Laman

Kamis, 05 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08780 (Puasa di jalan Allah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08780 (Puasa di jalan Allah)

مَنْ صَامَ يَوْمًا فِى سَبِيْلِ اللهِ بَعَّدَ اللهُ وَجْهَهُ عَنِ النَّارِ سَبْعِيْنَ خَرِيْفًا

Artinya
Barangsiapa berpuasa sehari di jalan Allah maka Allah menjauhkan wajahnya dari neraka (sejauh perjalanan) tujuh puluh tahun.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Abu Sa`id. SHAHIH]

Penjelasan
Barangsiapa yang berpuasa sehari fi sabilillah (perang, haji, beramal karena Allah, dlln) maka dia akan dijauhkan dari neraka sejauh-jauhnya. Hal tersebut karena dia menjalankan dua kali jihad, yaitu jihad melawan dirinya sendiri dan jihad melawan musuh Allah atau jihad menjalankan perintah Allah SWT.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.582 hadits nomor 08780
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.250. hadits nomor.08780.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.99. hadits nomor.06332.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.150. hadits nomor 08780

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.277. hadits nomor 8761
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.582. hadits nomor 08780
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08766 (Larangan minum khamer)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08766 (Larangan minum khamer)

مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِى الدُّنْيَا ثُمَّ لَمْ يَتُبْ مِنْهَا حُرِمَهَا فِى الْآخِرَةِ

Artinya
Barangsiapa yang meminum khamer (minuman keras) di dunia kemudian dia belum bertobat darinya maka diharamkan (meminumnya di akherat)

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Orang yang minum khamer di dunia kemudian belum sempat bertaubat maka dia tidak akan masuk surga dan minum khamer disana. Ada ulama berpendapat, meskipun orang tersebut bisa masuk surga tetapi tetap tidak dapat kehormatan minum khamer.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.581. hadits nomor 08766
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
==

==

Rabu, 04 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08690 (Mimpi melihat Nabi)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08690 (Mimpi melihat Nabi)

مَنْ رَآنِى فِى ٱلْمَنَامِ فَسَيَرَانِى فِى الْيَقْظَةِ، وَلَا يَتَمَثَّلُ الشَّيْطَانُ بِى

Artinya
Barangsiapa melihatku dalam tidur maka dia akan melihatku dalam terjaga, dan syetan tidak bisa menyerupaiku

[HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Orang-orang yang bisa melihat Nabi dalam mimpinya maka kelak di hari kiamat dia akan bisa dekat, melihat, dan mendapatkan syafaat dari Nabi SAW. Sebagian ulama berkata, bahkan tidak mustahil dia bisa bertemu Nabi ketika di dunia.
=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.577 hadits nomor 08690
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.224. hadits nomor.08690.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.69. hadits nomor.06255.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.100. hadits nomor 08690

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.229. hadits nomor 8671
=
=
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.577. hadits nomor 08690
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08689 (Mimpi melihat Nabi)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08689 (Mimpi melihat Nabi)

مَنْ رَآنِى فَقَدْ رَأَى ٱلْحَقَّ، فَإِنَّ الشَّيْطَانِ لَا يَتَزَيَّى بِى 

Artinya
Barangsiapa (bermimpi) melihatku maka benar-benar telah melihat yang benar, karena sesungguhnya syetan tidak bisa menyerupaiku

[HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Abu Qatadah. SHAHIH]

Penjelasan
Orang yang bermimpi melihat Nabi maka yang dilihatnya tersebut benar-benar Nabi SAW karena syetan tidak bisa menyerupai Nabi SAW meskipun hanya dalam mimpi. Mimpi tersebut diberikan Allah SWT sebagai kabar gembira atau peringatan kepadanya.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.577 hadits nomor 08689
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.224. hadits nomor.08689.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.68. hadits nomor.06253.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.99. hadits nomor 08689

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.228. hadits nomor 8670
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.577. hadits nomor 08689
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

BAB SUMPAH DAN NAZHAR

-

  1. Hadits 08647 [Sumpah jahat ] SHAHIH
  2. Hadits 00776 [ Mengatakan kafir kepada orang lain] SHAHIH BUKHARI

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08647 (Mengangkat senjata)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08647 (Mengangkat senjata)

مَنْ حَمَلَ عَلَيْنَا السِّلَاحَ فَلَيْسَ مِنَّا

Artinya
Baransiapa mengangkat senjata atas kami maka bukan termasuk golongan kami

[HR Malik, Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Orang-orang yang mengangkat senjata atau memerangi umat islam maka dia tidak termasuk golongan umat islam. Mereka tidak berfikir dan bertindak sebagaimana seharusnya umat islam sehingga mereka keluar dari agama islam.
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim
Imam Suyuthi hadits nomor 68

٦١ـ٦٨ــ مَنْ حَمَلَ عَلَيْنَا السِّلَاحَ فَلَيْسَ مِنَّا (مالك حم ق ن ه) عن إبن عمر (صح) [الجامع:٨٦٤٧، بخاري:٧٠٧٠، مسلم:٩٨]ــ

          [61](68)- Baransiapa mengangkat senjata atas kami maka bukan termasuk golongan kami. (HR Malik, Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH) [Al-Jami:8647, Bukhari:7070, Muslim:98]

Orang-orang yang mengangkat senjata atau memerangi umat islam maka dia tidak termasuk golongan umat islam. Mereka tidak berfikir dan bertindak sebagaimana seharusnya umat islam sehingga mereka keluar dari agama islam.[1]



[1] Faidhul Qadiir penjelasan hadits 8647.

=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.575 hadits nomor 08647
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.202. hadits nomor.08647.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.54. hadits nomor.062170.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.50. hadits nomor 08647

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.208. hadits nomor 8628
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.575. hadits nomor 08647
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08644 (Bersumpah jahat)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08644 (Bersumpah jahat)

مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِيْنِ صَبْرٍ يَقْتَطِعُ بِهَا مَالَ امْرِئٍ مُسْلِمٍ هُوَ فِيْهَا فَاجِرٌ لَقِيَ اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ غَضْبَانُ

Artinya
Barangsiapa bersumpah atas suatu sumpah sabar yang dengannya dia mengambil harta orang islam dengan cara jahat maka dia akan bertemu Allah dan Dia murka kepadanya

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Asy`ats bin Qais dan Ibnu Mas`ud. SHAHIH]

Penjelasan
Orang yang bersumpah jahat untuk bisa mengambil harta orang lain secara jahat maka dia akan bertemu Allah dalam keadaan Allah murka kepadanya. Yaitu Allah tidak memberikan rahmat dan menimpakan siksaan kepadanya
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits 85

٧٨ـ٨٥ــ مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِيْنِ صَبْرٍ يَقْتَطِعُ بِهَا مَالَ امْرِئٍ مُسْلِمٍ هُوَ فِيْهَا فَاجِرٌ لَقِيَ اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ غَضْبَانُ (حم ق ٤) عن الأشعث بن قيس وابن مسعود (صح) [الجامع:٨٦٤٤، بخاري:٤٥٤٩، مسلم:١٣٨]ـ

          [78](85)- Barangsiapa bersumpah atas suatu sumpah sabar yang dengannya dia mengambil harta orang islam dengan cara jahat maka dia akan bertemu Allah dan Dia murka kepadanya. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Asy`ats bin Qais dan Ibnu Mas`ud. SHAHIH) [Al-Jami:8644, Bukhari:4549, Muslim:138]

Orang yang bersumpah jahat untuk bisa mengambil harta orang lain secara jahat maka dia akan bertemu Allah dalam keadaan Allah murka kepadanya. Yaitu Allah tidak memberikan rahmat dan menimpakan siksaan kepadanya.[1]



[1] Faidhul Qadhiir penjelasan hadits 8644. Fathul Kabiir 11742

=
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.575. hadits nomor 08644
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Selasa, 03 Desember 2019

BAB BERPAKAIAN

A. KEUTAMAAN BERSURBAN
  1. Hadits 01142 [ Sorban dan penyantun] SHAHIH
  2. Hadits 01143 [ Sorban dan penyantun] DHAIF
  3. Hadits 5723 [ Mahkota orang arab ] SHAHIH
  4. Hadits 5724 [ Mahkota arab ] DHAIF
  5. Hadits 5725 [ Sorban diatas kopiah ] DHAIF

PAKAIAN YANG DISUKAI NABI

  1. Hadits 06504 [ Pakai paling disukai Nabi Hibarah ]
-

  1. Hadits 08614 [ Memanjangkan pakaian dengan sombong ] SHAHIH
  2. Hadits 09002 [ Hukuman bagi pemakai sutera ] SHAHIH
CARA BERPAKAIAN YANG DILARANG
  1. Hadits 09168 [ Pakaian pembohong ] SHAHIH
MINYAK WANGI
  1. Hadits 09516 [ Larangan memakai za`faron ] SHAHIH

Senin, 02 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08614 (Memanjangkan pakaian dengan sombong)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08614 (Memanjangkan pakaian dengan sombong)

مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلَاءَ لَمْ يَنْظُرْ اللهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya
Barangsiapa memanjangkan pakaiannnya dengan sombong maka Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat.

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Orang yang memanjangkan pakaiannya seperti celana, sarung, jubah dan yang lainnya dengan sombong maka pada hari kiamat tidak akan dilihat Allah SWT dengan pandangan rahmat.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.573. hadits nomor 08614
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08594 (Keutamaan kurma ajwa Madinah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08594 (Keutamaan kurma ajwa Madinah)

مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةٍ لَمْ يَضُرَّهُ فِى ذلِكَ الْيَوْمِ سُمٌّ وَلَاسِحْرٌ

Artinya
Barangsiapa yang makan pagi setiap hari dengan tujuh butir kurma ajwa (Madinah) maka tidak akan membahayakannya pada hari tersebut racun dan tiak juga sihir.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud dari Sa`d. SHAHIH]

Penjelasan
Orang yang makan pagi dengan tujuh butir kurma ajwa Madinah maka pada hari tersebut akan dijaga oleh Allah SWT dari bahaya racun dan sihir

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.571 hadits nomor 08594
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.186. hadits nomor.08594.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.27. hadits nomor.06150.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.50. hadits nomor 08594

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.179. hadits nomor 8575

==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.571. hadits nomor 08594
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Minggu, 01 Desember 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08564 (Pahala membangun masjid)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08564 (Pahala membangun masjid)

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا يَبْتَغِى بِهِ وَجْهَ ٱللهِ بَنَى اللهُ لَهُ مِثْلَهُ فِى الْجَنَّةِ

Artinya
Barangsiapa yang membangun masjid karena mengharap wajah Allah (ridha Allah) maka Allah akan membangun untuknya yang semisalnya di surga

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Usman. SHAHIH]

Penjelasan
Barangsiapa yang membangun masjid dengan ikhlash maka balasannya adalah tempat yang mulia di surga.
==

==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.571. hadits nomor 08564
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08515 (Larangan makan bawang merah dan bawang putih)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 08515 (Larangan makan bawang merah dan bawang putih)

مَنْ أَكَلَ ثُوْمًا أَوْ بَصَلًا فَلْيَعْتَزِلْنَا أَوْ لِيَعْتَزِلْ مَسْجِدَنَا أَوْ لِيَقْعُدْ فِى بَيْتِهِ 

Artinya
Barangsiapa yang telah makan bawang putih atau bawang merah maka hendaklah menyingkir dari kami atau hendaklah menyingkir dari masjid kami atau hendaknya duduk saja di rumahnya.

[HR. Bukhari dan Muslim dari Jabir. SHAHIH]

Penjelasan
Alasan larangan disini yaitu karena malaikat tidak suka bau bawang dan malaikat juga tersakiti dengan bau bawang. Larangan ini juga berlaku bagi sesuatu yang baunya tidak enak atau sesuatu yang bisa menyakiti orang lain, khususnya ketika di dalam masjid.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.568 hadits nomor 08515
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid V. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.163. hadits nomor.0515.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abdul Syukur Abdul Razzaq.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.1., Jilid. IV, Hlm.2. hadits nomor.06084.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VIII. hlm.11. hadits nomor 08515

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  X. Hlm.139. hadits nomor 8496
==
==
Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.568. hadits nomor 08515
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH