Laman

Sabtu, 09 Maret 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04716 (Nama Muhammad dan Abul Qasim)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04716 (Nama Muhammad dan Abul Qasim)

سَمُّوْا بِاسْمِى وَلَا تَكَنُّوْا بِكُنْيَتِى، فَإِنِّى إِنَّمَا بُعِثْتُ قَاسِمًا أَقْسِمُ بَيْنَكُمْ

Artinya
Berilah nama dengan namaku dan janganlah beri kunyah denan kunyahku, karena sesungguhnya aku diutus sebagai seorang pembagi yang membagikan diantara kalian semua.

[HR Bukhari dan Muslim dari Jabir. SHAHIH ]

Penjelasan
Anjuran memberi nama dengan nama Muhammad dan larangan memakai nama kunyah Abul Qasim. Nama kunyah Nabi ini karena memang anak tertua Nabi bernama Qasim dan memang beliau diutus sebagai qaasim (pembagi) Al-Qur`an, harta rampasan perang, hukum-hukum Allah, dan yang lainnya.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.325  hadits nomor 04716
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.214. hadits nomor.04716
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.864 . hadits nomor. 3642.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.206  hadits nomor 04716.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.415 . hadits nomor 4700

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.325. hadits nomor 04716
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04688 (Beramalah dan masuklah ke Surga)


 

٤٦٨٨ــ سَدِّدُوْا وَقَارِبُوْا وَأَبْشِرُوْا واعْلَمُوْا أَنَّهُ لَنْ يُدْخِلَ أَحَدُكُمْ الْجَنَّةَ عَمَلُهُ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِي اللهُ بِمَغْفِرَةٍ وَرَحْمَةٍ (حم ق) عن عائشة (صح)ـ

          4688- (Carilah) kebenaran dan dekatilah kebenaran dan berbahagialah (dengan pahala amal yang dijanjikan) dan ketahuilah sesungguhnya kalian tidak akan masuk ke surga karena amal kalian, tidak juga aku, terkecuali jika Allah melimpahi aku dengan ampunan dan rahmat-Nya. (HR Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Aisyah. SHAHIH)

Beristiqamahlah dalam menjalankan kebaikan dan bergembiralah dengan pahala-pahala yang dijanjikan Allah SWT, tetapi meskipun demikian yang bisa menyelamatkan kalian dari azab dan memasukan kalian ke dalam surga hanyalah Allah SWT. Hanya orang - orang yang dilimpahi ampunan dan rahmat Allah sajalah yang berhak masuk surga.[1]



[1] Jaami`ush Shaghiir 4688. Faidhul Qadiir penjelasan hadits 4688.

=

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04688 (Beramalah dan masuklah ke Surga)

سَدِّدُوْا وَقَارِبُوْا وَأَبْشِرُوْا واعْلَمُوْا أَنَّهُ لَنْ يُدْخِلَ أَحَدُكُمْ الْجَنَّةَ عَمَلُهُ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِي اللهُ بِمَغْفِرَةٍ وَرَحْمَةٍ

Artinya
(Carilah) kebenaran dan dekatilah kebenaran dan berbahagialah (dengan pahala amal yang dijanjikan) dan ketahuilah sesungguhnya kalian tidak akan masuk ke surga karena amal kalian, tidak juga aku, terkecuali jika Allah melimpahi aku dengan ampunan dan rahmat-Nya.

[HR Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Aisyah. SHAHIH]

Penjelasan
Beristiqamahlah dalam menjalankan kebaikan dan bergembiralah dengan pahala-pahala yang dijanjikan Allah SWT, tetapi meskipun demikian yang bisa menyelamatkan kalian dari azab dan memasukan kalian ke dalam surga hanyalah Allah SWT. Hanya orang - orang yang dilimpahi ampunan dan rahmat Allah sajalah yang berhak masuk surga.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.324  hadits nomor 04688
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.207. hadits nomor.04688
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.859 . hadits nomor. 3628.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.190  hadits nomor 04688.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.399 . hadits nomor 4672

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.324. hadits nomor 04688
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Jumat, 08 Maret 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04670 (Fitnah kaum muslimin)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04670 (Fitnah kaum muslimin)

سَتَكُوْنُ فِتَنٌ الْقَاعِدُ فِيْهَا خَيْرٌ مِنَ الْقَائِمِ، والْقَائِمُ فِيْهَا خَيْرٌ مِنَ الْمَاشِى، وَالْمَاشِى فِيْهَا خَيْرٌ مِنَ السَّاعِي، مَنْ تَسْتَشْرِفْهُ، وَمَنْ وَجَدَ فِيْهَا مَلْجَأً أَوْ مَعَاذًا فَلْيَعُذْ بِهِ
Artinya
Akan ada fitnah-fitnah dimana orang yang duduk pada waktu itu lebih baik daripada orang yang berdiri, dan orang yang berdiri pada waktu itu lebih baik daripada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan pada waktu itu lebih baik daripada orang yang berlari, barang siapa ikut melihatnya (berkecimpung)  maka dia akan terjerumus ke dalamnya (menemui kehancuran), dan barang siapa yang menemukan tempat mengungsi atau tempat berlindung maka hendaklah ia berlindung.

[HR Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. SHAHIH ]

Penjelasan
Di kalangan umat islam akan terjadi perebutan kekuasaan antara beberapa pihak sehingga tidak diketahui lagi mana yang benar dan mana yang salah. Hal tersebut menimbulkan fitnah yang sangat besar dan berbahaya. Ketika hal itu terjadi maka sebaiknya menarik diri dari perebutan kekuasaan dan berlindung agar terhindar dari marabahaya fitnah.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.323  hadits nomor 04670
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.201. hadits nomor.04670
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.858 . hadits nomor. 3624.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.181  hadits nomor 04670.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.387 . hadits nomor 4654

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.323. hadits nomor 04670
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 06 Maret 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04645 ( Tujuh orang dalam naungan Allah SWT)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04645 ( Tujuh orang dalam naungan Allah SWT)

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَاظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: إِمَامٌ عَادِلٌ، وَشَابٌ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ بِالْمَسْجِدِ إِذَا خَرَجَ مِنْهُ حَتَّى يَعُوْدَ إِلَيْهِ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِى ٱللهِ فَاجْتَمَعَا عَلى ذلِكَ وافْتَرَقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصَبٍ وَجَمَالٍ فَقَال: إِنِّى أَخَافُ اللهَ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ

Artinya
Tujuh orang akan mendapatkan naungan Allah pada hari tiada naungan selain naungan-Nya: Imam yang adil, Pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah, laki-laki yang hatinya tergantung di masjid apabila ia keluar hingga ia kembali lagi, dua orang laki-laki yang saling mencintai karena Allah mereka bertemu karena-Nya dan berpisah juga karena-Nya, laki-laki yang ingat kepada Allah dalam kesunyian kemudian meleleh air matanya, laki-laki yang diajak berzina perempuan yang punya kedudukan dan kecantikan kemudian ia berkata "sesungguhnya aku takut kepada Allah pemelihara semesta alam", laki-laki yang bersedekah dengan suatu sedekah kemudian dia menyamarkannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang disedekahkan tangan kanannya.

[HR Malik dan Tirmidzi dari Abu Hurairah dan Abu Sa`id. Riwayat Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasaa-i dari Abu Hurairah. Riwayat Muslim dari Abu Hurairah dan Abu Sa`id bersama-sama. SHAHIH]

Penjelasan
Naungan Allah berarti rahmat Allah SWT. Terhubung ke Masjid dengan indikasi selalu shalat berjamaah dan i`tikaf di Masjid.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.320  hadits nomor 04645
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.190. hadits nomor.04645
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.849 . hadits nomor. 3603.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.164  hadits nomor 04645.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.368 . hadits nomor 4629

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.320. hadits nomor 04645.
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04633 (Larangan mencaci orang islam)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04633 (Larangan mencaci orang islam)

سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوْقٌ، وِقِتَالُهُ كُفْرٌ

Artinya
Mencaci orang islam adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekufuran

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. Riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah  dan Sa`d. Riwayat Thabrani dari Abdullah bin Mughaffal dan dari `Amr bin Nu`man bin Muqran. Riwayat Daraaquthni dalam Al-Mufraad dari Jabir. SHAHIH ]

Penjelasan
Mencaci dan membunuh yang tidak dibenarkan oleh syariat. Kefasikan artinya keluar dari ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Kekufuran yang dimaksud bisa secara hakiki atau sebagai ancaman karena besarnya dosa membunuh orang islam.
=

 

٣٩ـ٤٦٣٣ـ سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوْقٌ، وِقِتَالُهُ كُفْرٌ(حم ق ت ن ه) عن إبن مسعود (ه) عن أبي هريرة وعن سعد (طب) عن عبد الله بن مغفل، وعن عمرو بن النعمان بن مقرن (قط) في الأفراد عن جابر [الجامع (٤٦٣٣)، بخاري (٤٨)، مسلم (٦٤)]ـ

                [39](46)- Mencela orang islam adalah kefasikan dan memeranginya adalah kekufuran. [HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. Riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah  dan Sa`d. Riwayat Thabrani dari Abdullah bin Mughaffal dan dari `Amr bin Nu`man bin Muqran. Riwayat Daraaquthni dalam Al-Mufraad dari Jabir. SHAHIH]

Sibaab berarti mencaci atau memaki seseorang karena sesuatu yang ada padanya atau yang tidak ada padanya, dengan tujuan mempermalukan dirinya. Sibaab adalah perbuatan orang – orang fasik, yaitu orang – orang yang keluar dari ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.

Sesama orang islam harus saling melindungi dan saling menolong, bukan saling memusuhi dan memerangi. Oleh karena itu memerangi orang islam merupakan saah satu perbuatan kekufuran atau menutupi hak orang islam lain. Bahkan perbuatan tersebut mirip dengan perbuatan – perbuatan orang kafir yang akan terus menerus memerangi orang islam.

Namun kekafiran yang dimaksud hadits ini bukanlah kekafiran yang mengeluarkan seseorang dari iman ke kafir, tetapi kekafiran sebatas untuk menunjukan bahwa perbuatan memerangi orang islam dosanya lebih besar daripada memaki orang islam. Karena selama seseorang tidak musyrik maka dia tidak kafir.[1]



[1] Ibid., jld. I., hlm. 147 – 151. Penjelasan hadits 48.

=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.319  hadits nomor 04633
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.185. hadits nomor.04633
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.846 . hadits nomor. 3595.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.157  hadits nomor 04633.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.360 . hadits nomor 4617



Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.319. hadits nomor 04633
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04548 (Pergi fi sabilillah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04548 (Pergi fi sabilillah)

الرَّوْحَةُ وَالْغَدْوَةُ فِي سَبِيْلِ اللهِ أَفْضَلُ مِنَ الدُّنْيَا وَما فِيْها

Artinya
Pergi sore hari dan pergi pagi hari di jalan Allah (fi sabilillah) lebih baik daripada dunia seisinya

[HR. Bukhari, Muslim dan Nasaa-i dari Sahl bin Sa`d. SHAHIH]

Penjelasan
Perkara jihad fi sabilillah jelas lebih utama daripada perkara duniawi.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.313  hadits nomor 04548
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.158. hadits nomor.04548
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.830 . hadits nomor. 3560.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.110  hadits nomor 04548.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.308 . hadits nomor 4532

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.313. hadits nomor 04548
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH





Selasa, 05 Maret 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04526 (Saudara persusuan)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04526 (Saudara persusuan)

الرَّضَاعُ تُحَرِّمُ مَا تُحَرِّمُ الْوِلَادَةُ

Artinya
Persusuan  bisa mengharamkan apa-apa yang diharamkan karena kelahiran

[HR. Malik, Bukhari, Muslim dan Tirmidzi dari Aisyah. SHAHIH ]

Penjelasan
Para ulama sepakat maksud hadits ini adalah dalam hal pernikahan dan yang berkaitan dengannya, tidak berlaku dalam hal harta warisan.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.311  hadits nomor 04526
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.152. hadits nomor.04526
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.828 . hadits nomor. 3552
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.102  hadits nomor 04526.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.299 . hadits nomor 4510

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.311. hadits nomor 04526
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Senin, 04 Maret 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04493 (Mimpi baik dan buruk)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04493 (Mimpi baik dan buruk)

اَلرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ مِنَ اللهِ وَالْحُلْمُ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ شَيْئًا يُكْرِهُهُ فَلْيَنْفِثْ حِيْنَ يَسْتَيْقِظْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا، وَلْيَتَعَوّذْ بِاللهِ مِنْ شَرِّهَا، فَإِنَّهَا لَاتَضُرُّهُ

Artinya
Mimpi yang baik dari Allah dan mimpi yang buruk dari Syetan, apabila salah seorang kalian bermimpi sesuatu yang tidak disenanginya maka hendaklah meludah ke arah kiri ketika terbangun sebanyak tiga kali, dan mintalah perlindungan kepada Allah dari keburukannya, karena sesungguhnya (mimpi tersebut) tidak akan membahayakannya.

[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi dari Abu Qatadah. SHAHIH ]

Penjelasan
Mimpi yang baik, yaitu mimpi yang masuk akal yang mengandung kabar gembira atas ketaatan yang dilakukan  atau peringatan atas maksiat yang dilakukan, datangnya dari Allah SWT. Sedangkan mimpi yang buruk, yaitu mimpi yang dibisikan oleh syetan agar seseorang menjadi sedih atau ragu sehingga timbul buruk sangka kepada Allah SWT, adalah datangnya dari Syetan. Oleh karena itu seseorang yang mimpi buruk ketika terbangun dianjurkan meludah tiga kali ke sebelah kiri, minta perlindungan kepada Allah SWT dari keburukan mimpinya, dan tetaplah berbaik sangka kepada Allah SWT karena sesungguhnya mimpi tersebut tidaklah berpengaruh sama sekali.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.309  hadits nomor 04493
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.142. hadits nomor.04493
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.821 . hadits nomor. 3531
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.83  hadits nomor 04493.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.281 . hadits nomor 4477

Takhrij
Bukhari (6986, 3292, 5747, 6984, 6986, 6995, 7005, 7044, 6985).
Muslim  (2261)

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04436 ( Semoga Allah SWT merahmati Musa As)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04436 ( Semoga Allah SWT merahmati Musa As)

رَحِمَ اللهُ مُوْسَى، قَدْ أُوْذِيَ بِأَكْثَرِ مِنْ هَذَا فَصَبَرَ

Artinya
Semoga Allah merahmati Musa, sesungguhnya ia telah disakiti lebih banyak daripada ini, lalu dia sabar

[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Ibnu Majah. SHAHIH ]

Penjelasan
Hadits ini diucapkan Nabi SAW ketika perang Hunain ketika ada seorang laki-laki yang berkata jika cobaan perang Hunain sangatlah berat.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.306  hadits nomor 04436
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.126. hadits nomor.04436
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.810 . hadits nomor. 3500
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.56  hadits nomor 04436.

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.245 . hadits nomor 4420

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.306. hadits nomor 04436
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Minggu, 03 Maret 2019

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04389 (Mimpi orang beriman)



Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04389 (Mimpi orang beriman)

رُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِيْنَ جُزْءًا مِنَ النُّبُوَّةِ

Artinya
Mimpi orang mukmin merupakan salah satu bagian dari 46 bagian kenabian

[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. SHAHIH ]

Penjelasan
Perkara kenabian jika dikumpulkan maka jumlahnya akan mencapai 46 bagian, dan mimpi orang beriman yang shaleh merupakah salah satu bagian dari empat puluh enam bagian kenabian.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.303  hadits nomor 04389
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.111. hadits nomor.04389
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.790 . hadits nomor. 3457
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.26  hadits nomor 04389.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.217 . hadits nomor 4373

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.303. hadits nomor 04389
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04386 (`Amr bin `Aamir Al-Khuza`i di Neraka)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 04386 (`Amr bin `Aamir Al-Khuza`i  di Neraka)

رَأَيْتُ عَمْرَو بْنَ عَامِرٍ الخَزَاعِى يَجُرُّ قَصَبَهُ فِى ٱلنَّارِ، وَكَانَ أَوَّلَ مَنْ سَيَّبَ ٱلسَّوَائِبَ وَبَحَّرَ الْبَحِيْرَةَ

Artinya
Aku melihat `Amr bin `Aamir Al-Khuza`i menarik isi perutnya di Neraka, dan dia adalah orang yang pertama kali melepaskan binatang - binatang Saibah dan tidak memerah susu binatang - binatang Bahirah.

[HR. Ahma, Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. SHAHIH

Penejelasan
Saibah adalah binatang yang dilepas, tidak diganggu untuk persembahan berhala. Bahirah adalah binatang yang tidak diperah susunya untuk persembahan berhala.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.303  hadits nomor 04386
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid III. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.110. hadits nomor.04386
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.798 . hadits nomor. 3469
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.V. hlm.24  hadits nomor 04386.
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid VI. Hlm.215 . hadits nomor 4370


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.303. hadits nomor 04386
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH