Laman

Sabtu, 13 Maret 2021

Hadits 1-10 Mukhtashar Shahih Muslim Imam Suyuthi Mukaddimah dan Kitab Iman

=

=

بسم الله الرحمن الرحيم

MUQADDIMAH

١ـ٨٩٩٣ـ مَنْ كَذَبَ عَلَيّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ (حم ق ت هـ) عن أنس (م) عن أبي هريرة (ت) عن علي (حم هـ) عن جابر وأبي سعيد (ت هـ) عن ابن مسعود (حم ك) عن خالد بن عرفطة وزيد بن أرقم (حم) عن سلمة بن الأكوع وعقبة بن عامر ومعاوية بن أبي سفيان (طب) عن السائب بن يزيد وسلمان بن خالد الخزاعي وصهيب وطارق بن أشيم وطلحة بن عبيد اللَّه وابن عباس وابن عمر وعتبة بن غزوان والعرس بن عميرة وعمار بن ياسر وعمران بن حصين وعمرو بن حريث وعمرو بن عبسة وعمرو بن مرة الجهني والمغيرة بن شعبة ويعلى بن مرة وأبي عبيدة بن الجراح وأبي موسى الأشعري (طس) عن البراء ومعاذ بن جبل ونبيط بن شريط وأبي ميمون (الدارقطني في الأفراد) عن أبي رمثة وابن الزبير وأبي رافع وأم أيمن (خط) عن سلمان الفارسي وأبي أمامة (ابن عساكر) عن رافع ابن خديج ويزيد بن أسد وعائشة (صح)ـ

[1](8993)- Barangsiapa berbohong atas (nama)-ku secara sengaja, maka hendaklah dia menyiapkan tempat duduknya di neraka. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-I, dan Ibnu Majah dari Anas. Riwayat Ahmad, Bukhari, Abu Dawud, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Zubair.Riwayat Muslim dari Abu Hurairah. Riwayat Tirmidzi dari Ali. Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dari Jabid dan dari Abu Sa`id. Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. Riwayat Ahmad dan Hakim dari Khalid bin `Urffuthah dan dari Zaid bin Arqam. Riwayat Ahmad dari Salamah bin Akwa`, dari `Uqbah bin `Amir dan dari Mu`awiyah bin Abi Sufyan. Riwayat Thabrani dari Saib bin Yazid, dari Salman bin Khalid Al-Khuza`I, dari Shuhaib, dari Thariq bin Asy-Syam, dari Thalhah bin `Ubaidillah, dari Ibnu Abbas, dari Ibnu Umar, dari `Utbah bin Ghazwan, dari `Ars bin `Umairah, dari `Ammar bin Yasir, dari Imran bin Hushain, dari `Amr bin Huraits, dari `Amr bin `Abaah, dari `Amr bin Murrah Al-Juhani, dari Mughirah bin Syu`bah, dari Ya`laa bin Murrah, dari `Ubaidah bin Al-Jarrah dan dari Abu Musa Al-`Asy`ari. Riwayat Thabrani dari Barraa, dari Mu`adz bin Jabal, dari Nubaith bin Syarith dan dari Abu Maimun. Riwayat Daraaquthni dalam Al-Afraad dari Abu Ramtsah, dari Ibnu Zubair, dari Abu Raafi` dan dari Ummu Aiman. Riwayat Khathib dari Salman Al-Farisi dan dari Abu Umamah. Riwayat Ibnu `Asaakir dari Raffi` bin Khadij, dari Yazid bin Asad dan dari Aisyah. SHAHIH MUTAWATIR). [Al-Jami:8993, Bukhari:106,108. Muslim:2, 3.]

٢ـ٦٢٤٢ـ كَفى بالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ (م) عن أبي هريرة [الجامع ٦٢٤٢، مسلم ٥] ــ

[2](6242)- Cukuplah seseorang (dianggap) berbohong jika dia menceritakan segala sesuatu yang didengarnya. [HR. Muslim dari Abu Hurairah] [Al-Jami (6242), Muslim (5)]

٣ـ٤٧٨٠ـ سَيَكوْنُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي يُحَدِّثُوْنَكُمْ بِمَا لَمْ تَسْمَعُوْا بِهِ أَنْتُمْ وَلَا آبَاؤُكُمْ فَإِيَّاكُمْ وَإيَّاهُمْ (م) عن أبي هريرة [الجامع (٤٧٨٠)، مسلم (٦)] ـ

[3](4780)- Akan ada di akhir zaman orang-orang dari umatku yang menceritakan kepada kalian tentang apa-apa yang tidak pernah kalian dengar dan tidak pula oleh orang tua kalian. Maka waspadalah kepada mereka. [HR. Muslim dari Abu Hurirah] [ Al-Jami (4780), Muslim (6)].

 

1-KITAB IMAN

٤ـ٣٠٥٩ـ الْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَاإِلهَ إِلَّا ٱللهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَتُقِيْمَ الصَّلَاةَ، وَتُؤْتِي ٱلزَّكَاةَ،  وَتصُوْم رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ الْبَيْتِ إِنِ اسْتَطَعْتَ إليْهِ سَبِيْلَا (م ٣) عن عمر [الجامع (٣٠٥٩)، مسلم (٨)] ـ

[4](3059)- Islam adalah kamu bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah, dan kamu mendirikan shalat, dan kamu mengeluarkan zakat, dan kamu puasa di bulan ramadhan, dan kamu berhaji ke baitullah jika kamu mampu melaksanakannya. [HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasaa-I dari Umar] [Al-Jami: 3059, Muslim 8]

٥ـ٣٠٩٢ـ الإيْمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ (م ٣) عن عمر [الجامع (٣٠٩٢)، مسلم (٨) ] ـ

[5](3092)- Iman adalah kamu beriman kepada Allah , malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, utusan-utusan-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk. [HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasaa-I dari Umar] [Al-Jami: 3092, Muslim: 8]

٦ـ٣٠٤٢ـ أَلْإِحْسَانُ أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ (م ٣) عن عمر (حم ق ه) عن أبي هريرة [الجامع (٣٠٤٢)، البخاري (٥٠)، مسلم (٩)]ـ

[6](3042)- Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, maka apabila engkau tidak melihat-Nya maka sesunguhnya Ia melihatmu. [HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Umar. Riwayat Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.] [Al-Jami: 3042, Bukhari: 50, Muslim: 9]

٧ـ٣١٦٢ـ  بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَاإِلهَ إِلَّا ٱللهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ، وَإِيْتَاءِ ٱلزَّكَاةِ، وَحِجِّ الْبَيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ (حم ق ت ن) عن ابن عمر [الجامع (٣١٦٢)، بخاري (٨)، مسلم (١٦)] ــ

                [7](3162)- Islam didirikan atas lima rukun: Kesaksian bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji ke bait (Allah) dan puasa ramadhan. (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Ibnu Umar. SHAHIH) [Al-Jami 3162, Bukhari:8, Muslim:16]

٨ـ٢٣٣٧ـ إِنَّ فِيْكَ لَخَصْلَتَيْنِ يُحِبُّهُمَا اللهُ تَعَالَي الْحِلْمَ وَالْأَنَاةَ (م ت) عن إبن عباس (صح) [الجامع (٢٣٣٧)، مسلم (١٨)]ـ

[8](2337)- Sesungguhnya di dalam dirimu (Asyajj Abdul Qais) benar – benar ada dua perangai yang Allah ta`aalaa mencintainya: al-hilm (sifat tenang, tidak tergesa-gesa atau kesabaran) dan al-anaah (akal atau kecerdasan). (HR. Muslim dan Trimidzi dari Ibnu Abbas. SHAHIH). [Al-Jami: 2337, Muslim:18].

٩ـ١٦٣٠ـ أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوْا أَنْ لَاإِلهَ إِلَّا اللّهُ، وَأَنِّى رَسُوْلُ اللّهِ.فَإِذَا قَالُواهَا عَصَمُوْا مِنِّى دِمَاءَهُمْ وَ أَمْوَالَهُمْ إِلَّا بِحَقِّهَا وَ حِسَابُهُمْ عَلَى اللّهِ (ق ٤) عن ٱبي هريرة وهو متواتر (صح) [الجامع:١٦٣٠، بخاري:٢٥، مسلم:٢٢]ـ

[9](1630)- Aku telah diperintahkan memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya aku utusan Allah. Apabila mereka telah mengucapkannya maka terpeliharalah darah dan harta mereka dariku terkecuali dengan haknya, dan perhitungannya tergantung pada Allah. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-I, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.SHAHIH. MUTAWATIR). [Al-Jami:1630, Bukhari:25, Muslim:22]

١٠ـ٨٧٧٢ـ مَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلهَ إلا الله وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ النَّارِ (حم م ت) عن عبادة (صح).[الجامع(٨٧٧٢)، مسلم(٢٩)]ـ

[10](8772)- Barangsiapa bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan (yang berhak disembah) terkecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah maka Allah akan mengharamkan  neraka baginya. (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi dari Ubadah. SHAHIH). [Al-Jami: 8772, Muslim:29].

=

Jumat, 12 Maret 2021

Jam`ul Jawaami` 42 Mu`adz

 =

 

١٠ـ آمَنَ كُلُّ شَيْءٍ مِنْ مُعَاذٍ حَتَّى خَاتَمُهُ (سع)ـ[1]

10-Beriman setiap sesuatu dari Mu`aadz hingga keluarganya. (Ibnu Sa`d dalam Ath-Thabaqaat. MURSAL).



[1] Jam`ul Jawaami`: 42., Jami`us Shaghir: ., Fathul Kabiir: .

=

KUNUZUL HAQAAIQ 1-10

 

١ـ آجَرْتُ نَفْسِي مِنْ خَدِيجَةَ سَفْرَتَيْنِ بِقُلُوصٍ (هق)ـ [1]

1-Aku memperkerjakan diriku pada Khatijah dua kali perjalanan dengan (upah) seekor unta muda. (HR. Baihaqi dari Jabir. DHAIF).

٢ـ آخِرُ سُورَةٍ نَزَلَتْ المائدة (ت)ـ[2]

2-Surat terakhir yang turun adalah Al-Maidah. (HR. Tirmidzi dari `Abdullah bin Umar, seperti dalam kitab Shahih Tirmidzi, dia berkata: Hasan gharib).

٣ـ آخِرُ قَرْيَةٍ مِنْ قُرَى الْإِسْلَامِ خَرَابًا الْمَدِيْنَةُ (ه)ـ[3]

3-Daerah (negeri) terakhir dari daerah-daerah islam yang akan rusak adalah Al-Madinah (Al-Munawwarah). (HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah. DHAIF).

٤ـ آفَةُ الْجَمَالِ الْخُيْلاءُ (مطين)ـ[4]

4-penyakit cantik / gagah adalah sombong. (HR Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Ali dan dia mengatakan  dha`if. DHA`IF)

٥ـ آفَةُ الْعِلْمِ النِّسْيَانُ وَإِضَاعَتُهُ أَنْ تُحَدِّثَ بِهِ غَيْرَ أَهْلِهِ (ش)ـ[5]

5-Penyakitnya ilmu adalah lupa dan menyia-nyiakannya adalah apabila kamu membicarakannya bukan kepada ahlinya. (HR Ibnu Abi Syaibah dari A`masy dengan marfu` mu`dhal dan ia meriwayatkan permulaannya saja dari Ibnu Mas`ud dengan mauquf. DHAIF).

٦ـ آكُلُ كَمَايَأْكُلُ الْعَبْدُ، وَأَجْلِسُ كَمَايَجْلِسُ العَبْدُ (ع)ـ[6]

6-Aku makan seperti makannya budak dan aku duduk seperti duduknya budak. (HR Ibnu Sa`id, Abu Ya`la dan Ibnu Hibban dari Aisyah. HASAN)

٧ـ  آلُ مُحَمدٍ كُلُّ تَقِيٍّ (ط)ـ[7]

7-Keluarga Muhammad adalah setiap orang bertakwa. (HR. Thabrani dari Anas. DHAIF).

٨ـ ـ آمرُوا اليَتِيمَةَ فِي نَفْسِهَا وإذْنُهَا صِمَاتُهَا (ط)ـ[8]

8-Bermusyawarahlah dengan (perempuan) yatimah dalam urusan (pernikahan) irinya, dan izinnya adalah diam.(HR. Thabrani dari Abu Musa. SHAHIH).

٩ـ آمُرُكَ بِالوَالِدَيْنِ خَيْراً (حم)ـ[9]

9-Aku perintahkan kepadamu agar berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR. Ahmad dari Ibni Umar. DHAIF)

١٠ـ آمَنَ كُلُّ شَيْءٍ مِنْ مُعَاذٍ حَتَّى خَاتَمُهُ (سع)ـ[10]

10-Beriman setiap sesuatu dari Mu`aadz hingga keluarganya. (Ibnu Sa`d dalam Ath-Thabaqaat. MURSAL).

=



[1] Jam`ul Jawaami`: 6., Fathul Kabiir: 3.

[2] Jam`ul Jawaami`: 18.

[3] Jam`ul Jawaami`: 14., Jami`us Shaghir: 4., Fathul Kabiir: 5.,

[4] Jam`ul Jawaami`: 22., Jami`us Shaghir: 10., Fathul Kabiir: 13.

[5] Jam`ul Jawaami`: ., Jami`us Shaghir:12., Fathul Kabiir: 14.

[6] Jam`ul Jawaami`: 29., Jami`us Shaghir: 14., Fathul Kabiir: 17.

[7] Jam`ul Jawaami`: 32., Jami`us Shaghir: 15., Fathul Kabiir: 21.

[8] Jam`ul Jawaami`: 40., Jami`us Shaghir:  ., Fathul Kabiir: 28.

[9] Jam`ul Jawaami`: 33., Jami`us Shaghir: ., Fathul Kabiir: 22.

[10] Jam`ul Jawaami`: 42., Jami`us Shaghir: ., Fathul Kabiir: .


KUNUUZUL HAQAAIQ Hadits 1-10, كنوز الحقائق في حديث خير الخلائق ١ـ١٠ـ

 =

كنوز الحقائق في حديث خير الخلائق

 ـ للعلامة زين الدين عبد الرءوف المناوي المتوفى سنة 1031هـ ـ

KUNUZUL HAQAAIQ

HADITS 1-10

MATAN - TERJEMAH

=

 

=

١ـ آجَرْتُ نَفْسِي مِنْ خَدِيجَةَ سَفْرَتَيْنِ بِقُلُوصٍ (هق)ـ [1]

1-Aku memperkerjakan diriku pada Khatijah dua kali perjalanan dengan (upah) seekor unta muda. (HR. Baihaqi dari Jabir. DHAIF).

٢ـ آخِرُ سُورَةٍ نَزَلَتْ المائدة (ت)ـ[2]

2-Surat terakhir yang turun adalah Al-Maidah. (HR. Tirmidzi dari `Abdullah bin Umar, seperti dalam kitab Shahih Tirmidzi, dia berkata: Hasan gharib).

٣ـ آخِرُ قَرْيَةٍ مِنْ قُرَى الْإِسْلَامِ خَرَابًا الْمَدِيْنَةُ (ه)ـ[3]

3-Daerah (negeri) terakhir dari daerah-daerah islam yang akan rusak adalah Al-Madinah (Al-Munawwarah). (HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah. DHAIF).

٤ـ آفَةُ الْجَمَالِ الْخُيْلاءُ (مطين)ـ[4]

4-penyakit cantik / gagah adalah sombong. (HR Baihaqi dalam Syu`abul Iman dari Ali dan dia mengatakan  dha`if. DHA`IF)

٥ـ آفَةُ الْعِلْمِ النِّسْيَانُ وَإِضَاعَتُهُ أَنْ تُحَدِّثَ بِهِ غَيْرَ أَهْلِهِ (ش)ـ[5]

5-Penyakitnya ilmu adalah lupa dan menyia-nyiakannya adalah apabila kamu membicarakannya bukan kepada ahlinya. (HR Ibnu Abi Syaibah dari A`masy dengan marfu` mu`dhal dan ia meriwayatkan permulaannya saja dari Ibnu Mas`ud dengan mauquf. DHAIF).

٦ـ آكُلُ كَمَايَأْكُلُ الْعَبْدُ، وَأَجْلِسُ كَمَايَجْلِسُ العَبْدُ (ع)ـ[6]

6-Aku makan seperti makannya budak dan aku duduk seperti duduknya budak. (HR Ibnu Sa`id, Abu Ya`la dan Ibnu Hibban dari Aisyah. HASAN)

٧ـ  آلُ مُحَمدٍ كُلُّ تَقِيٍّ (ط)ـ[7]

7-Keluarga Muhammad adalah setiap orang bertakwa. (HR. Thabrani dari Anas. DHAIF).

٨ـ ـ آمرُوا اليَتِيمَةَ فِي نَفْسِهَا وإذْنُهَا صِمَاتُهَا (ط)ـ[8]

8-Bermusyawarahlah dengan (perempuan) yatimah dalam urusan (pernikahan) irinya, dan izinnya adalah diam.(HR. Thabrani dari Abu Musa. SHAHIH).

٩ـ آمُرُكَ بِالوَالِدَيْنِ خَيْراً (حم)ـ[9]

9-Aku perintahkan kepadamu agar berbuat baik kepada kedua orang tua. (HR. Ahmad dari Ibni Umar. DHAIF)

١٠ـ آمَنَ كُلُّ شَيْءٍ مِنْ مُعَاذٍ حَتَّى خَاتَمُهُ (سع)ـ[10]

10-Beriman setiap sesuatu dari Mu`aadz hingga keluarganya. (Ibnu Sa`d dalam Ath-Thabaqaat. MURSAL).

=

 

كنوز الحقائق في حديث خير الخلائق

 ـ للعلامة زين الدين عبد الرءوف المناوي المتوفى سنة 1031هـ ـ

KUNUZUL HAQAAIQ

HADITS 1-10

MATAN - TERJEMAH

=



[1] Jam`ul Jawaami`: 6., Fathul Kabiir: 3.

[2] Jam`ul Jawaami`: 18.

[3] Jam`ul Jawaami`: 14., Jami`us Shaghir: 4., Fathul Kabiir: 5.,

[4] Jam`ul Jawaami`: 22., Jami`us Shaghir: 10., Fathul Kabiir: 13.

[5] Jam`ul Jawaami`: ., Jami`us Shaghir:12., Fathul Kabiir: 14.

[6] Jam`ul Jawaami`: 29., Jami`us Shaghir: 14., Fathul Kabiir: 17.

[7] Jam`ul Jawaami`: 32., Jami`us Shaghir: 15., Fathul Kabiir: 21.

[8] Jam`ul Jawaami`: 40., Jami`us Shaghir:  ., Fathul Kabiir: 28.

[9] Jam`ul Jawaami`: 33., Jami`us Shaghir: ., Fathul Kabiir: 22.

[10] Jam`ul Jawaami`: 42., Jami`us Shaghir: ., Fathul Kabiir: .

Kamis, 11 Maret 2021

Bab Berobat Dengan Kurma dan Kurma Ajwa

 =

  1. Jami`ush Shaghir hadits 4060 SHAHIH
  2. Jami`ush Shaghir hadits 5679 SHAHIH
  3. Jami`ush Shaghir hadits 5680 SHAHIH
  4. Jami`ush Shaghir hadits 6939 SHAHIH
  5. Jami`ush Shaghir hadits 6941 SHAHIH
  6. Jami`ush Shaghir hadits 8594 SHAHIH

=

٤٠٦٠ـ خَيْرُ تَمْرِكُمْ اَلْبَرْنِيُّ، يُذْهِبُالدَّاءَ، وَلَادَاءَ فِيْهِ (الروياني عد هب والضياء) عن بريدة (عق طس وابن السني وأبو نعيم في الطب ك) عن أنس (طس ك) وأبو نعيم عن أبي سعيد (صح)ـ

4060- Sebaik-baik kurma kalian adalah kurma barni, bisa menghilangkan penyakit dan di dalamnya tidak ada penyakit. (HR. Rauyani, Ibnu `Adi, Baihaqi dalam Syu`abul Iman, dan Dhiyaa` dari Buraidah. HR. `Uqaili, Thabraani, Ibnus Sunni, dan Abu Nu`aim dalam At-Thib, dan Hakim dari Anas. HR. Thabraani, Hakim, dan Abu Nu`aim dari Abi Sa`id. SHAHIH).

Al-Munawi berkata: semua jenis kurma itu baik, tetapi kurma barni lebih baik dari kurma jenis lainnya. Ibnu al-Atsiir berkata: Kurma barni merupakan salah satu jenis kurma yang ditanam oleh tangan mulia Rasulullah shallahu `alaihi wa sallam di Madinah. Kurma Madinah sendiri jenisnya sangat banyak hingga mencapai seratus tiga puluh lebih. 

=

٥٦٧٩ـ العَجْوَةُ وَالصَّخْرَةُ وَالشَّجَرُ مِنَ الجَنَّةِ (حم ه ك) عن رافع بن عمر المزني (صح)ـ

5679- Ajwah, kubah (Baitul Maqdis), dan pohon (tempat bai`atur ridhwaan atau pohon yamg mulia) adalah dari surga. (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim dari Rafi` bin `Amr Al-Muzanni. SHAHIH)

= 

٥٦٨٠ـ العَجْوَةُ  مِنَ الجَنَّةِ وَفِيْهَا شِفَاءٌ مِنَ السَّمِّ، وَاَلْكَمْأَةُ مِنَ الْمَنِّ وَمَاؤُهَا شِفَاءٌ لِلْعَيْنِ (حم ت ه) عن أبي هريرة (حم ن ه) عن أبي سَعيد وجابر (صح)ـ

5680- Kurma Ajwa dari surga dan di dalamnya terdapat obat dari racun. Kam`ah (jamur) adalah dari manna dan airnya adalah obat mata. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. HR. Ahmad, Nasaai, dan Ibnu Majah dari Abi Saiid dan Jabir. SHAHIH)

Al-Kam`ah adalah sesuatu yang putih bagai lemak yang tumbuh dengan sendirinya. Manna adalah satu jenis makanan yang diturunkan Allah SWT kepada Bani Israil. Jika bisa mengolahnya maka air dari kam`ah bisa dimanfaatkan sebagai obat mata.

=

٦٩٣٩ـ كَانَ يَأْكُلُ الْقِثَّاءَ بِالرُّطَبِ (حم ق ٤) عن عبد الله بن جعفر (صح)ـ

6939- Beliau pernah makan Qitstsaa` (kerai/mentimun) dengan kurma segar (baru masak). (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Abdullah bin Ja`far SHAHIH).

Makan mentimun dan kurma yang baru masak secara bersamaan akan saling melengkapi khasiat yang dikandung kedua makanan buah dan sayur tersebut. Adapun cara makannya adalah timun di tangan kanan dan kurma di tangan kiri, digigit bergantian.

=

٦٩٤١ـ كَانَ يَأْكُلُ الْبِطِّيْخَ بِالرُّطَبِ، وَيَقُوْلُ يُكْسَرُ حَرُّ هَذَا بِبَرْدِ هَذَا وَ بَرْدُ هَذَا  بِحَرِّ هَذَا (د هق) عن عائشة (صح)ـ

6941- Beliau memakan semangka dengan ruthab, dan berkata: dipecahkan panasnya ini dengan dinginnya ini dan dinginnya ini dengan panasnya ini. (HR. Abu Dawud dan Baihaqi dari Aisyah. SHAHIH)

Menurut Al-Munawi yang dimaksud ruthab adalah kurma yang berwarna kuning, menurut Ibnu al-Qayyim yang dimaksud ruthab adalah kurma yang berwarna hijau, menurut kamus Mahmud Yunus yang dimaksud ruthab adalah buah kurma yang baru masak, dan menurut makna terjemah Najih Ahjad yang dimaksud ruthab aalah kurma segar.

=

٨٥٩٤ـ مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةٍ لَمْ يَضُرَّهُ فِى ذلِكَ الْيَوْمِ سُمٌّ وَلَاسِحْرٌ (حم د) عن سعد (صح)ـ

8594- Barangsiapa yang makan pagi setiap hari dengan tujuh butir kurma ajwa (Madinah) maka tidak akan membahayakannya pada hari tersebut racun dan tiak juga sihir. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud dari Sa`d. SHAHIH)

Orang yang makan pagi dengan tujuh butir kurma ajwa Madinah maka pada hari tersebut akan dijaga oleh Allah SWT dari bahaya racun dan sihir

=

Selasa, 09 Maret 2021

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR IMAM SUYUTHI 50 Berpegang teguhlah kepada Al`Qur`an

 =

 

٥٨ـ١٣٠ـ٥٠ـ أَبشِروا أليس تشهدون أن لا إله إلا اللهُ ، و أني رسولُ اللهِ ؟  فَاِنَّ هذا القرآنَ سببٌ طرفُه بيدِ اللهِ ، و طرفُه بأيديكم ، فتمسَّكوا به ؛ فإنكم لن تضِلُّوا ولن تهلِكوا بعده أبدًا (ابن أبى شيبة، والطبرانى باسناد صحيح، وابن حبان عن أبى شريح الخزاعى) (صح)ـ

          [58/130](50)- Berbahagialah kalian, bukankah kalian telah bersaksi sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya aku adalah utusan Allah?, karena sesungguhnya Al-Qur`an ini adalah sabab yang ujungnya berada di “Tangan Allah” dan ujung yang lainnya berada di tangan kalian. Maka dari itu pegang erat-erat oleh kalian, karena sesungguhnya kalian tidak akan tersesat dan tidak akan binasa selamanya. (HR. Ibnu Abi Syaibah, Thabrani dengan isnad yang shahih, dan Ibnu Hibban dari Abi Syarih Al-Khazai. SHAHIH)

=

https://al-maktaba.org/book/1438/101#p2

=

=

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR IMAM SUYUTHI 48

 =

 

٥٥ـ١٢٧ـ٤٨ـ  أبشِرُوْا مَعْشَرَ المسلِمينَ لا يدخُلُها الدَّجَّالَ يعني المدينةَ (ابن حبان عن فاطمة بنت قيس) (صح)ـ

[55/127](48)- Berbahagialah kalian golongan orang-orang islam, Dajjal tidak akan memasuki (kota Madinah). (HR. Ibnu Hibban dari Fathimah binti Qais. SHAHIH).

=

https://al-maktaba.org/book/1438/107#p4

=

=

=

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR HADITS NO 46 - sakit panas demam (huma)

 =

 

٥٠ـ١٢٠ـ٤٦ـ  أَبشِرْ ، فإنَّ اللهَ تعالى يقولُ : هي ناري أُسلِّطُها على عبدي المؤمنِ في الدنيا ، لتكون حظَّه من النَّارِ يومَ القيامة (أحمد، وهناد، وابن ماجه، وابن السنى فى عمل يوم وليلة، والحاكم، وأبو نعيم فى الحلية، وابن عساكر عن أبى هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم عاد رجلا به حمى قال فذكره) (صح)ـ

[50/120](46)-Berbahagialah, karena sesungguhnya Allah ta`aala berfirman: “Itu adalah api-Ku yang Aku kuasakan kepada hamba-Ku yang beriman di dunia, agar api neraka ada bagiannya kelak pada hari kiamat. (HR. Ahmad, Hanad, Ibnu Majah, Ibnu Sunni dalam Amal Yaumin Wa Lailatin, Hakim, Abu Nuaim dalam Hilyah, Ibnu Asakir dari Abu Hurairah sesungguhnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menjenguk laki-laki yang sakit huma (demam/panas) dan bersabda, kemudian menuturkan hadits. SHAHIH)

=

JAM`UL JAWAAMI` HADITS NO 120

FATHUL KABIIR HADITS NO 69

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR HADITS NO 46

=

https://al-maktaba.org/book/1438/97#p4

=

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR IMAM SUYUTHI 45 - Ammar

 =

 

٤٧ـ١١٩ـ٤٥ـ  أَبْشِرْ عَمَّارُ تَقْتُلُكَ اَلْفِئَةُ الْبَاغِيَةُ (الترمذى حسن صحيح غريب عن أبى هريرة. الباوردى عن إسماعيل بن عبد الرحمن الأنصارى (صح)ـ

[47/119](45)- Berbahagialah kamu Ammar, kelak kamu akan terbunuh oleh kelompok yang membangkang. (HR Tirmidzi dari Abu Hurairah dan Al-Bawardi dari Ismail bin Abirrahman al-Anshari. HASAN SHAHIH).

=

https://al-maktaba.org/book/1438/96#p4

=

SYARAH

https://dorar.net/hadith/sharh/22396

=

JAM`UL JAWAAMI` HADITS NO 119

FATHUL KABIIR HADITS NO 68

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR HADITS NO 45

=


SHAHIH JAAMI`UL KABIIR IMAM SUYUTHI 44 - Waktu Shalat Zhuhur

 =

 

٣٨ـ١١٠ـ٤٤ـ أَبْرِدُوا بالصَّلَاةِ فإنَّ شِدَّةَ الحَرِّ مِن فَيْحِ جَهَنَّمَ (أحمد، وابن ماجه، وابن حبان، وابن عدى، وأبو نعيم فى الحلية، والطبرانى، والبيهقى عن المغيرة بن شعبة) (صح)ـ

[38/110](44)- )-(Tunggulah sampai udara agak) Dingin (dalam melaksanakan) shalat. Karena sesunguhnya panas yang sangat itu dari hembusan neraka Jahanam. (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ibnu Adi, Abu Nu`aim dalam al-Hilyah, Thabrani, dan Baihaqi dari Mughirah bin Syu`bah. SHAHIH).

=

https://al-maktaba.org/book/1438/89#p1

=

Syarah hadits:  

https://dorar.net/hadith/sharh/15344

=

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR IMAM SUYUTHI 43 - waktu shalat zhuhur

 =

 

٣٧ـ١٠٩ـ٤٣ـ  أبرِدوا بالظهرِ، فإنَّ الذي تجدونَ منَ الحرِّ، منْ فيحِ جهنمَ (النسائى، والسراج فى مسنده، والطبرانى عن أبى موسى) (صح)ـ

[37/109](43)-(Tunggulah sampai udara agak) Dingin (dalam melaksanakan) shalat dzuhur. Karena sesungguhnya panas yang kalian rasakan itu dari hembusan neraka Jahanam. (HR. Nasaai, Siraaj dalam Musnadnya dan Thabrani dari Abi Musa. SHAHIH).

=

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR 42 Waktu shalat Zhuhur

 =

 

٣٤ـ١٠٦ـ٤٢ـ أَبْرِدُوْا بِالظُّهْرِ (هـ) عن ابن عمر (طب) عن عبد الرحمن بن حارثة (ص ـ ز)ـ

[34/106](42)- (Tunggulah sampai udara agak) Dingin (dalam melaksanakan) shalat dzuhur. (HR. Ibnu Majah dari Ibnu Umar, dan Thabrani dari Aburrahman bin Haritsah. SHAHIH.pen)

=

https://al-maktaba.org/book/1438/91#p2

=

JAM`UL JAWAAMI` HADITS NO 106

FATHUL KABIIR HADITS NO 66

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR HADITS NO 42

=

SHAHIH JAAMI`UL KABIIR IMAM SUYUTHI 31-40 - صحيح الجامع الكبير للإمام جَلَال الدِّينِ السيوطي ٣١ــ٤٠ـ

 =

 

١ــ٧٣ــ٣١ــ أُبَايِعُكُمْ علَى أنْ لا تُشْرِكُوا باللَّهِ شيئًا، ولَا تَسْرِقُوا، ولَا تَزْنُوا، ولَا تَقْتُلُوا أوْلَادَكُمْ، ولَا تَأْتُوا ببُهْتَانٍ تَفْتَرُونَهُ بيْنَ أيْدِيكُمْ وأَرْجُلِكُمْ، ولَا تَعْصُونِي في مَعروفٍ، فمَن وفَى مِنكُم فأجْرُهُ علَى اللَّهِ، ومَن أصَابَ مِن ذلكَ شيئًا فَأُخِذَ به في الدُّنْيَا فَهو كَفَّارَةٌ له وطَهُورٌ، ومَن سَتَرَهُ اللَّهُ فَذلكَ إلى اللَّهِ إنْ شَاءَ عَذَّبَهُ وإنْ شَاءَ غَفَرَ له (حم ق ت ن) عن عبادة بن الصامت (صح)ـ

[1/73](31)- Aku membaiat kalian agar kalian tidak menyukutan Allah dengan sesuatupun, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak kalian, tidak melakukan suatu kedustaan diantara sesama kalian, dan tidak bermaksiat kepadaku dalam kebaikan. Barang siapa diantara kalian telah menunaikannya maka pahalanya dari Allah. Barangsiapa telah mendapatkan sesuatu darinya, kemudian diambil (dihukum) di dunia, maka hal tersebut menjadi penebus dosa dan penyucian baginya. Dan barang siapa Allah menutupinya, maka hal tersebut kembali kepada Allah, jika Dia mau maka Dia akan menyiksanya, dan jika Dia mau maka Dia akan memaafkannya. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaai. SHAHIH)

٣ــ٧٥ــ٣٢ــ أُبَايِعُكَ عَلَى أَنْ تَعْبُدَ اللهَ ، لا تُشْرِكَ به شَيْئًا ، و تقيمَ الصلاةَ المكتوبةَ ، و تؤتيَ الزكاةَ ، و تنصحَ لكلِّ مسلمٍ ، و تبرأَ من الشِّرك (حم ن) عن جرير (زـ صح)ـ

[3/75](32)- Aku membaiatmu agar kamu menyembah Allah, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun, mendirikan shalat wajib, menunaikan zakat, memberi nasehat kepada setiap orang islam, dan berlepas diri dari kemusyrikan. (HR. Ahmad dan Nasaai dari Jarir. SHAHIH.pen)

٧ــ٧٩ــ٣٣ــ  أَبَى أَنْ يَجْعَلَ اللّهُ لِقَاتِلِ الْمُؤْمِنِ تَوْبَةً (طب) والضياء في المختارة عن أنس (صح) ـ

[7/79](33)- Allah enggan  menerima taubat orang yang membunuh orang mukmin. (HR. Thabrani dan Dhiyaa dalam Al-Mukhtaarah dari Anas, SHAHIH)

١٠ــ٨٢ــ٣٤ــ اَبَى اللهُ أَنْ يَقْبَلَ عَمَلَ صَاحِبِ بِدْعَةٍحَتَّى يَدَعَ بِدْعَتَهُ (هـ) وابن أبي عاصم في السنة، وأبو نصر السجزي في الإنابة، وابن النجار عن ابن عباس (ح)ـ

[10/82](34)- Allah menolak menerima amal ahli bid`ah sehingga dia meningalkan bid`ahnya tersebut. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Abi `Ashim dalam As-sunnah, Abu Nashr As-Sijzi dalam Inabah dan Ibnu Najjar dari Ibnu Abbas. HASAN)

١٢ــ٨٤ــ٣٥ــ  أبَى اللهُ والمُؤمِنونَ أنْ يُختَلَفَ عليك يا أبا بَكرٍ (حم) وأبو نعيم في فضائل الصحابة عن عائشة (زـ صح)ـ

[12/84](35)- Allah dan orang – orang beriman menolak memperselisihkan prihal dirimu wahai Abu Bakar. (HR. Ahmad, Abu Nu`aim dalam Fadhailus Shahabah dari Aisyah. SHAHIH.pen)

٢٣ــ٩٥ــ٣٦ــ اِبْدَأْ بِنَفْسِكَ فَتَصَدَّقْ عَلَيْهَا ثُمَّ عَلَى أَبَوَيْكَ ثمَّ عَلَى قَرَابَتِكَ ثمَّ هَكَذَا ثمَّ هكذا (البخارى، ومسلم، وابن حبان عن جابر) (صح)ـ

[23/95](36)- Mulailah dengan dirimu, maka berilah ia sedekah, kemudian kepada kedua orangtuamu, kemudian kepada kerabatmu, kemudian begini dan begitu (seterusnya). (HR Bukhari, Muslim, dan Ibnu Hibban dari Jabir. SHAHIH)

٢٤ــ٩٦ــ٣٧ــ اِبْدَأْ بِنَفْسِكَ، فَتَصَدَّقْ عَليْهَا، فَاِنْ فَضُلَ شَيْءٌ فَلِأَهْلِكَ، فإِنْ فَضُلَ شَيْئٌ عَنْ أَهْلِكَ فَلِذِىْ قَرَابَتِكَ، فَإِنْ فَضُلَ عَنْ ذِىْ قَرابَتِكَ شيْئٌ فَهَكَذَ وَ هَكَذَا (ن) عن جابر (صح)ـ

[24/96](37)- Mulailah dengan diri sendiri, maka bersedekahlah untuknya. Jika masih berlebih sesuatu maka untuk keluargamu, jika masih berlebih sesuatu maka untuk sanak kerabatmu, jika masih berlebih sesuatu maka bersedekahlah untuk yang lain dan yang lainnya lagi. (HR. Nasaa-i dari Jabir, SHAHIH)

٢٥ــ٩٧ــ٣٨ــ إِبْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ (طب) عن حكيم بن حزام (صح)ـ

[25/97](38)- Mulailah dari orang-orang yang menjadi tanggunganmu (HR. Thabrani dalam Al-Kabir dari Hakim bin Hizam.SHAHIH)

٢٧ــ٩٩ــ٣٩ــ اِبْدَأُوْا بِمَا بَدَأَ اللَّهُ بِهِ (قط) عن جابر (صح)ـ

[27/99](39)- Mulailah kalian dengan sesuatu yang Allah telah memulainya. (HR. Daruquthni dari Jabir. SHAHIH)

=

٣١ـ١٠٣ـ٤٠ــ إِبْدَأْنَ بِمَيَامِنِهَا وَمَوَاضِعِ الْوُضُوءِ مِنْهَا (أحمد، والبخارى، ومسلم، وأبو داود، والترمذى، والنسائى عن أم عطية أن النبى ء صلى الله عليه وسلم قال فى غسل ابنته ... فذكره) (صح)ـ

[31/103](40)- Mulailah dari bagian tubuhnya yang sebelah kanan dan anggota-anggota wudhunya (ketika memandikan jenazah). (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaai dari Umi Athiyah sesungguhnya Nabi shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda dalam memandikan anaknya… kemudian menuturkan hadits. SHAHIH)

113- ابدأْنَ بِمَيامِنها ومواضع الوضوء منها (أحمد، والبخارى، ومسلم، وأبو داود، والترمذى، والنسائى عن أم عطية أن النبى - صلى الله عليه وسلم - قال فى غسل ابنته ... فذكره)

--------

ص81 - كتاب جامع الأحاديث - الهمزة مع الباء - المكتبة الشاملة الحديثة

--------

الرابط:https://al-maktaba.org/book/1438/83#p5

SYARAH LINK:

https://dorar.net/hadith/sharh/1918

=

=