- Hadits 06132 [ Qulhuwallah Ahad 1/3 Al-Qur`an [ SHAHIH
- Hadits 06133 [ Qulhuwallah Ahad 1/3 Al-Qur`an, AlKafirun 1/4] SHAHIH
- Hadits 08944 [ Qulhuwallah Ahad 1/3 Al-Qur`an [ SHAHIH
- Hadits 08946 [ Qulhuwallah Ahad 10x dibangunkan rumah di surga] SHAHIH
- Hadits 01334 [ Mu`awwidzat setelah shalat] HASAN
- Hadits 02732 [ Mu`awwidzatain ] SHAHIH
- Hadits 02854 [ Mu`awwidzatain] SHAHIH
- Hadits 06573 [ Mu`awwidzaat dibaca ketika sakit] SHAHIH
- Hadits 06973 [ Mu`awwidzatain - berlindung dari jin dan manusia SHAHIH
- Hadits 00892 [ Membaca Al-Fatihah dan Al-Ikhlash sebelum tidur] HASAN
- Hadits 08954 [ Mu`awwidzaat setelah shalat jum`at ] DHAIF
Laman
Sabtu, 03 April 2021
Bab Keutamaan Surat Al-Mu`awwidzaat (Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Naas)
Jumat, 02 April 2021
Hadits 41-50 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi Kitab Iman
٤١ـ١٦٥ـ اِثْنَتَانِ فِى النَّاسِ هُمَا بِهِمْ
كُفْرٌ: الطَّعْنُ فِى الْأَنْسَابِ، النِّيَاحَةُ عَلَى الْمَيِّتِ (حم م) عن أبى
هريرة (صح) [الجامع:١٦٥، مسلم:٦٧]ــ
[41](165)- Dua perkara dalam diri
manusia yang keduanya adalah kekufuran: mencela nasab (keturunan) dan meratapi
mayat. (HR. Ahmad dan Muslim dari Abi Hurairah. SHAHIH). [Al-Jami:165,
Muslim:67].
٤٢ـ٢٩٥٩ـ أَيُّمَا عَبْدٍ أَبَقَ مِنْ مَوَالِيْهِ
فَقَدْ كَفَرَ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَيْهِمْ (م) عن جابر (صح) [الجامع:٢٩٥٩، مسلم:٦٨]ـ
[42](2959)- Budak mana saja yang
berpaling (melarikan diri) dari tuannya maka dia benar-benar telah kafir (kufur
nikmat) hingga mereka kembali kepada tuan mereka. (HR. Muslim dari Jabir.
SHAHIH), [Al-Jami:2959, Muslim:68].
٤٣ـ٣٣٨ـ إِذَا أَبَقَ الْعَبْدُ لَمْ تُقْبَلْ
لَهُ صَلَاةٌ (م) عن جَرير (صح) [الجامع:٣٣٨، مسلم:٧٠]ـ
[43](338)- Apabila hamba sahaya
melarikan diri maka shalatnya tidak diterima. (HR. Muslim dari Jariir. SHAHIH).
[Al-Jami:338, Muslim:70].
٤٤ـ٢٤ـ آيَةُ الإِيْمَانِ حُبُّ الأَنْصَارِ وَآيَــةُ
النِّفَاقِ بُعْضُ الأَنْصَارِ (حم ق ن) عن أنس [الجامع ٢٤، بخاري ١٧، مسلم ٧٤]ـ
[44](24)-
Tanda
keimanan adalah cinta sahabat anshar dan tanda kemunafikan adalah benci sahabat
anshar. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasaa-i dari Anas, SHAHIH)
[Al-Jami:24, Bukhari:17, Muslim:74]
٤٥ـ٧٩١ـ إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ
فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُوْلُ يَاوَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ
بِالسُّجُوْدِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ
النَّارُ (حم م ه) عن أبي هريرة (صح) [الجامع:٧٩١، مسلم:٨١]ـ
[45](791)- Apabila anak adam
membaca (surat) as-sajdah kemudian bersujud, maka syetan menyeingkir,
menangis dan berkata: “anak adam diperintahkan bersujud dan dia bersujud maka
dia mendapatkan surga, tetapi aku diperintahkan bersujud dan akupun durhaka
maka aku mendapatkan neraka. (HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu
Hurairah. SHAHIH). [Al-Jami:791, Muslim:81]
٤٦ـ٣١٧٠ـ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ
وَالْكُفْرِ تَرْكُ ٱلصَّلَاةِ (م د ت ه) عن جابر (صح) [الجامع:٣١٧٠، مسلم:٨٢]ـ
[46](3170)- Antara
laki-laki dan antara syirik dan kufur adalah shalat. (HR. Muslim, Abu Dawud,
Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Jabir. SHAHIH). [Al-Jami:3170, Muslim:82)
٤٧ـ١٢٥٥ـ أَفْضَلُ الرِّقَابِ أَغْلَاهَا ثَمَنًا
وَ أَنْفَسُهَا عِنْدَ أَهْلِهِ (حم ق ن ه) عن أبي ذر (حم طب) عن أبي أمامة (صح) [الجامع:١٢٥٥،
بخاري:٢٥١٨، مسلم:٨٤]ـ
[47](1255)- Budak sahaya yang
paling utama adalah yang paling mahal harganya dan paling berharga di sisi
tuannya. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaai, Ibnu Majah dari Abi Dzar. Riwayat
Ahmad dan Thabrani dari Abi Umamah. SHAHIH). [Al-Jami:1255, Bukhari:2518,
Muslim:84]
٤٨ـ١٩٦ـ أَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللّهِ الصَّلَاةُ
لِوَقْتِهَا ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ ثُمَّ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللّهِ (حم
ق د ن) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٩٦، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ
[48](196)- Amal yang paling dicintai Allah adalah shalat pada waktunya, berbuat
baik kepada kedua orang tua, kemudian jihad di jalan Allah. (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasaai dari
Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:196, Bukhari:527, Muslim:85]
٤٩ـ١٢٣٣ـ أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ الصَّلَاةُ لِوَقْتِهَا
وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ (م) عن إبن مسعود (صح) [الجامع:١٢٣٣، بخاري:٥٢٧، مسلم:٨٥]ـ
[49](1233)- Amal yang paling utama
adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR Muslim dari Ibnu Mas`ud, SHAHIH). [Al-Jami:1233,
Bukhari:527, Muslim:85]
٥٠ـ١٣٧٤ـ أَكْبَرُ الْكَبَائِرِ اَلْإِشْرَاكُ
بِٱللهِ، وَقَتْلُ النَّفْسِ، وَعُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ، وَشَهَادَةُ ٱلزُّوْرِ (خ)
عن أنس (صح) [الجامع:١٣٧٤، بخاري:٥٩٧٧، مسلم:٨٨]ـ
[50](1374)- Dosa besar yang paling besar adalah Syirik (menyekutukan
Allah SWT), membunuh jiwa, mendurhakai orang tua, dan kesaksian palsu.
(HR. Bukhari dari Anas. SHAHIH). [Al-Jami:1374, Bukhari:5977, Muslim:88]
Hadits 1-10 Shahih Jami'ush Shaghir Imam Suyuthi
بسم الله الرحمن الرحيم
حرف الهمزة
١ـ١ـ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا
لِكُلِّ ٱمْرِئٍ مَانَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى ٱللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى ٱللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ
إِلَى الدُّنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ إمْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَاهَاجَرَ
إِلَيْهِ. (ق ٤) عن عمر بن الخطاب (حل قط) فى غرائب مالك عن أبى سعيد، ابن عساكر فى
أماليه عن أنس، الرشيد العطار فى جزء من تخريجه عن أبى هريرة. [الجامع (١)، البخاري
(١)، مسلم (١٩٠٧) ]ـ[1]
[1](1)- Sesungguhnya
amal - amal itu hanya (dinilai) menurut niatnya. Dan sesungguhnya bagi setiap
orang hanyalah apa yang diniatkannya. Barang siapa yang hijrahnya karena Allah
dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang
hijrahnya untuk dunia yang ingin diraihnya atau kepada perempuan yang akan
dinikahinya maka hijranya kepada apa yang dia hijrah karenanya. (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan
Ibnu Majah dari Umar bin Khattab. Riwayat Abu Nu`aim dan Daaraquthni di
Gharaa-ibu Malik dari Abu Sa`id. Riwayat Ibnu `Asaakir dalam Amaalinya dari
Anas. Riwayat Al-`Atthar dalam satu juz dari takhrijnya dari Abu Hurairah.)
[Al-Jami: (1), Bukhari (1,54,2529,3898,5070,6689,6953), Muslim (1907)].
٢ـ٢ـ آتِي بَابَ الجَنَّةِ فَأَسْتَفْتِحُ فَيَقُولُ
الخَازِنُ مَنْ أنْتَ فَأَقُولُ مُحمَّدٌ فَيَقُولُ بِكَ أُمِرْتُ أنْ لاَ أَفْتَحَ
لأَحَدٍ قَبْلَك (حم م) عَن أنَسٍ (صح)ـ[2]
[2](2)- "Saya
mendatangi pintu surga, lalu saya meminta dibukakan. Lalu seorang penjaga
(Malaikat) bertanya, "Siapa kamu?" Maka aku menjawab, 'Muhammad'.
Lalu ia berkata, "Khusus untukmu, aku diperintahkan untuk tidak membukakan
pintu untuk siapapun, sebelum kamu masuk." (HR. Ahmad, Muslim dari
Anas. SAHIH) [Muslim: 197]
٥ـ٣ـ آخِرُ مَنْ يُحْشَرُ رَاعِيَانِ مِنْ مُزَيْنَةَ، يُرِيدَانِ الْمَدِينَةَ، يَنْعِقَانِ بِغَنَمِهِمَا،
فَيَجِدَانِهَا وُحُوْشًا، حَتَّى إِذَا بَلَغَا ثَنِيَّةَ الْوَدَاعِ خَرَّا عَلَى
وُجُوهِهِمَا (ك)عن أبي هريرة (صح)ـ[3]
[5](3)- Orang terakhir yang akan meninggal dunia adalah dua orang penggembala
dari Muzainah, mereka menuju ke kota Madinah, mereka meneriaki kambingnya, maka
mereka mendapati kota madinah (kosong) banyak binatang buas, sehingga apabila
mereka sampai daerah tsaniyatul wadaa mereka tersungkur (mati). (HR
Haakim dari Abu Hurairah. SHAHIH).
٦ـ٤ـ آخِرُ مَا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلَامِ
النُّبُوّةِ الْأُوْلى، إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ (كر) عن أبي مسعود
البدري (صح)ـ[4]
[6](4)- Yang
terakhir bisa dijumpai manusia dari kalam kenabian pertama (sejak Adam AS hingga
saat ini) adalah "Jika kamu tidak merasa malu maka berbuatlah
sesukamu".(HR Ibnu `Asakir dalam Tarikhnya dari Abu Mas`ud Al-Badri.
SHAHIH).
٧ـ٥ـ آخِرُ مَا تَكَلَّمَ بِهِ إِبْرَاهِيمُ حِينَ أُلْقِيَ فِي النَّارِ حَسْبِيَ اللَّهُ وَنِعْمَ
الْوَكِيلُ (خط) عن أبي هريرة، وقال: غريب، والمحفوظ من إبن عباس موقوف، رواه الحاكم
[صح]ـ[5]
[7](5)- Perkataan terakhir yang diucapkan Ibrahim ketika dilemparkan ke dalam
api adalah: HasbiyAllahu wa ni’mal wakiil, "Cukuplah Allah bagiku sebagai
sebaik-baik yang diserahi." (HR. Khatib dari Abu Hurairah dan dia
mengatakanna gharib. Yang mahfuzh dari Ibnu Abbas adalah mauquf. Riwayat Hakim.
SHAHIH)
١٣ـ٦ـ آكِلُ الرِّبَا و مُوَكِّلُهُ و كَاتِبُهُ
و شَاهِدَاهُ، إذَا عَلِمُوْا ذَلِكَ، و الوَاشِمَةُ و المَوْشُوْمَةُ لِلْحُسْنِ وَ
لَاوِي الصَّدَقَةِ و المُرْتَدُ أَعْرَابِيًّا بَعْدَ الهِجْرَةِ مَلْعُوْنُوْنَ عَلَى
لِسَانِ مُحَمَّدٍ يَوْمَ القِيَامَةِ (ن) عن إبن مسعود (صح)ـ[6]
[13](6)- Orang yang makan riba, orang yang memberi makan riba, orang yang
mencatat riba, dan kedua saksi riba, jika mereka mengetahuinya, orang yang
membuat tato, orang yang ditato untuk hiasan, orang yang tidak mau membayar
zakat, orang arab badui yang murtad setelah hijrah ke Madinah adalah orang yang
dilaknati menurut ucapan Muhammad di hari kiamat. (HR. Nasa`i, dari Ibnu
Mas`ud, SHAHIH)
١٤ـ٧ـ آكُلُ كَمَايَأْكُلُ الْعَبْدُ، وَأَجْلِسُ
كَمَايَجْلِسُ العَبْدُ ـ إبن سعد (ع حب) عن عائشة (صح)ـ[7]
[14](7)- Aku makan seperti makannya budak dan aku duduk seperti duduknya budak.
(HR Ibnu Sa`id, Abu Ya`la dan Ibnu Hibban dari Aisyah. SHAHIH)
١٦ـ٨ـ آلُ القُرْآنِ آلُ الله (خطّ) فِي رُوَاة
مَالك عَن أنس (حسن لغيره)ـ[8]
[16](8)- Keluarga Al-Qur`an adalah keluarga Allah. (HR. Khathib dalam
perawi-perawi Malik dari Anas. HASAN LI GHAIRIHI)
١٧ـ٩ـ آمِرُوا النِّسَاءَ فِي بَناتِهِنَّ (دهق)
عَن ابْن عمر (ح)ـ[9]
[17](9)- Bermusyawarahlah dengan
perempuan dalam urusan (pernikahan) anak-anak perempuan mereka. [HR Abu
Dawud dan Baihaqi dari Ibnu Umar. HASAN]
١٨ـ١٠ـ آمِرُوا النِّسَاءَ فِي أنْفُسِهِنَّ فإِنَّ
الثَّيِّبَ تُعْرِبُ عَنْ نَفْسِهَا وإذْنُ البِكْرِ صَمْتُها (طب هق) عَن الْعرس بن
عميرَة (صح)ـ[10]
[18](10)- Bermusyawarahlah dengan perempuan dalam urusan (pernikahan) diri mereka,
karena sesungguhnya janda mengetahui prihal dirinya. Sedangkan tanda setuju
seorang gadis adalah diamnya. (HR. Thabrani dalam Al-Kabir dan Baihaqi dari
Ursy bin Amiirah.SHAHIH)
[1] Jam`ul Jawaami`: ., Jami`us Shaghir: 1., Fathul Kabiir: .,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[2] Jam`ul Jawaami`: 1., Jami`us Shaghir: 2., Fathul Kabiir: 1.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[3] Jam`ul Jawaami`: 15., Jami`us Shaghir: 5., Fathul Kabiir: 8.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[4] Jam`ul Jawaami`: 8., Jami`us Shaghir: 6., Fathul Kabiir: 6.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[5] Jam`ul Jawaami`: 9., Jami`us Shaghir: 7., Fathul Kabiir: 7.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[6] Jam`ul Jawaami`: 25., Jami`us Shaghir: 13., Fathul Kabiir: 15.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[7] Jam`ul Jawaami`: 29., Jami`us Shaghir: 14., Fathul Kabiir: 17.,
Kunuuzul Haqaaiq: 6.
[8] Jam`ul Jawaami`: 30., Jami`us Shaghir: 16., Fathul Kabiir: 20.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[9] Jam`ul Jawaami`: 38., Jami`us Shaghir: 17., Fathul Kabiir: 27.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[10] Jam`ul Jawaami`: 39., Jami`us Shaghir: 18., Fathul Kabiir: 26.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
Hadits 21-30 Shahih Jami'ush Shaghir Imam Suyuthi
٣٨ـ٢١ـ أَبَى أَنْ يَجْعَلَ اللّهُ لِقَاتِلِ
الْمُؤْمِنِ تَوْبَةً (طب) والضياء في المختارة عن أنس (صح)ـ[1]
[38](21)- Allah enggan menerima taubat orang yang
membunuh orang mukmin. (HR. Thabrani dan Dhiyaa dalam Al-Mukhtaarah dari Anas,
SHAHIH)
٤٠ـ٢٢ـ اَبَى اللهُ أَنْ يَقْبَلَ عَمَلَ صَاحِبِ
بِدْعَةٍحَتَّى يَدَعَ بِدْعَتَهُ (هـ) وابن أبي عاصم في السنة عن ابن عباس (ح)ـ[2]
[40](22)- Allah menolak menerima amal ahli bid`ah sehingga dia meningalkan
bid`ahnya tersebut. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Abi `Ashim dalam Assunnah dari Ibnu
Abbas. HASAN)
٤٦ـ٢٣ـ اِبْدَأْ بِنَفْسِكَ، فَتَصَدَّقْ عَليْهَا،
فَاِنْ فَضُلَ شَيْءٌ فَلِأَهْلِكَ، فإِنْ فَضُلَ شَيْئٌ عَنْ أَهْلِكَ فَلِذِىْ قَرَابَتِكَ،
فَإِنْ فَضُلَ عَنْ ذِىْ قَرابَتِكَ شيْئٌ فَهَكَذَ وَ هَكَذَا (ن) عن جابر (صح)ـ[3]
[46](23)- Mulailah dengan diri sendiri, maka bersedekahlah untuknya. Jika masih
berlebih sesuatu maka untuk keluargamu, jika masih berlebih sesuatu maka untuk
sanak kerabatmu, jika masih berlebih sesuatu maka bersedekahlah untuk yang lain
dan yang lainnya lagi. (HR. Nasaa-i dari Jabir, SHAHIH)
٤٧ـ٢٤ـ إِبْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ (طب) عن حكيم
بن حزام (صح)ـ[4]
[47](24)- Mulailah dari orang-orang yang menjadi tanggunganmu (HR. Thabrani dalam
Al-Kabir dari Hakim bin Hizam.SHAHIH)
٤٨ـ٢٥ـ اِبْدَأُوْا بِمَا بَدَأَ اللَّهُ بِهِ
(قط) عن جابر (صح)ـ[5]
[48](25)- Mulailah kalian dengan sesuatu yang Allah telah memulainya. (HR.
Daruquthni dari Jabir. SHAHIH)
٤٩ـ٢٦ـ
أَبْرِدُوْا بِالظُّهْرِ ، فَإِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ
(خ هـ) عن أبي سعيد (حم ك) عن صفوان بن مخرمة (ن) عن أبي موسى (طب) عن ابن مسعود (عد)
عن جابر (هـ) عن المغيرة بن شعبة (صح)ـ[6]
[49](26)- (Tunggulah sampai udara
agak) Dingin (dalam melaksanakan) shalat dzuhur. Karena sesunguhnya panas yang
sangat itu dari hembusan neraka Jahanam. (HR. Bukhari dan Ibnu Majah dari Abu
Sa`id. HR. Ahmad dan Haakim dari Shafwan bin Makhramah. HR. Nasaa-i dari Abu
Musa. HR. Thabraani dalam Al-Kabir dari Ibnu Mas`ud HR. Ibnu Adi dari Jaabir.
HR. Ibnu Maajah dari Mughirah bin Syu`bah. SHAHIH)
٥١ـ٢٧ـ أَبْشِرُوْا وَ بَشِّرُوْا مَنْ وَرَاءَكُمْ،
أَنَّهُ مَنْ شَهِدَ أنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهَ صَادِقًا بِهَا دَخَلَ الْجنَّةِ
(حم طب) عن أبي موسى (صح)ــ[7]
[51](27)- Bergembiralah kalian dan berilah kabar gembira orang - orang dibelakang
kalian, sesungguhnya barang siapa yang bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada
tuhah selain Allah dengan kesaksian yang benar maka ia masuk surga. (HR. Ahmad
dan Tabrani dalam Al-Kabri dari Abu Musa, SHAHIH)
٥٣ـ٢٨ـ أَبْغَضُ الْحَلالِ إِلَى أللَّهِ الطَّلَاقُ
(د ه ك) عن إبن عمر (صح)ـ[8]
[53](28)- Perkara halal yang
paling dimurkai Allah adalah Talak. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Hakim
dari Ibnu Umar, SHAHIH)
٥٥ـ٢٩ـ أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلَى اللّهِ أَلْلأَلَدُّ
الْخَصِمُ (ق حم ت ن) عن عائشة (صح)ـ[9]
[55](29)- Laki - laki yang paling dibenci Allah adalah orang yang bengis dan suka
bermusuhan. (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Aisyah,
SHAHIH)
٥٧ـ٣٠ـ أَبْغَضُ النَّاسِ إِلى آللَّهِ ثَلَاثَةٌ٬
مُلْحِدٌ فِى الْحَرَمِ٬ وَ مُبْتَغٍ فِى الْإِسْلَامِ سُنَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ٬ وَ
مُطَّلِبٌ دَمَ ٱمْرِئٍ بِغَيْرِ حَقٍّ لِيُهْرِيْقَ دَمَهُ (خ) عن إبن عباس (صح)ـ[10]
[57](30)- Tiga kelompok manusia yang dimurkai Allah adalah : Orang yang melanggar
kehormatan tanah haram, orang yang mengharapkan tradisi jahiliah dalam islam,
orang yang menuntut darah orang lain tanpa hak karena ingin mengalirkan
darahnya. (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas, SHAHIH)
[1] Jam`ul Jawaami`: 79., Jami`us Shaghir: 38., Fathul Kabiir: 49.,
Kunuuzul Haqaaiq: 13.
[2] Jam`ul Jawaami`: 82., Jami`us Shaghir: 40., Fathul Kabiir: 52.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[3] Jam`ul Jawaami`: 96., Jami`us Shaghir: 46., Fathul Kabiir: 63.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[4] Jam`ul Jawaami`: 97., Jami`us Shaghir: 47., Fathul Kabiir: 62.,
Kunuuzul Haqaaiq: 14.
[5] Jam`ul Jawaami`: 99., Jami`us Shaghir: 48., Fathul Kabiir: 64.,
Kunuuzul Haqaaiq: 15.
[6] Jam`ul Jawaami`: 105., Jami`us Shaghir: 49., Fathul Kabiir: 67.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[7] Jam`ul Jawaami`: 131., Jami`us Shaghir: 51., Fathul Kabiir: 73.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[8] Jam`ul Jawaami`:146 ., Jami`us Shaghir: 53., Fathul Kabiir: 82.,
Kunuuzul Haqaaiq: 23.
[9] Jam`ul Jawaami`: 149., Jami`us Shaghir: 55., Fathul Kabiir: 84.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
[10] Jam`ul Jawaami`: 151., Jami`us Shaghir: 57., Fathul Kabiir: 86.,
Kunuuzul Haqaaiq: .
Kamis, 01 April 2021
JAMI`USH SHAGHIR 323 - Siksa paling ringan ahli neraka - Bukhari 6561, Muslim: 213
=
١٠٣ـ٣٢٣ـ أَدْنَى أَهْلِ النّارِ عَذَابًا يَنْتَعِلُ
بِنَعْلَيْنِ مِنْ نَارٍ يَغْلِي دِمَاغُهُ مِنْ حَرَارَةِ نَعْلَيْنِ (م) عن أَبي
سعيد (صح) [الجامع:٣٢٣، بخاري: ٦٥٦١، مسلم: ٢١٣]ـ
[103](323)- Ahli neraka yang
paling ringan siksanya berterompah dengan dua terompah dari api yang otaknya
mendidih karena panasnya dua terompah tersebut. (HR. Muslim dari Abi Sa`id.
SHAHIH) [Al-Jami:323, Bukhari 6561, Muslim: 213]
=
JAMI`USH SHAGHIIR 9885 - Ruqyah `ain dan binatang berbisa - Bukhari 5705, Muslim: 220
٥٢ـ٩٨٨٥ــ لَا رُقْيَةَ إِلّا مِنْ عَيْنٍ (م ه) بريدة (حم د ت) عن عمران (صح) [الجامع:٩٨٨٥، بخاري: ٥٧٠٥، مسلم: ٢٢٠]ـ
[52](9885)- Tiada mantra selain
karena (penyakit) `ain atau sengatan kala. (HR. Muslim dan Ibnu Majah dari Buraidah. Riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi dari `Imran.
SHAHIH) [Al-Jami:9885, Bukhari 5705, Muslim: 220]
=
JAMI`USH SHAGHIIR 2773 Abu Thalib Muslim: 212
=
١٠٢ـ٢٧٧٣ـ ـ أَهْوَنُ أَهْلِ النَّاري عَذَابًا
أَبُو طَالِبْ،وَهُوَ مُنْتَعِلٌ بِنَعْلَيْنِ مِنْ نَارٍ يَغْلِي مِنْهُمَا دِمَاغُهُ
( حم م ) عن ابن عباس (صح) [الجامع:٢٧٧٣، مسلم: ٢١٢]
[102](2773)- Ahli neraka yang paling
ringan siksanya adalah Abu Thalib (paman Nabi), dia memakai dua terompah dari
api (neraka) yang karena keduanya otaknya mendidih. (HR. Ahmad dan Muslim dari
Ibnu Abbas. SHAHIH) [Al-Jami:2773, Muslim: 212]
=
JAMI`USH SHAGHIIR 2772 Siksa neraka yang paling ringan Bukhari 6561, Muslim: 213
=
١٠١ـ٢٧٧٢ـ أَهْوَنُ أَهْلِ النَّاري عَذَابًا
يَوْمَ القِيَامَةِ رَجُلٌ يُوْضَعُ فِي أَخْمَصِ قَدَمَيْهِ جَمْرَتَانِ يَغْلِي مِنْهُمَا
دِمَاغُهُ ( م ) عن نعمان بن بشير (صح) [الجامع:٢٧٧٢، بخاري: ٦٥٦١، مسلم: ٢١٣]ـ
[101](2772)- Ahli neraka yang paling
ringan siksanya pada hari kiamat adalah laki-laki yang diletakan di lekuk kedua
telapak kakinya dua bara api yang dengan keduanya otaknya mendidih. (HR. Muslim
dari Nu`man bin Basyir. SHAHIH) [Al-Jami:2772,
Bukhari 6561, Muslim: 213]
=
Rumah Tasikmalaya: Al-Jami Ash-Shaghir (Terjemah Syarah Hasyiah Takhrij)
JAMI`USH SHAGHIIR 2688 Nabi paling banyak umatnya Muslim:196
=
٩٨ـ٢٦٨٨ـ أَنَا أَكْثَرُ الْأَنْبِيَاءِ تَبَعًا
يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ (م) عن أنس (صح) [الجامع:٢٦٨٨، مسلم: ١٩٦]ـ
[98](2688)- Aku adalah Nabi paling
banyak pengikutnya pada hari kiamat dan aku adalah orang pertama yang mengetuk
pintu surga. (HR. Muslim dari Anas. SHAHIH) [Al-Jami:2688, Muslim:196]
=
Rabu, 31 Maret 2021
JAMI`US SHAGHIR 1600 Penghuni neraka Muslim:183
=
٩٧ـ١٦٠٠ـ أما أهلُ النارِ الذين هم أهلُها ؛ فإنهم
لا يموتون فيها ولا يَحيَوْن ، ولكن ناسٌ أصابتْهم النَّارُ بذنوبهم ، فأماتتْهم إماتةً
، حتى إذا كانوا فحْمًا أُذِنَ بالشفاعةِ فجِيءَ بهم ضبائرُ ضبائرُ فبُثُّوا على أنهارِ
الجنَّةِ ، ثم قيل : يا أهلَ الجنَّةِ أَفيضوا عليهم ، فيَنْبُتون نباتَ الحبَّةِ تكون
في حِميلِ السَّيلِ (حم م ه) عن أبي سعيد (صح) [الجامع:١٦٠٠، مسلم: ١٨٣]ـ
[97](1600)- Adapun ahli neraka
yang memang mereka ahlinya, sesungguhnya mereka tidak mati dan tidak hidup di
dalamnya, tetapi mereka adalah orang-orang yang dikenai neraka sebab dosa-dosa
mereka, kemudian mereka dimatikan dengan sekali kematian sehingga apabila
mereka telah menjadi abu maka diizinkan memperoleh syafaat, kemudian mereka
didatangkan bergerombol-gerombol, kemudian mereka ditebarkan diatas
sungai-sungai surga. Setelah itu kemudian dikatakan: “Wahai ahli surga,
siramilah mereka”, kemudian mereka tumbuh sebagai tumbuhan wewangian yang
berada dalam bawaan banjir. (HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah. SHAHIH) [Al-Jami:1600, Muslim:183]
Kaum ahlussunnah wal jamaah berpendapat jika syafaat itu ada, dan diberikan kepada orang - orang beriman yang diridhai Allah swt. Salah satu bentuk syafaat adalah dikeluarkannya orang - orang mukmin yang bedosa dari dalam api neraka.
=
JAMI`USH SHAGHIIR 1831 Amal malam dan amal siang - Muslim:179
=
٩٥ـ١٨٣١ـ إِنَّ للهَ تَعَالَى لَا يَنَامُ ولا
ينبَغِي لهُ أن ينَامَ ، يخْفِضُ القِسْطَ ويَرْفَعُهُ ، ويُرفَعُ إليهِ عمَلُ الليلِ
قَبْلَ عملِ النهارِ ، وعملُ النهارِ قبلَ عملِ الليلِ ، حِجَابُهُ النورُ ، لو كَشَفَهُ
لأحْرَقَتْ سُبُحَاتُ وجْهِهِ ما انتَهَى إليهِ بَصَرُهُ من خلقِهِ (م ه) عن أبي موسى
(صح) [الجامع:١٨٣١، مسلم: ١٧٩]ـ
[95](1831)- Sesungguhnya Allah ta`alaa tidak tidur
dan tidak seyogyanya Ia tidur. Ia merendahkan pembagian dan mengangkatnya,
dilaporkan kepada-Nya amal malam hari sebelum amal siang hari, dan amal siang
hari sebelum amal malam hari, dinding-Nya adalah cahaya. Kalau Ia membukanya
tentu keagungan wajah-Nya akan membakar semua mahluk yang penglihatannya sampai
kepada-Nya. (HR. Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Musa. SHAHIH) [Al-Jami:1831, Muslim:179]
Hadits ini menjelaskan beberapa hal kepada kita:
1. Allah swt tidak tidur dan mustahil Dia tidur
2. Allah swt membagikan rizki hamba-hamba-Nya dengan adil, kadang melapangkannya dan kadang menyempitkannya.
3. Malaikat penjaga membawa amalam malam hari sebelum amalan siang hari dan amalan siang hari dibawa sebelum amalan malam hari.
4. Mahluk Allah swt tidak bisa melihat keagungan Dzat Allah swt karena mereka terhalang oleh cahaya atau api, yng jika penghalang tersebut tersingkap niscaya terbakarlah seluruh mahluk yang ada.
=
Selasa, 30 Maret 2021
Hadits 31-40 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi - Kitab Iman
Hadits 31-40 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi - Kitab Iman
٣١ـ١٩٦٨ـ إِنَّ الدِّيْنَ النَّصِيْحَةُ لِلّهِ
ولِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ و عَمَّاتِهِمْ (حم م د
ن) عن تميم الدَّاري (ت ن) عن أَبي هريرة (حم) عن إبن عباس (صح).[الجامع(١٩٦٨)، مسلم(٥٥)]ـ
[31](1968)- Sesungguhnya agama adalah nasehat, untuk Allah,
kitab-Nya, Utusan-Nya, pemimpin umat islam, dan umat islam keseluruhan. (HR.
Ahmad, Muslim, Abu Daud, dan Nasaai dari Tamim ad-Daary. Riayat Tirmidzi dan
Nasaai dari Abu Hurairah. Riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas. SHAHIH).
[Al-Jami:1968, Muslim:55].
٣٢ـ٩١٦ـ أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقا
خَالِصًا، وَ مَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ
النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا، إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ٬ وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلفَ٬ وَ إِذَا
عَاهَدَ غَدَرَ٬ وَ إِذَا خَاصَمَ فَجَرَ (حم ق ٣) عن إبن عمر (صح) [الجامع (٩١٦)،
بخاري (٣٤)، مسلم (٥٨)]ـ
[32](916)- Empat perangai yang apabila ada pada seseorang maka dia adalah
orang munafik murni (sangat mirip dengan orang munafik sejati). Barang siapa
ada padanya salah satu perangai maka ada padanya salah satu perangai munafik
hingga ia meninggalkannya. Apabila berkata dia bohong, apabila berjanji tidak
menepati, apabila membuat kesepakan maka ia melanggarnya, dan apabila
bersengketa dia curang. [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu
Dawud, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Ibnu Umar. SHAHIH] [Al-Jami:
916, Bukhari: 34, Muslim 58]
٣٣ـ٢٥ـ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ
كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ (ق ت ن) عن أبي هريرة
(صح) [الجامع (٢٥)، بخاري (٣٣)، مسلم (٥٩)]ـ
[33](25)- Tanda - tanda orang munafik itu ada tiga: apabila berkata ia
dusta, apabila berjanji ia menyalahi janji, apabila dipercaya ia
berkhianat. [HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dari Anas, SHAHIH]
[Al-Jami: 25, Bukhari: 33, Muslim:59]
٣٤ـ٧٧٦ـ إِذَا قَال الرَّجُلُ لِأَخِيْهِ: يَا
كَافِرُ فَقَدْ بَاءَ بِهَاأَحَدُهُمَا (خ) عن أبى هريرة (حم خ) عن إبن عمر (صح) [الجامع(٧٧٦)،
بخاري(٦١٠٣)، مسلم(٦٠)]ـ
[34](776)- Apabila seorang laki-laki berkata kepada saudaranya, "Hai
Kafir", maka salah seorang dari mereka kembali membawa (dosa) nya.
(HR. Bukhari dari Abu Hurairah, dan riwayat Ahmad dan Bukhari dari
Ibnu Umar. SHAHIH). [Al-Jami:776, Bukhari:6103, Muslim:60]
٣٥ـ٤٧٥ـ إِذَا أَكْفَرَ الرَّجُلُ أَخَاهُ فَقَدْ
بَاءَ بِهَا أَحَدُهُمَا (م) ابن عمر (صح). [الجَامِع(٤٧٥)، بخاري(٦١٠٤)، مسلم(٦٠)]ـ
[35](475)- Apabila seorang laki-laki mengkafirkan saudaranya maka ucapannya kembali
kepada salah satu dari keduaya. (HR. Muslim dari Ibnu Umar. SHAHIH).
[Al-Jami:475, Bukhari:6104, Muslim:60].
٣٦ـ٢٩٣٩ـ أَيَّمَا امْرِئٍ قَالَ لِأَخِيْهِ كَافِرٌ
فَقَدْ بَاءَ بِهَا أَحَدُهُمَا إِنْ كَانَ كَمَا قَالَ وَإِلَّا رَجِعَتْ إِلَيْهِ
(م ت) عن إبن عمر (صح). [الجَامِع(٢٩٣٩)، بخاري(٦١٠٤)، مسلم(٦٠)]ـ
[36](2939)- Siapa saja yang berkata kepada saudaranya “wahai
kafir”, maka telah kembali kata-kata tersebut kepada salah satu dari keduanya.
Jika ia memang seperti yang dikatakan, dan jika tidak maka kembali kepadanya.
(HR. Muslim dan Tirmidzi dari Ibnu Umar. SHAHIH). [Al-Jami:2393, Bukhari::6104,
Muslim:60].
٣٧ـ٧٦٧٢ـ لَيْسَ مِنْ رَجُلٍ ادَّعَى لِغَيْرِ
أَبِيْهِ وَهُوَ يَعْلَمُهُ إِلَّا كَفَرَ، وَمَنْ ادَّعَى مَا لَيْسَ لَهُ فَلَيْسَ
مِنَّا وَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ، وَمَنْ دَعَا رَجُلًا بِالْكُفْرِ
أَوْ قَالَ عَدُوُّ الله وَلَيْسَ كَذَلِكَ إِلَّا حَارَ عَلَيْهِ، وَلَا يَرْمِي رَجُلٌ
رَجُلًا بِالْفِسْقِ وَلَا يَرْمِيْهِ بِالْكُفْرِ إِلَّا ارْتَدَّتْ عَلَيْهِ إِنْ
لَمْ يَكُنْ صَاحِبُهُ كَذَلِكَ (حم ق) عن أبي ذر (صح). [الجامع(٧٦٧٢)، بخاري(٣٥٠٨)،
مسلم(٦١)]ـ
[37](7672)- Tidaklah seseorang mengaku-aku orang lain sebagai
ayahnya, padahal ia tahu kalau orang lain tersebut bukan ayahnya, maka ia
kafir. Barangsiapa yang mengaku-aku barang yang bukan miliknya maka dia bukan
dari golongan kita dan bersiaplah tempat duduknya di neraka. Barangsiapa
memanggil seseorang dengan kata kafir atau mengatakan wahai
musuh Allah padahal tidak demikian, maka kata-kata tersebut akan
kembali kepadanya. Tidaklah seseorang menuduh orang (lain) dengan kefasikan dan
tidak menuduhnya dengan kekufuran melainkan (tuduhan itu)
kembali menimpanya apabila temannya itu tidak demikian. (HR. Ahmad, Bukhari dan
Muslim dari Abu Dzar. SHAHIH). [Al-Jami:7672, Bukhari:3508, Muslim:61].
٣٨ـ٨٣٧٠ـ مَنْ إِدَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيْهِ
وَهُوَ يَعْلَمُ، فَالْجَنَّةُ عَلَيْهِ حَرَامٌ (حم ق د ه) عن سعيد بن أبي وقاص و
أبي بكر (صح). [الجامع(٨٣٧٠)، بخاري(٦٧٦٦)، مسلم(٦٣)]ـ
[38](8370)- Barangsiapa menasabkan dirinya kepada selain bapaknya,
padahal dia mengetahuinya, maka surga haram atasnya. (HR Ahmad, Bukhari,
Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah dari Sa`d dan Abu Bakrah. SHAHIH).
[Al-Jami:8370, Bukhari:6766, Muslim:63].
٣٩ـ٤٦٣٣ـ سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوْقٌ، وِقِتَالُهُ
كُفْرٌ(حم ق ت ن ه) عن إبن مسعود (ه) عن أبي هريرة وعن سعد (طب) عن عبد الله بن مغفل،
وعن عمرو بن النعمان بن مقرن (قط) في الأفراد عن جابر [الجامع (٤٦٣٣)، بخاري (٤٨)،
مسلم (٦٤)]ـ
[39](46)- Mencela orang islam adalah kefasikan dan memeranginya adalah kekufuran.
[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud.
Riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah dan Sa`d. Riwayat Thabrani dari
Abdullah bin Mughaffal dan dari `Amr bin Nu`man bin Muqran. Riwayat Daraaquthni
dalam Al-Mufraad dari Jabir. SHAHIH]
٤٠ـ٩٧٦٧ـ لَاتَرْجِعُوْا بَعْدِى كُفَّارًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بعْضٍ (حم ق ن ه) عن
جرير(حم خ د ن) عن إبن عمر (خ ن) عن أبي بكرة (خ ت) عن إبن عباس (صح)ـ
[40](9767)- Janganlah kalian kembali kafir setelah
sepeninggalanku, maka kalian akan saling pukul memukul (saling bunuh membunuh).
(HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i, dan Ibnu
Majah dari Jarir. Riwayat Ahmad, Bukhari, Abu Dawud, Nasaa-i, dan Ibnu Majah
dari Ibnu Umar. Riwayat Bukhari dan Nasaa-i dari Abu Bakrah. Riwayat Bukhari
dan Tirmidzi dari Ibnu Abbas. SHAHIH).
Minggu, 28 Maret 2021
Hadits 11-20 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi - Kitab Iman
١١ـ١٧٥٦ـ
إِنَّ اللهَ تَعَالى قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لَا إِلهَ إِلَّا اللّهُ
يَبْتَغِى بذلك وَجْهَ اللهِ (ق) عن عتبان بن مالك (صح) [الجامع:١٧٥٦، بخاري:٦٤٢٣،
مسلم:٣٣]ـ
[11](1756)-
Sesungguhnya Allah SWT telah melarang neraka bagi orang
yang mengucapkan "tiada Tuhan selain Allah" karena
mengharap ridha Allah. (HR Bukhari dan Muslim dari Utban bin
Malik. SHAHIH). [Al-Jami:1756, Bukhari:6423, Muslim:33].
١٢ـ٤٣٠٩ـ ذَاقَ طَعْمَ الْإِيْمَانِ مَنْ رَضِيَ
بِاللهِ رَبًّا، وَبِالْإِسْلَامِ دِيْنًا، وَ بِمُحَمَّدٍ رَسُوْلًا (حم م ت ) عن
العباس بن عبد المطلب (صح).[الجامع(٤٣٠٩)، مسلم(٣٤)]ـ
[12](4309)-
Niscaya akan
merasakan rasanya iman bagi orang yang ridha terhadap Allah sebagai Rabb,
islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul-Nya. (HR. Ahmad, Muslim, dan
Tirmidzi dari Abbas bin Abdul Muthalib. SHAHIH). [Al-Jami:4309, Muslim:39].
١٣ـ٣٠٩٦ـ الإِيْمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُوْنَ شُعْبَةً، فَأفْضَلُهَا:
قَوْلُ لَاإلهَ إلَّا الله، وَأَدْنَاهَا: إِمَاطَةُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ (م
د ن ه) عن أبى هريرة [الجامع (٤٠٣١)، بخاري (٩)، مسلم (٣٥)]ـ
[13](3096)- Iman itu ada tujuh puluh
cabang lebih, yang paling utama adalah ucapan tiada tuhan selain Allah,
dan yang paling rendah adalah menyingkirkan halangan dari jalanan. [HR. Muslim,
Abu Daud, Nasaa-I, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah] [Al-Jami: 3096, Bukhari:
9, Muslim 35].
١٤ـ٣٨٥٩ـ الْحَيَاءُ مِنَ الْإِيْمَانِ (م ت) عن إبن عمر (صح) [الجامع
(٣٨٥٩)، بخاري (٢٤)، مسلم (٣٦)]ـ
[14](3859)- Malu itu sebagian dari
keimanan [HR. Muslim dan Tirmidzi dari Ibnu Umar. SHAHIH] [Al-Jami: 3859,
Bukhari: 24, Muslim: 36].
١٥ـ٣٨٦٣ـ الحَيَاءُ خَيْرٌ كُلُّهُ (م د) عن عمران
بن حصين (صح)ـ
[15](3863)- Malu itu kebaikan
seluruhnya (HR. Muslim dan Abu Dawud dari Imran bin Hushain. SHAHIH) [Al-Jami: 3863, Bukhari:6117, Muslim:37].
١٦ـ٣٨٦٤ـ الحَيَاءُ لَا يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ (ق) عن عمران بن حصين (صح)ـ
[16](3864)- Malu tidak mendatangkan
terkecuali kebaikan. (HR. Bukhari dan Muslim dari Imran bin Hushain. SHAHIH). [Al-Jami: 3864, Bukhari:6117, Muslim:37].
١٧ـ٦١٤٣ـ قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ فَاسْتقِمْ (حم م ت ن ه) عن سفيان بن
عبد الله الثقفي (صح).[الجامع(٦١٤٣)، مسلم(٣٨)]ـ
[17](6143)-
Katakanlah: “Aku telah beriman kepada Allah, kemudian ber-istiqamah-lah (dalam
keimanan tersebut)”. (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi, Nasaai, dan Ibnu Majah dari
Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqafi. SHAHIH). [Al-Jami:6143, Muslim:38].
١٨ـ٤٠٣١ـ خَيْرُ المُسْلِميْنَ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ
مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ (م) عن إبن عمر [الجَامِع (٤٠٣١)، بخاري (٦٤٨٤)، مسلم
(٤٠)]ـ
[18](4031)- Orang islam terbaik adalah jika orang islam lainnya
selamat dari lisan dan tangannya [HR. Muslim] [Al-Jami: 4031, Bukhari: 6484,
Muslim: 40]
١٩ـ٩٢٠٩ـ المُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ
مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ، وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنْهُ (خ د
ن) عن إبن عمر [الجَامِع (٩٢٠٩)، بخاري (١٠)، مسلم (٤٠)]ـ
[19](9209)- Seorang muslim adalah jika kaum muslimin merasa aman
dari gangguan lisan dan tangannya. Seorang muhajir adalah
orang yang meninggalkan apa yang dilarang Allah. [HR. Bukhari, Abu Daud, dan
Nasaai dari Ibnu Umar] [Al-Jami: 9209, Bukhari: 10, Muslim: 40]
٢٠ـ٩٢٠٦ـ المُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ
مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ (م) عن جابر [الجامع (٩٢٠٦)، بخاري (١١)، مسلم ٤١)]ـ
[20](9206)- Orang islam (yang utama)
adalah jika orang islam lainnya selamat dari lisan dan tangannya [HR. Muslim
dari Jabir ] [Al-Jami: 9206, Bukhari: 11, Muslim: 41]