Laman

Sabtu, 28 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09429 (Larangan munabadzah dan mulamasah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09429 (Larangan munabadzah dan mulamasah)

نَهَى عَنِ الْمُنَابَذَةِ وَ الْمُلَامَسَةِ

Artinya
Beliau melarang munabadzah dan mulamasah

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Abu Sa`id. SHAHIH ]

Penjelasan
Munabadzah adalah jual beli dengan cara melempar barang masing-masing tanpa melihat terlebih dahulu. Lemparan tersebut dianggap sebagai transaksi dan tidak ada khiyar sesudahnya. Mulamasah adalah jual beli dengan cara meraba sesuatu tanpa dilihat terlebih dahulu. Rabaan tersebut dianggap sebagai transaksi dan tidak ada khiyar sesudahnya.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.614 hadits nomor 09429
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.422. hadits nomor.09391.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.312. hadits nomor.06906.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.445. hadits nomor 09429

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.557. hadits nomor 09372
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.614. hadits nomor 09429
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09425 (Larangan muzabanah dan muhaqalah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09425 (Larangan muzabanah dan muhaqalah)

نَهَى عَنِ الْمُزَابَنَةِ وَ الْمُحَاقَلَةِ

Artinya
Beliau melarang muzabanah dan muhaqalah

[HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Sa`id. SHAHIH ]

Penjelasan
Muhaqalah adalah jual beli bahan makanan yang masih berada pada tangkainya seperti menjual gandum yang masih ada tangkainya dengan gandum hasil panen yang bersih dan bisa di takar atau di timbang. Muhaqalah dilarang karena adanya unsur ketidakpastian, baik dalam timbangan ataupun takaran.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.614 hadits nomor 09425
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.421. hadits nomor.09387.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.311. hadits nomor.06903.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.444. hadits nomor 09425
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.555. hadits nomor 09368


==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.614. hadits nomor 09425
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09424 (Larangan muzabanah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09424 (Larangan muzabanah)

نَهَى عَنِ الْمُزَابَنَةِ

Artinya
Beliau melarang muzabanah

[HR. Bukhari, Muslim, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH ]

Penjelasan
Muzabanah dilarang karena akan merugikan salah satu pihak. Contohnya adalah jual beli buah yang masih di pohon.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.614 hadits nomor 09424
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.421. hadits nomor.09386.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.311. hadits nomor.06902.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.443. hadits nomor 09424

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.555. hadits nomor 09367
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.614. hadits nomor 09424
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09408 (waktu dilarang shalat)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09408 (waktu dilarang shalat)

نَهَى عَنِ الصَّلَاةِ  بَعدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ و بَعدَ الْعَصْرِ حَتَّى تَغْرُبَ

Artinya
Beliau melarang shalat setelah (shalat) shubuh hingga terbitnya matahari dan setelah (shalat) ashar hingga terbenamnya (matahari)

[HR Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Umar. SHAHIH ]

Penjelasan
Nabi SAW melarang shalat setelah mengerjakan shalat shubuh hingga matahari naik kira-kira satu tombak lebih dan melarang shalat setelah shalat ashar hingga matahari terbenam. Ada lima waktu yang diharamkan shalat tanpa sebab yang khusus, yaitu: setelah shalat shubuh, setelah shalat ashar, ketika matahari terbit, ketika matahari terbenam dan ketika matahari tepat diatas kepala kita.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.613 hadits nomor 09408
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.416. hadits nomor.09370.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.307. hadits nomor.06892.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.436. hadits nomor 09408
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.548. hadits nomor 09351
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.613. hadits nomor 09408
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09402 (Larangan nikah syighar)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09402 (Larangan nikah syighar)

نَهَى عَنِ الشِّغَارِ

Artinya
Beliau malarang nikah syighar

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud,Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Nikah syighar adalah menikahkan perempuan (yang berhak dia nikahkan)  dengan seseorang agar orang tersebut menikahkan perempuan lain kepadanya. Tukar menukar perempuan untuk dinikahi.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.613 hadits nomor 09402
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.415. hadits nomor.09364.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.307. hadits nomor.06891.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.434. hadits nomor 09402


- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.546. hadits nomor 09345
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.613. hadits nomor 09402
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Jumat, 27 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09386 (Larangan melempar dengan kerikil)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09386 (Larangan melempar dengan kerikil)

نَهَى عَنِ الْخَذْفِ

Artinya
Beliau melarang melempar

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dari Abullah bin Mughaffal. SHAHIH ]

Penjelasan
Nabi SAW melarang melempar menggunakan kerikil atau biji-bijian dengan jari-jemarinya karena hal tersebut bisa mencederai mata, tidak bisa mengalahkan musuh dan tidak bisa membunuh binatang buruan.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.612 hadits nomor 09386
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.410. hadits nomor.09348.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.303. hadits nomor.06877.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.428. hadits nomor 09386

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.540. hadits nomor 09329
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.612. hadits nomor 09386
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09335 (Larangan tidak menikah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09335 (Larangan tidak menikah)

نَهَى عَنِ التَّبَتُّلِ

Artinya
Beliau melarang meninggalkan kawin (hidup lajang)

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Abu Dawud dari Saad. Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Samurah.

Penjelasan
Salah satu tujuan dari agama islam adalah memperbanyak penganut sehingga umat islam menjadi mayoritas di muka bumi ini, sedangkan tidak menikah menghalangi hal tersebut sehingga dilarang oleh Nabi. Larangan ini berlaku bagi orang-orang yang sudah mampu menikah tetapi tidak menikah. Sedangkan orang-orang yang tidak punya kemampuan menikah atau punya halangan syar`i maka larangan ini tidak berlaku.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610 hadits nomor 09335
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.407. hadits nomor.09335.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.300. hadits nomor.06867.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.409. hadits nomor 09335
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.534. hadits nomor 09316
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.610. hadits nomor 09335
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kamis, 26 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09260 (Pertolongan Allah SWT)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09260 (Pertolongan Allah SWT)

نُصِرْتُ بِالصَّبَا وَأُهْلِكَتْ عَادٌ بِالدَّبُوْرِ

Artinya
Aku ditolong dengan angin timur, dan kaum `Ad dihancurkan dengan angin barat.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim dari Ibnu Abbas. SHAHIH ]

Penjelasan
Angin timur menjadi pertanda datangnya pertolongan Allah SWT pada waktu perang khandak, ketika angin timur bertiup membawa debu maka perapian musuh padam, tenda goyang dan akhirnya pertahanan mereka lemah. Sedangkan tiupan angin barat yang kencang mencerabut pepohonan dan meruntuhkan rumah dan menerbangkannya sehingga tampak bagaikan belalang, kemudian dihempaskan ke tanah bagaikan batu-batu kerikil.
=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.606 hadits nomor 09260
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.385. hadits nomor.09260.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.263. hadits nomor.06762.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.372. hadits nomor 09260

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.502. hadits nomor 09241
=

=
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.606. hadits nomor 09260
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09250 (Mayat yang disiksa sebab ratapan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09250 (Mayat yang disiksa sebab ratapan)

الْمَيِّتُ يُعَذَّبُ فِى قَبْرِهِ  بِمَانِيْحَ عَلَيْهِ

Artinya
Mayit itu disiksa dalam kuburnya sebab ratapan atasnya.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Umar. SHAHIH ]

Penjelasan
Orang yang berwasiat jika mati kelak minta diratapi, kemudian orang-orang meratapinya ketika dia mati, maka dia akan disiksa selama orang-orang sedang meratapinya. Tetapi jika dia tidak memerintahkannya maka tidaklah dia menanggung siksa sebab ratapan orang - orang yang hidup.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.605. hadits nomor 09250
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 25 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09168 (Pembohong yang pura-pura baik)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09168 (Pembohong yang pura-pura baik)

اَلْمُتَشَبِّعُ بِمَا لَمْ يُعْطَ كَلَابِسِثَوْبَيْ زُوْرٍ

Artinya
Orang yang memperlihatkan dirinya kenyang padahal tidak (orang yang menampakan dirinya memperoleh "keutamaan" padahal tidak) adalah bagaikan orang yang memakai dua potong pakaian kebohongan

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud dari Asmaa binti Abi Bakar. Riwayat Muslim dari Aisyah. SHAHIH]

Penjelasan
Orang-orang yang menipu manusia dengan cara berpakaian ala orang - orang juhud, orang shaleh, orang alim atau yang lainnya maka orang tersebut bagaikan orang yang memakai dua potong pakaian kebohongan.
==
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.601 hadits nomor 09168
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.364. hadits nomor.09168.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.230. hadits nomor.06675.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.330. hadits nomor 09168

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.463. hadits nomor 09149
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.601. hadits nomor 09168
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

AKIDAH 123 (Sifat 50 + 1 Ahlussunnah + 72 aliran


  1. Wujud (Ada) - ﻭﺟﻮﺩ
  2. ... tunggu update ya
  3. Ahlussunnah wal Jama`ah (Salah satu organisasi yang berfaham Ahlussunnah adalah NU)
  4. Wahabi
  5. Khawarij
  6. Mu`tazilah
  7. Rafidhah
  8. Aliran lainnya
  9. tunggu update ya 
HADITS



    1. Hadits 09770 [ Kelompok Ahlussunnah pasti istiqamah ] SHAHIH

    Selasa, 24 Desember 2019

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09165 (Mahir membaca Al-Qur`an)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09165 (Mahir membaca Al-Qur`an)

    الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ ٱلسَّفَرَةِ الْكِرَامِ ٱلْبَرَرَةِ، وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيُتَعْتِعُ فِيْهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

    Artinya
    Orang yang mahir dengan Al-Qur`an adalah bersama - sama dengan malaikat utusan Allah SWT yang mulia-mulia dan baik-baik, dan orang yang membaca Al-Qur`an terbata-bata (mengulang-ulang) dengan penuh kesusahan (masyaqat) maka baginya dua pahala.

    [HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah dari Aisyah. SHAHIH]

    Penjelasan
    Orang yang mahir (pandai dan pintar) dalam membaca Al-Qur`an sehingga lancar dan tidak terbata- bata, tempatnya kelak bersama dengan malaikat as-safarah, yaitu malaikat yang menyampaikan kitab Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul. Orang yang terbata - bata dalam membaca Al-Qur`an maka dia mendapatkan dua pahala, pahala membaca Al-Qur`an dan pahala susah payah dalam mebacanya.

    Sumber
    -Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.601 hadits nomor 09165
    - Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.363. hadits nomor.09165.
    - Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.228. hadits nomor.06670.
    -Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.329. hadits nomor 09165
    - Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.461. hadits nomor 09146


    Sumber
    Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.601. hadits nomor 09165
    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09143 (Mu`min bersaudara)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09143 (Mu`min bersaudara)

    الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا 

    Artinya
    Orang beriman bagi orang beriman (lainnya) bagaikan bangunan, sebagiannya memperkuat sebagian (lainnya)

    [HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Nasaa-i dari Abu Musa. SHAHIH]

    Penjelasan
    Orang beriman saling menguatkan antara yang satu dengan yang lainnya. Bagaikan sebuah bangunan, sebagian bangunan menguatkan bagian lainnya. Sehingga hanya dengan saling mengutkanlah sebuah bangunan bisa berdiri dan bermanfaat, jika saling melemahkan maka sebuah bangunan akan roboh dan tidak memberikan manfaat yang sempurna. Orang beriman juga saling mengutkan bagaikan kuatnya jalinan jari jemari kedua tangan.
    ===
    Sumber
    -Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.600 hadits nomor 09143
    - Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.356. hadits nomor.09143.
    - Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.222. hadits nomor.06654.
    -Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.317. hadits nomor 09143
    - Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.449. hadits nomor 09124

    ===
    ===
    Sumber
    Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.600. hadits nomor 09143
    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09139 ( Perbedaan cara makan mu`min dan kafir)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09139 ( Perbedaan cara makan mu`min dan kafir)

    الْمُؤْمِنُ يَأْكُلُ فِى مِعًى وَاحِدٍ وَالْكَافِرُ يَأْكُلُ فِي سَبْعَةِ أَمْعَاءٍ

    Artinya
    Orang beriman makan dalam satu perut sedangkan orang kafir makan dalam tujuh perut

    [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. Riwayat Ahmad dan Muslim dari Jabir. Riwayat Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. Riwayat Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH]

    Penjelasan
    Orang beriman makan hanya sekedar untuk menyambung hidup sehingga memiliki kekuatan untuk menjalankan ibadah kepada Allah SWT, seakan-akan dia hanya makan dengan satu perut saja. Sedangkan orang kafir makan dengan keserakahan seakan-akan memiliki tujuh perut. Orang beriman makan karena ketaatan sedangkan orang kafir makan karena sahwatnya yang banyak.
    ==

    ==
    Sumber
    Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.600. hadits nomor 09139
    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09103 (Orang yang dikehendaki baik oleh Allah SWT)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09103 (Orang yang dikehendaki baik oleh Allah SWT)

    مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى ٱلدِّيْنِ

    Artinya
    Barangsiapa yang Allah SWT menghendaki kebaikan padanya maka Allah SWT akan memahamkannya dalam hal agama

    [HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Mu`awiyah. Riwayat Ahmad dan Tirmidzi dari Ibnu Abbas. Riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH]

    Penjelasan
    Barangsiapa yang dikehndaki Allah SWT mendapatkan kebaikan yang banyak dan agung maka dia akan diberi kefahaman tentang rahasia-rhasia syariat. Tidak hanya faham hukum - hukum syariat tetapi juga faham sifat - sifat Allah SWT.
    =
    Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits nomor 115

    1.    Bab Orang yang dikehendaki baik oleh Allah SWT akan dipahamkan agama

    ٥ـ١١٥ــ مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى ٱلدِّيْنِ (حم ق) عن معاوية (صح) [الجامع:٩١٠٣، بخاري:٧١، مسلم:١٠٣٧]ـ

    [5](115)- Barangsiapa yang Allah SWT menghendaki kebaikan padanya maka Allah SWT akan memahamkannya dalam hal agama. (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Mu`awiyah. Riwayat Ahmad dan Tirmidzi dari Ibnu Abbas. Riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH)

    Barangsiapa yang dikehndaki Allah SWT mendapatkan kebaikan yang banyak dan agung maka dia akan diberi kefahaman tentang rahasia-rhasia syariat. Tidak hanya faham hukum - hukum syariat tetapi juga faham sifat - sifat Allah SWT.[1]



    [1] Jami`ush Shaghiir 9103., Faidhul Qadiir penjelasan hadits 9103.

    =


    ==
    Sumber
    Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.598. hadits nomor 09103
    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09091 (Orang yang tidak kasihan kepada mahluk)


    Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 09091 (Orang yang tidak kasihan kepada mahluk)

    مَنْ لَايَرْحَمِ ٱلنَّاسَ لَايَرْحَمْهُ ٱللهُ

    Artinya
    Barangsiapa tidak mengasihi manusia maka Allah tidak akan mengasihinya

    [HR.Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. Riwayat Ahmad dan Tirmidzi dari Abu Sa`id. SHAHIH ]

    Penjelasan
    Orang - orang yang mengasihi mahluk Allah SWT maka dia akan dikasihani oleh Allah SWT.

    Sumber
    Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.597. hadits nomor 09091
    BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH