Laman

Kamis, 06 Desember 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02600 (Orang yang mahir Al-Qur`an)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02600 (Orang yang mahir Al-Qur`an)

إِنَّمَا مَثَلُ صَاحِبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْأِبِلِ الْمُعَقَّلَةِ إِنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أَمْسَكَهَا وَإِنْ أَطْلَقَهَا ذَهَبَتْ

Artinya
Sesungguhnya perumpamaan orangyang mahir membaca Al-Qur`an hanyalah seperti pemilik unta yang terikat, Apabila ia menambatkannya maka ia tetap menahannya dan apabila ia tidak menahannya maka unta itupun pergi.

Penjelasan
Orang yang mahir membaca atau hafal Al-Qur`an karena terus menerus membacanya maka ia menjadi mudah membaca atau terus mempertahnkan hafalannya. Tetapi ketika ia jarang membacanya maka lidahnya menjadi berat dan susah membaa Al-Qur`an sehigga hafalannya sedikit demi sedikit lepas dari kepalanya. Hal tersebut bagaikan unta yang kita ikat dengan tali kekang kemudian kita tambatkan pada sebatang pohon atau tambatan yang lainnya. Selama kita mengikat dan menambatkan unta tersebut maka kita bisa menahannya, tetapi ketika ikatannya kita lepas maka si untapun akanpergi.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.182. hadits nomor 02600
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.164. hadits nomor.02600
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.353 . hadits nomor.2372.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.415. hadits nomor 02600
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.198. hadits nomor 02585


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.182. hadits nomor 02600
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar