Laman

Jumat, 30 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02558 (Kemuliaan Kota Madinah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02558 (Kemuliaan Kota Madinah)

إِنَّمَا الْمَدِيْنَةُ كَالْكِيْرِ تَنْفِى خَبَثَهَا وَ تَنْصَعُ طِيْبَهَا

Artinya
Sesungguhnya Madinah (al-Munawwarah) bagaikan dapur pandai besi yang menghilangkan keburukannya dan memunculkan kebaikannya.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Kota Madinah Al-Munawwarah bagaikan dapur pandai besi yang dapat mengeluarkan orang - orang yang tidak layak dengan Nabi dan dapat memunculkan kebaikan - kebaikan dirinya sendiri mengalahkan kota-kota lainnya. Dikatakan, kemampuan terebut hanya terjadi pada jaman Nabi dan hari menjelang kiamat.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.179. hadits nomor 02558
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.153. hadits nomor.02558
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.337 . hadits nomor.2331.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.389. hadits nomor 02558
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.171. hadits nomor 02543


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.179. hadits nomor 02558
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02555 (Taat kepada pemimpin) Kapan presiden harus kita taati dan kapan tidak


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02555 (Taat kepada pemimpin)

إِنَّمَا الطَّاعَةُ فِى الْمَعْرُوْفِ

Artinya
Sesungguhnya ketaatan hanyalah pada kebaikan

[HR Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Ali]

Penjelasan
Kita wajib taat kepada pemimpin selama mereka memerintahkan kebaikan. Manakala mereka memerintahkan yang tidak diperbolehkan oleh syariat maka kita tidak wajib taat.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.179. hadits nomor 02555
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.152. hadits nomor.02555
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.336 . hadits nomor.2327.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.388. hadits nomor 02555

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.169. hadits nomor 02540

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.178. hadits nomor 02555
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kamis, 29 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02537 (Melihat Allah SWT)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02537 (Melihat Allah SWT)

إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ كَمَا تَرَوْنَ هَذَا الْقَمَرَ لَاتُضَامُوْنَ فِى رُؤْيَتِهِ، فإِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ لَاتُغْلَبُوا عَلَى صَلَاةٍ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَ صَلَاةٍ قَبْلَ غُرُوْبِهَا فَافْعَلُوْا
Artinya
Sesungguhnya kalian semua akan melihat Tuhan kalian seperti kalian melihat bulan purnama tanpa ada yang terzhalimi dalam melihat-Nya. Maka apabila kalian mampu tidak terkalahkan untuk melaksanakan shalat sebelum matahari terbit  dan shalat sebelum matahari terbenam maka lakukanlah oleh kalian.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Jarir. SHAHIH]

Penjelasan
Sesungguhnya kalian semua akan melihat Allah SWT dengan sangat mudah, sangat jelas dan sangat sempurna tanpa ada yang terzhalimi sedikitpun. Bagaikan kalian bisa melihat terangnya bulan purnama. Raihlah kesempatan untuk melihat Allah SWT tersebut dengan cara menjaga shalat subuh dan shalat ashar, tentu shalat yang lainnya pula.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.178. hadits nomor 02537
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.147. hadits nomor.02537
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.327 . hadits nomor.2306.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.377. hadits nomor 02537
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.160. hadits nomor 02537


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.178. hadits nomor 02537
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02536 (Ketika Penguasa yang pilih kasih)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02536 (Penguasa yang pilih kasih)

إِنَّكُمْ سَتَلْقَوْنَ بَعْدِى أَثَرَةً فَاصْبِرُوْا حَتَّى تَلْقَوْنِى غَدًا عَلَى الْحَوْضِ

Artinya
Sesungguhnya kalian, sesudahku, akan menjumpai pilih kasih / monopoli maka bersabarlah hingga kalian menjumpaiku di atas telaga (surga)

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Usaid bin Hudlair. riwayat Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Sepeninggal Rasulullah SAW umat islam akan menjumpai penguasa yang pilih kasih atau berlaku monopoli, ketika itu terjadi maka yang harus dilakukan umat islam adalah bersabar hingga akhirnya berkumpul dengan Rasulullah SAW di surga.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.178. hadits nomor 02536
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.147. hadits nomor.02536
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.328 . hadits nomor.230.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.376. hadits nomor 02536
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.159. hadits nomor 02521


Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.178. hadits nomor 02536
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

BAB POLITIK ISLAM

-
A. KITA SEMUA PEMIMPIN
  1. Hadits 06370 [ Kita semua adalah pemimpin ] SHAHIH

B. KHILAFAH

  1. Hadits 09969 [ Orang Qurais lebih berhak jadi khalifah ] SHAHIH
  2. Hadits 01039 [ Taat kepada pemimpin ]SHAHIH BUKHARI
C. PERGANTIAN KEPEMIMPINAN
  1. Hadits 04670 [ Fitnah di kalangan umat islam ] SHAHIH

D. SIFAT TERCELA
  1. Hadits 08064 [Ketika pemimpin berkhianat ] SHAHIH
  1. Hadits 2522 [ Jabatan publik ]
  2. Hadits 02536 [ Ketika penguasa pilih kasih ]
  3. Hadits 02555 [ Kapan wajib taat kepada pemimpin ]
  4. Hadits 03241 [ Calon pemimpin terbaik ]

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02522 (Resiko jabatan publik) - harus dibaca seluruh calon anggota DPR/MPR Muslim dan rakyat


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02522 (Resiko jabatan publik)

إِنَّا لَنْ نَسْتَعْمِلَ عَلَى عَمَلِنَا مَنْ أَرَادَهُ

Artinya
Sesungguhnya kami tidak akan memberikan pekerjaan (jabatan/kekuasaan) kepada orang yang menginginkannya.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasaa-i dari Abu Musa. SHAHIH ]

Penjelasan
Setiap orang yang menginginkan jabatan atau kekuasaan padahal ia tahu penuh resiko maka hal tersebut menunjukan jika dia menginginkan jabatan tersebut hanya untuk dirinya sendiri. Seseorang yang akan menerima suatu jabatan maka dirinya harus yakin jika dia layak dan akan mampu menaklukan resiko jabatan yang akan diembannya, jika tidak maka celakalah dia.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02522
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.144. hadits nomor.02522
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.318 . hadits nomor.2285.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.369. hadits nomor 02522
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.151. hadits nomor 02507



Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02522
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Rabu, 28 November 2018

BAB SEJARAH ISLAM


A. BANGSA ARAB
  1. Hadits 2521 [ Bangsa yang ummi ]

B. KOTA MEKAH

C. KOTA MADINAH
  1. Hadits 07862 [ Madinah kota suci ] SHAHIH

D. PEPERANGAN

  1. Hadits 09260 [ Perang Khandak ] SHAHIH


E. ORANG YAHUDI
  1. Hadits 05994 [ Yahudi Pemakan lemak ] SHAHIH
  2. Hadits 05995 [ Yahudi penyembah kuburan ] SHAHIH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02521 (Umat yang ummi)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02521 (Umat yang ummi)

إِنَّا أُمَّةٌ أُمِّيَّةٌ، لَانَكْتُبُ وَ لَانَحْسُبُ

Artinya
Sesungguhnya kami adalah umat yang ummi, tidak pandai menulis dan tidak pandai berhitung

[HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasaa-i dari Ibnu Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Bangsa arab di jaman Nabi adalah bangsa yang tidak pandai baca tulis dan perhitungan perbintangan terkecuali sebagian kecil dari mereka.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02521
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.144. hadits nomor.02521
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.317 . hadits nomor.2282.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.369. hadits nomor 02521

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.151. hadits nomor 02506

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02521
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02517 ( Bahaya api )


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02517 ( Bahaya api )

إِنَّ هَذِه النَّارَ إِنَّمَا هِيَ عَدُوٌّ لَكُمْ، فَإِذا نَمْتُمْ فَأَطْفِئُوْهَا عَنْكُمْ

Artinya
Sesungguhnya api ini adalah musuh bagi kalian, maka dari itu apabila kalian hendak tidur matikanlah api tersebut.

[HR Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Abu Musa. SHAHIH]

Penjelasan
Api adalah sesuatu yang membahayakan bagi kalian, oleh karena itu jika kalian mau tidur mata matikanlah api sehingga kalian terbebas dari bahaya api tersebut. Selain membahayakan, api juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02517
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.143. hadits nomor.02517
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.311 . hadits nomor.2269.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.367. hadits nomor 02517

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.148. hadits nomor 02502

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02517
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Selasa, 27 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02514 (Nikmat dunia)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02514 (Nikmat dunia)

إِنَّ هَذَا الْمَالَ خَضِرةٌ حُلُوٌّ، فَمَنْ أَخَذَهُ بِحَقِّهِ بُوْرِكَ لَهُ فِيْهِ، فَمَنْ أَخَذَهُ بِإِشْرافِ نَفْسٍ لَمْ يُبَارَكْ فِيْهِ، وَكَانَ كَالَّذِى يَأْكُلُ وَلَايَشْبَعُ، وَالْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ ٱلسُّفْلَى
Artinya
Sesungguhnya harta ini hijau manis, barang siapa yang mengambilnya dengan haknya maka diberkahi padanya, barang siapa yang mengambilnya dengan keserakahan jiwa maka tidak diberkahi padanya, dia bagaikan orang yang makan dan tidak pernah kenyang, tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasaa-i dari Hakim bin Nizam. SHAHIH]

Penjelasan
Sesungguhnya harta ini bagaikan sesuatu yang hijau dan manis yang membuat manusia ingin melihat dan memakannya. Barang siapa yang mencari harta dengan cara yang benar maka dia akan diberkahi pada harta yang di dapatkannya. Barang siapa yang mencari harta dengan cara berlebih-lebihan maka tidak akan diberkahi pada apa yang diperolehnya. Orang tersebut bagaikan binatang yang makan dan tidak pernah merasa kenyang. Sesungguhnya orang yang memberi manfaat kepada orang lain lebih baik daripada orang yang meminta-minta.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02514
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.142. hadits nomor.02514
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.303 . hadits nomor.2250.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.365. hadits nomor 02514
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.146. hadits nomor 02499

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02514
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02512 (Tujuh huruf)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02512 (Tujuh huruf)

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ، فَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ

Artinya
Sesungguhnya Al-Qur`an ini diturunkan atas tujuh huruf, maka bacalah apa yang mudah darinya.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi an Nasaa-i dari Umar. SHAHIH]

Penjelasan
Tujuh huruf ada banyak penafsiran, salah satunya adalah tujuh lughaat , tujuh wajah makna yang cocok dengan tujuh lafazh yang berbeda-beda atau penafsiran-penafsiran lainnya yang sudah dijelaskan oleh Al-Munawi sebelumnya. Ash-Shan`ani mengunggulkan al-mutasyabih . Ustadz Adi hidayat menjelaskan tujuh huruf maksudnya tujuh bentuk, tujuh ini banyak sekali tafsirannya dan salah satu tafsirannya adalah tujuh bacaan yang mutawatir sampai ke Nabi.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02512
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.141. hadits nomor.02512
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.302 . hadits nomor.2249.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.364. hadits nomor 02512
- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.145. hadits nomor 02497

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.177. hadits nomor 02512
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Senin, 26 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02494 (Bersumpah atas Allah)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02494 (Bersumpah atas Allah)

إِنَّ مِنْ عِبَادِ اللهِ مَنْ لَوْ أَقْسَمَ عَلَى اللهِ لَأَبَرَّهُ

Artinya
Sesunguhnya ada hamba Allah yang apabila bersumpah atas Allah maka dia akan menepatinya

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abdu Dawud, Nasaa-i dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Ada orang - orang yang apabila berjanji kepada Allah SWT maka dia akan berusaha menepati janti tersebut sehingga Allah SWT ridha kepadanya.

Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.176. hadits nomor 02494
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.136. hadits nomor.02494
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.291 . hadits nomor.2228.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.354. hadits nomor 02494

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.134. hadits nomor 02479

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.176. hadits nomor 02494
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH

Minggu, 25 November 2018

Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02474 (Tanda-tanda kiamat sudah dekat)


Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits nomor 02474 (Tanda-tanda kiamat sudah dekat)

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ ٱلسَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ، وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ، وَيَفْشُوَ الزِّنَا، وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ، وَيَذْهَبَ ٱلرَّجُلُ٬ وَتَبْقَى ٱلنِّسَاءُ حَتَّى يَكُوْنَ لِخَمْسِيْنَ امْرَأَةً قَيِّمٌ وَاحِدٌ
Artinya
Sesungguhnya sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, merebaknya kebodohan, tersebarnya zina, diminumnya khamar, perginya laki-laki, menetapnya perempuan sehingga lima puluh orang perempuan diurus oleh seorang laki-laki.

[HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-I dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH]

Penjelasan
Sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dengan meninggalnya para ulama, kebodohan nampak jelas seperti negara dikuasai oleh orang-orang yang tidak mengenal Al-Qur`an dan Sunnah, perbuatan zina tersebar, khamar banyak diminum, jumlah laki-laki lebih sedikit dari kaum perempuan sehingga seorang laki-laki merawat lima puluh orang perempuan. Hal tersebut bisa terjadi karena lebih banyak lahir anak perempuan dari pada laki-laki, kaum laki-laki banyak berangkat ke medan perang atau karena sebab lainnya.
=
Mukhtashar Shahih Bukhari Muslim Imam Suyuthi hadits nomor 116

1.    Bab Diangkatnya Ilmu dan Munculnya Kebodohan

٦ـ١١٦ــ إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ ٱلسَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ، وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ، وَيَفْشُوَ الزِّنَا، وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ، وَيَذْهَبَ ٱلرَّجُلُ٬ وَتَبْقَى ٱلنِّسَاءُ حَتَّى يَكُوْنَ لِخَمْسِيْنَ امْرَأَةً قَيِّمٌ وَاحِدٌ (حم ق ت ن ه) عن أنس (صح) [الجامع:٢٤٧٤، بخاري:٨٠، مسلم:٢٦٧١]ـ

          [6](116)- Sesungguhnya sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, merebaknya kebodohan, tersebarnya zina, diminumnya khamar, perginya laki-laki, menetapnya perempuan sehingga lima puluh orang perempuan diurus oleh seorang laki-laki. (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaa-I dan Ibnu Majah dari Anas. SHAHIH [Al-Jami: 2474, Bukhari: 80, Muslim: 2671]

Sebagian dari tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dengan meninggalnya para ulama, kebodohan nampak jelas seperti negara dikuasai oleh orang-orang yang tidak mengenal Al-Qur`an dan Sunnah, perbuatan zina tersebar, khamar banyak diminum, jumlah laki-laki lebih sedikit dari kaum perempuan sehingga seorang laki-laki merawat lima puluh orang perempuan. Hal tersebut bisa terjadi karena lebih banyak lahir anak perempuan dari pada laki-laki, kaum laki-laki banyak berangkat ke medan perang atau karena sebab lainnya.[1]



[1] Jami`ush Shaghiir 2474., Faidhul Qadiir penjelasan hadits 2474.

=
Sumber
-Imam Suyuthi. 2016. Al-Jami  Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.174. hadits nomor 02474
- Imam Suyuthi. 1995. AL-Jami Ash-Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Jilid II. Terjemahan oleh Nadjih Ahjad. Surabaya: PT. Bina Ilmu. hlm.131. hadits nomor.02474
- Al-Albani. Muhammad Nashiruddin. 2014. Shahih Al-Jami` Ash-Shaghir wa Ziyadah.  Terjemahan oleh Abu Muqbil Ahmad Yuswaji.  Jakarta: Pustaka Azzam. cet.3., Jilid. II., Hlm.283 . hadits nomor.2206.
-Al-Munawi. Imam Abdurrouf. 2010. Faidhul Qodir Syarah Al-Jami' Ash-Shaghir. Kairo: Dar El-Hadits. Jilid.III. hlm.342. hadits nomor 02474

- Ash-Shan`ani. Imam Ash-Shan'ani. 2011. At-Tanwir Syarah al-Jami’ ash-Shaghir. Riyadh: Darus Salam, cet.1. Jilid IV. Hlm.122. hadits nomor 02459

Sumber
Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.174. hadits nomor 02474
BOLEH DICOPY UNTUK DAKWAH