumur zam-zam)

[HR Tabrani dalam Ash-Shaghir dari Abu Hurairah. HASAN]

Penjelasan
Ketika terjadi antrian untuk minum air zam-zam antara ibnu sabil / musafir dengan mukimin (penduduk setempat) atau yang lainnya maka yang berhak lebih dahulu mendapatkan air zam-zam adalah ibnu sabil.

 =

صحيح الجامع الصغير للإمام السيوطي

SHAHIH AL-JAMI ASH-SHAGHIR 
Imam Suyuthi

Hadits 31-40

=

٥٨ـ٣١ـ أَبْغُوْنِى آلضُّعَفَاءَ فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَ تُنصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ (حم م حب حد ك) عن أبي الدرداء (صح)ـ[1]

                [58](31)- Carikanlah aku para dhuafa, karena sesungguhnya kalian diberi rizki dan pertolongan karena para dhuafa. (HR. Ahmad, Muslim, Ibnu Hibban dan Hakim dari Abu Dardaa, SHAHIH)

٥٩ـ٣٢ـ أَبْلِغُوْا حَاجَةَ مَنْ لَايَسْتَطِيْعُ إِبْلَاغَ حَاجَتِهِ، فَمَنْ أَبْلَغَ سُلْطَانًا حَاجَةَ مَنْ لَايَسْتَطِيْعُ إِبْلَاغَهَا ثَبَّتَ اللهُ قَدَمَيْهِ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ الْقِيامَةِ (طب) عن أبي الدرداء (ح)ـ[2]

                [59](32)- Sampaikanlah hajat orang yang tidak bisa menyampaikan hajatnya. Karena barang siapa yang menyampaikan kepada penguasa hajat orang yang tidak mampu menyampaikannya maka Allah SWT akan meneguhkan kedua kakinya diatas shirat pada hari kiamat. (HR Thabrani dalam Al-Kabir dari Abu Darda. Hasan)

٦٠ـ٣٣ـ ابْنُوْآلْمَسَاجِدَ وَاتَّخِدُوْهَاجُمًّا (ش هق) عن أنس (ح)ـ[3]

                [60](33)- Bangunlah masjid-masjid dan jadikanlah tanpa hiasan. (HR Ibnu Abi Syaibah dan Baihaqi dari Anas. HASAN)

٦١ـ٣٤ـ ابْنُوْا مَسَاجِدَكُمْ جُمًّا  و ابْنُوْا مَدَائِنَكُمْ مُشَرّفَةً (ش) عن إبن عباس (ح)ـ[4]

                [61](34)- Bangunlah majid kalian tanpa hiasan dan bangunlah kota kalian dengan hiasan (HR Ibnu Abi Syaibah dari Ibnu Abbas. HASAN)

٦٢ـ٣٥ـ ابْنُوا الْمَسَاجِدَ، وَ أَخْرِجُوْا الْقُمَامَةَ مِنْهَا، فَمَنْ بَنَى لِلَّهِ بَيْتًا بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ، وَ إِخْرَاجُ الْقُمَامَةِ مِنْهَا مُهُوْرُ الْحُوْرِ الْعِيْنِ (طب والضياء في المختارة) عن أبي قرصافة (صح)ـ[5]

                [62](35)- Bangunlah masjid - masjid dan keluarkanlah sampah darinya, karena barang siapa yang membangun rumah (ibadah) bagi Allah maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga. Mengeluarkan sampah dari masjid adalah maskawinnya bidadari. (HR. Thabrani dalam AlKabir dan Dliyaa dalam Al-Mukhtaarah dari Abu Qarshaafah, SHAHIH)

٦٣ـ٣٦ـ أَبِنِ الْقَدْحَ عَنْ فِيكَ ثُمَّ تَنَفَّسْ (سِمَوَيْهِ فِي فَوَائِدِهِ) (هب) عن أبي سعيد (ح)ـ[6]

                [63](36)- Jauhkanlah tempat minum dari mulutmu, kemudian bernafaslah. (HR. Samawaih dalam Fawaaid, Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Abu Sa`id,)

٦٥ـ٣٧ـ ابْنَ آدَمَ، عِنْدَكَ مَا يَكْفِيكَ، وَ أَنْتَ تَطْلُبُ مَا يُطْغِيْكَ. ابْنَ آدَمَ، لَا بِقَلِيلٍ تَقْنَعُ وَلَابِكَثِيْرٍ تَشْبَعُ. ابْنَ آدَمَ، إِذَا أَصْبَحْتَ مُعَافًى فِى جَسَدِكَ، آمِنًا فِى سِرْبِكَ، عِنْدَكَ قُوْتُ يَوْمِكَ، فَعَلَى الدُّنْيَا ٱلعَفَاءُ. (عد هب) عن إبن عمر (صح)ـ[7]

                [65](37)- Wahai anak adam, engkau mempunyai yang mencukupimu tetapi engkau malah mencari yang membuatmu melampaui batas. Wahai anak adam, engkau tidak akan puas dengan yang sedikit dan tidak akan kenyang dengan yang banyak. Wahai anak adam jika di waktu pagi badanmu sehat, hatimu merasa aman, dan punya makanan untuk harimu tersebut, maka biarlah dunia binasa (perduli amat dengan urusan dunia). (HR. Ibnu `Adi dan Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Ibnu Umar, SHAHIH)

٦٦ـ٣٨ـ ابْنُ أُخْتِ الْقَوْمِ مِنهُمْ (حم ق ت ن) عن أنس (د) عن أبي موسى (طب) عن جبير ابن مطعم، وعن إبن عباس، وعن أبي مالك الأشعري (صح)ـ[8]

                [66](38)- Anak laki-laki dari saudara perempuan suatu kaum adalah bagian dari mereka (kaum tersebut). (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Anas. Riwayat Abu Dawud dari Abu Musa. Riwayat Thabrani dalam Al-Kabir dari Ibnu Abbas dan dari Abu Malik Al- Asy`ari, SHAHIH )

٦٧ـ٣٩ـ ابْنُ السَّبِيْلِ أَوَّلُ شَارِبٍ . يَعْنِى مِنْ زَمْزَمَ (طص) عن أبي هريرة (ح)ـ[9]

                [67](39)- Orang yang dalam perjalanan adalah orang yang (berhak) pertama kali minum (dari air sumur zam-zam). (HR Tabrani dalam Ash-Shaghir dari Abu Hurairah. HASAN)

٦٨ـ٤٠ـ أَبُوبَكْرٍ وَ عُمَرُ سَيِّدَاكُهُوْلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ مِنَ الْأَوَّلِيْنَ وَ الْآخِرِيْنَ، إِلَّا النَّبِيِّيْنَ وَ الْمُرْسَليْنَ (حم ت ه) عن علي (ه) عن أبي جحيفة (ع) والضياء في المختارة عن أنس (طص) عن جابر وعن أبي سعيد (صح)ـ[10]

                [68](40)- Abu Bakar dan Umar adalah pemimpin orang - orang tua ahli surga dari jaman awal dan akhir, selain para Nabi dan Rasul. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Maajah dari Ali. Riwayat Ibnu Majah dari Abu Juhaifah. Riwayat Abu Ya`laa dan Dliyaa dalam Al-Mukhtarah dari Anas. Riwayat Thabraani dalam As-Shaghir dari Jabir dan dari Abu Sa`id, SHAHIH)


[1] Jam`ul Jawaami`: 156., Jami`us Shaghir: 58., Fathul Kabiir: 87., Kunuuzul Haqaaiq: .

[2] Jam`ul Jawaami`: 161., Jami`us Shaghir: 59., Fathul Kabiir: 89., Kunuuzul Haqaaiq: .

[3] Jam`ul Jawaami`: 183., Jami`us Shaghir: 60., Fathul Kabiir: 100., Kunuuzul Haqaaiq: 56.

[4] Jam`ul Jawaami`: 184., Jami`us Shaghir: 61., Fathul Kabiir: 102., Kunuuzul Haqaaiq: .

[5] Jam`ul Jawaami`: 185., Jami`us Shaghir: 62., Fathul Kabiir: 101., Kunuuzul Haqaaiq: .

[6] Jam`ul Jawaami`: 166., Jami`us Shaghir: 63., Fathul Kabiir: 97., Kunuuzul Haqaaiq: .

[7] Jam`ul Jawaami`: 168., Jami`us Shaghir: 65., Fathul Kabiir: 92., Kunuuzul Haqaaiq: .

[8] Jam`ul Jawaami`: 177., Jami`us Shaghir: 66., Fathul Kabiir: 93., Kunuuzul Haqaaiq: 53.

[9] Jam`ul Jawaami`: 178., Jami`us Shaghir: 67., Fathul Kabiir: 95., Kunuuzul Haqaaiq: .

[10] Jam`ul Jawaami`: 190., Jami`us Shaghir: 68., Fathul Kabiir: 108., Kunuuzul Haqaaiq: .

=
Sumber
- Imam Suyuthi. tth. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Indonesia: Dar Ihya.  Jilid.I. hlm.5. hadits nomor 00067.
- Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits.. hlm.16. hadits nomor 00067.
- Imam Suyuthi. 1995. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.48. hadits nomor.00067.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Imran Rosadi. et.al.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.4., Jilid. I., Hlm.92 . hadits nomor.44 .
- Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 1972. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Beirut:  Darul Ma'rifah, cet.2.  Jilid.I. hlm.88.  hadits nomor 00067.


- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid I. Hlm.257. hadits nomor 00067.


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.16. hadits nomor 00067.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00064 (Manusia berakal dan manusia bodoh)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 00064 (Manusia berakal dan manusia bodoh)

ابْنَ آدَمَ، أَطِعِ رَبَّكَ تُسَمَّى عَاقِلًا، وَلَاتَعْصِهِ فَتُسَمَّى جَاهِلًا

Artinya
Hai anak adam, taatilah Tuhanmu agar kamu dinamakan orang berakal, dan janganlah kamu mendurhakai Tuhanmu agar kamu tidak dinamakan orang bodoh.

Penjelasan
Orang berakal adalah orang yang taat kepada Allah SWT walaupun dia terlihat jelek dan hina, orang bodoh adalah orang yang durhaka kepada Allah SWT meskipun dia terlihat gagah dan mulia.


Sumber
- Imam Suyuthi. tth. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Indonesia: Dar Ihya.  Jilid.I. hlm.5. hadits nomor 00064.
- Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits.. hlm.16. hadits nomor 00064.
- Imam Suyuthi. 1995. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid I. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.47. hadits nomor.00064.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Imran Rosadi. et.al.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.4., Jilid. I., Hlm. . hadits nomor. .
- Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 1972. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Beirut:  Darul Ma'rifah, cet.2.  Jilid.I. hlm.85.  hadits nomor 00064.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid I. Hlm.254. hadits nomor 00064.


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.16. hadits nomor 00064
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH