Laman

Sabtu, 26 Oktober 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07376 (Isra ke Baitul maqdis)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07376 (Isra ke Baitul maqdis)

لَمَّا كَذَّبَتْنِى قُرَيْشٌ حِيْنَ أُسْرِيَ بِي إِلَى بَيْتِ الْمَقْدِسِ قُمْتُ فِى الْحِجْرِفَجَلَّى اللهُ لِى بَيْتَ الْمَقْدِسِ، فَطَفِقْتُ أُخْبِرُهُمْ عَنْ آيَاتِهِ وَأَنَا أَنْظُرُ إِلَيْهِ

Artinya
Setelah orang-orang Quraisy mendustakanku ketika aku diisrakan ke Baitul Maqdis, maka aku berdiri di Hijr (ismail), kemudian Allah menampakan Baitul maqdis kepadaku, kemudian aku mulai memberitahukan kepada mereka tanda-tandanya (yang mereka tanyakan) seranya aku melihat kepadanya.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Nasaa-i dari Jabir. SHAHIH ]

Penjelasan
Ketika orang-orang Quraisy tidak percaya jika Nabi isra ke Baitul maqdis, mereka bertanya dan meminta Nabi menjelaskan ciri-ciri Baitul maqdis, Nabi merasa susah karena tidak tahu pasti ciri-cirinya. Dalam kesedihannya tersebut Nabi berdiri di Hijr dan Allah membukakan hijab yang mengalangi Baitul maqdis sehingga nampak jelas. Kemudian Nabi mulai menjawab satu persatu ciri-ciri Baitul maqdis yang ditanyakan sambil terus melihat Baitul maqdis yang nampak jelas baginya.

=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits 101

 

٩٤ـ١٠١ــ لَمَّا كَذَّبَتْنِى قُرَيْشٌ حِيْنَ أُسْرِيَ بِي إِلَى بَيْتِ الْمَقْدِسِ قُمْتُ فِى الْحِجْرِفَجَلَّى اللهُ لِى بَيْتَ الْمَقْدِسِ، فَطَفِقْتُ أُخْبِرُهُمْ عَنْ آيَاتِهِ وَأَنَا أَنْظُرُ إِلَيْهِ (حم ق ت ن) عن جابر (صح) [الجامع:٧٣٧٦، بخاري:٣٨٨٦، مسلم:١٧٠]ـ

          [94](101)- Setelah orang-orang Quraisy mendustakanku ketika aku diisrakan ke Baitul Maqdis, maka aku berdiri di Hijr (ismail), kemudian Allah menampakan Baitul maqdis kepadaku, kemudian aku mulai memberitahukan kepada mereka tanda-tandanya (yang mereka tanyakan) seranya aku melihat kepadanya. (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Nasaa-i dari Jabir. SHAHIH) [Al-Jami:7376, Muslim:3886, Muslim:170]

Ketika orang-orang Quraisy tidak percaya jika Nabi isra ke Baitul maqdis, mereka bertanya dan meminta Nabi menjelaskan ciri-ciri Baitul maqdis, Nabi merasa susah karena tidak tahu pasti ciri-cirinya. Dalam kesedihannya tersebut Nabi berdiri di Hijr dan Allah membukakan hijab yang mengalangi Baitul maqdis sehingga nampak jelas. Kemudian Nabi mulai menjawab satu persatu ciri-ciri Baitul maqdis yang ditanyakan sambil terus melihat Baitul maqdis yang nampak jelas baginya.[1]



[1] Faidhul Qadiir pembahasan hadits 7376. Fathul Kabiir hadits

=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.497 hadits nomor 07376
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.401. hadits nomor.07376.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.560. hadits nomor.05215.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.88. hadits nomor 07376.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.115. hadits nomor  7358.
https://play.google.com/books/reader?id=26-PDQAAQBAJ&hl=id&printsec=frontcover&pg=GBS.PT917

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.497. hadits nomor 07376.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07325 (Bendera pengkhianat)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07325 (Bendera pengkhianat)

لِكُلِّ غَادِرٍ لِوَاءٌ يُعْرَفُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya
Setiap orang yang tidak menepati janji (pengkhianat) mempunyai bendera yang dengannya dia dikenali pada hari kiamat.

[HR Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Anas. Riwayat Ahmad dan Muslim dari Ibnu Masud. Riwayat Muslim dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Orang-orang yang berkhianat pada hari kiamat akan dikasih bendera sehingga mereka akan terkenal dikalangan mahluk Allah sebagai pengkhianat. Dengan bendera tersebut mereka akan makin terhina dan direndahkan.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.494 hadits nomor 07325
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.387. hadits nomor.07325.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.536. hadits nomor.05168.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.67. hadits nomor 07325.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.88. hadits nomor  7307.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491. hadits nomor 07325.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
===

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07286 (Keutamaan berjuang di jalan Allah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07286 (Keutamaan berjuang di jalan Allah)

لَغَدْوَةٌ فِى سَبِيْلِ ٱللهِ أَوْ رَوْحَةٌ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَافِيْهَا، وَلَقَابُ قَوْسِ أَحَدِكُمْ أَوْمَوْضِعُ قِدِّهِ فِى الْجَنَّةِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَافِيْهَا، وَلَوْإطَّلَعَتْ ٱمْرَأَةٌ مِنْ نِسَاءِ أَهْلِ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ لَمَلَأَتْ مَابَيْنَهُمَا رِيْحًا وَلَأَضَاءَتْ مَا بَيْنَهُما، وَلَنَصِيْفُهَا عَلَى رَأْسِهَا خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَافِيْهَا
Artinya
Berangkat pagi atau sore fi sabilillah (untuk berjuang di jalan Allah) lebih baik daripada dunia dan apa yang ada padanya, tali busur salah seorang kalian atau tempat cambuknya di surga adalah lebih baik daripada dunia dan apa yang ada padanya, seandainya seorang perempuan ahli surga muncul di bumi maka aromanya akan memenuhi apa yang ada antara keduanya dan tentu menerangi apa yang ada antara keduanya, dan kerudung yang ada diatas kepalanya lebih baik daripada dunia dan apa yang ada padanya.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Pahala pergi berjuang di jalan Allah lebih baik dari pada pahala bersedekah dengan dunia dan semua yang berada diatasnya. Balasan kenikmatan karena berjuang di jalan Allah lebih baik daripada semua kenikmatan yang ada di dunia seisinya karena dunia dan kenikmatannya bersiat fana sedangkan surga dan kenikmatannya kekal.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491. hadits nomor 07286.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Jumat, 25 Oktober 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07283 (Laknat bagi pemotong anggota tubuh hewan hidup)



Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07283 (Laknat bagi pemotong anggota tubuh hewan hidup)

لَعَنَ اللهُ مَنْ مَثَّلَ بِالْحَيَوَانِ

Artinya
Allah melaknat orang yang memotong anggota tubuh hewan (hidup)

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Memotong anggota tubuh hewan yang masih hidup merupakan salah satu perbuatan yang dilaknat. Terlaknatnya perbuatan ini menunjukan keharaman perbuatan tersebut.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491 hadits nomor 07283
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.376. hadits nomor.07283.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.512. hadits nomor.05113.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.47. hadits nomor 07283.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.62. hadits nomor  7265.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491. hadits nomor 07283.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH


=

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07273 (Laknat bagi penyambung rambut dan pembuat tato)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07273 (Laknat bagi penyambung rambut dan pembuat tato)

لَعَنَ اللهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ الْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ 

Artinya
Allah melaknat wanita yang menyambung rambut, wanita yang minta disambungkan rambutnya, wanita yang menato, dan wanita yang minta ditato.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Menyambung rambut dan menato merupakan perbuatan terlaknat karena Allah telah menciptakan mahluknya dalam bentuk kesempurnaan dan kecantikan yang berbeda-beda, karena perbedaan tersebut kemudian tercipta derajat-derajat keindahan. Nah orang-orang yang menyambung rambut dan membuat tato selain merubah ciptaan Allah juga akan merubah perbedaan dan derajat-derajat keindahan tersebut.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491 hadits nomor 07273
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.373. hadits nomor.07273.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.509. hadits nomor.05105.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.42. hadits nomor 07273.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.56. hadits nomor  7255.



Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491. hadits nomor 07273.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kamis, 24 Oktober 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07272 (Laknat bagi yang merubah ciptaan Allah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07272 (Laknat bagi yang merubah ciptaan Allah)

لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ، الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ

Artinya
Allah melaknat para wanita yang menato, para wanita yang minta ditato, para wanita yang mencabut bulu wajahnya (alis), para wanita yang minta dicabut bulu wajahnya (alis) dan para wanita yang menjararangkan giginya demi kecantikan. (Mereka semua itu adalah) para wanita yang merubah ciptaan Allah.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. SHAHIH]

Penjelasan
Ada tiga perbuatan yang dilaknat Allah karena merubah ciptaan-Nya, yaitu tato, mencabut bulu muka (ada yang memahaminya secara spesifik mencabu bulu alis) dan menjarangkan gigi agar lebih cantik. Oleh karena itu semua hal yang berkaitan dengannya berpotensi masuk dalam laknat hadits ini.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491 hadits nomor 07272
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.373. hadits nomor.07272.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.509. hadits nomor.05104.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.42. hadits nomor 07272.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.56. hadits nomor  7254.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.491. hadits nomor 07272.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07260 (Allah melaknat pencuri)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07260 (Allah melaknat pencuri)

لَعَنَ اللهُ السَّارِقَ يَسْرِقُ الْبَيْضَةَ فَتُقْطَعُ يَدُهُ، وَيَسْرِقُ الْحَبْلَ فَتُقْطَعُ يَدُهُ 

Artinya
Allah melaknati pencuri yang mencuri telur kemudian (sampai) dipotong tangannya, dan mencuri tali kemudian (sampai) dipotong tangannya.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Allah melaknat pencuri yang mencuri telur atau tali, kemudian pencurian tersebut menjadi kebiasaannya sehingga suatu saat dia mencuri seuatu yang hukumannya adalah potong tangan.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.490 hadits nomor 07260
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.369. hadits nomor.07260.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.507. hadits nomor.05097.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.36. hadits nomor 07260.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.49. hadits nomor  7242.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.490. hadits nomor 07260.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07218 (Keburukan syair)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07218 (Keburukan syair)

لَأَنْ يَمْتَلِئَ جَوْفُ رَجُلٍ قَيْحًا يَرِيَهُ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَبْتَلِئَ شِعْرًا

Artinya
Bahwa bagian dalam tubuh seorang laki-laki penuh dengan nanah hingga mematikannya, adalah lebih baik daripada penuh dengan syair.

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dai Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Bagian dalam tubuh yang dimaksud bisa saja perut, hati atau keseluruhan bagian dalam tubuh. Bagian dalam tubuh dipenuhi dengan nanah sehingga nanah tersebut membunuhnya lebih baik daripada dipenuhi denan syair. Karena nanah hanyalah membunuh jasad sedangkan syair bisa melalaikan seseorang dari dzikir dan Al-Qur`an sehingga bisa membunuh ruh.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.48. hadits nomor 07218.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 23 Oktober 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07209 (Keutamaan bekerja daripada meminta-minta)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07209 (Keutamaan bekerja daripada meminta-minta)

لِأَنْ يَأْخُدَ أَحَدُكُمْ حَبْلَهُ ثُمَّ يَغْدُوْ إِلَى الْجَبَلِ فَيَحْتَطِبُ فَيَبِيْعُ فَيَأْكُلُ وَيَتَصَدَّقُ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ النَّاسَ

Artinya
Bahwa seseorang yang mengambil tali, kemudian berangkat ke gunung untuk mengambil kayu, kemudian menjual(nya), kemudian makan dan bersedekah (dari hasil penjualan tersebut) adalah lebih baik daripada meminta-minta kepada manusia

[HR. Bukhari, Muslim, dan Nasaa-i dari Abu Hurairah. SHAHIH]

Penjelasan
Hadits ini menganjurkan kita untuk bekerja dan menahan diri dari meminta-minta. Meskipun pekerjaan yang kita lakukan adalah pekerjaan kasar dan terlihat rendahan seperti mencari kayu bakar. Dengan berkerja maka kita akan bisa memenuhi kebutuhan diri kita sendiri, keluarga kita dan bersedekah kepada orang lain, Sedangkan dengan meminta-minta maka kita bisa merendahkan diri kita sendiri

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.487 hadits nomor 07209
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.355. hadits nomor.07209.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.485. hadits nomor.05040.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.13. hadits nomor 07209.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.19. hadits nomor  7191.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.487. hadits nomor 07209.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
===

Selasa, 22 Oktober 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07192 (Ridha Allah SWT kepada hamba yg bertaubat)


 

٧١٩٢ــ لَلّهُ أَشَدُّ فَرْحًا بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ إِذَا سَقَطَ عَلَيْهِ بَعِيْرُهُ قَدْ أَضَلَّهُ بِأَرْضِ فَلَاةٍ (ق) عن أنس (صح)ـ

          7192- Sesungguhnya Allah lebih gembira karena tobat hamba-Nya (dibandingkan kegembiraan) salah seorang dari kalian yang tiba-tiba menemukan untanya yang hilang di padang luas. (HR. Bukhari dan Muslim dari Anas. SHAHIH)

Allah SWT ridha dan melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba-Nya yang bertaubat.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 7192. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 7192. Bukhari 6309.

=

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07192 (Ridha Allah SWT kepada hamba yg bertaubat)

لَلّهُ أَشَدُّ فَرْحًا بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ إِذَا سَقَطَ عَلَيْهِ بَعِيْرُهُ قَدْ أَضَلَّهُ بِأَرْضِ فَلَاةٍ

Artinya
Sesungguhnya Allah lebih gembira karena tobat hamba-Nya (dibandingkan kegembiraan) salah seorang dari kalian yang tiba-tiba menemukan untanya yang hilang di padang luas.

[HR. Bukhari dan Muslim dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Allah SWT ridha dan melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba-Nya yang bertaubat.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.486  hadits nomor 07192
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.349. hadits nomor.07192.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.481. hadits nomor.05031.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VII. hlm.5. hadits nomor 07192.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid  IX. Hlm.6. hadits nomor  7116.

===

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.486. hadits nomor 07192.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Senin, 21 Oktober 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07134 [ Tahajudnya Nabi SAW ]


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07134 [ Tahajudnya Nabi SAW ]

كَانَ يَقُوْمُ مِنَ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ

Artinya
Beliau shalat malam hingga kedua kakinya bengkak

[HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i, dan Ibnu Majah. SHAHIH]

Penjelasan
Nabi melakukan hal tersebut sebagai salah satu bentuk syukur kepada Allah karena telah diampuni semua dosa.

Penjelasan
Nabi melakukan hal tersebut sebagai salah satu bentuk syukur kepada Allah karena telah diampuni semua dosa.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.483  hadits nomor 07134
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.334. hadits nomor.07134.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.472. hadits nomor.05003.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VI. hlm.663. hadits nomor 07134.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VIII. Hlm.613. hadits nomor  7116.
===

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.483. hadits nomor 07134.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
===
فَتْحُ الْبَارِى
===

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07133 (Bangun malam ketika ayam berkokok)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07133 (Bangun malam ketika ayam berkokok)

كَانَ يَقُوْمُ إِذَا سَمِعَ الصَّارِخَ

Artinya
Beliu bangun apabila mendengar ayam berkokok

[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Aisyah. SHAHIH]

Penjelasan
Salah satu kebiasaan Nabi SAW adalah bangun malam ketika mendengar ayam jantan berkokok, kemudian membaca hamdalah, tahlil, takbir, berdoa, bersiwak, wudhu dan menjalankan shalat malam. Adapun waktu berkokok ayam jantan ada yang berkata biasanya di tengah malam dan sepertiga malam.


Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.483  hadits nomor 07133
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid IV. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.334. hadits nomor.07133.
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.2., Jilid. III, Hlm.472. hadits nomor.05002.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.VI. hlm.662. hadits nomor 07133.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VIII. Hlm.613. hadits nomor  7115.

Minggu, 20 Oktober 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07125 (Mencium istri ketika berpuasa)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 07125 (Mencium istri ketika berpuasa)

كَانَ يُقَبِّلُ وَهُوَ صَائِمٌ

Artinya
Nabi mencium (istrinya) padahal beliau dalam keadaan berpuasa.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Aisyah. SHAHIH]

Penjelasan
Mencium istri ketika berpuasa hukumnya boleh, tetapi makruh jika dapat menggerakan nafsu birahi, dan akan membatakan puasa jika sampai mengeluarkan mani.

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.482. hadits nomor 07125.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH
==