Laman

Sabtu, 04 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09528 (Larangan membawa Al-Qur`an ke negeri musuh)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09528 (Larangan membawa Al-Qur`an ke negeri musuh)

نَهَى أَنْ يُسَافَرَ بِالْقُرْآنِ إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ

Artinya
Beliau melarang Al-Qur`an dibawa ke negeri musuh.

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Nabi SAW melarang membawa mushaf Al-Qur`an atau sesuatu yang ada tulisan Al-Qu`an ke negara kafir musuh karena takut jatuh ke tangan mereka dan mereka akan menghinakan Al-Qur`an. Jika sebab yang ditakutkan ini tidak ada maka tidaklah mengapa.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.618 hadits nomor 09528
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.458. hadits nomor.09528.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.286. hadits nomor 6825.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.481. hadits nomor 09528

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.605. hadits nomor 09509
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.618. hadits nomor 09528
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Jumat, 03 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09369 (Larangan mendatangi istri waktu malam)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09369 (Larangan mendatangi istri waktu malam)

نَهَى أَنْ يَطْرُقَ الرَّجُلُ أَهْلَهُ لَيْلًا

Artinya
Beliau melarang laki-laki mengetuk pintu (mendatangi ahlinya, istri, atau perempuan yang halal baginya) pada waktu malam (setelah bepergian)

[HR. Bukhari dan Muslim dari Jabir. SHAHIH]

Penjelasan
Seorang suami dilarang mendatangi istrinya pada waktu malam karena bisa mengagetkannya, bisa jadi dia dalam kondisi tidak bersih, sedang tidak suka dilihat suami, bisa saja si suami melihat sesuatu yang seharusnya tidak dia lihat. Nah hal tersebut tentu bisa membuat si istri tidak senang dan bisa menjadi bibit perselisihan.
Kedatangan seseorang ke rumah keluarganya di waktu malam setelah bepergian jauh tanpa pemberitahuan terlebh dahulu karena bisa mengagetkan keluarganya dan bisa jadi salah sangka jika yang mengetuk pintu adalah orang jahat. Singkatnya, kedatangan tanpa pemberitahuan bisa membuat istri kurang senang, oleh karena itu Nabi SAW memberikan petunjuk agar tali kasih diantara mereka makin besar
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.611 hadits nomor 09369
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.456. hadits nomor.09520.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.290. hadits nomor 6836.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.421. hadits nomor 09369

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.602. hadits nomor 09501
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.611. hadits nomor 09369
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kamis, 02 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09517 (Larangan membunuh dengan cara ditahan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09517 (Larangan membunuh dengan cara ditahan)

نَهَى عَنْ أَنْ تُصْبَرَ الْبَهَائِمُ

Artinya
Beliau melarang (membunuh binatang dengan cara) di tahan.

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Binatang ditahan dengan cara diikat kemudian dilempari hingga mati. Dagingnya juga dilarang dimakan.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.618 hadits nomor 09517
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.453. hadits nomor.09508.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.. hadits nomor.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.477. hadits nomor 09517

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.597. hadits nomor 09489
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.618. hadits nomor 09517
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09516 (Laki-laki dilarang memakai za`faron)

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09516 (Laki-laki dilarang memakai za`faron)

نَهَى أَنْ يَتَزَعْفَرَ الرَّجُلُ

Artinya
Beliau melarang lakilaki memakai za`aron

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasaa-i dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Laki-laki dilarang memakai minyak wangi za`faron karena hal tersebut merupakan perbuatan perempuan.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.618 hadits nomor 09516
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.452. hadits nomor.09507.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.284. hadits nomor.06818
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.477. hadits nomor 09516

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.597. hadits nomor 09488
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.618. hadits nomor 09516
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09496 (Larangan membunuh perempuan dan anak-anak)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09496 (Larangan membunuh perempuan dan anak-anak)

نَهَى عَنْ قَتْلِ النِّسَاءِ وَالصِّبْيَانِ

Artinya
Beliau melarang membunuh perempuan dan anak - anak

[HR Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Nabi SAW melarang membunuh perempuan dan anak - anak dalam peperangan, terkecuali perempuan yang bertarung.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.617 hadits nomor 09496
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.447. hadits nomor.09487.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.332. hadits nomor.06972
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.469. hadits nomor 09496

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.590. hadits nomor 09468
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.617. hadits nomor 09496
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09488 (Larangan puasa hari jum`at)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09488 (Larangan puasa hari jum`at)

نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمِ الْجُمْعَةِ

Artinya
Beliau melarang puasa hari jum`at

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Ibnu Majah dari Jabir. SHAHIH]

Penjelasan
Mengkhususkan diri puasa pada hari jum`at tanpa didahului oleh puasa sebelumnya atau diikuti oleh puasa hari berikutnya adalah dilarang oleh Nabi SAW, hukumnya makruh tanjih. Penyebabnya karena hari jum`at adalah hari raya (mingguan) dan pada hari raya tidak ada puasa, supaya tidak lemah menjalankan ibadah - ibadah pada hari jum`at, takut orang-orang berkeyakinan wajibnya puasa hari jum`at, atau karena untuk mengagungkan hari jum`at.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616 hadits nomor 09488
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.445. hadits nomor.09479.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.330. hadits nomor.06963
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.465. hadits nomor 09488

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.586. hadits nomor 09460
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616. hadits nomor 09488
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 01 Januari 2020

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09485 (Larangan puasa pada hari raya idul fitri dan idul adha)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09485 (Larangan puasa pada hari raya idul fitri dan idul adha)

نَهَى عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الْفِتْرِ وَالنَّحْرِ

Artinya
Beliau melarang puasa hari raya fitri dan hari raya nahar

[HR. Bukhari dan Muslim dari Umar dan Abu Sa`id. SHAHIH ]

Penjelasan
Nabi SAW melarang puasa pada hari raya idul fitri dan hari raya idul adha
=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616 hadits nomor 09485
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.444. hadits nomor.09476.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.330. hadits nomor.06962.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.464. hadits nomor 09485
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.585. hadits nomor 09457

 ==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616. hadits nomor 09485
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09456 (Larangan harga/ upah anjing, pelacur dan peramal)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09456 (Larangan harga/ upah anjing, pelacur dan peramal)

نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَمَهْرِ الْبَغِيِّ وَحُلْوَانِ الْكَاهِنِ

Artinya
Beliau melarang harga anjing, upah pelacur dan upah peramal

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. SHAHIH ]

Penjelasan
Larangan ini berlaku bagi pemberi dan penerima. Beliau melarang penghasilan yang berkaitan dengan anjing (terkecuali anjing terlatih dan anjing pemburu), penghasilan yang berkaitan dengan pelacur (prostitusi), dan penghasilan yang berkaitan dengan tukang ramal.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.615 hadits nomor 09456
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.439. hadits nomor.09459.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.326. hadits nomor.06951.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.454. hadits nomor 09456

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.580. hadits nomor 09440
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.615. hadits nomor 09456
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09473 (Larangan menjual dan menghibahkan walaa`)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09473 (Larangan menjual dan menghibahkan walaa`)

نَهَى عَنْ بيْعِ الْوَلَاءِ وَعَنْ هِبَتِهِ

Artinya
Beliau melarang menjual (hak) walaa dan (melarang) menghibahkannya

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Hak walaa` adalah hak menerima warisan harta budak yang dimerdekakannya. Orang jahiliah biasa menjual hak walaa` maka Nabi melarangnya. Hak walaa` seperti hak karena nasab sehingga tidak bisa diberikan kepada orang lain
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616 hadits nomor 09473
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.434. hadits nomor.09438.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.322. hadits nomor.06939.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.459. hadits nomor 09473

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.573. hadits nomor 09419
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616. hadits nomor 09473
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Selasa, 31 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09472 (Larangan menjual kurma di pohon)

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09472 (Larangan menjual kurma di pohon)

نَهَى عَنْ بَيْعِ الثَّمَرِ بِالتَّمْرِ

Artinya
Beliau melarang menjual buah (kurma di pohon) dengan kurma

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dari Sahl bin Abi Hatsmah. SHAHIH]

Penjelasan
Jual beli ini dilarang karena tidak jelas takarannya dan akan saling merugikan.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616. hadits nomor 09472
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09471 (Larangan habalul habalah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09471 (Larangan habalul habalah)

نَهَى عَنْ بَيْعِ حَبَلِ الْحَبَلَةِ

Artinya
Beliau melarang menjual anak dari anak unta dalam kandungan

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH ]

Penjelasan
Penafsiran jual beli habalul habalah ada dua pendapat, pertama pendapat Ibnu Umar yang diikuti oleh Malik dan Syafi`i adalah jual beli yang pembayarannya ditunda sampai kelahiran cucu unta (anak unta dari unta dalam kandungan), kedua, pendapat yang mengatakan menjual anak dari anak unta dalam kandungan.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616 hadits nomor 09471
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.433. hadits nomor.09436.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.323. hadits nomor.06940.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.458. hadits nomor 09471

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.572. hadits nomor 09416
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.616. hadits nomor 09471
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09468 (Larangan menjual buah yang belum bagus)

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09468 (Larangan menjual buah yang belum bagus)

نَهَى عَنْ بَيْعِ الثَّمَرِ حَتَّى يَطِيْبَ

Artinya
Beliau melarang menjual buah hingga terlihat bagus

[HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Jabir]

Penjelasan
Nabi SAW melarang menjual buah-buahan sehingga terlihat bagus, seperti sudah enak dimakan, sudah tua, atau ukuran - ukuran bagus lainnya sesuai dengan buah yang akan dijual.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.615 hadits nomor 09468
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.432. hadits nomor.09433.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.318. hadits nomor.06927.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.457. hadits nomor 09433
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.571. hadits nomor 09414


==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.615. hadits nomor 09468
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Senin, 30 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09350 (Larang jual beli emas dan perak tidak kontan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09350 (Larang jual beli emas dan perak tidak kontan)

نَهَى عَنْ بَيْعِ الذَّهَبِ بِالْوَرِقِ دَيْنًا

Artinya
Beliau melarang jual emas dengan perak secara hutang (tidak kontan)

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Barraa dan Zaid bin Arqam. SHAHIH ]

Penjelasan
Para ulama sepakat, haram hukumnya jual beli dengan cara tidak konta untuk emas dengan emas, emas dengan perak, gandum dengan gandum, atau setiap sesuatu yang memiliki ilat riba yang serupa.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610 hadits nomor 09350
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.431. hadits nomor.09429.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.320. hadits nomor.06931.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.415. hadits nomor 09350

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.570. hadits nomor 09410
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610. hadits nomor 09350
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09341 (Larangan makan daging himar kampung)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09341 (Larangan makan daging himar kampung)

نَهَى عَنْ أَكْلِ لُحُوْمِ ٱلْحُمُرِ الْأَهْلِيَّةِ

Artinya
Beliau melarang makan daging himar ahliyah

[HR. Bukhari dan Muslim dari Barraa dari Jabir, dari Ali, dari Ibnu Umar dan dari Abu Tsa`labah. SHAHIH]

Penjelasan
Himar ahliyah adalah himar jinak yang memiliki kandang atau tempat khusus sehingga biasa pulang pergi ke tempat tersebut. Khimar ini juga biasanya banyak dimanfaatkan oleh pemiliknya atau masyarakat sekitar untuk membantu pekerjaan dan kebutuhan mereka.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610 hadits nomor 09341
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.429. hadits nomor.09420.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.298. hadits nomor.06860.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.411. hadits nomor 09341
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.566. hadits nomor 09401


==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610. hadits nomor 09341
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09339 (Larangan makan binatan bertaring)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09339 (Larangan makan binatan bertaring)

نَهَى عَنْ أَكْلِ كُلِّ ذِىْ نَابٍ مِنَ ٱالسِّبَاعِ

Artinya
Beliau melarang makan setiap binatang buas yang bertaring

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Abu Tsa`labah. SHAHIH]

Penjelasan
Haram hukumnya makan binatang buas yang bertaring seperti harimau dan lainnya.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610 hadits nomor 09339
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.429. hadits nomor.09420.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.297. hadits nomor.06858.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.410. hadits nomor 09339

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.565. hadits nomor 09399
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610. hadits nomor 09339
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09449 (Larangan ikhtinas)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09449 (Larangan ikhtinas)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09449 (Larangan ikhtinas)

نَهَى عَنِ ٱخْتِنَاسِ الْأَسْقِيَةِ

Artinya
Beliau melarang ikhtinas (menyucup minuman)

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Abu Sa`id. SHAHIH ]

Penjelasan
Larangan ini adalah larangan makruh tanjih dan bukan makruh tahrim

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.615. hadits nomor 09449
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09447 (Larangan puasa wishal)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09447 (Larangan puasa wishal)

نَهَى عَنِ الْوِصَالِ

Artinya
Beliau melarang (puasa) wishal

[HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar, dari Abu Hurairah dan dari Aisyah. SHAHIH ]

Penjelasan
Puasa wishal adalah puasa terus menerus tanpa berbuka pada waktu malam.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.615 hadits nomor 09447
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.426. hadits nomor.09409.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.317. hadits nomor.06922.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.451. hadits nomor 09447

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.562. hadits nomor 09390
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.615. hadits nomor 09447
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH